Penanaman Pohon Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Dimulai

Sekitar 190 orang pramuka penegak dari beberapa kwartir cabang kota/kabupaten di Jawa Timur mengikuti program lingkungan hidup Biada Alam I. Program yang diselenggarakan oleh Saka Wanabakti Cabang Kabupaten Pasuruan ini didukung oleh Aqua Keboncandi dan Tunas Hijau.

Pembukaan Biada Alam I dilaksanakan di aula SMAN 1 Gondangwetan, Pasuruan. Hadir pada pembukaan itu adalah Andalan Urusan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Mochamad Zamroni dan utusan Perhutani Pasuruan Sukirno.

Dalam laporannya, Pamong Saka Wanabakti Cabang Kabupaten Pasuruan Mukhamad Fatkhan menyampaikan bahwa Biada Alam I ini tidak hanya akan berisi aksi penanaman pohon saja. 

“Ada juga juga aksi pembuatan lubang resapan biopori, penjelajahan, lomba fotografi dan lomba vlog. Aksi penanaman pohonnya juga tidak hanya dilakukan di area hutan tetapi juga di desa langganan banjir,” kata Mukhamad Fatkhan.

Peserta Biada Alam I ini, disampaikan oleh Kak Fatkhan, tidak hanya berasal dari Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan saja. “Ada juga dari Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Banyuwangi,” terang Mukhamad Fatkhan.

Andalan Urusan Lingkungan Hidup Kwarda Jatim Zamroni menyampaikan apresiasi atas semangat Saka Wanabakti Cabang Kabupaten Pasuruan yang kembali memelopori aksi lingkungan dengan melibatkan banyak pihak.

“Pada liburan akhir tahun lalu, Saka Wanabakti Pasuruan berhasil menyelenggarakan Kemah Bakti Penanaman Pohon II. Terima kasih karena sudah merealisasikan kegiatan penanaman pohon kedua pada musim hujan ini,” kata Mochamad Zamroni, yang juga aktivis senior dan Presiden Tunas Hijau ini.

Ketua Dewan Saka Wanabakti Cabang Kabupaten Pasuruan Jainul menjelaskan bahwa aksi Biada Alam I dilaksanakan di beberapa tempat. Untuk tempat menginapnya peserta akan dilaksanakan di SMA Negeri I Gondangwetan Pasuruan. Untuk tempat penanaman pohon dan aksi biopori akan dilaksanakan di Desa Kawisrejo Kecamatan Rejoso. 

Penanaman pohon juga akan dilaksanakan di Desa Tenggilis Kecamatan Gondangwetan, dan Puncak Penanjakan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. “Kerennya aksi lingkungan Biada Alam I ini adalah pemandangan keren yang bisa dinikmati peserta,” ujar Jainul.

Penulis: Mochamad Zamroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *