Bazar Ecopreneur Tematik SDN Margorejo I Surabaya

SDN Margorejo I Surabaya menggelar Bazar Wirausaha Lingkungan Hidup Ecopreneur Marsa (Margorejo Satu) perdana, Sabtu (1/2/2020) pagi. Ada 7 stan pada bazar ini. Satu stan guru dan 6 stan kelas. Hanya kelas 4 dan kelas 5 yang dilibatkan. Masing-masing stan mengusung tema yang berbeda.

“Tema Telur untuk kelas IV A. Tema Banana Food untuk kelas IV B. Tema Ceria untuk kelas IV C. Tema Balinese untuk kelas V A. Tema Korean Food untuk kelas V B. Tema Aloevera Food untuk kelas V C. Sedangkan stan guru bertema Jeruk,” kata Estiningwati, guru pembina lingkungan hidup SDN Margorejo I Surabaya.

Produk makanan minuman bertema Telur yang dijual kelas IV A adalah es timun suri, gethuk roll, risol mayo, dan sate usus. Produk makanan minuman bertema Banana Food yang dijual kelas IV B adalah es lidah buaya, pisang geprek, pizza kemangi dan tahu isi. Produk bertema Ceria yang dijual kelas IV C adalah es cincau, puding rumput pandan, lapis singkong dan risol ayam jamur.

Bazar Ecopreneur Marsa SDN Margorejo I perdana menghadirkan 7 stan dengan tema berbeda

Produk bertema Balinese yang dijual kelas V A adalah minuman herbal, tahu fantasi, ayam betutu dan puding pelangi buah. Produk bertema Korean Food yang dijual kelas V B adalah thamarine ice, sostel pelangi, pisang keju, dan salad buah. Sedangkan produk bertema Aloevera  Food yang dijual kelas V B adalah es sari dele, burger, puding lidah buaya dan dadar gulung pandan. 

Penampilan tim kelas V A nampak paling menarik perhatian saat pelaksanaan bazar. Tidak hanya menu makanan dan minuman khas Pulau Dewata Bali yang disajikan. Tim ini juga mengenakan kostum pakaian adat Bali. 

Bazar Ecopreneur SDN Margorejo I Surabaya ini disambut sangat antusias oleh seluruh warga sekolah dan orang tua. “Sejam digelar, semua makanan dan minuman sudah ludes terjual. Semua gembira dengan pelaksanaan bazar ini,” kata Kepala SDN Margorejo I Surabaya Sri Kis Untari.

Komite SDN Margorejo I Surabaya Herlina Kamalani juga sangat mendukung Bazar Ecopreneur Marsa ini. “Awalan yang sangat bagus. Bisa mengembangkan semangat berwirausaha warga sekolah. Kelas 6 juga tertarik untuk ikut membuka stan berikutnya,” kata Herlina Kamalani. 

Beragam produk makanan minuman disajikan tanpa menghasilkan sampah non organik kemasan sekali pakai

Semua makanan dan minuman yang dijual tanpa wadah non organik sekali pakai. Sudah Ada juga produk olahan sampah non organik. “Kami akan mengevaluasi pelaksanaan bazar ini. Bazar ini akan digelar rutin,” kata Estiningwati. 

Bazar Ecopreneur Marsa ini merupakan bagian dari program wirausaha lingkungan hidup Ecopreneur 2020 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, serta didukung oleh Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya.

Penulis: Mochamad Zamroni

9 tanggapan untuk “Bazar Ecopreneur Tematik SDN Margorejo I Surabaya

  • Februari 1, 2020 pada 10:24
    Permalink

    Gebrakan yg cukup menginspirasi, jd pingin mengusung tema suramadu food he..

    Balas
  • Februari 1, 2020 pada 10:24
    Permalink

    Mulai menggeliat para pendatang Ecopreneur 2020. Aneka kegiatan saling bermunculan. Tema lingkungan saling dikedepankan.

    Semoga suskes selalu

    Balas
  • Maret 5, 2020 pada 21:55
    Permalink

    Nama: Bintang Rahadi Putri
    Asala sekolah: SMP Negeri 1 Surabaya
    No. Urut: 12

    Program ecopreneur sangat penting untuk diterapkan. Selain dapat menimbulkan dampak ekonomi bagi masyarakat, produk yang dijual juga berasal dari lingkungan dan barang barang nya berasal dari penerapan program 3R (Reduce, Reuse, Dan Recycle). Di SMP Negeri 1 Surabaya, juga melakukan program ecopreneur. Produk produk nya seperti sirup markisa, onde-onde suweg, dan banyak lainnya. Terus lakukan program ecopreneur! ^v^

    Balas
    • Maret 8, 2020 pada 09:16
      Permalink

      Nama:M.Raihan
      Sekolah:SMPN 11 SURABAYA
      No urut:13
      Baguss banget semangat yaa,
      Sekolah saya juga seperti itu pada hari Jum’at melaksanakan bazar makanan yang berasal dari tanaman yang berkhasiat contoh,puding ginseng,risoles ginseng dll

      Balas
  • Maret 7, 2020 pada 08:12
    Permalink

    Semoga membangkitkan semangat ecopreneur bagi yang lainnya.. semangat.. dan terus lanjutkan…

    Balas
  • Maret 7, 2020 pada 14:19
    Permalink

    Bagus sekali bazarnya mudah-mudahan sekolahku juga bisa mengadakan bazar seperti itu

    Balas
    • Maret 7, 2020 pada 14:21
      Permalink

      Aku dan teman-teman juga melaksanakan kegiatan ecopreneur di sekolah, sebentar lagi kami juga akan mengadakan bazar

      Balas
  • Maret 7, 2020 pada 17:10
    Permalink

    Kreatif dan Inovatif yaa! Semangat nya sangat bisa ditiru oleh teman-teman lain! Tetap semangat lakukan challenge-challenge Ecopreneur 2020 yaa teman-teman!💚🌍

    Balas
  • Maret 8, 2020 pada 08:50
    Permalink

    Wow jadi pengen dehh, bagus bagus lagi. Terus semangat ya menjaga lingkungan, jangan lupa selalau aktif di berbagai kegiatan lingkungan. Pokoknya the best lah hasil ecopreneurnya. Tetep semangat dan terus berkreasi….

    Satria agrizky prasetyo/241
    SMP Negeri 15 Sby

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *