Siap Minimalkan Sampah Plastik pada Kunjungan Belajar LH ke Bali Sesi II

Janny Mudjijanto, guru pembina lingkungan hidup dari SDN Tanah Kalikedinding I Surabaya, mengatakan bahwa kunjungan belajar lingkungan hidup ke Bali oleh Paguyuban Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2017 pada September 2017 lalu sangat berkesan.

Kesan itu didengar dari pemandu wisata yang mendampingi rombongan selama tiga hari berkunjung ke Pulau Dewata. “Pemandu wisata kita saat itu kagum dengan penerapan hidup bersih oleh rombongan pangeran dan puteri lingkungan hidup 2017,” kata Janny Mudjijanto saat persiapan Kunjungan Belajar Bali Sesi II di Markas Tunas Hijau, Jumat (28/6/2019)

Janny menjelaskan bahwa kondisi bus yang digunakan selama 3 hari berkelilig Bali selalu dalam keadaan bersih. “Berbeda dengan bus yang digunakan transportasi umumnya wisatawan domestik yang didapati sampah banyak tercecer di dalamnya, bus kita selalu bersih 3 hari itu,” kata Janny Mudjijanto. 

Janny Mudjijanto (baju biru lengan panjang) dan Andayani, guru pembina lingkungan SMPN 40 Surabaya (berkerudung dengan baju oranye) sedang memberi pengarahan kepada anggota tim puisi

Aktivis Senior Tunas Hijau Bram Azzaino menegaskan bahwa minimalisasi sampah non organik kemasan makanan/minuman sekali pakai akan menjadi fokus rombongan Kunjungan Belajar Lingkungan Hidup Bali Sesi II pada 5-7 Juli 2019. “Untuk itu setiap anggota tim diharuskan membawa tumbler dan tas non kresek selama di Bali nanti,” kata Bram Azzaino.

Selama tiga hari di Bali nanti, pesan Bram, semua anggota tim juga diminta untuk tidak menghasilkan sampah non organik kemasan makanan/minuman, khususnya kemasan plastik dan sterofoam. “Di bus akan dilengkapi dengan galon air mineral untuk isi ulang air dengan tumbler yang dibawa sendiri-sendiri,” tambah Bram Azzaino.

Kunjungan Belajar Lingkungan Hidup Bali Sesi II pada 5-7 Juli akan diikuti oleh 34 orang. Sebagian besar dari mereka adalah paguyuban pangeran dan putri lingkungan hidup 2018 yang aktif. Ada juga siswa dan guru berprestasi lingkungan hidup 2018 lainnya. 

Penulis: Mochamad Zamroni

2 tanggapan untuk “Siap Minimalkan Sampah Plastik pada Kunjungan Belajar LH ke Bali Sesi II

  • Juli 10, 2019 pada 04:59
    Permalink

    Mantap betul, di manapun dan kapanpun siap untuk menjaga lingkungan hidup selalu bersih dan sehat. Ini juga yang dilakukan oleh tim Duta Wisata Lingkungan Surabaya Pulau Dewata Bali sesi II. Sepakat dan komitmen untuk Zero Waste. Diet kantong plastik , minimalis sampah.

    Intinya tetap semangat dan tidak pernah untuk tidak peduli lingkungan utamanya dari sampah plastik.
    Good Job buat Duta Wisata Lingkungan Surabaya Pulau Dewata Bali sesi II

    Balas
  • Juli 19, 2019 pada 12:19
    Permalink

    Program yang luar biasa di manapun berada tetap komitmen menjaga lingkungan dari sampah plastk. VAMSA MAHAD ViVASUAT.SDN MARGOREJO I

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *