Yohana Permana, Guru Pembina Lingkungan Hidup SDN Bubutan IV Surabaya

Beragam kegiatan lingkungan hidup telah dilakukan oleh Yohana Permana T. Niay, guru pembina lingkungan hidup SDN Bubutan IV Surabaya ini. Mulai dari pengolahan sampah, hingga pemanfaatan potensi lingkungan hidup sekolah menjadi olahan makanan/minuman.

Mulai pertunjukan musik lingkungan, hingga bazar wirausaha lingkungan hidup. Mulai pengumpulan jelantah di sekolah, hingga aksi pembibitan tanaman di Kebun Bibit Wonorejo Surabaya. Mulai grebek pasar tradisional di sekitar sekolah, hingga pelepasan benih ikan di sungai Kalimas Surabay.

“Pengalaman paling unik bagi saya adalah sosialisasi penggunaan tas kain sebagai pengganti tas kresek yang dilakukan di mini market di sekitar sekolah dan di pasar tradisional Pasar Tembok Surabaya,” kata Yohana Permana T. Niay. Sosialisasinya dilakukan kepada pembeli dan penjual.

Pengalaman unik lain bagi Yohana adalah pembuatan olahan makanan berupa stick lidah buaya bermacam rasa. “Bahan tumbuhan lidah buaya yang diolah merupakan tanaman yang ditanam dan dikembangkan di halaman sekolah. Aksi ini menjadi proyek pangeran dan putri lingkungan hidup 2018 dari SDN Bubutan IV Surabaya,” terang Yohana. 

Baginya, menjual produk-produk unggulan lingkungan hidup di dalam sekolah maupun diluar sekolah, seperti tempat wisata, kebun bibit, di pasar tradisional dan tugu pahlawan, merupakan pengalaman yang luar biasa. “Perlu persiapan dan strategi khusus untuj merealisasikannya,” tambah Yohana. 

Dia mengaku bahwa banyak juga yang menganggap produk SDN Bubutan IV Surabaya disepelehkan, seperti stick lidah buaya. “Namun kami berusaha mensosialisasikan bahwa tumbuhan lidah buaya dapat juga dimanfaatkan sebagai makanan yang bergizi tinggi dan sangat mudah untuk ditanam dan dipelihara,” jelas guru yang tinggal di Jl. Wisma tengger XIII No 7 Kandangan, Benowo, Surabaya ini.

Yohana juga sering mengajak siswa ecopreneur sekolahnya untuk memanfaatkan sampah sisa sayur yang ada di pasar tradisional menjadi pupuk kompos. “Pupuk kompos tersebut kami jual pada orang tua murid, masyarakat sekitar serta bapak ibu guru. Kami juga menggunakan kompos itu untuk merawat tumbuhan yang ada di sekolah,” terang Yohana, yang menjadi pembimbing Anindya Kirana Maheswari, juara 2 Putri Lingkungan Hidup 2018.

Beragam prestasi lingkungan hidup telah diraih guru penghobi memasak dan membaca ini bersama SDN Bubutan IV Surabaya. Diantaranya juara 2 Lomba Jingle Lingkungan Hidup 2018, juara 2 Pameran Pendidikan Surabaya 2017, dan juara 2 Ecopreneur 2018.

“Prestasi merupakan kerjasama baik pihak sekolah, walimurid dan masyarakat sekitar. Khususnya kepedulian menjaga lingkungan sekitar dan memanfaatkan peluang usaha dari potensi lingkungan di sekitar kita,” tutur Yohana, guru kelahiran Surabaya, 14 Mei 1988 ini.

Penulis: Mochamad Zamroni

3 tanggapan untuk “Yohana Permana, Guru Pembina Lingkungan Hidup SDN Bubutan IV Surabaya

  • Mei 1, 2019 pada 23:17
    Permalink

    Salam Lestari…..
    Menurut saya Bu Yohana adalah sosok Guru yang perhatian, telaten, disiplin dan penuh tanggung jawab. Apalagi setelah menjadi guru pembimbing saya saat pemilihan Puteri Lingkungan Hidup 2018, beliau sangat mendukung proyek lingkungan saya tentang pembuatan Stick Lidah Buaya. Beliau sering memberi masukan, dorongan & motivasi terhadap proyek lingkungan saya. Beliau bahkan ikut langsung membuat & mengajarkan bagaimana cara mensosialisasikan dan memasarkan stick lidah buaya di masyarakat. Terima kasih dan sukses selalu untuk Bu Yohana 🙏🏻

    Balas
    • Mei 3, 2019 pada 18:59
      Permalink

      Keren , mantap betul Ibu Yohana. Anda sosok yang ulet , cerdas, dan kreatif. Terus berkarya dan tetap semangat gih Bunda. Semoga melalui sosok pembina seperti panjenengan warga sekolah semakin peduli lingkungan. Sukses selalu buat Bunda Yohana semoga tetap sehat dan bersemangat berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan hidup .

      Lingkungan berkualitas akan terjadi dan membutuhkan seorang motivator seperti Bu Yohana
      Good Job .

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *