Mengolah Cangkang Telur

Hampir setiap orang mengkonsumsi telur setiap hari. Dikonsumsi secara langsung (yang masih nampak wujudnya) maupun untuk campuran bahan makanan yang lainnya. Bulan Ramadhan, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, penggunaan telur pastinya akan semakin meningkat.

Cangkang telur (eggshell) sebaiknya jangan dibuang. Sebab, cangkangnya punya banyak manfaat. Kaya akan kandungan nutrisi, diantaranya kalsium, fosfor, magnesium. Sehingga bisa dijadikan sebagai pupuk dan pestisida organik.

Bagaimana caranya?

  • Cuci kulit telur, tiriskan lalu keringkan di bawah sinar matahari.
  • Haluskan dengan cara ditumbuk, pake ulekan, atau pake food procesor jika punya. Tapi saya sarankan manual saja, hemat listrik
  • Setelah itu diayak. Pisahkan yang halus dan masih agak kasar.
  • Simpan dalam wadah tertutup, dan siap digunakan

Nah, selanjutnya, bubuk eggshell yang sudah halus seperti tepung, digunakan untuk scrub ataupun luluran. Tentu ditambah dengan bahan lain, seperti putih telur atau madu, air mawar, dll. 

Sedangkan bubuk eggshell yang agak kasar inilah yang akan jadikan pupuk organik. Tinggal ditaburkan saja di pot tanaman. Selain menyuburkan tanah, juga mengusir hama tanaman.

Ada lagi manfaat lainnya. Bisa untuk membersihkan panci atau peralatan dapur yang berkerak karena makanan gosong. Fungsinya seperti abu gosok. Dengan menambahkan sedikit baking soda, bisa membersihkan bak mandi, wastafel, dan untuk melancarkan saluran pembuangan.

Sudah tahu begitu banyak manfaat cangkang telur, yakin masih mau dibuang? Sayang dong. Yuk, dicoba. Ajak anak-anak ikut terlibat dalam aktivitas ini. Sekalian untuk melatih sensorik dan motorik halusnya. Dijamin seru. 

Penulis: Mochamad Zamroni

2 thoughts on “Mengolah Cangkang Telur

  • Maret 21, 2020 pada 11:11
    Permalink

    Ternyata gak salah pilih ananda Rafka calon PangPut LH memilih proyek LH ini dengan manfaat : pengurangan dan pengolahan limbah organik.
    Thanks to Tunas hijau yg memfasilitasi ananda untuk lebih peduli pada lingkungan dengan mengembangkan proyek PUCANGLUR..@sdnrangkahvisby

    Balas
  • Maret 25, 2021 pada 15:56
    Permalink

    Nama : Naila Putri Divia
    No peserta : 150
    Asal sekolah : SDN JAJAR TUNGGAL III SURABAYA
    JUDUL PROYEK : Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur
    Saya siap mengikuti seleksi 3 Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2021.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *