Optimalkan Sinar Matahari pada Ruangan, Minimalkan Perubahan Iklim (3)

Seringkali ketika kita sedang melakukan pekerjaan di dalam ruangan, kita tergoda untuk menyalakan lampu agar ruangan kita terang. Meskipun sedang siang hari, ada anggapan kalau ruangankita beraktivitas kurang cukup terang sehingga kita harus menyalakan lampu. Kadangkala kita juga ikut menyalakan lampu ruangan agar dapat menambah moodketika kita sedang bekerja. 

Tidak hanya di tempat kerja, di rumah kita seringkali menyalakan lampu ketika kita sedang menonton TV atau menggunakan komputer agar ruangan kita terang. Tidak jarang, untuk 1 orang yang ada di dalam ruangan saja kita harus menyalakan 2-3 lampu meskipun sedang siang hari.

Penerangan yang cukup memang diperlukan untuk kesehatan mata kita. Apabila ruangan itu cukup terang, mata kita dapat bekerja secara optimal dan tidak menimbulkan kerusakan mata secara perlahan. Apalagi ketika kita beraktivitas di depan alat elektronik, cahaya pendukung di sekitar diperlukan agar mata kita tidak terpapar cahaya yang berlebihan dari satu sumber saja. 

Namun penggunaan listrik yang berlebihan karena penggunaan lampu juga dapat memperparah dampak perubahan iklim yang dialami Bumi ini. Direrata, setiap gedung perkantoran 2 lantai menghasilkan emisi yang sama dengan 30 mobil di jalan karena konsumsi energi listrik yang dipakai oleh gedung-gedung tersebut. Semakin banyak lampu yang dipakai, maka makin besar emisi yang dihasilkan oleh suatu gedung, dan makin parahlah dampak gedung tersebut pada perubahan iklim.

Nah, di sinilah ada trik mudah yang bisa kita lakukan untuk membantu mengurangi konsumsi listrik, menyehatkan mata, sekaligus bisa ikut andil dalam pencegahan perubahan iklim. Kurangilah penggunaan lampu di ruangan tempat kita beraktivitas selama siang hari. Matikan lampu-lampu yang tidak perlu selama kita bekerja pada siang hari. 

Layar komputer, layar laptop dan layar lainnya sudah menghasilkan cahaya yang cukup terang, dan karena sekarang sudah banyak yang menggunakan layar LCD yang lebih aman padamata. Selain itu, optimalisasi cahaya pada desain ruangan juga berkontribusi besar dalam efisiensi penggunaan listrik di dalam ruangan.

Cahaya matahari bisa dioptimalkan untuk penerangan alami di dalam kantor, rumah atau lingkungan kerja lainnya. Bukalah jendela dan biarkan cahaya matahari secara alami menerangi kantor atau ruangan selama bekerja di siang hari. Pilihlah warna-warna terang pada ruangan agar dapat memantulkan cahaya lebih efektif dan menerangi ruangan secara optimal. 

Gunakanlah reflektor cahaya apabila perlu untuk dapat membantu memantulkan cahaya ke seluruh penjuru ruangan. Dengan menggunakan lebih banyak cahaya alami, maka emisi dari gedung atau rumah tempat tinggal akan lebih rendah karena mengoptimalisasi sinar matahariyang tersedia secara gratis. Apabila ruangan memang didesain secara tertutup, gunakanlah lampu hemat energi yang secara efektif dapat menerangi ruangan tempat bekerja.

Kata kunci dalam trik ini adalah: optimalkansinar matahari dan gunakan listrik seperlunya.Sebagai penghuni Bumi ini sekaligus yang ingin mencegah perubahan iklim makin parah, kita harus makin selektif dalam menggunakan sumber daya dan listrik di sekitar kita sesuai kebutuhan. 

Penulis: Cahyo Lintang

Penyunting: Mochamad Zamroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *