Peringati World Animal Day, Siswa SMP Surabaya Berburu Satwa Liar di Hotel Mercure Grand Mirama

World Animal Day diperingati dengan cara berbeda di Surabaya. Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya bersama Tunas Hijau mengajak 32 orang siswa dan guru SMP Surabaya mengikuti workshop dengan tema We Loves Animals, Kamis (3/10/2019) untuk memperingatinya. 

Sekolah peserta workshop ini adalah SMP di Surabaya yang telah mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional atau Sekolah Adiwiyata Mandiri. Sekolah itu adalah SMPN 4, SMPN 11, SMPN 16, SMPN 23, SMPN 24, SMPN 26, SMPN 28, SMPN 35, dan SMPK St Stanislaus I.

”Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah mengajak siswa utk lebih menumbuhkan kecintaan thdp binatang sehingga dpt melestarikan juga” ujar selaku General Manager Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya Sugito Adhi.

Sejak pukul 07.30, siswa dan guru ini diajak berkeliling area Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya untuk mengamati hewan liar yang ada di hotel, yang September 2019, mendapatkan penghargaan sebagai Green Hotel dari Menteri Pariwisata itu. 

Peserta Workshop World Animal Day sedang mengamati satwa liar di sekitar kolam renang Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya menggunakan kamera dan binocular

“Pengamatan satwa liar itu dilakukan menggunakan kamera ponsel, kamera DSLR, binocular atau mata telanjang,” kata Aktivis Senior Tunas Hijau Bram Azzaino yang memandu kegiatan.

Beberapa jenis hewan liar yang hidup di area sekitar kolam renang, area parkir dan taman hotel ditemukan peserta. Diantaranya tupai, kumbang, kupu kupu, capung, katak, dan burung. “Beberapa jenis kupu-kupu dan burung ditemukan di lahan terbuka hijau Hotel Mercure Grand Mirama,” kata Fatih Abdul Aziz, aktivis Tunas Hijau yang juga memandu kegiatan ini.

”Peserta juga diajak melepas burung gereja bersama-sama di area kolam renang hotel. Tujuannya mengembalikan burung ini ke habitatnya di alam bebas dan tidak terkungkung dalam sangkar,” ujar Treti selaku Talent and Culture Manager Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. 

Hasil berburu satwa liar itu sebagian diwujudkan dalam bentuk foto. Bagi satwa yang tidak cukup jelas diabadikan dalam bentuk foto, maka peserta diminta mengabadikannya dalam bentuk sketsa gambar. 

Di sela-sela workshop, Dimas Ikhsandio, peserta dari SMPN 23 Surabaya, menunjukkan hasil dokumentasi fotonya. Dia berhasil menunjukkan capung di kamera DSLR-nya sembari berkata dengan sangat antusias dan bangga. ”Saya berhasil mendapat foto capung tadi di area kolam,” ujar Dimas Ikhsandio. 

Lebih lanjut Bram Azzaino menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini peserta diajak untuk lebih peduli terhadap kehidupan satwa liar di sekitar kita. “Kepedulian kita minimal dengan memastikan bahwa di sekitar kita ada cukup banyak tumbuhan sebagai habitat satwa liar,” terang Bram Azzaino. 

Foto utama: tupai yang didapati sedang turun dari pohon palem di halaman parkir Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya

Penulis: Mochamad Zamroni

2 tanggapan untuk “Peringati World Animal Day, Siswa SMP Surabaya Berburu Satwa Liar di Hotel Mercure Grand Mirama

  • Oktober 4, 2019 pada 06:08
    Permalink

    wowwww….sayang sd tidak di undang rek……..eman , kan bisa berbagi ilmu juga dengan SD yang lainnya. Kapan-kapan di ajak dong…..biar tambah seru

    Balas
  • Oktober 5, 2019 pada 06:47
    Permalink

    Alhamdulillah..selãmat ýaaa Hotel Mercure Grand Mirama … atąs pencapaian nya….
    ….käpan2 siswa SD njihhh…
    hehehe biar kami jùga ikut menimba ilmu .
    salam bùmi pasti lestari
    salam zero waste

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *