Nurul Fahmiyah, Guru Pembina LH SDN Sawahan IV

SDN Sawahan IV Surabaya dengan program lingkungan hidup berkelanjutan berhasil meraih juara III Surabaya Eco School 2019. Berbagai program lingkungan dilakukan sekolah ini.

Misalnya pengomposan, biopori, grebek pasar, hingga penerapan pola hidup zero waste. Semua dilakukan secara berkelanjutan oleh SAE, julukan SDN Sawahan IV Surabaya. Salah satu penggerak lingkungan hidup yang aktif adalah Nurul Fahmiyah.

Peran Nurul Fahmiyah cukup penting dalam program lingkungan hidup di sekolah ini. Mendapat tugas pokok sebagai pembina media dan radio sekolah, Nurul berhasil membawa SDN Sawahan IV Surabaya meraih prestasi. 

“Saya yang membuat media sosial untuk kader lingkungan seperti instagram dan facebook. Selain itu saya juga berperan sebagai penanggung jawab radio sekolah,” ujar Nurul Fahmiyah. Dia juga melatih anak-anak untuk berbicara, menyiapkan teks dan ajakan untuk peduli lingkungan. “Paling rutin adalah ketika anak-anak siaran Jumat Bersih,” tambah Nurul.

Nurul Fahmiyah saat mendampingi siswa tim lingkungan hidup SDN Sawahan IV mengolah sampah organik dengan komposter aerob

Nurul tergerak untuk mengunggah seluruh kegiatan lingkungan di sekolah dengan tujuan program sekolah dikenal luas oleh masyarakat khususnya walimurid. Selain itu, agar anak-anak konsisten dan tergugah untuk peduli lingkungan. 

“Seluruh kegiatan Eco School kami posting, termasuk penerapan kantin zero waste,” ujar Nurul Fahmiyah. Meskipun bukan generasi jaman now, guru ini terbilang cukup mahir dalam mengoperasikan media sosial. 

Mengaku sebagai generasi tua, Nurul belajar instagram dari rekan-rekan guru muda di sekolah. “Saya belajar cara posting foto kegiatan, apa itu kegunaan tagar, bagaimana cara menandai orang. Saya belajar dari mereka supaya tidak ketinggalan zaman,” ujar wali kelas V F ini. Unggahan instagram @saesdnswh4 terbilang aktif dengan 532 kali.

Nurul Fahmiyah juga terkenal sebagai polisi lingkungan hidup. Gelar tak resmi itu bukan tanpa alasan, karena ia aktif mengingatkan warga sekolah tanpa kecuali. “Tim lingkungan juga ada grup whatsapp. Jadi kalau waktunya piket atau kegiatan lainnya saya bagian obrak-obrak mereka. Kalau tidak diobrak terkadang tidak jalan,” ungkapnya sambil tertawa ringan. 

Kegiatan lingkungan yang paling digemari oleh siswa SDN Sawahan IV Surabaya, menurutnya, adalah grebek pasar. Grebek pasar merupakan program rutin setiap minggu untuk memenuhi komposter aerob. Sebelum hasil sampah sayur masuk kedalam tong komposter para kader mencacah terlebih dahulu supaya proses pembusukan lebih cepat. 

Siswa tim lingkungan hidup SDN Sawahan IV paling suka grebek pasar. “Dahulu sering saya ajak ke Pasar Tembok Dukuh, tapi sekarang pasar itu sepi pedagang sayur, maka saya alihkan ke Pasar Pacuan Kuda,” terang Nurul Fahmiyah. 

Di Pasar Pacuan Kuda sangat banyak sampah sayur dan buah. “Setiap grebek pasar minimal kami dapat 3 karung kalau ditimbang sekitar 25kg. Itu minimal. Kalau lagi semangat bisa sampai 6 karung,” ujar guru yang berdinas di Sawahan IV sejak tahun 2016 ini.

Selain menjadi pembina Surabaya Eco School, guru yang beralamat di Jalan Petemon ini juga menjadi pembina calon pangeran dan puteri lingkungan hidup SDN Sawahan IV. Salah satu siswi binaannya menjadi runner up III Puteri Lingkungan Hidup 2019 SD, yaitu Mutiara Nur Hapsari

Nurul dan tim guru pembina SDN Sawahan IV mengaku blank tentang Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup. “Tapi kami belajar dari sekolah-sekolah yang mampu melahirkan juara. Alhamdulillah dari 3 siswa yang mendaftar, berhasil satu orang sebagai finalis,” ujar Nurul Famiyah.

Penulis: Fatih Abdul Aziz

Penyunting: Mochamad Zamroni

16 thoughts on “Nurul Fahmiyah, Guru Pembina LH SDN Sawahan IV

  • April 4, 2020 pada 17:56
    Permalink

    Siswa bisa berhasil karna ada guru dibelakangnya yang hebat.

    Salam bumi pasti lestari

    Balas
  • April 4, 2020 pada 17:58
    Permalink

    Nama:kinaryoshi qaidah ufairah
    Asal sekolah:sdn sawahan IV
    No urut:246
    Proyek:teknik budidaya ikan dengan aquaponik
    Assalamualaikum wr.wb
    Saya sangat mengenal dengan sosok beliau..beliau memang tegas dan sigap..saya masuk pangpud ini jga langsung dpilih oleh beliau..beliau jga guru wali kelas saya..banyak ajaran dan masukan dri beliau meskipun ada jga guru pembimbing sy…love you bu nurul
    Wassalamualaikum wr.wb
    ?Salam bumi pasti lestari?

    Balas
    • April 4, 2020 pada 19:02
      Permalink

      Bu Nurul memang sangat peduli dan telaten dalam mengajarkan anak2 tentang peduli lingkungan dan selalu ada ide² baru yang di ajukan.
      Dibalik sikapnya yang pendiam Bu Nurul orang yang sangat peduli.
      Sukses selalu bu Nurul dan selalu semangat!!!
      You’re the best!!!!

      Balas
  • April 4, 2020 pada 18:32
    Permalink

    Nama : Elvina Ailsha Hayyu Veronica
    No. Peserta : 66
    Dari Sdn Kaliasin VII / 286

    Judul Proyek ” Pemanfaatan Sampah Non Organik Menjadi Sesuatu Yang Berguna”

    Kepedulian akan kelestarian lingkungan hidup yang di lakukan oleh bu Nurul patut dijadikan tauladan bagi kita semua, yang masih muda-muda. Sudah saatnya kita mencintai dan menyelamatkan bumi, menghijaukan bumi.
    Saat ini melakukan beberapa aksi nyata untuk ikut serta mencintai, melestarikan, menghijaukan ,serta menyelamatkan bumi , dengan berbagai cara . Seperti memilah sampah, mendaur ulang sampah, membuat dan mengisi lubang biopori, sosialisasi ke tetangga, kelauarga , dan teman ataupun menjual ke. bank sampah
    Apa yang dilakukan bu Nurul membuat kami semua bangga. Tetap semangat Bu Nurul.

    SALAM BUMI PASTI LESTARI
    SELALU ZERO WASTE
    HIJAUKAN BUMIKU

    Balas
    • April 4, 2020 pada 18:58
      Permalink

      Nama: Filzah Putri Naraya
      Sekolah: SDN Kaliasin 7 Surabaya
      No. Peserta 68
      Proyek saya Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Aneka Barang Yang Berguna
      Sikap kepedulian terhadap lingkungan yang dilakukan Bu Nurul sangat patut dicontoh oleh saya dan teman-teman lainnya.

      Balas
  • April 4, 2020 pada 19:04
    Permalink

    Nama : Najwa Almira Salsabila
    Sekolah : SDN Rangkah 1 Sby
    No. Peserta : 234
    Proyek Lingk : Budidaya Tanaman Ginseng Jawa

    Upaya Bu Nurul patut diacungi jempol. Karena berkat usaha beliau dapat mengurangi sampah organik menjadi sesuatu yang berguna. Mari kita mengikuti jejak beliau demi kelestarian lingkungan sekitar kita.
    Salam bumi pasti lestari ?☘?

    Balas
  • April 4, 2020 pada 19:29
    Permalink

    Apa yang sdh dilakukan bu Nurul patut menjadi contoh untuk kita dalam menyelamatkan bumi dimulai dari lingkup sekolah. Ide dan semangatnya membimbing anak anak untuk peduli lingkungan harus kita ikuti dan kita laksanakan. Bu Nurul is the best.

    Balas
  • April 4, 2020 pada 19:39
    Permalink

    Nama:Khanza Aurellya Anggraeni.
    Sekolah:SDN Kaliasin VII Surabaya.
    No peserta:72.
    Proyek:Pemanfaatan Sampah Kain Perca Menjadi Barang Berguna.
    Selamat buat SDN Sawahan IV Surabaya yang telah meraih juara III Surabaya Eco School 2019 terutama guru pembina LH Ibu Nurul Fahmiyah…atas berkat bimbingan dan perjuangannya dapat membawa harum nama sekolah SDN Sawahan IV Surabaya.

    Balas
  • April 4, 2020 pada 19:42
    Permalink

    Nama : Aurellia Salsabilla WS
    Sekolah : SDN Pakis V
    No. Peserta : 194
    Proyek : Dari Kertas Bekas Disulap Menjadi Buku Catatan.

    Saya sangat kagum dengan ibu Nurul, yang bisa membawa nama baik sekolah tempat ia mengajar. Semoga ibu Nurul semakin sukses dalam membina murid maupun orang lain untuk lebih peduli dengan lingkungan.
    Salam bumi ? pasti lestari ?

    Balas
    • April 5, 2020 pada 21:23
      Permalink

      Nama : Marsyanda Dewi Cinta Maharani
      No. Peserta : 382
      sekolah : SDN banyu Urip III
      Proyek : Daur Ulang Botol Bekas, Tutup Botol, Kain Perca

      Bu Nurul memang sangat peduli dan telaten dalam mengajarkan anak2 tentang peduli lingkungan dan selalu ada ide² baru yang di ajukan.
      Dibalik sikapnya yang pendiam Bu Nurul orang yang sangat peduli.

      Salam Bumi Pasti Lestari ??

      Balas
  • April 4, 2020 pada 20:08
    Permalink

    Nama: Niken Octaria Sidabalok
    Sekolah: SDN Kaliasin 1
    No. Peserta: 490
    Proyek: Pengelolaan Sampah Organic
    Saya sangat kagum dan termotivasi dari ibu Nurul. Karena semangatnya yang tidak patah begitu saja. Ia ingin semua anak anaknya dapat menyayangi lingkungan. Semoga Ibu Nurul selalu menjadi duta lingkungan. Saya akan terus mendukung ibu Nurul??

    Balas
  • April 4, 2020 pada 21:37
    Permalink

    Kepedulian bu Nurul terhadap lingkungan patut di tiru dan diacungi jempol. Kita harus meniru kepedulian bu Nurul terhadap lingkungan. Ayo .. bersama-sama kita peduli terhadap lingkungan ini demi menyelamatkan bumi kita.
    SALAM BUMI LESTARI????

    Balas
  • April 4, 2020 pada 22:29
    Permalink

    Nama:Dimas Dwi Pangestu
    Asal Sklh:SDN RANGKAH I
    No Peserta:169

    Siswa seperti mereka dapat lolos untuk memenangkan proyek mereka karena adanya guru yg tangguh seperti bu Nurul.

    Balas
    • April 5, 2020 pada 06:08
      Permalink

      Bu Nurul sosok guru atau teman yang blak blakan dalam membantu teman dan tidak pilih pilih. Tidak di ECO SCOOL saja. Walaupun beliau sendiri repot, beliau tetap mau membantu teman yang kurang paham tentang IT.

      Balas
  • April 8, 2020 pada 08:22
    Permalink

    Nama: Kayla Beby Azari
    No peserta:70
    Asal sekolah: SDN kaliasin 7 Surabaya
    Judul proyek saya adalah pemanfaatan tas kresek menjadi bunga hias.
    Sikap kepedulian terhadap lingkungan yang dilakukan IBU NURUL sangat patut dicontoh oleh semua nya.
    SALAM BUMI PASTI LESTARI ???

    Balas
  • April 18, 2020 pada 19:53
    Permalink

    semangat terus ya bu Nurul Fahmiyah dalam melestarikan lingkungan hidup.
    salam bumi pasti lestari

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *