May Day, Tim LH SMPN 11 Surabaya Grebek Pasar Pabean (Lagi)

Tidak ada istirahat ekstra bagi kader lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya, sekolah peserta Eco Mobile PJB Challenge 2019 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama PT Pembangkitan Jawa-Bali dan Pemerintah Kota Surabaya ini.

Hari libur kembali dimanfaatkan tim lingkungan hidup sekolah yang berlokasi di Jalan Sawah Pulo Surabaya ini dengan melakukan aksi lingkungan hidup. Aksi grebek Pasar Pabean Surabaya kembali dipilih pada May Day atau Hari Buruh 1 Mei ini, Rabu (1/5/2019). 

“Aksi grebek Pasar Pabean ini melibatkan 5 orang,” kata Suminah, guru koordinator pembina lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya ini. Mereka nampak semangat melakukannya. “Aksi grebek pasar ini menjadi pembiasaan bagi kami untuk dilakukan diantaranya pada hari libur seperti ini. Pembiasaan yang sudah tertanam ini sebisa mungkin kami pertahankan,” tambah Suminah.

Sampah sayuran hasil grebek pasar digunakan untuk memenuhi kembali media pengomposan di SMPN 11 Surabaya

Aksi grebek pasar tradisional itu mereka lakukan sejak pukul 06.00 WIB. Mereka melakukannya selama 150 menit. “Alhamdulillah kami berhasil mengumpulkan sampah sayuran sebanyak 360 kg.  Sampah sayuran ini untuk mengisi media pengomposan yang ada di sekolah volumenya sudah menyusut setelah penuh pekan lalu,” ujar Tri Sulastri, siswa kader lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya.

Sampah sayuran itu mereka kumpulkan dalam karung yang sudah disiapkan. Mereka lantas memindahkan sampah sayuran dalam karung itu ke sekolah menggunakan becak. “Semoga upaya kami mengabdi lingkungan hidup ini bisa menjadi contoh bagi yang lainnya,” ujar Suminah, guru Matematika yang kerap mendapatkan penghargaan pribadi lingkungan hidup ini.

Sesampainya di SMPN 11 Surabaya, 150 kg sampah sayuran itu lantas dimasukkan ke dalam 3 buah komposter aerob dan 5 keranjang takakura. “Sisa sampah sayuran 210 kg akan diolah besok saat jam istirahat sekolah,” tambah Suminah.

Penulis: Mochamad Zamroni


Satu tanggapan untuk “May Day, Tim LH SMPN 11 Surabaya Grebek Pasar Pabean (Lagi)

  • Mei 1, 2019 pada 14:56
    Permalink

    May Day hati buruh . Diisi dengan aksi mulia. Grebek pasat misalnya . Bagi tim lingkungan SMPN 11 hari libur sangat berharga jadi haus di manfaatkan sebaik mungkin. Mari saudaraku sisihkan waktu untuk peduli lingkungan meski sebentar . Sisakan sekian % di hati saudaraku untuk peduli libgkungan . Sekali lagi monggo sami peduli dateng lingkungan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *