Foni Sundaram, Siswa Terbaik Ecopreneur 2019 SD

Foni Sundaram, siswa kelas 5 SDN Tanah Kalikedinding I Surabaya, panen prestasi lingkungan hidup pada tahun 2019. Melalui program wirausaha lingkungan hidup Ecopreneur 2019 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, serta didukung oleh Hotel Mercure Grand Mercure Surabaya, dia meraih penghargaan sebagai Siswa Terbaik SD 2019.

Pada Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2019 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, serta didukung oleh PT Dharma Lautan Utama dan Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, dia juga meraih penghargaan sebagai Runner up II Puteri Lingkungan hidup 2019 SD.

Pada pelaksanaan Family Clean Up yang diselenggarakan Minggu (20/10/2019) di pesisir Tambak Wedi Surabaya, Foni Sundaram mengajak keluarganya juga berhasil meraih penghargaan sebagai Keluarga Teraktif SD.

Pada pelaksanaan Ecopreneur 2019 lalu, Foni Sundaram didaulat sebagai Direktur Utama Arkensi Ecopreneur Student Company (AESC) SDN Tanah Kalikedinding I Surabaya.

“Awalnya memang saya belum begitu tahu apa itu ecopreneur. Setelah diajak mengikuti Workshop Ecopreneur di SMPN 12 Surabaya bersama tim AESC lainya, saya menjadi lebih paham,” kata Foni Sundaram.

Foni Sundaram saat menjajakan produk olahan kulit kerang karyanya

Dengan kegiatan ecopreneur 2019 itu, Foni mengaki dapat mengembangkan kreatifitasnya membuat aneka kerajinan dari sedotan bekas. “Dari hobi mendaur ulang sampah non organik saya dapat menghasilkan karya yang saya jual. Dari penjualan tersebut saya mendapat penghasilan lumayan,” kata siswa yang tinggal di Jl Bulak Setro Utara 17-A ini. 

Dengan melaksanakan tugas sebagai Direktur Utama AESC 2019 itu dia mengaku banyak belajar peduli lingkungan dengan cara. “Dari sampah yang biasa dibuang begitu saja ternyata dapat dijadikan modal usaha berbasis lingkungan di sekolah,” terang siswa penghobi membaca ini.

Melalui Ecopreneur 2019, dia juga banyak berinteraksi dengan teman-teman sekolah dan bapak ibu guru. “Saya jadi tidak canggung lagi berinteraksi dengan banyak orang. Saya juga terbiasa bikin vlog dan berbicara depan orang banyak,” ujar siswa kelahiran Surabaya, 5 Februari 2008 ini.

Foni Sundaram bersama kedua orang tuanya saat Family Clean Up Oktober 2020 di pesisir Tambak Wedi Surabaya

Bekal kemampuan yang dia dapatkan melalui program Ecopreneur 2019 itu dimanfaatkan untuk melaksanakan proyek daur ulang kulit kerang pada Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2019. Proyek ini dipilihnya karena tempat tinggalnya yang berdekatan dengan Pantai Kenjeran.

“Pada proyek daur ulang kulit kerang, saya berhasil menjual 763 produk olahan. Total uang penjualan yang saya dapatkan Rp 4.555.000,” terang kader lingkungan hidup yang bercita-cita menjadi pengusaha sukses ini. Dalam membuat produk olahan kulit kerang itu dia dibantu ayah, ibu dan kakaknya.

Penulis: Mochamad Zamroni

12 thoughts on “Foni Sundaram, Siswa Terbaik Ecopreneur 2019 SD

    • Maret 8, 2020 pada 08:39
      Permalink

      proyek ini sangat bagus karena dapat mengolah sampah kulit kerang menjadi barang yang memiliki nilai jual

      Balas
  • Maret 4, 2020 pada 08:33
    Permalink

    Satriyo Lintang Qolbu
    SDN Tanah Kalikedinding I/251 Surabaya
    No.Peserta : 185

    Saya senang Mbak Foni menjadi siswa terbaik Ecopreneur dan Putri Lingkungan hidup, saya juga ingin mengikuti pemilihan Pangeran Lingkungan hidup 2020.

    Mohon bimbingan dan di tulari ilmunya yaaaa

    salam dari Lintang

    Balas
  • Maret 4, 2020 pada 11:29
    Permalink

    Nama : Lailatul Fatkhiah Ilmia
    Sekolah : SDN Tanah Kalikedinding I/251
    No. Peserta : 270

    Sesunguhnya segala sesustu bila dikerjakan dengan sunguh sunguh akan berbuh dengan baik

    Balas
  • Maret 4, 2020 pada 11:29
    Permalink

    Nama : Lailatul Fatkhiah Ilmia
    Sekolah : SDN Tanah Kalikedinding I/251
    No. Peserta : 270

    Sesunguhnya segala sesustu bila dikerjakan dengan sunguh sunguh akan berbuh dengan baik

    Balas
  • Maret 4, 2020 pada 12:43
    Permalink

    Selamat buat Foni Sundaram terpilih menjadi siswa terbaik Ecopreneur 2019 tingkat SD. pada proyek tersebut pengolahan kulit kerang sangatlah banyak manfaat terhadap lingkungan dan bisa mendatangkan pundi – pundi rupiah kelak kalau proyek tersebut ditekuni bisa menjadi peluang usaha.

    NAMA : Andini Pavita Retno Putri
    ASAL SEKOLAH : SMP Negeri 57 Surabaya
    NO URUT : 328
    Calon Puteri Lingkungan Hidup 2020

    Balas
  • Maret 6, 2020 pada 22:19
    Permalink

    hebat bisa sampai sejauh itu
    kamu Pinter tetep semangat ya until membuat prodik lainya.

    haqqoni ni’matul ulfa
    sdn pakis v

    Balas
  • Maret 7, 2020 pada 08:43
    Permalink

    Tegas, berkarakter dan cerdas. inspiratif, gambaran untuk adek Foni, teruslah menjadi kader lingkungan yang terus berkarya, agar Surabaya menjadi lebih indah, Sukses Tunas Hijau yang sudah mencetak generasi kreatif dan berkarakter kuat.

    from : Zaskia Olivia Putri
    No. Peserta : 428
    Asal Sekolah : SMPN 15 Surabaya

    Balas
  • Maret 8, 2020 pada 08:37
    Permalink

    Woww, bagus bangettt. Mengolah kerang menjadi kerajinan?. Suka inovasinya, kini orang” tidak hanya makan kerangnya saja, juga bisa mendaur ulang cangkang kerangnya. Semangat semangat?????????

    FADIA SALSABILA /452
    SMPN 15 SBY

    Balas
  • Maret 27, 2020 pada 12:17
    Permalink

    Hal ini dapat menjadi panutan sekali karena memiliki banyak sekali penlajarannya. Saya harap ada banyak lagi orang” seperti itu?

    Amelia amanda citra s.
    190.
    Asal sekolah: SMPN 35 surabaya

    Balas
  • April 14, 2022 pada 08:23
    Permalink

    Selamat ya kak..semoga terus sukses kedepannya
    Dari
    NAORA HURUN EIN
    SDN PERAK UTARA I
    PESERTA PANGPUT LH SD 2022
    NO 244

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *