Khoirota Nurin, Puteri “Cangkang Telur” LH 2019 SMP

SMP Negeri 6 Surabaya seakan tidak kehabisan stok siswa kader peduli lingkungan hidup. Di antaranya Khoirota Nurin Fadilah atau yang akrab disapa Nurin. Siswa kelas 9 tersebut berhasil meraih predikat Runner-up I Puteri Lingkungan Hidup 2019 tingkat SMP. 

Menjadi bagian paguyuban pangeran dan puteri lingkungan hidup bukan hal yang baru bagi Nurin. Pasalnya pada Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2018 ia juga berhasil menjadi runner up I Puteri Lingkungan hidup.

Pada tahun 2018, Nurin berhasil dengan proyek Adopsi Kampung Dandang Gendis sebagai tanaman obat. Pada tahun 2019, ia berhasil mengembangkan proyek bernama PIKACHU (Pupuk dari cangkang telur). 

Khoirota saat wisata belajar di hutan mangrove Pulau Dewata Bali, Juli 2019

Menurutnya, pemilihan proyek tersebut diawali ketika melihat cangkang telur yang hanya menjadi sampah tanpa pengolahan. “Daripada dibuang sia-sia, cangkang telur mending saya manfaatkan menjadi sesuatu yang berguna. Misalnya menjadi pupuk organik,” ujar siswi kelahiran 13 Agustus 2004 ini.

Selama seleksi hingga menuju tahap final, Khoirota Nurin Fadilah berhasil mengolah sebanyak 2160 cangkang telur. “Dalam 6 bulan, saya kumpulkan 2160 cangkang telur. Bersama keluarga, saya berhasil mengolahnya menjadi 10 kilogram pupuk organik,” ujar Nurin. Tentunya tidak mewujudkan capaian tersebut tanpa dukungan dari teman, tetangga, dan keluarganya.

“Selain hasil menjadi pupuk organik, saya juga mengadopsi 20 pedagang. Untuk pedagang, saya juga mengedukasinya mengenai limbah cangkang telur,” siswa kelahiran 13 Agustus 2004 ini. Beberapa tetangga juga secara sukarela menyerahkan limbah cangkang telur mereka kepada Nurin. 

Khoirota Nurin saat mensosialisasikan pengolahan cangkang telur

“Saya juga sosialisasi ke kampung-kampung, stasiun, dan pedagang. Total masyarakat yang saya sosialisasi mencapai 1200 orang. Mereka sangat antusias,” ujar Khoirota Nurin Fadilah yang mempunyai hobi membaca. 

Menurutnya, kunci keberhasilan proyeknya adalah dari mudahnya mengadopsi pedagang. Pedagang dengan sukarela memberikan limbah cangkang telurnya. “Bahkan ada pedagang tahu tek rela datang ke rumah saya untuk memberikan cangkang telur. Karena mungkin sudah malam, pedagang itu menyantolkan limbahnya di pagar saya,” terang Nurin.

Bicara mengenai keluarga, Khoirota Nurin Fadilah memiliki keluarga yang sudah lama peduli lingkungan. Kedua orang tua Nurin juga banyak mendukung setiap kegiatan lingkungan yang dilakukannya. 

Nurin juga belajar dari sang kakak, yaitu Adelia Roro yang juga aktivis lingkungan semasa sekolah sekaligus Eco Student of the Year 2014 Surabaya Eco School. Melalui kegigihan dan arahan dari sang kakak, Khoirota Nurin Fadilah berhasil membanggakan sekolah dengan prestasinya. 

Penulis: Fatih Abdul Aziz

Penyunting: Mochamad Zamroni

25 thoughts on “Khoirota Nurin, Puteri “Cangkang Telur” LH 2019 SMP

  • Maret 30, 2020 pada 21:29
    Permalink

    Nama: Kayla Beby Azari
    No peserta:70
    Asal sekolah: SDN kaliasin 7 Surabaya
    Judul proyek saya adalah pemanfaatan tas kresek menjadi bunga hias.
    Semangat dan pantang menyerah ya kak semoga bertambah baik kedepannya ya kak.
    Zero waste terus ???
    SALAM BUMI PASTI LESTARI ???

    Balas
    • Maret 31, 2020 pada 05:50
      Permalink

      Nama:Niken wibisono
      Sekolah:SDN Kaliasin 7 Surabaya
      No.peserta 74
      Proyek pemanfaatan stik jely di sekolah menjadi barang yang berguna.semangat kakak,kakak sangat keren bisa biat pupuk dari cangkang telur,dan semoga jadi yang lebih baik?.
      Salam bumi…?Pasti lestari
      Sekali zero waste…tetap zero waste?

      Balas
    • Maret 31, 2020 pada 05:51
      Permalink

      Nama:Niken wibisono
      Sekolah:SDN Kaliasin 7 Surabaya
      No.peserta 74
      Proyek pemanfaatan stik jely di sekolah menjadi barang yang berguna.semangat kakak,kakak sangat keren bisa biat pupuk dari cangkang telur. semangat kak

      Balas
  • Maret 30, 2020 pada 21:34
    Permalink

    Nama: Pertiwi Eka Putri Handayani
    Asal sekolah: SDN Tanah Kalikedinding 1/251
    No peserta: 274

    Semangat dalam melestarikan lingkungan ???

    Balas
    • Maret 30, 2020 pada 22:13
      Permalink

      Semangat terus kak untuk membuat pembudidayaan cangkang telur dan selamat karena kakak sudah membanggakan sekolah an dan orang tua.Dan saya mau tanya kak emangnya yang jualan Tek Tek gerobaknya warna apa dan rumah kakak dimana?.Karena kebetulan ayah saya jualan Tahu Tek”.

      Balas
  • Maret 30, 2020 pada 21:35
    Permalink

    Nama : Marsyanda Dewi Cinta Maharani
    No. Peserta : 382
    Sekolah : SDN Banyu Urip III
    Proyek : Dalang Botbe Tutol Kaper ( daur ulang botol bekas, tutup botol, kain perca )

    semoga saya bisa meniru kegiatan khoirota nurin untuk mendaur ulang sampah yg jadi masalah untuk lingkungan dan menyelamatkan bumi agar terbebas dari sampah

    yuk daur ulang sampah yg ada di sekitar

    Salam Bumi Pasti Lestari

    Balas
  • Maret 30, 2020 pada 21:42
    Permalink

    NAMA : NABILA PUTRI GHAIDA
    SEKOLAH : SDN JAMBANGAN I SURABAYA
    NO.PESERTA : 56
    IG : nabilaputrighaida
    JUDUL PROYEK : PEMANFAATAN JASER UNTUK MINUMAN KESEHATAN
    Waaah..keren banget kak Nurin,aku juga mau dong diajari cara membuat pupuk dari cangkang telur..tapi diatas tadi belum ada caranya..tolong ajari caranya ya kak….???semoga sukses selalu ya kak..aamiin

    Balas
  • Maret 30, 2020 pada 22:07
    Permalink

    Assalamualaikum..
    Salut buat Nurin ya..semoga tidak berhenti dan tetep produksi pupuknya…
    Mantaap…

    Balas
    • Maret 31, 2020 pada 07:43
      Permalink

      Nama:kinaryoshi qaidah ufairah
      Sekolah:SDN sawahan IV sby
      Proyek:teknik budidaya ikan dengan aquaponik
      Semangat kak…..untuk pembudidayaan cangkang telur.
      Dan selalu sukses selalu .
      Semoga aku bisa seperti kak nurin .

      Dan cangkang telur juga kalo di buang sia sia juga tidak ramah lingkungan .
      Dan kita juga harus mencontoh kak nurin untuk selalu membudidayaan canglang telur menjadi sesuatu yang berguna.seperti dibuat pupuk atau bisa ditanami tanaman contoh tanamannya:kangkung, pakcoy

      Semangat kak nurin…..
      Sukses selalu……
      ?salam bumi pasti lestari ?

      Balas
  • Maret 30, 2020 pada 22:14
    Permalink

    Nama: Filzah Putri Naraya
    Sekolah:SDN Kaliasin 7 Surabaya
    No. Peserta 68
    Proyek Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Aneka Barang Yang Berguna
    Wah,.. kakak keren bisa bikin pupuk dari cangkang telur, sukses selalu buat kakak Nurin. tetap semangat ya.

    Balas
  • Maret 30, 2020 pada 22:47
    Permalink

    Nama : Najwa Almira Salsabila
    Sekolah : SDN RANGKAH 1 SBY
    No. Peserta : 234
    Proyek Lingk : Budidaya Tanaman Ginseng Jawa

    Usaha kak Khoirota dan keluarga patut dicontoh dan menginspirasi sekali untuk mengolah limbah menjadi sesuatu yang berguna. Semangat ya kak ?

    Balas
  • Maret 30, 2020 pada 22:51
    Permalink

    Nama:Khanza Aurellya Anggraeni.
    Sekolah:SDN Kaliasin VII Surabaya.
    No peserta:72.
    Proyek:Pemanfaatan Sampah Kain Perca Menjadi Barang Berguna.
    Selamat buat kak Nurin yang menjadi duta lingkungan hidup 2 tahun berturut-turut atas kegigihan dan prestasinya bisa membuat pupuk dari cangkang telur.

    Balas
  • Maret 30, 2020 pada 23:17
    Permalink

    Nama : ELVINA AILSHA HAYYU VERONICA
    No.Urut : 66
    Asal : SDN KALIASIN 7
    Judul Proyek :” PEMANFAATAN SAMPAH NON ORGANIK MENJADI SESUATU YANG BERGUNA”

    Kereen… dan Selamat serta Salut pada Kak Nurin.. Karena dengan kegigihannya mampu memberi salah satu contoh kepedulian terhadap kelestarian Lingkungan, dengan membuat pupuk dari cangkang. Saya juga ingin seperti Kak Nurin dengan menyelamatkan lingkungan dengan menjadikan sampah menjadi sesuatu yang berguna

    SUKSES SELALU YA KAK NURIN….

    SALAM BUMI PASTI LESTARI…

    Balas
    • Maret 31, 2020 pada 07:18
      Permalink

      Nama : Sabrina Khanza Dewi
      Asal sekolah : SDN Kaliasin 1 Surabaya
      No. Peserta : 410
      Proyek : Penghijauan Di Lahan Sempit

      Tetap semangat yaa untuk kakak Nurin. Saya menganggap kakak itu sangat keren, berani, dan jugs pekerja keras. Saya ingin mencontoh kakak Nurin ini untuk melakukan proyek saya ini dengan gigih. Agar bisa seperti kak Nurin. Saya juga ingin mencontoh kakak Nurin, untuk membuat sampah disekitar rumah saya menjadi berguna. Semangat terus yaa buat kak Nurin….. Sekian dulu dari saya.

      Balas
  • Maret 31, 2020 pada 07:40
    Permalink

    Nama : Athaya Khansaa Aurelia
    No pangput : 482
    Sekolah : SDN Medokan Ayu II / 615 Surabaya
    Proyek : jahe si hangat, nikmat, berkhasiat
    Ig : athayaka264
    Selamat buat kak nurin. Kalau kreatif ada aja ya idenya untuk menjaga lingkungan. Wah saya jadi makin semangat dan terinspirasi dalam menjaga lingkungan nih…

    Balas
  • Maret 31, 2020 pada 08:48
    Permalink

    Muhammad Rasyid Al Hakim
    Sdn Jambangan 1 Surabaya
    No. Urut ? 63
    Proyek ? Adopsi Tanaman Sirih Merah
    Ig ? M Rasyid ( rasyidalhakim0810)

    Selamat buat kak Nurin yang sudah berhasil mengolah limbah cangkang telur menjadi pupuk organik. Sangat menginspirasi kaak, semoga kak Nurin semakin sukses kedepannya.

    Balas
  • Maret 31, 2020 pada 09:10
    Permalink

    Nama: Niken Octaria Sidabalok
    No. Peserta: 490
    Sekolah: SDN Kaliasin 1
    Proyek: Pengelolaan Sampah Organic
    Semangat kak Nurin… Saya kagun deh sama kakak. Saya juga membuat pupuk tapi dari sampah onrganic. Kalau bisa nanti ajarin aku ya kak…

    Balas
    • April 9, 2020 pada 16:45
      Permalink

      Nama : fahrizal azhar
      No peserta : 33
      Sekolah : SDN Dukuh menanggal 1/ 424
      Proyek : teh dalor rempah

      Semoga saya bisa menirukan kak khoirotan nurin yg dapat membuat pupuk dari cangkang telor. Karena ibu juga sering masak telor

      Balas
  • Maret 31, 2020 pada 12:07
    Permalink

    Nama : Ryendra Wahyu Dhewanata Iswanto
    Sekolah : SDN Gubeng 1
    No Peserta : 53
    Proyek : Mengolah Kembali Sampah Plastik
    Semangat kak…..untuk pembudidayaan cangkang telur.
    Dan selalu sukses selalu .
    Semoga aku bisa seperti kak nurin .

    Dan cangkang telur juga kalo di buang sia sia juga tidak ramah lingkungan .
    Dan kita juga harus mencontoh kak nurin untuk selalu membudidayaan canglang telur menjadi sesuatu yang berguna.seperti dibuat pupuk atau bisa ditanami tanaman contoh tanamannya:kangkung, pakcoy

    Semangat kak nurin…..
    Sukses selalu……
    ?salam bumi pasti lestari ?

    Balas
  • Maret 31, 2020 pada 21:05
    Permalink

    Nama : Aurellia Salsabilla Wahyu Setiawan.
    Sekolah : SDN Pakis V
    No. Peserta : 194
    Proyek : Dari Kertas Bekas Disulap Menjadi Buku Catatan.

    Saya sangat kagum dengan kak Nurin, karena bisa membuat 10 kilogram pupuk organik dari cangkang telur. Dan mengajak 1200 orang untuk mengolah cangkang telur menjadi pupuk organik. Semoga saya bisa menjadi seperti kak Nurin, yang bijak mengolah berbagai macam sampah menjadi barang jadi.
    Salam bumi ? pasti lestari ?

    Balas
  • Maret 31, 2020 pada 21:43
    Permalink

    Nama: Dimas Dwi Pangestu
    No peserta:169
    Asal sklh:SDN RANGKAH1
    Proyek: Budidaya Pandan Wangi

    Cangkang Telur kalau dibuang itu sia sia karena bisa dijadikan hiasan untuk pigura,sebab aku juga pernah membuat di saat aku kelas l.

    Selamat ya kak Nurin?
    Semoga aku juga bisa seperti kak Nurin

    Salam Bumi Pasti Lestari ?????

    Balas
  • April 2, 2020 pada 19:19
    Permalink

    Nama: Nada Auliya Mu’tamaroh
    Sekolah: SDN Wonokusumo V/44
    No peserta: 292
    Judul Proyek: SAMITAH (Sabun Minyak Jelantah)
    Kakak antusias sekali. Kakak lincah dalam sosialisasi kepedulian lingkungan. Proyek kakak juga sangat berguna dan mudah dijangkau. Kita memang seharusnya lebih semangat lagi dalam mengolah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna. Kita harus pandai dalam mengolah segala sesuatu disekitar kita. Kita harus semangat menjaga lingkungan agar bumi lestari bersama kebersihan dan keasrian tanpa sampah.
    Zero Waste!?Salam bumi Pasti Lestari!?

    Balas
  • April 2, 2020 pada 19:22
    Permalink

    Nama: Nada Auliya Mu’tamaroh
    Sekolah: SDN Wonokusumo V/44
    No peserta: 292
    Judul Proyek: SAMITAH (Sabun Minyak Jelantah)

    Kakak antusias sekali. Kakak lincah dalam sosialisasi kepedulian lingkungan. Proyek kakak juga sangat berguna dan mudah dijangkau. Kita memang seharusnya lebih semangat lagi dalam mengolah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna. Kita harus pandai dalam mengolah segala sesuatu disekitar kita. Kita harus semangat menjaga lingkungan agar bumi lestari bersama kebersihan dan keasrian tanpa sampah.
    Zero Waste!?Salam bumi Pasti Lestari!? semangat teman teman?

    Balas
  • April 18, 2020 pada 18:59
    Permalink

    Semangat terus ya kakak, mari kita bersama-sama menyebarkan virus pelestarian lingkungan agar bumi kita tetap lestari. Yuk mulai dari diri kita sendiri dan orang-orang yang ada di sekitar kita.
    Salam bumi pasti lestari

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *