Sedekah Hijau ala SMPN 11 Surabaya

Hari Menanam Pohon Indonesia 28 November diperingati tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya dengan cara berbeda. Mereka menggelar kegiatan Sedekah Hijau. Sekitar 15 orang siswa kader lingkungan hidup bersama 3 orang guru pembina lingkungan sekolah ini terlibat dalam Sedekah Hijau ini, Senin (2/12/2019).

Mereka bersedekah 10 tanaman dalam pot kepada beberapa pemangku kepentingan di sekitar sekolah. Penerima sedekah hijau itu adalah Puskesmas Pegirian, Kantor Kelurahan Pegirian, SDN Ujung IX, Kantor Kecamatan Semampir dan Polsek Pegirian. Masing-masing menerima 2 tanaman dalam pot jenis beras kutah dan palem.

Menurut Suminah, koordinator guru pembina lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya, 10 tanaman yang disedekahkan itu adalah swadaya tim lingkungan hidupnya. “Tanaman yang disumbangkan ini berasal dari sebagian pengolahan sampah non organik dan jelantah yang dilakukan di SMPN 11 Surabaya,” ujar Suminah.

Tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya saat Sedekah Hijau di Kantor Kecamatan Semampir

10 tanaman itu diangkut dengan menggunakan gerobak sederhana dari sekolah. Di setiap tempat penerima sedekah hijau itu, mereka juga melakukan aksi peduli lingkungan sesuai dengan kondisinya. Di Puskesmas Pegirian, misalnya, mereka menggelar aksi memungut sampah non organik khususnya plastik dari saluran air di sekitar Puskesmas.

Sedekah Hijau ini dilaksanakan juga sebagai realisasi program Surabaya Eco School 2019 mereka. “Aksi ini sebagai wujud kami mengajak masyarakat sekitar sekolah bersama-sama mewujudkan kawasan Semampir yang bersih dan asri,” kata Sri Sulastri, guru pembina lingkungan SMPN 11 yang turut mendampingi aksi.

Kepada para penerima sedekah hijau itu, tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya selalu menyampaikan harapan mereka agar tanaman dalam pot itu dipelihara dengan baik. “Tolong disiram dan dirawat tanaman ini ya, Pak Lurah,” kata para kader lingkungan hidup sekolah yang dikepalai oleh M. Sufyan ini.

Tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya saat Sedekah Hijau di Puskesmas Pegirian

Camat Semampir Hindun Robba mengapresiasi Sedekah Hijau yang dilakukan oleh tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya ini. Menurutnya, selama ini SMPN 11 Surabaya sangat aktif terlibat dalam upaya mewujudkan wilayah Kecamatan Semampir yang bersih dan hijau.

Runner up Pangeran Lingkungan Hidup 2019 Aditia Hermanto yang ikut serta aksi ini menyatakan bangganya. “Saya bangga dengan semangat tim lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya yang selalu menggelar aksi pengelolaan lingkungan hidup setiap harinya,” tutur Aditia, yang juga siswa kader lingkungan hidup SMPN 11 Surabaya.

Penulis: Mochamad Zamroni

3 tanggapan untuk “Sedekah Hijau ala SMPN 11 Surabaya

  • Desember 4, 2019 pada 12:04
    Permalink

    Semoga kegiatan ini bisa berdampak positif terhadap lingkungan sekitar dan juga bisa berimbas ke masyarakat sekitar sehingga masyarakat bisa sadar bahwa lingkungan yang berkualitas itu bisa diwujudkan dengan kegiatan positif pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan dan melibatkan berbagai pihak yang bisa kita ajak bersama sama membangun kota Surabaya khususnya daerah Utara kecamatan Semampir menjadi hijau dan asri yang bisa diwujudkan seperti aksi sedekah hijau ala Tim Surabaya Eco School 2019 SMPN 11 Surabaya….. Dan jangan lupa Zero waste terusss

    Balas
    • Desember 4, 2019 pada 12:13
      Permalink

      Alhamdulillah, semoga kegiatan sedekah hijau ini bisa memotivasi banyak orang utamanya dalam rangka memperbaiki kualitas lingkungan hidup ini …. Tim Surabaya Eco School 2019 SMPN 11 Surabaya siap selalu mendukung program lingkungan dari tunas hijau…. Dan kami selaku Tim Surabaya Eco School 2019 SMPN 11 Surabaya pasti akan selalu berkontribusi bersama pemerintah Surabaya dalam menyiapkan dan merubah Lingkungan alam ini agar senantiasa lestari dan terjaga serta semoga aksi aksi pengabdian Lingkungan Hidup kami bisa terus dikembangkan dan melakukan perbaikan dengan penuh inovasi yang bisa membuat bumi jadi lestari…….
      Zeroo waste terusssss………

      Balas
  • Desember 4, 2019 pada 12:06
    Permalink

    Semoga kegiatan ini bisa berdampak positif terhadap lingkungan sekitar dan juga bisa berimbas ke masyarakat sekitar sehingga masyarakat bisa sadar bahwa lingkungan yang berkualitas itu bisa diwujudkan dengan kegiatan positif pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan dan melibatkan berbagai pihak yang bisa kita ajak bersama sama membangun kota Surabaya khususnya daerah Utara kecamatan Semampir menjadi hijau dan asri yang bisa diwujudkan seperti aksi sedekah hijau ala Tim Surabaya Eco School 2019 SMPN 11 Surabaya….. Dan jangan lupa Zero waste terusssss

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *