Perjalanan Dari Barat ke Timur Surabaya, Tanam Matoa dan Kelapa Hijau

Adigana Romzi Prawira, siswa SDN Kandangan II Surabaya nampak gembira begitu sampai di lokasi penanaman pohon Family Tree Planting 2020, Minggu (16/2/2020) sekitar pukul 08.30 WIB. 

Dia ditemani kedua orang tuanya dan juga adiknya mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, serta didukung oleh PT Dharma Lautan Utama, Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Hotel Novotel Samator Surabaya Timur dan Hotel Ibis Surabaya City Center ini.

Keluarga dengan 4 orang ini pun lantas diarahkan menuju tanggul Bosem Wonorejo sisi utara. Kecuali Adigana yang mengenakan kaos olah raga sekolahnya, lainnya mengenakan capil atau pakaian batik.

“Perjalanannya cukup melelahkan dari Surabaya barat tempat tinggal kami. Alhamdulillah bisa sampai di lokasi,” kata ibu dari Adigana Romzi Prawira. Sedangkan si bapak sibuk membawa dua pohon yang dia bawa dari rumah untuk ditanam di lokas itu. Keduanya adalah pohon buah, yaitu pohon matoa dan kelapa hijau.

“Pohon matoa ini mirip seperti klengkeng dan juga rambutan,” kata si bapak dari Adigana Romzi Prawira sambil memperdalam lubang tanam yang akan digunakan. Setelah kedua pohon buah itu ditanam, mereka pun berdoa dan mengumpulkan sampah plastik bekas media tanaman. 

Family Tree Planting 2020 ini diprakarsai oleh Paguyuban Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2019. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 1100 keluarga dan juga ribuan individu. Tiap keluarga yang ikut kegiatan ini membawa minimal 1 pohon untuk ditanam di lokasi. 

Penulis: Mochamad Zamroni

9 tanggapan untuk “Perjalanan Dari Barat ke Timur Surabaya, Tanam Matoa dan Kelapa Hijau

  • Maret 5, 2020 pada 08:55
    Permalink

    Gerakan menanam pohon ini memberikan dampak positif terhadap lingkungan Dan manusia. Selain Kita dapat memanfaatkan buah sirsat Dan jambu darsono, gerakan menanam pohon juga dapat mengurangi dampak global warming, sebagai sumber oksigen Yang dibutuhkan oleh manusia, Dan dapat mencegah terjadinya bencana Alam seperti tanah longsor banjir

    Nama: Rayzel Firdaus mubaraq
    Sekolah: SDN Dr sutomo V
    No peserta: 31
    Pangeran puteri lingkungan 2020

    Balas
  • Maret 5, 2020 pada 19:44
    Permalink

    Plant a tree and you will save a thousand of human
    Nama: rayzel Firdaus Mubaraq
    Sekolah: SDN Dr Sutomo V
    No peserta: 31
    Pangeran puteri lingkungan hidup 2020

    Balas
    • Maret 5, 2020 pada 21:46
      Permalink

      Nama: Bintang Rahadi Putri
      Asal sekolah: SMP Negeri 1 Surabaya
      No. Urut: 12

      Kegiatan menanam seibu pohon yang diselenggarakan ini sangat berdampak baik bagi lingkungan, karena pohon yang ditanam akan menambah pasokan oksigen didunia. Saya beserta keluarga juga mengikuti kegiatan ini, saya menanam tanaman mentega, tanaman jeruk, dan juga Flamboyan. Ayo kita terus menanam pohon agar menambah pasokan oksigen di dunia. 🙂

      Balas
  • Maret 7, 2020 pada 10:52
    Permalink

    aksi menanam pohon dapat berdampak positif kepada lingkungan. memperbanyak menanam pohon dapat mengurangi terjadinya pemanasan global dan membuat udara lebih sejuk

    Balas
  • Maret 7, 2020 pada 17:07
    Permalink

    Lakukan aksi-aksi peduli lingkungan, harus selalu semangat dan tak kenal lelah. Semangaatt selalu yaa teman-teman!💚🌍

    Balas
  • Maret 8, 2020 pada 08:37
    Permalink

    Kegiatan menanam seribu pohon tersebut memiliki dampak positif bagi lingkungan hidup, karena pohon yang ditanam akan menambah pasokan oksigen didunia serta dapat menyerap polusi. sehingga ekosistem udara tetap terjaga kelestariannya.

    Balas
  • Maret 8, 2020 pada 08:54
    Permalink

    Smangat n suksess

    Balas
  • Maret 8, 2020 pada 11:26
    Permalink

    Gerakan menanam pohon ini membuat lahan yang awalnya kosong menjadi lebih hijau dan rindang, sangat baik aksi kecil ini membuat dampak besar dikemudian hari ..

    Balas
  • Maret 9, 2020 pada 18:08
    Permalink

    Semoga semakin sukses,aminn..

    Nama zaskia adityas sabrina
    No peserta 308
    Asal sekolah smpn 45 surabaya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *