Meningkatkan Keanekaragaman Hayati Sekitar

Keanekaragam hayati adalah keanekaragaman organisme yang menunjukkan keseluruhan atau totalitas variasi. Keanekaragaman hayati adalah variasi kehidupan yang ditemukan di suatu tempat di bumi. 

Keanekaragaman hayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup, khususnya flora dan fauna. Namun, bagi Tunas Hijau, keanekaragaman flora dan fauna yang dimaksud bukan harus flora dan fauna yang nun jauh dari kita.

Keanekaragaman flora dan fauna, yang dimaksud Tunas Hijau, adalah flora dan fauna yang ada di sekitar kita. Di tempat tinggal kita dan sekitarnya. Di sekolah. Di tempat kerja dan sekitarnya.

Fauna yang dimaksud juga bukan selalu yang berukuran besar seperti gajah, jerapah, harimau, badak, dan yang lainnya. Bukan juga fauna atau satwa yang hidup dalam sangkar. Melainkan fauna yang hidup bebas, atau satwa liar.

Misalnya, burung, capung, kupu-kupu, belalang, kadal, bunglon, semut, katak dan yang lainnya. Yang fauna tersebut hidup bebas berdampingan di sekitar kita. Yang keberadaannya bisa secara alami kita hadirkan dengan memperbanyak tumbuhan.

Contohnya, kupu-kupu, yang bisa dengan mudah kita hadirkan dengan memperbanyak tanaman jeruk di sekitar. Tanaman jeruk bisa secara alami menjadi habitat kupu-kupu. Di tanaman ini,  proses metamorfosis lengkap kupu-kupu mudah didapati. Tanaman berbunga juga cukup menarik bagi kupu-kupu untuk hinggap. 

Demikian pula dengan jenis satwa liar yang lainnya, yang bisa secara alami kita hadirkan dengan menambah tanaman di sekitar. Saluran air sekitar juga harus dipastikan lancar dan tidak tercemar.

Tantangan pada upaya meningkatkan keanekaragaman hayati di sekitar kita adalah menyediakan lahan khusus untuk flora dan fauna hidup bebas berdampingan dengan kita. Bagaimana pengalamanmu?

Penulis: Mochamad Zamroni

24 thoughts on “Meningkatkan Keanekaragaman Hayati Sekitar

  • April 3, 2020 pada 05:41
    Permalink

    Nama : Sabrina Khanza Dewi
    Asal sekolah : SDN Kaliasin 1 Surabaya
    No. Peserta : 410
    Proyek : Penghijauan Di Lahan Sempit
    Ini sangat penting untuk kita ketahui, satwa fauna bukan berarti hanya gajah, badak dan jerapah tapi seperti kucing, semut, katak, dan juga kupu-kupu. Ini adalah hewan yang harus benar benar kita jaga keberadaannya, supaya ekosistem alam tetap seimbang.

    Pengalaman saya adalah karena sekarang saya memelihara ? kucing, saya melepaskan kucing saya diwaktu, pagi, siang, sore dan kembali pada malam hari, dan terkadang kucing saya juga tidur dirumah tetangga diwaktu malam hari, mengapa saya tidak memberikan kandang untuk kucing saya? Supaya ia tidak bosan didalam terus dan akhirnya saya berani mengeluarkan dia ke luar rumah. Sebab itu banyak teman kucing saya, dan jaga untungnya banyak kucing di depan rumah saya jadi dia main tidak sendirian deh. Sekian dulu dari saya.

    Balas
    • April 3, 2020 pada 12:36
      Permalink

      Nama:kinaryoshi qaidah ufairah
      No.urut:246
      Asal.sekolah:sda sawahan IV/343 sby
      Proyek:teknik budidaya ikan dengan
      aquaponik
      Flora Penghijauan menurut sy sangat penting buat kesehatan..terutama buat paru2 begitu jga dengan fauna
      Jadi jagalah bumi kita yg kaya akan flora dan fauna.
      ?Salam bumi pasti lestari?

      Balas
    • April 19, 2020 pada 09:49
      Permalink

      Untuk melestarikan keanekaragaman hayati khususnya flora dilahan terbuka hijau, sy menanam aneka tanaman toga dan sy menanam sayuran organik seperti bayam untuk dikonsumsi keluarga.

      Balas
  • April 3, 2020 pada 05:45
    Permalink

    Kalau di rumah ku banyak kupu- kupu, semut,capung kecil kayak jarum,laba-laba kecil,bunglon juga ada. Fauna kecil itu suka hinggap di tanamanku,mungkin karena tanamku banyak dan agak bergerombol. Aku juga punya hewan peliharaan bermacam-macam burung dan sugar glider. Seneng banget melihat fauna ada di tanaman ku ,tetapi kasihan..terkadang cicak-cicak itu menangkap dan memakannya.

    Balas
  • April 3, 2020 pada 07:08
    Permalink

    Nama: Pertiwi Eka Putri Handayani
    Asal sekolah: SDN Tanah Kalikedinding 1/251 Surabaya
    No peserta: 274

    Di rumah banyak kupu-kupu yang selalu berterbangan, karena di rumah banyak sekali tumbuhan baik bungan maupun daun ??

    Balas
    • April 3, 2020 pada 11:07
      Permalink

      Nama : Marsyand Dewi Cinta Maharani
      No. Peserta : 382
      Sekolah : SDN Banyu Urip III
      proyek : daur ulang botol bekas, tutup botol, dan kain perca

      hal Ini sangat penting untuk kita ketahui, satwa fauna bukan berarti hanya gajah, badak dan jerapah tapi seperti kucing, semut, katak, dan juga kupu-kupu. Ini adalah hewan yang harus benar benar kita jaga keberadaannya, supaya ekosistem alam tetap seimbang.

      Pengalaman saya adalah karena sekarang saya memelihara ? kucing, saya melepaskan kucing saya diwaktu, pagi, siang, sore dan kembali pada malam hari, dan terkadang kucing saya juga tidur dirumah tetangga diwaktu malam hari, mengapa saya tidak memberikan kandang untuk kucing saya? Supaya ia tidak bosan didalam terus dan akhirnya saya berani mengeluarkan dia ke luar rumah. Sebab itu banyak teman kucing saya, dan jaga untungnya banyak kucing di depan rumah saya jadi dia main tidak sendirian deh.

      Salam Bumi Pasti Lestari ??

      Balas
  • April 3, 2020 pada 07:41
    Permalink

    Nama: Niken Octaria Sidabalok
    Sekolah: SDN Kaliasin 1
    No. Peserta: 490
    Proyek: Pengelolaan Sampah Organic
    Hal ini benar benar penting untuk kita. Contoh: anak anak yang suka melukai kucing liar walaupun mereka tahu kewajiban mereka adalah menjaga dan merawat kucing tersebut namun mereka tetap menyakiti kucing liar. Saya sangat kasihan melihat kucing itu, lalu saya menegur anak anak tersebut. Terkadang ada kupu kupu melintas karena adanya bunga mekar di rumahku. Kita harus melaksanakan kewajiban sebagai makhluk paling berkuasa barulah kita dapat mendapatkan hak kita

    Balas
  • April 3, 2020 pada 07:50
    Permalink

    Nama : Elvina Ailsha Hayyu V
    No.Peserta : 66
    Dari : Sdn Kaliasin 7
    Judul Proyek

    ” Pemanfaatan Sampah Non Organik Menjadi Sesuatu Yang Berguna”

    Keanekaragaman Flora dan Fauna, dapat hidup berdampingan dengan Kita banyak menanam tanaman atau pohon. Jika kita hanya mempunyai lahan yang sempit, tetaplah menanan dengan menggunakan pot-pot.

    SALAM BUMI PASTI LESTARI
    SELALU ZERO WASTE
    MANFAATKAN LAHAN SEMPIT
    HIJAUKAN BUMIKU

    Balas
    • April 3, 2020 pada 09:21
      Permalink

      Nama: ADYA REZKY MULYA DEWA
      Sekolah:SDN TANAH KALI KEDINDING 1
      No Urut:183
      Proyek: daur ulang sampah bekas karung beras
      KET:saya akan menanam pohon jeruk dan bunga-bunga lainnya supaya kupu kupu bebas berterbangan maupun melalui proses metamofsis kepompong dan lainnya. Dan saya akan merawat pohon dan bunga ,supaya bisa di tempati bukan cuman kupu- kupu saja.seranga,bunglon juga dapat berkembang biak di pohon” sehingga jumlahnya akan bertambah banyak serta juga keragaman hayati lainnya.
      Yang akan berkembang biak di rumah atau kampung rumah saya

      Balas
  • April 3, 2020 pada 09:20
    Permalink

    Nama : Najwa Almira Salsabila
    Sekolah : SDN RANGKAH 1
    No. PESERTA : 234
    Proyek ling : Budidaya Tanaman Ginseng Jawa

    Dilingkungan rumahku juga ada keanekaragaman hayati flora dan fauna, karena banyak sekali pohon/tanaman yang kami pelihara di depan rumahku. Macam-macam flora antara lain : pohon mangga, pohon belimbing, pohon cerme, tanaman toga, tanaman ginseng Jawa, dll. Sedangkan macam-macam fauna antara lain : burung liar (burung kutilang, burung gereja, burung prenjak, burung pipit ) dan kupu-kupu yang sering hinggap di pohon/tanaman di depan rumahku.
    Dengan adanya proyek lingkunganku Budidaya Tanaman Ginseng Jawa semoga akan menambah keanekaragaman hayati di rumahku. Salam Bumi Pasti lestari. ūüôā

    Balas
  • April 3, 2020 pada 09:38
    Permalink

    Nama: Filzah Putri Naraya
    Sekolah: SDN Kaliasin 7 Surabaya
    No. Peserta 68
    Proyek saya Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Aneka Barang Yang Berguna.
    Keanekaragaman Flora dan Fauna bukan yang dimaksud hanya ada di tempat yang sangat amat jauh dan bukan hanya Fauna berukuran besar.
    Keanekaragaman Flora dan Fauna contoh nya adalah:
    Fauna: kucing,burung, capung, kupu-kupu, belalang, kadal, bunglon, semut, katak dan yang lainnya.
    Dan di lingkungan saya terdapat banyak tanaman dan bermacam-macam jenisnya.
    Sekian dari saya.
    Salam Bumi Pasti Lestari.

    Balas
  • April 3, 2020 pada 10:09
    Permalink

    Muhammad Rasyid Al Hakim
    Sdn Jambangan 1 Surabaya
    No urut ? 63
    Proyek ? Adopsi tanaman sirih merah
    Ig ? M Rasyid

    Saya setuju dengan membuat taman flora dan fauna dirumah. Seperti yang ada dirumah saya,saya juga mempunyai beberapa tanaman, meskipun tidak banyak,tapi sudah bisa menyejukkan mata . Memang benar kalau tanaman jeruk itu habitat yang disukai kupu kupu,, karena kapan hari saya menemukan 5 buah ulat yang besar besar ditanaman jeruk lemon saya. Alhasil tanaman lemon saya tidak jadi berbuah karena daunnya habis dimakan ulat??. Meskipun g ada lahan ,tetap usahakan bikin lahan hijau dirumah ya teman,, biar bumi kita terlihat lebih asri,,dan membuat udara terasa lebh sejuk dipagi dan siang hari.

    Salam lestari bumi q ??

    Balas
    • April 3, 2020 pada 10:17
      Permalink

      Nama:Khanza Aurellya Anggraeni.
      Sekolah:SDN Kaliasin VII.
      No peserta:72.
      Proyek:Pemanfaatan Sampah Kain Perca Menjadi Barang Berguna.
      Keanekaragaman hayati yang ada disekitar kita perlu kita jaga dan lestarikan… Karena dengan menjaganya kita sudah menjaga flora dan fauna yang sudah ada.

      Balas
  • April 3, 2020 pada 10:18
    Permalink

    Nama:Khanza Aurellya Anggraeni.
    Sekolah:SDN Kaliasin VII.
    No peserta:72.
    Proyek:Pemanfaatan Sampah Kain Perca Menjadi Barang Berguna.
    Keanekaragaman hayati yang ada disekitar kita perlu kita jaga dan lestarikan… Karena dengan menjaganya kita sudah menjaga flora dan fauna yang sudah ada.

    Balas
  • April 3, 2020 pada 10:24
    Permalink

    Nama : Ryendra Wahyu Dhewanata Iswanto
    Sekolah : SDN Gubeng 1
    No Peserta : 53
    Proyek : Mengolah Kembali Sampah Plastik
    Keanekaragaman Flora dan Fauna contoh nya adalah:
    Fauna: kucing,burung, capung, kupu-kupu, belalang, kadal, bunglon, semut, katak dan yang lainnya.
    Dan di lingkungan saya terdapat banyak tanaman dan bermacam-macam jenisnya.
    Sekian dari saya.
    Salam Bumi Pasti Lestari.

    Balas
  • April 3, 2020 pada 10:26
    Permalink

    Dirumah ada tanaman dan binatang liar kucing,burung,ayam.kita tinggal merawatnya.

    Salam bumi pasti lestari

    Balas
  • April 3, 2020 pada 11:07
    Permalink

    Nama : Marsyand Dewi Cinta Maharani
    No. Peserta : 382
    Sekolah : SDN Banyu Urip III
    proyek : daur ulang botol bekas, tutup botol, dan kain perca

    hal Ini sangat penting untuk kita ketahui, satwa fauna bukan berarti hanya gajah, badak dan jerapah tapi seperti kucing, semut, katak, dan juga kupu-kupu. Ini adalah hewan yang harus benar benar kita jaga keberadaannya, supaya ekosistem alam tetap seimbang.

    Pengalaman saya adalah karena sekarang saya memelihara ? kucing, saya melepaskan kucing saya diwaktu, pagi, siang, sore dan kembali pada malam hari, dan terkadang kucing saya juga tidur dirumah tetangga diwaktu malam hari, mengapa saya tidak memberikan kandang untuk kucing saya? Supaya ia tidak bosan didalam terus dan akhirnya saya berani mengeluarkan dia ke luar rumah. Sebab itu banyak teman kucing saya, dan jaga untungnya banyak kucing di depan rumah saya jadi dia main tidak sendirian deh.

    Salam Bumi Pasti Lestari ??

    Balas
  • April 3, 2020 pada 13:00
    Permalink

    Nama:Dimas Dwi Pangestu
    Asal Sklh:SDN RANGKAH I
    No Peserta:169
    Keanekaragaman hayati yg ada di sekitar kita perlu di jaga dan dilestarikan

    Salam Bumi Pasti Lestari

    Balas
  • April 3, 2020 pada 14:26
    Permalink

    Nama: Kayla Beby Azari
    No peserta:70
    Asal sekolah: SDN kaliasin 7 Surabaya
    Judul proyek saya adalah pemanfaatan tas kresek menjadi bunga hias
    Dirumah saya banyak kupu-kupu berterbangan,karena dirumah banyak sekali tumbuhan.
    SALAM BUMI PASTI LESTARI ???

    Balas
  • April 3, 2020 pada 16:21
    Permalink

    Nama : Aurellia Salsabilla WS
    Sekolah : SDN Pakis V
    No. Peserta : 194
    Proyek : Dari Kertas Bekas Disulap Menjadi Buku Catatan.

    Saya sangat senang jika disekitar saya terdapat berbagai macam tumbuhan dan hewan. Seperti hal nya disekitar rumah saya, terdapat banyak tumbuhan yang hidup seperti bayam, kaktus, Bidara, pohon mangga, daun pandan, mawar, dll. Di sekitar rumah saya juga terdapat hewan hewan seperti kucing, bunglon, kupu kupu, kelinci, dll. Saya memiliki sebuah hewan peliharaan, yaitu ikan ?, saya memelihara ikan karena sangat lucu dan imut.
    Kita harus menjaga keseimbangan ekosistem dengan cara melestarikan fauna dan flora yang ada disekitar kita.
    Salam bumi ? pasti lestari ?

    Balas
  • April 4, 2020 pada 18:05
    Permalink

    Nama: Archie Rahadian Muhammad
    Asal sekolah: SMP Negeri 61 Surabaya
    No. Peserta: 177
    Proyek saya adalah Pemanfaatan Lahan Sempit untuk Budidaya TOGA.
    Pengertian
    Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman makhluk hidup yang menunjukan keseluruhan variasi gen, spesies, dan ekosistem di suatu daerah. Dengan kata lain lain bahwa keanekaragaman flora dan fauna ya ada di sekitar kita.
    TOGA adalah salah satu keanekaragaman hayati jenis flora yang sangat bermanfaat bagi kehidupan, baik manusia maupun hewan yang bergantung pada tanaman, seperti kupu – kupu, lebah, dan hewan lainnya.
    Untuk itu hubungan antara flora dan fauna yang ada di sekitar kita perlu kita kembangkan/pelihara agar bermanfaat bagi kehidupan , seperti TOGA saya saat ini yang sudah berjumlah 279 buah dapat mengundang hewan seperti kupu – kupu sehingga membantu kelangsungan hidup tanaman obat saya

    SALAM BUMI PASTI LESTARI
    ZERO WASTE TERUS

    Balas
  • April 18, 2020 pada 19:35
    Permalink

    kita harus melestarikan flora dan fauna agar tidak terjaga kelestariannya .cintai flora dan fauna yang ada disekitar kita .
    salam bumi pasti lestari

    Balas
  • Agustus 26, 2020 pada 14:17
    Permalink

    Nama = chelsea felisa loemawan
    Sekolah = SMPN 26 SURABAYA
    Nomor Urut = 102
    Proyek = Daur ulang tutup botol AMDK
    Apabila kita tidak memiliki lahan dan hanya memiliki lahan yang sempit kita dapat memanfaatkan nya untuk tempat menanam tanaman seperti tanaman hias ataupun toga empon empon dll nya dari situ dapat bermanfaat bagi kehidupan mahluk hidup seperti fauna flora disekitar kita juga dapat bermanfaat bagi kita menghasilkan tanaman obat obatan yang berkhasiat bagi manusia, dapat sebagai penyeimbang ekosistem dan lain lainnya
    lestarikan bumi kita tercinta manfaatkan lahan sempit dengan menanam tanaman
    salam bumi pasti lestari…

    Balas
  • April 7, 2024 pada 18:08
    Permalink

    meningkatkan keanekaragaman hayati sangatlah penting karena kita semua bergantung padanya untuk bertahan hidup,kita memerlukan keanekararagaman hayati sebagian besar disebabkan oleh cara kita menyalahgunakan bumi.Penyebab utama hilangnya keanekaragaman hayati adalah aktivitas manusia, termasuk praktik penggunaan lahan yang tidak berkelanjutan, polusi, dan masuknya spesies invasif. Dampak perubahan iklim jugaa memperburuk hal ini. cara pelestariannya dengan menjaga hutan, membangun program berkelanjutan, menanam pohon,membangun tempat perlindungan dan mencegah kebakaran hutan
    by. Nama Verlita Anggraini Putri
    Sekolah Smpn 19 surabaya
    No peserta 720
    Judul Proyek Pemanfaatan Limbah
    Cangkang Telur
    Saya sudah mengolah limbah cangkang telur sebanyak 3,400 kg dengan jumlah keseluruhan proyek 14,4 ton

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *