Siapkan Bibit Pengganti Sebelum Panen Hidroponik Dilakukan

Bagaimana perkembangan tanaman hidroponik di sekolahmu? Sudah berapa kali panen hidroponik di sekolahmu sejak Workshop Hidroponik SD Surabaya 2019 yang digelar pada akhir April hingga awal Mei? 

Menempati markas baru di Jalan Ketintang Timur PTT II/22 Surabaya, Tunas Hijau memulai bercocok tanam dengan hidroponik beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. Jenis tanaman sayuran yang dibudidaya adalah sawi dengan sistem NFT.

Panen perdana dilakukan Tunas Hijau pada tanaman sawi, Senin (1/7/2019). “Sebelum panen dilakukan, kami sudah menyiapkan bibit tanaman penggantinya,” kata Aktivis Senior Tunas Hijau Bram Azzaino.

Menurut Bram Azzaino, akan lebih efektif bila instalasi hidroponik yang ada tidak dibiarkan kosong tanpa benih atau tanaman lebih dari sehari. “Jadi beberapa sebelum panen, sebaiknya pembenihan sudah dilakukan. Setelah panen, pada hari yang sama, benih sudah siap dipindah ke modul atau instalasi hidroponi,” ujar Bram Azzaino. 

Bram juga mengingatkan bahwa sekolah masih punya waktu sekitar sebulan ini untuk berlatih dan praktek hidroponik. “1 Agustus 2019 akan dimulai bersama-sama pembenihan untuk pelaksanaan Lomba Hidroponik SD Surabaya 2019,” Bram Azzaino menuturkan.

Penulis: Mochamad Zamroni

Satu tanggapan untuk “Siapkan Bibit Pengganti Sebelum Panen Hidroponik Dilakukan

  • Juli 19, 2019 pada 20:51
    Permalink

    tanaman hidroponik menurut saya sgt membantu sekali bagi mereka yg ingin bercocok tanam tetapi tdk memiliki cukup lahan. Karena dgn adanya tanaman hidroponik tsb bisa menghemat lahan cocok tanam. Dan kita dpt bertanam tanpa hrs susah krn tdk mempunyai cukup lahan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *