Afina Karima, Runner-up 3 Puteri LH 2019 SMP dan Ketua Orpes VIII

Pelajar SMP Negeri 5 Surabaya yang satu ini mempunyai aktivitas sehari-hari yang sangat padat. Dia juga banyak menorehkan prestasi. Afina Karima, namanya. Pada Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2019 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, dia meraih runner-up 3 Puteri Lingkungan Hidup 2019 SMP.

Pada akhir tahun 2019, dia juga mendapatkan amanah untuk memimpin Organisasi Pelajar Surabaya (Orpes) generasi ke-8. Orpes ini adalah organisasi di bawah pembinaan Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang menghimpun ketua dan sekretaris OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMP se-Surabaya.

Pada Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2019 itu, dia mengangkat proyek budidaya dan pengolahan jamur tiram di sekolahnya. “Budidaya jamur tiram yang saya lakukan di sekolah diolah menjadi beragam produk makanan,” kata Afina Karima. Di antaranya pentol jamur, pepes jamur, macaroni jamur, lumpia jamur dan jamur krispi. 

Afina saat berbagi proyek lingkungan hidupnya di SMPN 7 Surabaya

Dalam melaksanakan proyek budidaya jamur tiram itu, Afina bekerja sama dengan Eco Five, tim lingkungan hidup SMPN 5 Surabaya. “Saya pilih proyek budidaya jamur tiram karena ini memang menjadi ikon SMPN 5 Surabaya,” ujar bungsu dari dua bersaudara pasangan Rusdi Arief dan Diah Lesti Utami ini.

Sosialisasi mengenai cara budidaya jamur tiram dan pemanfaatannya menjadi aksi yang sering dilakukan oleh Afina. “Saya sering sosialisasi kepada seluruh warga sekolah dan ke tetangga rumah. Saya juga sosialisasi ke tempat umum seperti Taman Bungkul dan Pantai Kenjeran Surabaya,” tutur siswa yang hobi membaca ini.

Baginya, budidaya jamur perlu perhatian serius. “Perawatan jamur harus dilakukan tiga kali sehari dengan melakukan penyiraman pada dinding, atap dan tanah,” terangnya. Diusahakan air tidak terkena pada bibit jamur karena akan menyebabkan bibit mengkerut. Membuka pintu rumah jamur juga harus singkat untuk menghindari sinar matahari masuk.

Afina saat mengajak siswa kader lingkungan hidup SMPN 7 Surabaya mengelola komposter yang ada

Menurut siswa kelahiran Surabaya, 3 November 2005 ini, budidaya jamur saat musim kemarau memberikan tantangan ekstra. “Panen jamur di musim kemarau sering tidak beraturan dan tidak sesuai target karena perlu upaya ekstra untuk melembabkan kumbung jamur,” terang Afina Karima.

Beragam prestasi lain berhasil diraih oleh Afina Karima. Di antaranya, Juara 3 Lomba Tartil tingkat Kota Surabaya 2019, Juara 2 Lomba Tahfidz tingkat Kota Surabaya 2019, Juara 1 Lomba Pidato Anti Korupsi tingkat Kota Surabaya 2018, dan Juara 1 Lomba Jurnalistik tingkat Kota Surabaya 2018.

Afina Karima didampingi mama dan gurunya saat diterima Walikota Surabaya Tri Rismaharini di kediamannya

Afina juga berhasil meraih prestasi Juara 1 Lomba Baca puisi tingkat Jawa Timur 2018, Juara 1 Kader Kesehatan Remaja tingkat Kota Surabaya 2019, dan Harapan 1 Lomba Da’i tingkat Kota Surabaya 2019. Mengajar les siswa-siswa sekolah dasar juga sering kali dilakukan oleh Afina bersama ibunya di rumah.

Penulis: Richi Razak

Penyunting: Mochamad Zamroni

Satu tanggapan untuk “Afina Karima, Runner-up 3 Puteri LH 2019 SMP dan Ketua Orpes VIII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *