Kampung “Segudang Prestasi” Genteng Candirejo Surabaya

Kampung Genteng Candirejo berlokasi di Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Kampung ini memiliki banyak prestasi. Kampung ini merintis secara fisik mulai sejak tahun 2006. Setelah merintis selama satu tahun, pada tahun 2007 kampung ini mulai aktif dalam pengelolaan lingkungan hidup. Saat ini, Kampung Genteng Candirejo ini dikepalai oleh Bapak Syahri sebagai Ketua RT II RW 8 Kelurahan Genteng. 

“Kampung ini mengukuhkan diri sebagai kampung peduli lingkungan hidup mulai bulan Agustus 2008. Kami aktif menerima kunjungan dari masyarakat di luar kampung mulai tahun 2009,” kata Ketua RT II RW 8 Kelurahan Genteng Syahri. Kerjasama dengan pihak swasta/perusahaan mulai dilakukan tahun 2012 bersama Perum Pegadaian.

“Pembuatan Pandora L atau sistem pengolahan air limbah di kampung ini dibiayai oleh Perum Pegadaian,” kata Syahri. PT Telkom juga tertarik bermitra dengan kampung Genteng Candirejo ini. “PT Telkom memberikan bantuan kepada kami di tahun 2016, sehingga kampung kami juga mendapatkan sebutan Kampung UKM Digital,” jelas Bapak Syahri.

Kampung “Eco Tourism” Genteng Candirejo Surabaya

Kampung ini memiliki beberapa sebutan lain selain Kampung Genteng Candirejo dan Kampung Wisata Genteng Candirejo. Sebutan itu berasal dari program unggulan, maupun penghargaan yang mereka raih. Diantaranya, Kampung Literasi karena memenangkan penghargaan Surabaya Akseliterasi tahun 2016. 

Implementasi dari kampung literasi adalah adanya perpustakaan di dekat gerbang masuk kampung ini. Kampung ini juga mendapatkan julukan Kampung Dolanan Anak. Alasannya, program mereka yang mengharuskan bahwa kampung Genteng Candirejo memiliki wadah bermain untuk anak-anak. Wadah bermain ini lebih ke arah permainan tradisionalnya.Program Kampung Dolanan Anak ini sudah berjalan sejak tahun 2017. 

Kampung Genteng Candirejo ini juga merupakan sentra olahan herbal. Masing-masing keluarga di kampung ini memproduksi olahan herbal. Produksi olahan tersebut berbentuk makanan/minuman. Diantaranya beragam jamu seperti olahan sinom, temulawak, dan kunyit asem. Ada juga rosella, teh rempah, sari blimbing wuluh, sere apel, dan beras kencur.

Sebagian penghargaan yang pernah diraih kampung Genteng Candirejo Surabaya. Penghargaan-penghargaan itu bisa dijumpai di perpustakaan kampung

Biasanya yang menjalankan UKM (usaha kecil menengah) adalah ibu-ibu. Sebab, tujuan dari UKM itu adalah untuk membantu perekonomian keluarga. “Kelak ini akan diusahakan menjadi tulang punggung ekonomi keluarga. Ini terus kita pacu, karena omzet yang dihasilkan juga terus meningkat. Bayangkan saja, ibu-ibu diam di rumah tapi bisa menghasilkan omzet jutaan,” jelas Syahri. 

Terkait pengolahan sanitasi, Kampung Genteng Candirejo sudah memiliki bank sampahnya sendiri secara mandiri. Syahri mengatakan bahwa mereka mendefinisikan bank sampah disini bukan sebagai tempat, tapi sebagai suatu sistem. “Diharapkan para keluarga disini dapat tetap menjaga kebersihan sampah di rumah dan memanfaatkan sampah,” jelas Syahri. 

Air limbah domestik rumah tangga dari warga kampung ini tidak dibiarkan mengalir mengalir begitu saja ke saluran di luar. “Kami mengolah air limbah domestik dari rumah-rumah warga. Hasilnya dimanfaatkan untuk menyiram tanaman yang ada di kampung ini,” ujar Syahri.

Budidaya ikan juga dilakukan di kampung ini memanfaatkan ruang-ruang yang ada. Budidaya tanaman hidroponik dilakukan di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan tanaman.  

Mengenai prestasi Kampung Genteng Candirejo sangat banyak. Kampung Genteng Candirejo berhasil meraih juara Lingkungan Bersih dan Sehat di tahun 2017. Menurut Syahri, penghargaan yang menurutnya paling tinggi yang diraih oleh Kampung Genteng Candirejo adalah Juara Surabaya Green and Clean(SGC) 2016. 

Syahri berharap Kampung Dolanan bisa ditingkatkan menjadi Kampung Ramah Anak. “Untuk itu indikatornya perlu ditingkatkan lagi. Seperti wadah bermain yang ada haruslah aman bagi anak-anak, tidak hanya sekadar dijadikan tempat bermain,” ujar Syahri.

Sementara itu, Pangeran Lingkungan Hidup 2018 SD Laksamana Nanda Dwitama yang mengunjungi kampung itu mengaku sangat kagum dengan kiprah kampung Genteng Candirejo Surabaya itu. “Kampung ini bisa menjadi destinasi wisata turis dalam negeri dan internasional,” kata Laksamana Nanda, yang akrab dengan sapaan Aca ini.

Penulis: Masyithoh Nur K & Jodi Daniel Siringoringo

Penyunting: Mochamad Zamroni

45 tanggapan untuk “Kampung “Segudang Prestasi” Genteng Candirejo Surabaya

  • Juli 12, 2019 pada 4:24 pm
    Permalink

    Kampung Genteng Candirejo benar-benar kampung teladan yang unik karena banyak memiliki keunggulan dari pada kampung yang lainnya, dengan sarana yang ada : literasi, wadah dolanan tradisioanal anak, hidroponik, ukm dari produk herbalnya, bank sampah, dll. Semoga bisa menularkan ke kampung-kampung yang lainnya.

    Balas
  • Juli 13, 2019 pada 5:17 am
    Permalink

    Mantap dan keren. Prestasi Kampung Genteng Ngadirejo ini patut mendapat apresiasi. Semoga prestasi yang sudah diraih bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Menginspirasi kampung Kampung lain di Surabaya ini.

    Tetap semangat dan terus berinovasi semoga sukses . Good Job

    Balas
    • Juli 18, 2019 pada 4:39 pm
      Permalink

      Prestasi Kampung Genteng Ngadirejo ini patut mendapat apresiasi. Semoga dengan adanya kampung ini dapat membuat kampung lainnya semangat untuk menjadikan kampungnya lebih baik lagi.

      Balas
    • Juli 18, 2019 pada 6:23 pm
      Permalink

      Kampung yang baik dan bisa buat dicontoh oleh kampung kampung yang lain supaya di surabaya banyak kampung yang seperti ini. Pantas kalau dikampung candirejo ini banyak meraih prestasi karena ada literasi. Hidroponik. bank sampah, budidaya ikan, ukm dan produk herbal yang menghasilkan uang. Semoga kampung seperti ini banyak berkembang di surabaya.

      Balas
      • Juli 19, 2019 pada 7:55 am
        Permalink

        Kampung Genteng Candirejo sangatlah dapat dicontoh oleh kampung yang lain. Dan juga dapat lebih menginspirasi untuk berprestasi.

        Balas
        • Juli 19, 2019 pada 5:57 pm
          Permalink

          Kampung genteng candirejo dapat menjadi inspirasi bagi kampung lain,sangat berprestasi

          Balas
    • Juli 19, 2019 pada 11:57 am
      Permalink

      Mantapppp ..Kampung “Segudang Prestasi”Genteng Candirejo ini sangat-sangat patut untuk diberi apresiasi yang sungguh luar biasa .. bisa dijadikan contoh untuk kampung-kampung lainnya ….

      Balas
    • Juli 19, 2019 pada 8:02 pm
      Permalink

      Kampung hebat, itu semua karena kerja sama antar warganya dan adanya kesadaran diri sendiri

      Balas
  • Juli 16, 2019 pada 1:04 pm
    Permalink

    Ciptakan terus prestasi genteng candirejo Surabaya,idenya bagus dan kreatif.Kapan ya bisa mengunjungi kampung tersebut.

    Balas
  • Juli 17, 2019 pada 7:43 pm
    Permalink

    Kampung Genteng Candirejo, kampung di tengah kota metropolitan. Kampungnya bersih, tiap rumah tangga punya usaha. Semoga semakin banyak kampung di Surabaya yang termotivasi untuk menjadi kampung yang bersih dan berprestasi

    Balas
  • Juli 17, 2019 pada 7:54 pm
    Permalink

    Berjuang terus untuk prestasi yang lebih maju lagi. Fasilitas lingkungan yang sangat lengkap ini mulai dari pembuatan Pandora L atau system pengolahan air limbah,membangun perpustakaan di sekitar kampung dan mendapatkan julukan aksi literasi, mengolah air limbah domestik dari rumah-rumah warga dan bisa dijadikan sebagai minum bagi tanaman, dan juga mendapatkan julukan kampung wadah anak yang menunjang anak untuk terbiasa melestarikan permainan tradisional.
    Hebat!!!!!!

    Balas
  • Juli 18, 2019 pada 7:17 am
    Permalink

    Kampung Genteng Candirejo benar2 kampung dengan paket komplit.Mulai dari pengolahan sampahnya,pengolahan air limbah,perpustakaan kampung,wadah bermain anak,pemanfaatan tanaman obat semua terkoordinasi dengan baik.
    Semoga bisa menginspirasi kampung2 lain.
    Galang Satriyo Utomo
    SDN Bubutan IV Surabaya

    Balas
    • Juli 18, 2019 pada 4:53 pm
      Permalink

      Prestasi dari kampung tersebut patut dicontoh oleh kampung lain.dari segi menjaga kebersihan, rasa kepedulian terhadap lingkungan yang tinggi.

      Balas
      • Juli 19, 2019 pada 8:07 am
        Permalink

        Ryan Abiyyu Permana
        SMPN 16 Surabaya
        Patut dicontoh prestasinya

        Balas
  • Juli 18, 2019 pada 4:04 pm
    Permalink

    Jujur sebelumnya saya belom tahu tentang ini. Tapi setelah saya membaca, secara reflek saya menggelengkan kepala Karena kekaguman saya terhadap kampung ini khususnya para warga setempat. Mulai dari keindahan, ramah lingkungan Dan bahkan bisa membantu perekonomian. Dan lagi yang saya kagumi yakni adanya perpustakaan yang bisa menjadi tempat agar generasie Kita memiliki minat naca yang tinngi. Karena Indonesia menduduki peringkat ke 60 dalam Hal minat baca. Sungguh miris, tetapi dengan adanya kampung ini inshaa Allah anak2 pun sadar Dan bisa menjadi inspirasi bagi kampung lain.

    Balas
  • Juli 18, 2019 pada 4:05 pm
    Permalink

    Mantap dan luar biasa. Patut di apresiasi. Semoga selalu tetap dipertahankan prestasi nya, dan dapat menginspirasi bnyk orang dan kampung2 lain… Cool
    I gede ivan as
    Smpn 8 sby

    Balas
  • Juli 18, 2019 pada 4:47 pm
    Permalink

    Keren ….. kampung genteng candirejo sangat berprestasi dan bisa jadi contoh untuk semuanya. Dengan cara mereka melakukan pengolahan pengolahan seperti itu mereka seperti melakukan dampak baik bagi semua agar bisa meniru kegiatan yang postif dan patut untuk ditiru.
    INGE FRIDAYANTI LISMAWATI
    SMPN 37 SURABAYA

    Balas
  • Juli 18, 2019 pada 4:57 pm
    Permalink

    Keindahan kampung yang menawan dan prestasi yang dimiliki terbentuk akibat kerja sama yang baik antar warganya yang patut dicontoh oleh seluruh warga kampung di Surabaya,agar menciptakan lingkungan yang indah dan bebas dari sampah .

    Balas
  • Juli 18, 2019 pada 5:19 pm
    Permalink

    Kampung Genteng Candirejo, TOP banget. Kampung dengan segudang prestasi, patut menjadi contoh kampung-kampung lain di Surabaya. Bisa menjadi salah satu pusat edukasi bagi para warga yg peduli dengan Lingkungan Hidup.

    Balas
  • Juli 18, 2019 pada 6:13 pm
    Permalink

    Nama: Muh. Fahrezi Erdya Putranta
    Sekolah : SMPN 61
    Kreatif sekali, semoga saya bisa melakukan hal yang sama.

    Balas
  • Juli 18, 2019 pada 6:51 pm
    Permalink

    Kampung Genteng Candirejo memiliki banyak prestasi sejak tahun 2006. Kampung ini memiliki sebutan lain selain Kampung Genteng Candirejo. Diantaranya, Kampung Literasi karena memenangkan penghargaan Surabaya Akteliterasi tahun 2016. Kampung ini juga merupakan sentra olahan herbal. Terkait pengolahan sanitasi, Kampung ini memiliki bank sampahnya sendiri secara mandiri. Hasil air limbah domestik rumah tangga juga dimanfaatkan. Kampung ini juga berhasil meraih juara lingkungan bersih dan sehat di tahun 2017. Semoga kampung lain dapat termotivasi.

    Balas
  • Juli 18, 2019 pada 7:00 pm
    Permalink

    Kampung Genteng Candirejo benar-benar Kampung dengan segudang prestasi. Kampung yang mengukuhkan diri sebagai kampung peduli lingkungan, memulai kerjasama dengan pihak swasta/perusahaan bersama Perum Pegadaian, dan sampai PT Telkom juga tertarik bermitra.
    Pembuatan Pandora L / sistem pengolahan air limbah dan mendapat gelar kampung UKM digital atas bantuan dari PT Telkom.
    Kampung Genteng Candirejo memiliki sebutan lain. Sebutan yang berasal dari program unggulan maupun penghargaan yang mereka raih. Beberapa ini sebutan lain dari Kampung Genteng Candirejo, Kampung Wisata Genteng Candirejo, Kampung Literasi, Kampung Dolanan Anak. Kampung ini juga merupakan sentra olahan herbal, budidaya ikan, budidaya tanaman hidroponik, dan memiliki bank sampah sendirinya secara mandiri.
    Kampung Genteng Canderejo sangat keren. Kampung ini bisa menginspirasi kampung-kampung lainnya. Semoga tetap semangat mempertahankan yang sudah diraih dan meningkatkan prestasi lagi.

    Balas
  • Juli 18, 2019 pada 8:42 pm
    Permalink

    Wahh Kampung Genteng Candirejo pasti bersih dan sangat indah yah. Kampung ini prestasinya bisa di contoh nih buat kampung yang lainnya di Surabaya yang masih kotor, kan kalo kotor Kota Surabaya bisa banjir, trus menimbulkan penyakit juga.
    Najwa Aulia Andin
    SMPN 37 Surabaya

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 6:33 am
    Permalink

    kampung genteng ini bisa dijadikan contoh untuk membangun kampung saya yang lebih baik, kampung saya memiliki sumber daya alam yang banyak dan lingkungan yang asri namun belum termanfaatkan secara maksimal rumah saya berada di desa pengalangan gresik. saya alimatus siswa SMPN 61 Surabaya

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 8:04 am
    Permalink

    Semoga banyak kampung-kampung dikota Surabaya dapat mencontoh kampung Genteng Candirejo ini. Berwisata bukan hanya soal kesenangan, banyak tempat wisata yang juga menawarkan wawasan/ilmu seperti halnya kampung Genteng Candirejo.

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 8:23 am
    Permalink

    Kampung wisata Genteng memang LUAR BIASA meski terhimpit oleh bangunan pemukiman yang cukup padat. Namun, jalan paving di sepanjang kampung itu sangat bersih dan asri. Udaranya selalu sejuk karena rindang pepohonan yang mengitari sepanjang jalan itu. Berada di kampung itu, tak akan pernah merasa bosan karena pemandangannya sangat beragam.

    Sukses selalu untuk kampung Genteng

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 8:27 am
    Permalink

    Kampung Genteng Candirejo memang luar biasa yang mampu memanfaatkan seluruh potensi yang ada di lingkungan sekitarnya.

    Semoga menginspirasi kampung lainnya di Surabaya.

    Balas
    • Juli 19, 2019 pada 1:42 pm
      Permalink

      Masya Allah..ini kampung yang hebat, banyak kegiatan positif yang mendukung lingkungan bersih. Disamping itu masyarakat nya pun turut berperan aktif, sehingga program ² nya dapat berjalan dengan baik. Bravo untuk kampung genteng candi Rejo , semoga menjadi inspirasi kampung ² yg lain

      Balas
    • Juli 19, 2019 pada 3:23 pm
      Permalink

      Perfect kampung ini sangatt unik sekali dan warganya sangat peduli sekali dengan kelestarian lingkungan semoga kampung ini bisa menjadi motivasi bagi kampung kampung lainnya di seluruh wilayah Indonesia

      Balas
  • Juli 19, 2019 pada 9:57 am
    Permalink

    Rumah Hijau sangat bermanfaat untuk mengurangi polusi udara

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 10:41 am
    Permalink

    green house seharusnya ada di setiap sekolah

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 11:18 am
    Permalink

    Ini dia kampung penuh inspirasi.. Smoga bisa menjadi contoh kampung yang lain yg berada di kota surabaya maupun di luar kota Surabaya..

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 11:45 am
    Permalink

    green house harus ada di setiap sekolah
    nama :Sabrina Syahla Gadis
    asal sekolah : SDN KERTAJAYA

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 1:35 pm
    Permalink

    SELAMAT KAMPUNG CANDI REJO!
    SANGAT MENGINSPIRASI!
    Semoga prestasi- prestasinya segera menular ke daerah- daerah yang lain di Surabaya.

    Semoga daerah- daerah lain segera berbenah dan berbudaya lingkungan agar lingkungan hidup semakin baik dan tetap lestari.

    TRI AZIZAH
    SDN TAMBAKSARI III/ 159 SURABAYA

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 1:57 pm
    Permalink

    Bisa jadi contoh kampung laen di surabaya

    Aqilah khairana RR
    SDN Dukuh menanggal I

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 3:25 pm
    Permalink

    Bagus,kreatif dan keren. Prestasi Kampung Genteng Ngadirejo ini patut diacungi jempol.dan bisa menjadi contoh di kampung lain. Semoga prestasi yang didapat bermanfaat.

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 3:26 pm
    Permalink

    Green house di sekolah ku ada..dan terawat dengan baik

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 3:46 pm
    Permalink

    Wajar jika Kampung Genteng Candirejo Surabaya mendapat predikat Kampung sejuta prestasi mengingat kampung ini telah mendapatkan banyak penghargaan karena telah memanfaatkan potensi lingkungan dengan maksimal.

    Sukses terus untuk Kampung Candirejo

    Balas
    • Juli 19, 2019 pada 7:49 pm
      Permalink

      Kampung Genteng Candirejo dapt di contoh oleh kampung yang lain

      Balas
  • Juli 19, 2019 pada 3:47 pm
    Permalink

    Kampung Genteng Candirejo Surabaya memang pantas menjadi Kampung Segudang prestasi karena memang warganya sangat maksimal dalam mendukung program peduli lingkungan sehingga mampu menjadikan kampung yang ditinggali menjadi hunian yang asri, istimewa dan berprestasi.

    Semoga bisa lebih baik lagi.

    Balas
    • Juli 19, 2019 pada 7:30 pm
      Permalink

      Dengan melihat prestasi kampung candirejo surabaya menjadi kebiasaan baik masyarakat indonesia yang di mulai dari menjaga lingkungan rumah

      Nama : Vania sabrina
      Alamat :jl. Amir Mahmud IX kav 4
      Sekolah : SMPN 23 SURABAYA
      Akun instagram : @vaniasbrn
      @vvniaaa @herl_official

      Balas
  • Juli 19, 2019 pada 3:50 pm
    Permalink

    Kampung genteng candirejo patut di contoh oleh kampung – kampung lain nya.semoga dapat di pertahankan prestasi nya dari tahun ke tahun.

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 6:06 pm
    Permalink

    Kampung yang keren untuk pelajar

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 7:47 pm
    Permalink

    Kampung Genteng Candirejo dapt di contoh oleh kampung yang lain

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *