Penyemaian Ulang Hidroponik di SDN Kedung Baruk I

Lomba Hidroponik SD Surabaya 2019 sudah berlangsung sejak 1 Agustus 2019. Seluruh SD negeri di Kota Surabaya sibuk mempersiapkan tanaman hidroponik mereka dalam rangka lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya dan Tunas Hijau ini. 

Seperti SDN Kedung Baruk I Surabaya yang sibuk melakukan penyemaian ulang bibit hidroponik, Selasa (7/8/2019), bersama Tunas Hijau. Penyemaian ulang hidroponik mereka lakukan karena bibit hasil penyemaian hari pertama, Kamis (1/8/2019), mengalami kutilang (kurus tinggi langsing).

Di waktu yang sama tim hidroponik sekolah ini juga melakukan pemindahan terhadap instalasi hidroponik. Instalasi yang sebelumnya di halaman belakang dipindah ke samping lapangan. Tujuannya, untuk mendapatkan sinar matahari yang lebih lama. 

“Setelah bibit yang ditaruh diatas rockwool pecah atau berkecambah  langsung bisa dijemur di bawah panas matahari. Tapi jangan lupa juga tuangkan air secukupnya di sekitaran rockwool tempat bibit tanaman disemaikan,” ujar Richi Razaq, aktivis Tunas Hijau. 

Ia juga menjelaskan bahwa bibit tanaman  hidroponik yang sudah pecah lebih baik ditaruh di tempat terbuka yang mudah mendapatkan sinar matahari untuk memudahkan pertumbuhan tanaman hidroponiknya. Selanjutnya, tim hidroponik SDN Kedung Baruk itu juga diajak melakukan simulasi pengisian jurnal harian per divisi, yaitu divisi perawatan, promosi dan edukasi.

Penulis: Jodi Daniel

Penyunting: Mochamad Zamroni

Satu tanggapan untuk “Penyemaian Ulang Hidroponik di SDN Kedung Baruk I

  • Agustus 24, 2019 pada 08:03
    Permalink

    Penyemaian ulang hidroponk adalah kegiatan yang sangat penting dan harus dilakukan secara rutin supaya tanaman tumbuh dengan baik

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *