Hidroponik dan Anak Berkebutuhan Khusus

Menjadi bagian dari HIKOM II (Hidroponik SDN Komplek Kenjeran II Surabaya) merupakan pengalaman yang menarik bagi saya. Disini saya berkesempatan mendampingi siswa-siswa yang tergabung dalam tim hidroponik sekolah (THS) untuk melakukan pembibitan, perawatan sampai dengan panen. 

Antusias mereka dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab pada masing-masing divisi sungguh luar biasa. Selain itu, dengan adanya kegiatan hidroponik ini, sebagai GPK (guru pendamping khusus), saya bisa mengajak anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk ikut menjaga serta tidak merusak tanaman hidroponik yang ada di sekolah.

Saya juga mengajak mereka untuk ikut berpartisipasi dengan mengumpulkan botol air mineral yang digunakan sebagai wadah hidroponik. 

Ekspektasi kami dalam lomba hidroponik kali ini tentulah menjadi juara. Namun apapun hasilnya, sukses mengadakan panen raya dan bazar sebanyak dua kali itu merupakan prestasi. Mampu mewujudkan tantangan hidroponik juga merupakan prestasi dan menjadikan siswa memiliki tanggung jawab serta kesadaran dalam merawat tanaman hidroponik juga prestasi. 

Semoga kegiatan hidroponik ini terus berlanjut dan akan mencetak petani-petani muda hidroponik berjiwa wirausaha ke depannya. Lanjutkan tim HIKOM II. Semangat dan kompak selalu untuk SDN Komplek Kenjeran II lebih JAYA…..JAYA…..JAYA…….

Penulis: Saadatul Hurriyah

Pendamping THS Divisi Perawatan dan Guru GPK

Satu tanggapan untuk “Hidroponik dan Anak Berkebutuhan Khusus

  • Oktober 12, 2019 pada 16:00
    Permalink

    Bu riaaa…kereennn…siswa ABK ikut menjaga kebun di depan kelas inklusi

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *