Doremi & You, Film Layak Tonton Bersama Keluarga

40 orang penggiat lingkungan hidup Tunas Hijau dan sekolah-sekolah Surabaya mendapat kesempatan nonton bareng gratis film “Doremi & You” di Sutos XXI Surabaya, Jumat (21/6/2019). Mereka adalah paguyuban pangeran dan putri lingkungan hidup 2018, siswa kader plus pembina lingkungan hidup Ecopreneur 2019 serta Eco Mobile PJB Challenge 2019.

Film yang didistribusi oleh GoodWork ini mengisahkan perjuangan empat sahabat, Putri (Naura), Anisa (Nashwa), Imung (Fatih Unru), dan Markus (Toran), berusaha mengganti uang ekstrakurikuler paduan suara yang tidak sengaja mereka hilangkan, dengan mengikuti kompetisi menyanyi Doremi & You.

Perjuangan keempat sahabat untuk memenangkan kompetisi tersebut menjadi berat saat Reno (Devano), asisten pelatih paduan suara yang diharapkan menjadi pelatih mereka, ternyata menjadi saingan terberat mereka di kompetisi yang berhadiah 10 juta rupiah ini. 

Keempat sahabat itu pun menjadi enggan untuk menggunakan aransemen musik dari Reno pada perlombaan. Mereka lantas membuat sendiri aransemen musik yang menggabungkan musik khas adat Jawa, Aceh dan Papua, asal mereka.

Film yang disutradarai oleh BW Purbanegara ini layak menjadi tontonan keluarga, khususnya saat musim liburan kenaikan sekolah ini. Pasalnya, melalui tayangan film ini, masyarakat khususnya anak-anak dan generasi muda diajak menjadi individu yang bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukan.  

Film ini menjelaskan pentingnya pendidikan formal sekolah. “Melalui film ini kami bisa menyimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler sangat penting juga untuk menunjang kegiatan formal sekolah bagi pembentukan karakter anak-anak dan generasi muda,” kata Aktivis Senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni. 

Zamroni juga menjelaskan pesan mengenai pentingnya keluarga yang harmonis. “Keluarga harmonis dalam film ini tidak divisualkan dengan banyak dan mewahnya materi yang dimiliki keluarga itu. Melainkan divisualkan melalui sikap saling menghargai dan mencoba melihat segala sesuatu dari sudut pandang berbeda antar anggota keluarga,” tambah Zamroni.

Peduli lingkungan hidup bisa dilihat Pangeran Lingkungan Hidup 2018 SMP M Zaki Raihansyah setelah menonton film ini. “Ajakan peduli lingkungan hidup juga  juga dimunculkan dalam adegan film ini melalui aktivitas minum di tempat tanpa sedotan plastik, juga dengan menggunakan gelas yang bisa digunakan berulang kali. Ada juga adegan membuang sampah pada tempatnya,” terang Zaki Raihansyah.

Putri Lingkungan Hidup 2018 SD Alisya Ramadhani menyoroti ajakan untuk selalu ceria dan bekerja sama yang disajikan film yang ceritanya ditulis oleh Jujur Prananto bersama BW Purbanegara ini. “Banyak lagu bernada optimis dan menghargai perbedaan yang disajikan. Keren,” ujar Alisya, yang juga siswa baru SMPN 22 Surabaya.

Sementara itu, Pangeran Lingkungan Hidup 2018 SD Laksamana Nanda Dwitama, siswa baru SMPN 3 Surabaya, berharap melalui film keluarga seperti ini bisa ditambahkan lagi ajakan peduli lingkungan. “Sederhana saja. Bisa dengan adegan membawa tas belanja sendiri berbahan non kresek, merawat tanaman atau hemat listrik,” pesan siswa yang akrab dipanggil Aca ini.

Penulis: Mochamad Zamroni

21 tanggapan untuk “Doremi & You, Film Layak Tonton Bersama Keluarga

  • Juni 22, 2019 pada 8:52 am
    Permalink

    Kisah mengenai empat sahabat beda suku yang bersatu mengatasi kesulitan dengan berbagai kendala, ceria, tidak bikin bosan dan terutama warna kostum yang dipakai para pemeran punya karakter tersendiri bagi masing-masing pemeran. Jadi, sepanjang film ini terus berwarna 😍. Rating untuk film ini 9-10🤩😁

    Balas
  • Juni 22, 2019 pada 11:33 am
    Permalink

    Salut atas kekompakan dan ide kreatif mereka serta tanggung jawab pada suatu hal ( kesalahan ) yg telah dilakukan. Demi arti sebuah persahabatan

    Balas
  • Juni 22, 2019 pada 11:37 am
    Permalink

    Film Doremi & You menjadi salah satu film liburan 2019 yang akan menampilkan drama ala remaja dengan balutan musik dan tarian.Kisah mengenai empat sahabat beda suku yang bersatu mengatasi kesulitan ini diisi dengan berbagai nyanyian dan tarian sejak awal film dimulai. Makanya, enggak berlebihan jika mengatakan bahwa film Doremi & You menyenangkan sejak awal. Tak lupa juga menyelipkan pesan moral yang baik untuk semua usia seperti menjaga kebersihan dan anti sedotan. Buat kalian yang belum nonton buruan beli tiket di bioskop terdekat ya… 👌

    Balas
    • Juni 23, 2019 pada 5:12 pm
      Permalink

      Salut dengan kerja sama yang dilakukan oleh ke empat sahabat tersebut. Mereka tanggung jawab atas yang dilakukannya dan melakukan itu bersama sama walaupun mereka dari suku yang berbeda dan agama yang berbeda juga. Ada pesan moral lingkungan yang ada di dalam film tersebut, yaitu menggunakan botol yang bisa digunakan berkali-kali dan tidak menggunakan sedotan.
      Buat kalian yang belum nonton, nonton yaa segera di bioskop terdekat……👌👌👌

      Balas
  • Juni 22, 2019 pada 11:40 am
    Permalink

    Sangat bagus, mengajarkan kebersamaan, persahabatan meksipun berbeda suku dan agama.
    Selain itu, juga mengajarkan peduli lingkungan, dengan adegan membawa tumbler, naik sepeda ke sekolah dan membuang sampah pada tempatnya.

    yang membuat menarik lagi, karena di kemas dengan drama musikal, tidak membuat bosan karena banyak nyanyi-nyanyi nya.

    Balas
  • Juni 22, 2019 pada 11:59 am
    Permalink

    Film DoReMi and You ini menyajikan nuansa yang kompleks karena ada sedih dan ceria, namun tetap disajikan dalam karakter remaja. Perbedaan pendapat yang ada tidak melunturkan persahabatan mereka dan rasa peduli yang tinggi mampu menyelesaikan masalah mereka, disertai rasa tanggung jawab membuat mereka semakin solid dalam persahabatannya. Putri ( Naura ) yang memiliki gaya hidup Zero waste dengan selalu membawa tumbler kapanpun dan dimanapun dia berada, peduli pada lingkungan sekitar ( terbukti saat imung nendang kaleng minuman, maka dengan segera Putri mengambilnya dan membuangnya ke tempat sampah ). Ini memberi kita pelajaran bahwa kapanpun dan dimanapun kita berada kita juga harus memiliki rasa peduli pada lingkungan, dengan bergaya hidup zero waste.
    Salam bumi lestari … 👌

    Balas
  • Juni 22, 2019 pada 1:06 pm
    Permalink

    Film nya sangat bermanfaat dengan menampilkan banyak adegan adegan tentang persahabatan kekeluargaan bahkan tentang lingkungan hidup yaitu membawa tempat makan dan minum dari rumah serta membuang sampah pada tempatnya

    Balas
  • Juni 22, 2019 pada 1:59 pm
    Permalink

    Review rating :7,8/10

    Balas
  • Juni 22, 2019 pada 2:18 pm
    Permalink

    Film musikalisasi yang membumikan Bhineka Tunggal Ikanya Indonesia kepada generasi muda harapan bangsa. Pesan yg tersirat dlm film ‘DoReMi & You’ adalah: tanggung jwb, jujur, setia kawan, komitmen, terbuka, harmonis, peduli. Layak dijadikan contoh bersama keluarga. Adegan paling menarik adalah saat Markus membantu orang tuanya jd badut.

    Balas
    • Juni 24, 2019 pada 9:45 am
      Permalink

      Sajian film yang layak untuk dissksikan oleh remaja masa kini. Dengan keadaan sekarang yang penuh dengan egoisme maka perlu ada keteladanan kongkrit dalam suatu pergaulan. “Doremi and you” inilah film yang cocok dan layak untuk dinikmati oleh remaja kita.

      Dari segi setting cerita sangat bagus karena menyajikan alam pedesaan yang memberikan nuansa masyakat Indonesia yang terkenal dengan negara agraris.

      Dari segi sosilogis sangat cocok dengan kondisi Indonesia yang multicultur. Dengan adanya berbagai suku dan agama tang berbeda maka perlu harmonisasi dalam bermasyarakat bahwa perbedaan yang adalah mozaik yang akan tertata dengan indah karena perbedaan.

      Dari segi karakter sangat natural dan manusiawi. Perbedaan utu wajar, cinta, benci, rindu dan dendam itu wajar ada akan tetapi kalau sudah menyangkut kemanusiaan dan kepentingan orang banyak maka semua yang berkaitan dengan pribadi harus kita tanggalkan. Inilah kelebihan film tersebut.

      Dari segi lingkungan film ini memberikan contoh nyata dengan prilaku oara aktornya yaitu selalu membawa tumbler dan tepak makan saat pergi kesekolah. Ada jiwa pengorbanan yang luar biasa dari para aktornya.

      Masih banyak lagi hal yang positif yang perlu dikupas dalam film tersebut. Masalah keluarga juga begitu apik ditata antara hubungan anak milenial dengan orang tua yang dibangun lewat komunikasi cinta yang bagus meskipun ada adegan yang egoisme antara Reno dan ayahnya akan tetapi itulah karakter anak lali-laki yang ingin mandiri. Ini sikap yang sangat positif dan menjadi bahan renungan bagi orang tua yang mau mendidik anaknya ke arang yang positif.

      Bagi seorang guru sangat dianjurkan untuk menyaksikan film ini karena kesuksesan tidak hanya lewat jalur akademis akan tetapi lewat jalur non akademis yaitu talenta siswa yang kadang terpendam,perlu diasah dan dibimbing dengan sentuhan cinta.

      Inilah film “Doremi and you” dari pengamatan saya yang telah menyaksikannya.

      Sukses selalu untuk Indonesia

      Balas
  • Juni 24, 2019 pada 4:59 am
    Permalink

    Belajar bisa dilakukan kapan saja,di manapun dan beragam cara serta media . Media pembelajaran akan membantu dan mempermudah memahami materi pembelajaran .
    Tidak berbeda dengan media film. Film dengan judul Doremi &You ini. Banyak hal yang bisa dipetik untuk dijadikan teladan bagi pemirsanya. Misalnya perilaku untuk peduli lingkungan.
    Kerja sama, kompak, dan karakter lainnya bisa diambil.

    Semakin banyak pihak yang turut peduli lingkungan maka akan berpengaruh terhadap pelestarian lingkungan hidup
    Melalui kompetensi masing masing pihak, melalui film ini misalnya.
    Mari berkarya dan berprestasi dengan tetap memperhatikan Karakter termasuk peduli lingkungan hidup.

    Balas
  • Juni 24, 2019 pada 7:41 am
    Permalink

    Sinematografi epik, visulisasi ciamik. 8/10

    Balas
  • Juni 24, 2019 pada 8:26 am
    Permalink

    Rating :7,8/10
    DoReMi & You adalah sebuah film Indonesia 2019 yang disutradarai oleh BW Purbanegara dan diproduksi oleh Lexy Mere, Arifin Wiguna dan Ridla An-Nuur. Syutingnya dilakukan di Yogyakarta. Film ini dirilis pada 20 Juni 2019 bertepatan dengan musim liburan sekolah.

    Sinopsis:
    Perjuangan empat sahabat, Putri (Naura), Anisa (Nashwa), Imung (Fatih Unru), dan Markus (Toran), berusaha mengganti uang ekstrakurikuler paduan suara yang tidak sengaja mereka hilangkan, dengan mengikuti kompetisi menyanyi Doremi & You. Perjuangan keempat sahabat untuk memenangkan kompetisi tersebut menjadi berat saat Reno (Devano), asisten pelatih paduan suara yang diharapkan menjadi pelatih mereka, ternyata menjadi saingan terberat mereka di kompetisi.

    Balas
  • Juli 18, 2019 pada 4:25 pm
    Permalink

    Saya kutip beberapa kalimat tentang penting nya ekskul. Ekskul memang penting tapi tidak seharusnya diwajibkan. Saya juga seorang siswa Dan saya senang dengan adanya ekskul. Dengan adanya program ini Kita bisa melatih potensi Kita dibidang lain yang tidak diberikan di jam sekolah. Tetapi saya sedih dengan teman saya yang Ada kegiatan lain waktu libur yang HARUS dikerjakan tetapi tidak terlaksana Karena diwajibkannya mengikuti ekskul (bukan berarti sekolah saya ya ehehehehe). Jadi gtu aja sih

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 1:20 pm
    Permalink

    Film Doremi & You adalah film yang mampu memberikan inspirasi kepada kita agar bisa Mempertahankan Kebersamaan dalam Perbedaan seperti semboyan negara kita Bhinneka Tunggal Ika.
    semoga menginspirasi para seniman muda untuk berkreasi lebih baik lagi

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 3:23 pm
    Permalink

    Film JamanNow yang diharapkan bisa menginspirasi kaum milenial untuk lebih peduli dengan sesama.
    Merekatkan persaudaraan merajut kebersamaan.

    Sukses untuk Film Doremi and You

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 3:38 pm
    Permalink

    Film yang mengajarkan pentingnya kebersamaan dan peduli dengan lingkungan, semoga semakin banyak sineas muda yang peduli dengan lingkungan untuk menjadikan bumi lebih baik lagi.

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 7:02 pm
    Permalink

    Film Do re mi and you menceritakan tentang kisah persahabatan yang menjalin kebersamaan,kerjasama,kerukunan,dan saling tolong menolong

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 8:29 pm
    Permalink

    Film ini mengajarkan bahwa perbedaan tetap bisa membuat persatuan yang baik

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *