Tim LH SMPN 11 Surabaya Bakti Sosial di Kampung Adopsi Sawah Pulo Wetan

Bulan suci Ramadhan juga dikenal sebagai bulan berbagi. Dikarenakan Allah SWT melipatgandakan pahala kebaikan yang dilakukan pada bulan suci ini. Tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya pun memanfaatkan bulan ini untuk berbagi.

Aksi berbagi Green Sewelas SMPN 11 Surabaya ini dilakukan dalam bentuk bakti sosial di kampung adopsi, Jumat (24/5/2019). 21 bingkisan dibagikan dalam aksi sosial ini. Dalam bingkisan itu terdiri dari baju layak pakai, minyak goreng kemasan jumbo, roti dan teh kotak. 

Semua bingkisan dikemas dalam tas non kresek yang bisa digunakan berulang kali. “Aksi ini sekaligus sebagai edukasi kepada masyarakat kampung adopsi untuk ikut peduli lingkungan dengan menghindari penggunaan tas plastik dan beralih ke tas yang ramah lingkungan yang bisa digunakan berulang kali,” kata Suminah, guru koordinator pembina lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya.

Aksi pengumpulan jelantah masyarakat kampung Sawah Pulo Wetan II Surabaya

Suminah menjelaskan bahwa aksi ini merupakan realisasi tantangan Eco Mobile PJB Challenge 2019 khusus memanfaatkan Bulan Suci Ramadhan. Dilakukan selama 30 menit, aksi ini dilakukan di kampung Sawah Pulo Wetan II Surabaya. 24 orang anggota tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya ikut serta aksi ini. 

Bakti sosial di kampung adopsi ini juga dimanfaatkan tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya untuk mengkampanyekan kepedulian lingkungan hidup. “Ayo memilah sampah, mengurangi plastik, diet tas kersek, hemat air dan hemat energi,” pesan Tri Sulastri, staf lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya. 

Warga kampung adopsi yang terlibat bakti sosial itu juga diajak mengumpulkan jelantah minyak goreng bekas dari aktivitas memasak mereka di rumah. Terkumpul 10 liter jelantah dari aksi bakti sosial ini.

Penulis: Mochamad Zamroni

Satu tanggapan untuk “Tim LH SMPN 11 Surabaya Bakti Sosial di Kampung Adopsi Sawah Pulo Wetan

  • Juni 1, 2019 pada 1:50 pm
    Permalink

    Terima kasih kepada pihak Tunas Hijau yang sudah mengapresiasi , mempublikasikan aksi tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya. Hal ini semoga menambah greget tim kali . Semoga bisa bermanfaat dan menginsvirasi bagi pembaca .
    Sekali lagi atas nama tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya mengucapkan terima kasih. Semoga Tunas Hijau semakin sukses

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *