Kayla Rivana Nareswary, Puteri “Vas Bunga Daur Ulang” LH 2019

Beragam vas bunga dari botol bekas dijumpai di salah satu rumah di Jalan Babatan Pilang Surabaya. Vas bunga daur ulang itu bisa dipastikan adalah karya Kayla Rivana Nareswary. Siswa SMP Negeri 16 Surabaya ini merupakan finalis Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2019 SMP.

Kayla merupakan satu-satunya wakil dari sekolahnya yang berhasil menembus hingga tahap final. Program Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2019 itu diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, serta didukung oleh Hotel Mercure Grand Mirama dan PT Dharma Lautan Utama.

“Karena termasuk siswa yang mager tapi masih ingin peduli lingkungan, akhirnya saya memilih proyek lingkungan yang sederhana, yaitu daur ulang botol plastik menjadi vas dan media lukis,” ujar Kayla. 

Alasan utama ia memilih proyek tersebut adalah karena banyaknya sampah botol plastik di sekitar rumah. Namun, botol tersebut selalu berakhir di tempat sampah dan tidak ada proses daur ulang lebih lanjut.

Langkah pertama yang Kayla lakukan hanya mengumpulkan bermacam-macam botol yang bentuknya aneka ragam. “Nah karena beragam sampah botol plastiknya, maka vas yang akan dihasilkan juga akan bervariasi bentuknya,” terang Kayla. 

Dia melakukan aksi di rumah saya dengan tetangga-tetangga dengan bersosialisasi dan juga bekerja sama untuk pengumpulan botol plastiknya. “Saya mendapatkan banyak sekali botol dari tetangga,” ujar siswi yang mempunyai hobi menggambar.

Kayla merasa sangat senang dengan proyeknya karena masih bersinggungan dengan ketertarikannya pada bidang seni dan kerajinan tangan. Mendaur ulang botol bekas dengan dihias berbagai bentuk dan motif merupakan keahliannya. 

Dia membuat vas dengan warna yang beraneka ragam. “Pertama saya menggunakan pilox agar awet. Lama-lama saya campurkan dengan hobi saya yaitu menggambar. “Saya mulai melukis vas tersebut atau botol-botol bekas itu dengan cat acrilic yang menjadi daya tarik proyek saya,” ujar Kayla.

Kayla melaksanakan proyek vas bunga dari sampah botol plastik ini di rumah. “Keluarga bersedia menemani saya bersosialisasi juga membantu membuat vas-vas tersebut dengan senang hati. Kadang pula saya diberi saran untuk bentuk vasnya,” tutur Kayla. 

Tetangga juga banyak yang mendukung Kayla. “Mereka juga memberikan saya saran bagaimana bentuk dan bahan botol yang bagus untuk dipakai. Jadi saya terbantu dan sangat enjoy,” ujar siswi bercita-cita menjadi penulis ini.

Di sekolahnya, Kayla juga mengaplikasikan daur ulang botol plastik namun mempunyai output yang berbeda. Menurutnya, jika di rumah, botol plastik bisa didaur ulang menjadi vas.Ssedangkan di sekolahnya botol plastik ia ubah layaknya vertikal garden. 

“Kalau di sekolah, dengan bantuan teman-teman, botol-botol ini bisa difungsikan sebagai pot gantung atau vertikal garden sehingga mempunyai nilai kebermanfaatan juga,” ungkap siswi yang masih berumur 14 tahun ini.

Penulis: Fatih Abdul Aziz

Penyunting: Mochamad Zamroni

8 tanggapan untuk “Kayla Rivana Nareswary, Puteri “Vas Bunga Daur Ulang” LH 2019

  • April 19, 2020 pada 20:36
    Permalink

    Nama: Elvina Ailsha Hayyu Veronica
    No.peserta: 66
    Dari SDN KALIASIN 7

    Judul Proyek Saya
    “Pemanfaatan Sampah Non Organik Menjadi Sesuatu Yang Berguna”

    Sukses untuk kak Kayla.
    Apa yang sudah di lakukan oleh kak Kayla sangat bermanfaat karena dengan mendaur ulang sampah non organik menjadi aneka Vas Bunga. Kak Kayla telah membuktikan terhadap kelestarian dan keselamatan lingkungan hidup.
    Tetap semangat yaa…kak Kayla.

    Salam Bumi Pasti Lestari
    Selalu Zero Waste
    Ayo Daur Ulang Sampah

    Balas
    • April 20, 2020 pada 15:22
      Permalink

      Nama : Najwa Almira Salsabila
      Sekolah : SDN Rangkah 1 Sby
      No. Peserta : 234
      Proyek Lingk: Budidaya Tanaman Ginseng Jawa

      Upaya Kak Kayla untuk mengurangi sampah botol plastik (Recycle) menjadi vas dan pot vertikal garden sangat menginspirasi sekali. Saya juga memakai pot dari botol plastik bekas yang di cat. Selain menjadikan lebih indah juga mengurangi limbah sampah non organik.
      Semangat Kak Kayla.

      Salam Bumi 🌏 Pasti Lestari 🌲

      Balas
  • April 19, 2020 pada 20:50
    Permalink

    Nama:Acha a’isy saarah
    Asal sekolah:SDN Margorejo1
    No:136
    Proyek:Kobilak(Kopi biji salak)
    Bagus kak buat hiasan dinding.

    Balas
  • April 19, 2020 pada 21:14
    Permalink

    Nama:Khanza Aurellya Anggraeni.
    Sekolah:SDN Kaliasin VII Surabaya.
    No peserta:72.
    Proyek:Pemanfaatan Sampah Kain Perca Menjadi Barang Berguna.

    Terima kasih kak Kayla atas kreasi seninya yang memanfaatkan botol bekas menjadi aneka vas bunga.Teruslah berkreasi dan peduli lingkungan sekitarnya…

    TETAP STAY AT HOME

    Salam Bumi Pasti Lestari…
    Zero Waste selalu ya…👌👌.

    Balas
  • April 20, 2020 pada 11:25
    Permalink

    Nama: Niken Octaria Sidabalok
    Sekolah: SDN Kaliasin 1
    Proyek: Pengelolaan Sampah Organic
    No. Peserta: 490

    Kak Kayla hebat bingitz…. Dapat mengubah botol bekas menjadi vas bunga. Semangat terys ya untuk mencintai lingkungan dan mengurangi sampah. Karena sampah selarang semakin banya dan kakak dapat memanfaatkannya lagi.

    Balas
    • April 20, 2020 pada 17:14
      Permalink

      Nama: Filzah Putri Naraya
      Sekolah: SDN Kaliasin 7 Surabaya
      No. Peserta 68
      Proyek saya Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Aneka Barang Yang Berguna.
      Kak Kayla Rivana Nareswary hebat banget bisa mengubah botol plastik jadi vas bunga aku jadi pingin buat nya, tetap semangat ya kak Kayla Rivana Nareswary…

      Stay at home aja dulu….

      Balas
  • April 23, 2020 pada 16:36
    Permalink

    Nama Dimas Dwi Pangestu
    Asal Sklh SDN RANGKAH I
    No peserta 169
    Bagus banget buat dipajang

    Balas
  • April 24, 2020 pada 15:51
    Permalink

    Sukses buat kak kayla…di rumah aku juga membuat sesuatu barang yg lebih berharga dari sampah botol-botol plastik untuk dijadikan bunga,vas bunga dan pot tanaman. Semangat kak kayla..semoga sukses ya kak..
    SALAM BUMI HIJAU LESTARI🌍🌍🌲🌲🌳
    &ZEROWASTE👌👌

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *