Rizky Maulidany, Siswa SMP Terbaik Ecopreneur 2018

Siswa SMPN 41 Surabaya ini sudah aktif lingkungan hidup bersama Tunas Hijau sejak dia masih siswa SD. Dia terpilih menjadi finalis pangeran lingkungan hidup 2016 mewakili SDN Kapasan V Surabaya, sekolahnya dulu. Proyek lingkungan hidupnya saat SD itu adalah daur ulang sampah kertas.

Sekitar satu tahun berselang, saat kelas VII di SMPN 41, tahun 2017-2018, dia bahkan sudah menjadi juru bicara tim lingkungan hidup SMPN 41. Percaya dirinya yang tinggi berbicara di depan banyak orang membuat guru-guru pembina lingkungan hidup SMPN 41 mempercayainya sebagai juru bicara.

Kemampuannya berbicara di depan banyak orang juga ditopang dengan tanggung jawabnya melaksanakan tugas sebagai anggota kelompok kerja pengomposan di SMPN 41. Dia bersama tim pengomposan bahkan bisa meneruskan tradisi kemitraan ‘bisnis’ dengan para penjual kantin sekolah.

“Kemitraan bisnis dengan penjual kantin SMPN 41 Surabaya itu dalam pengolahan sampah organik kantin. Para penjual kantin tetap memilah sampah organiknya. Sedangkan kami tim pengomposan mengolahnya menggunakan komposter sepulang sekolah,” terang siswa kelahiran Surabaya, 13 April 2005 ini.

Baginya, sampah organik adalah bahan baku untuk pembuatan kompos. “Sampah organik, khususnya yang ada di sekolah sayang kalau dibuang ke tempat sampah dan tercampur dengan sampah non organik. Sebaiknya diolah jadi kompos dan komposnya bisa dijual atau digunakan pemupukan tanaman di sekolah,” terang Dany, panggilan akrab siswa yang mendapatkan penghargaan Walikota Surabaya sebagai Siswa SMP Terbaik Ecopreneur 2018 ini.

Selama program wirausaha lingkungan hidup Ecopreneur 2018 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya serta didukung oleh Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya itu, Dany mengaku sangat terkesan saat menjual produk di Ciputra World Mall Surabaya.

“Kami pameran di Ciputra World Mall Surabaya saat Ecopreneur 2018. Menawarkan kompos, olahan sampah dan makanan minuman potensi sekolah kepada pengunjung mall itu menjadi pengalaman luar bisa bagi saya,” terang Rizky Maulidany, siswa yang tinggal di Jalan Donokerto Baru C/21 Surabaya.

Sebagai hadiah terpilih sebagai Siswa SMP Terbaik Ecopreneur 2018, dia bisa merasakan makan sepuasnya di Restoran Trimurti Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. Dia makan bersama di restoran hotel bintang empat itu ditemani guru pembina kelompok kerja pengomposan SMPN 41 Surabaya.

Pengalaman Rizky Maulidany dan tim lingkungan hidup SMPN 41 Surabaya semakin bertambah setelah dibuatnya stan permanen ecopreneur di sekolah yang berlokasi di Jalan Gembong Sekolahan ini. Stan ini beroperasi setiap hari dan dikelola oleh siswa.

Penulis: Mochamad Zamroni

Satu tanggapan untuk “Rizky Maulidany, Siswa SMP Terbaik Ecopreneur 2018

  • Mei 11, 2019 pada 4:38 am
    Permalink

    Hallo Rizky senang rasanya mendengar dan melihat kiprah anak usia belia dibilang lingkungan hidup utamanya. Seperti halnya ananda Rizky .
    Terus berkarya dan tetap semangat gih Semoga kalian sukses .

    Ajak terus teman kalian untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan. Kembangkan terus kewirausahaan. Di SMPN 41 Surabaya.

    Luar biasa dan keren banget . Good Job

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *