Mengolah Cangkang Telur

Hampir setiap orang mengkonsumsi telur setiap hari. Dikonsumsi secara langsung (yang masih nampak wujudnya) maupun untuk campuran bahan makanan yang lainnya. Bulan Ramadhan, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, penggunaan telur pastinya akan semakin meningkat.

Cangkang telur (eggshell) sebaiknya jangan dibuang. Sebab, cangkangnya punya banyak manfaat. Kaya akan kandungan nutrisi, diantaranya kalsium, fosfor, magnesium. Sehingga bisa dijadikan sebagai pupuk dan pestisida organik.

Bagaimana caranya?

  • Cuci kulit telur, tiriskan lalu keringkan di bawah sinar matahari.
  • Haluskan dengan cara ditumbuk, pake ulekan, atau pake food procesor jika punya. Tapi saya sarankan manual saja, hemat listrik
  • Setelah itu diayak. Pisahkan yang halus dan masih agak kasar.
  • Simpan dalam wadah tertutup, dan siap digunakan

Nah, selanjutnya, bubuk eggshell yang sudah halus seperti tepung, digunakan untuk scrub ataupun luluran. Tentu ditambah dengan bahan lain, seperti putih telur atau madu, air mawar, dll. 

Sedangkan bubuk eggshell yang agak kasar inilah yang akan jadikan pupuk organik. Tinggal ditaburkan saja di pot tanaman. Selain menyuburkan tanah, juga mengusir hama tanaman.

Ada lagi manfaat lainnya. Bisa untuk membersihkan panci atau peralatan dapur yang berkerak karena makanan gosong. Fungsinya seperti abu gosok. Dengan menambahkan sedikit baking soda, bisa membersihkan bak mandi, wastafel, dan untuk melancarkan saluran pembuangan.

Sudah tahu begitu banyak manfaat cangkang telur, yakin masih mau dibuang? Sayang dong. Yuk, dicoba. Ajak anak-anak ikut terlibat dalam aktivitas ini. Sekalian untuk melatih sensorik dan motorik halusnya. Dijamin seru. 

Penulis: Mochamad Zamroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *