Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Dihijaukan

Pemandangan indah pegunungan di Bukit Cinta, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, menjadi penawar lelah sekitar 200 orang pramuka begitu sampai di lokasi penanaman pohon itu, Minggu (26/1/2020).

Mereka sebelumnya melakukan perjalanan darat menggunakan truk terbuka dari SMAN 1 Gondangwetan, Pasuruan, yang menjadi tempat bermalam selama kegiatan Biada Alam I.

1.000 bibit pohon cemara disiapkan untuk ditanam di Bukit Cinta, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Dalam waktu 2 jam, semua bibit pohon cemara itu berhasil ditanam. Penanaman pohon di Bukit Cinta ini menjadi penutup penanaman pohon dalam kegiatan Biada Alam I.

Menurut Pamong Saka Wanabakti Pasuruan Mukhamad Fatkhan, bibit cemara yang ditanam merupakan usaha mandiri Saka Wanabakti Pasuruan yang membelinya dari petani sekitar lokasi. 

1000 bibit pohon cemara ditanam di Bukit Cinta, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini

Aksi penanaman bibit pohon cemara di Bukit Cinta, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini diharapkan dapat memulihkan ekosistem di kawasan taman nasional ini pasca kebakaran hutan di sekitar kawasan tersebut pada tahun 2019 silam. 

“Penanaman pohon di tempat yang banyak dikunjungi wisatawan domestik dan internasional ini juga sebagai ajakan kepada masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian taman nasional yang sangat dikenal dengan lautan pasir dan Kawah Bromo-nya ini,” ujar Mukhamad Fatkhan.

Selain giat bakti, Biada Alam I juga menyajikan lomba yang menuntut kreatifitas peserta. Ada dua lomba yang diselenggarakan, yaitu lomba fotografi dan video blog (Vlog). Selain itu Saka Wanabakti Pasuruan memberikan penghargaan tropi dari Kwarda Jawa Timur untuk gugusdepan/sekolah dengan peserta terbanyak. 

Pangkalan dengan peserta terbanyak pertama dalam kegiatan Biada Alam I ini diraih oleh SMK Negeri Rembang. Terbanyak kedua diraih oleh SMA Negeri 1 Gondangwetan. Sedangkan terbanyak ketiga diraih oleh SMA Negeri 3 Kota Pasuruan.

Peserta penanaman pohon sedang mendapatkan pengarahan cara menanam sesaat setelah sampai di lokasi

Untuk lomba fotografi juara pertama diraih oleh peserta dari SMA Negeri 1 Grati. Juara II diraih oleh peserta dari SMA Ma’rif NU Pandaan, dan SMA Negeri 1 Bangil pada posisi ketiga. Sedangkan lomba video blog (vlog) juara pertama sampai ketiga secara urut diraih oleh peserta dari SMA Negeri 1 Pasuruan, SMA Negeri 3 Pasuruan, dan SMA Negeri 1 Grati.

Program lingkungan hidup Biada Alam I ini diselenggarakan oleh Saka Wanabakti Pasuruan bersama Kwarda Jatim, Dinas Kehutanan Jatim, Saka Wanabakti Jatim, Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Lumajang, Kwarcab Pasuruan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, BPDASHL Brantas Sampean, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Pasuruan dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Biada Alam I ini juga didukung oleh PT. Tirta Investama Keboncandi (Aqua – Danone), Tunas Hijau Indonesia, SMA Negeri 1 Gondangwetan dan Cubie Spot.

Penulis: Mochamad Zamroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *