Cara Membuat Hand Sanitizer Antisipasi Covid-19

World Health Organization (WHO) telah menetapkan virus Corona atau COVID-19 sebagai pandemi. Virus Corona telah menyebar ke lebih dari 100 negara di dunia. Lebih dari 114 ribu orang yang terinfeksi virus Corona di seluruh dunia sejak virus ini menyebar November 2019. 

Lantas, apa pengertian pandemi? Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana atau meliputi geografi yang luas. Artinya, virus Corona telah diakui menyebar luas hampir ke seluruh dunia.

WHO sendiri mendefinisikan pandemi sebagai situasi ketika populasi seluruh dunia ada kemungkinan akan terkena infeksi ini dan berpotensi sebagian dari mereka jatuh sakit. Sedangkan dilansir ABC News, pandemi adalah epidemi global. Epidemi sendiri adalah wabah atau peningkatan kasus penyakit dengan skala yang lebih besar.

Perilaku hidup bersih dan sehat terus digalakkan masyarakat di tengah merebaknya virus Covid-19 di hampir seluruh negara di dunia. Diantaranya dengan sering menggunakan hand sanitizer dan/atau mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun. 

Kelangkaan hand sanitizer pun dirasakan masyarakat. Hampir semua apotek dan toko-toko yang sebelumnya menjual hand sanitizer tidak bisa lagi menjualnya karena stoknya habis dan belum ada kiriman baru. Kelangkaan alkohol di pasaran juga terjadi. 

Tidak sedikit apotek berinisiatif membuat sendiri hand sanitizer untuk dijual di apoteknya dengan beragam kemasan. Tidak sedikit juga kelompok atau individu yang membuat hand sanitizer sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Terlepas dari dampak yang ditimbulkan oleh virus corona, sebenarnya hand sanitizer bisa dibuat alami dengan bahan dari tumbuhan yang bisa ditemukan di sekitar.  Daun sirih, dan tanaman lidah buaya bisa dimanfaatkan. 

Daun sirih termasuk salah satu obat tradisional yang dimanfaatkan oleh orang-orang sejak jaman dulu. Sedangkan tanaman lidah buaya mempunyai kandungan yang mampu membersihkan bakteri, virus dan jamur serta bersifat antiseptik dan melembabkan kulit.

Cara membuat hand sanitizer berbahan daun sirih:

  1. Daun sirih terlebih dahulu dipotong-potong kasar dan dimasukkan pada wadah.
  2. Kemudian ambil panci yang di isi dengan air untuk dididihkan.
  3. Selanjutnya letakkan wadah berisi daun sirih tersebut di atas air mendidih dan panaskan hingga 30 menit sampai keluar ekstrak daun sirihnya.
  4. Masukkan ke dalam botol yang telah disiapkan.
  5. Hand sanitizer alami daun sirih siap digunakan.

Cara membuat hand sanitizer berbahan tanaman lidah buaya:

  1. Siapkan wadah untuk mencampur alkohol dengan lidah buaya.
  2. Campurkan keduanya sedikit demi sedikit sampai tercampur rata dan tidak ada gumpalan dengan perbandingan alkohol 70 : lidah buaya 30.
  3. Setelah itu beri 2 tetes essential oil dan aduk kembali.
  4. Terakhir masukkan ke dalam botol dan hand sanitizer siap digunakan.

Penulis: Nizamudin

Penyunting: Zamroni

2 tanggapan untuk “Cara Membuat Hand Sanitizer Antisipasi Covid-19

  • Maret 21, 2020 pada 19:28
    Permalink

    Untuk alkohol pada lidah buaya pakai alkohol yang berapa persen kak?

    Balas
  • Maret 22, 2020 pada 18:15
    Permalink

    Memanfaatkan bahan alam disekitar kita sebagai alternatif mahalnya harga hand sanitizer untuk mencegah virus corona.Sesungguhnya alam telah memberi yang terbaik bagi kita,terima kasih ilmunya semoga bermanfaat dan virus corona segera berlalu.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *