Pastikan Beri Label Nama dan Tanggal Semai Hidroponik

Gelombang 3 Pelatihan Hidroponik Sekolah Dasar Surabaya digelar Jumat (3/5/2019) di Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Seluruh SD negeri dari Kecamatan Wonocolo, Rungkut, Karangpilang, Sukolilo, Kenjeran, Benowo, dan Lakarsantri mengikuti kegiatan ini. Masing-masing sekolah diwakili oleh 2 orang siswa dan 1 orang guru pendamping.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya bersama Tunas Hijau ini diawali dengan berbagi pengalaman unik pada pelaksanaan hidroponik sebelumnya di sekolah masing-masing. 

SDN Kandangan III Surabaya memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berbagi keberhasilan budidaya tanaman buah dengan hidroponik. “Pada Desember 2018 kami menyemai benih tanaman cabe. Bulan lalu sudah berbuah. Tapi harus kami ganti tanaman lain karena perlu cara khusus untuk membuat tanamannya bisa berdiri tegak,” kata Almirah, siswa SDN Kandangan III Surabaya peserta pelatihan.

Aktivis Senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni meminta tim hidroponik sekolah yang akan dibentuk untuk memberikan label nama tanaman yang dibudidayakan. “Pastikan beri label nama tanaman dan tanggal semai. Agar siapapun yang melihat tanaman hidroponik itu menjadi mengerti tanpa harus ada anggota tim yang menjelaskan,” kata Zamroni.

Beragam kiat melakukan penyemaian benih tanaman hidroponik dengan media selain rockwool juga diperagakan oleh Bram Azzaino, aktivis senior Tunas Hijau. “Kita bisa juga menyemai benih hidroponik awal dengan tanah atau tisu yang dibasahi. Setelah tumbuh daun baru dipindahkan ke media rockwool,” terang Bram Azzaino.

Penulis: Nunis Indah 

Penyunting: Mochamad Zamroni

3 tanggapan untuk “Pastikan Beri Label Nama dan Tanggal Semai Hidroponik

  • Mei 3, 2019 pada 18:39
    Permalink

    Disiplin itu kata kuncinya. Tidak terkecuali buat sekolah peserta hidroponik. Lakukan segala sesuatu dengan disiplin . Maka sangat tepat jika kalian harus memberikan label yang tertera nama tanaman serta tanggal mulai kegiatan ini dilakukan.

    Hal ini penting untuk membantu memberikan informasi kepada siapapun yang berkunjung tanpa harus menunggu pemiliknya.

    Semangat ya adik adik dan para pembina sekolah Hidroponik. Semoga kalian sukses

    Balas
    • Mei 3, 2019 pada 20:20
      Permalink

      Mantap, Bu Suminah

      Balas
  • Mei 4, 2019 pada 00:17
    Permalink

    Ketekunan dalam berhidroponik memang sangat penting untuk senantiasa memperhatikan perkembangan si hidroponik yangbkita tanam. Mulai dari awal sampai panen sehingga mengetahui aoa saja yang terjadi pada tanaman tersebut.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *