Abiyyu Akhromahu Bilhuda, Pangeran “Olah Sampah” LH 2019

Abiyyu Akhromahu Bilhuda, atau akrab disapa Abiyyu. Dia siswa dan kader lingkungan hidup Green Sewelas SMP Negeri 11 Surabaya. Ia salah satu finalis pangeran lingkungan hidup SMP 2019. Dia mengaku awalnya terpilih Green Sewelas sebagai perwakilan kelas. “Lambat laun saya suka gerakan ini,” ujar Abiyyu. 

Menurutnya, keseruan berkegiatan lingkungan bersama teman sebaya membuatnya betah ketika melakukan aksi nyata. Hal ini juga yang mendasari siswa kelas 9 ini mengikuti seleksi pangeran dan puteri lingkungan hidup 2019. “Karena ingin berkontribusi lingkungan hidup di rumah,” katanya.

“Proyek saya mengolah sampah kering. Jadi saya setiap hari Jumat ke-3 itu mengumpulkan sampah kering dari teman-teman saya. Setelah sampah-sampah yang saya kumpulkan saya pilah sesuai jenisnya untuk dijual ke pengepul dan saya juga sisakan untuk membuat kerajinan,” ungkap siswa hobi menggambar ini. 

Alasan utama pemilihan proyek lingkungan hidup pengelolaan sampah kering adalah karena ia ingin mengurangi volume sampah kering masyarakat sekitar. Ia mengaku mendapatkan sampah kering hasil dari donasi teman-teman sekolahnya. Sehingga selain mengumpulkan sendiri ia juga menerima sampah organik dari teman dan dari tetangga secara sukarela. 

Jenis sampah yang dia kumpulkan adalah botol bekas, koran, kardus, dan buku bekas. Dari beberapa jenis sampah yang berhasil dikumpulkan ia berhasil membuat kerajinan seperti tempat pensil dari koran, tas dari koran, dan anyaman dompet dari koran. 

Dalam pengembangan proyeknya Abiyyu melaksanakannya sepulang sekolah hingga menjelang petang. “Setelah itu saya menargetkan setiap sepulang sekolah saya melakukan pemilahan sampah untuk didaur ulang menjadi kertas baru,” imbuhnya

Dalam pengembangan proyek lingkungan hidup Abiyyu telah berhasil memenuhi target yang sebelumnya ia rencanakan sebelum proyek dilaksanakan. “Total sampah yang sudah saya kumpulkan itu sebanyak 225 kg,” ujar siswa yang bercita-cita menjadi guru ini. Rinciannya adalah sampah botol 80 kg, sampah plastik 20 kg, sampah kertas 110 kg, dan sampah koran 15 kg. 

Selama menjalani seleksi pangeran dan puteri lingkungan 2019, Abiyyu merasa banyak hal positif yang ia dapatkan. Salah satunya adalah berhasil memanfaatkan waktu luang. Menurutnya sebelum mengikuti seleksi, waktu pulang sekolah selalu ia manfaatkan untuk main game. 

Dan alasannya tidak mengikuti teman saya bermain game karena buat apa hidup cuma dibuat bermain terus. “Lebih baik kita berinovasi agar lingkungan kita jadi lebih baik selagi ada waktu untuk memperbaiki,” ujar siswa yang lahir di Surabaya, 26 Agustus  2006.

Selain melaksanakan proyek, Abiyyu juga mengajak keluarganya merealisasikan zero waste. Di antaranya dengan membuat lubang resapan biopori, membeli barang dengan kemasan jumbo, menghemat air dan listrik, belanja menggunakan tas kain, mengisi halaman kosong untuk ditanami tanaman, dan mendaur ulang sampah.

Penulis: Fatih Abdul Aziz

Penyunting: Mochamad Zamroni

4 tanggapan untuk “Abiyyu Akhromahu Bilhuda, Pangeran “Olah Sampah” LH 2019

  • Mei 9, 2020 pada 20:12
    Permalink

    Nama:Elvina Ailsha Hayyu Veronica
    No.Peserta: 66
    Dari SDN Kaliasin 7

    Judul Proyek Saya
    “Pemanfaatan Sampah Non Organik Menjadi Sesuatu Yang Berguna”

    Selamat ya kak Abiyyu menjadi finalis pangeran lingkungan hidup 2019. Tetap cintai lingkungan ya kak dan tetap semangat.

    Salam Bumi Pasti Lestari
    Salam Zero Waste
    Hijaukan Bumiku

    Balas
  • Mei 9, 2020 pada 21:14
    Permalink

    Nama:Khanza Aurellya Anggraeni.
    Sekolah:SDN Kaliasin VII Surabaya.
    No peserta:72.
    Proyek: “Pemanfaatan Sampah Kain Perca Menjadi Barang Berguna”.

    Selamat buat kak Abiyyu ayas inovasi yang dikembangkan sehingga mendapat penganugerahan pangeran “Olah Sampah” LH 2019…terus kak berinovasi dan mari kita jaga lingkungan agar tetap bersih…

    STAY AT HOME

    SALAM BUMI PASTI LESTARI
    ZERO WASTE SELALU…
    CINTAI LINGKUNGAN…

    Balas
  • Mei 10, 2020 pada 02:41
    Permalink

    Nama:Filzah Putri Naraya
    No.Peserta: 68
    Dari SDN Kaliasin 7

    Judul Proyek Saya
    “Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Aneka Barang Yang Berguna”

    Wah, hebat kak Abiyyu Akhromahu Bilhuda, Semangat ya kak dalam mensukseskan proyek kakak 👌

    Balas
  • Mei 10, 2020 pada 19:47
    Permalink

    Nama : Najwa Almira Salsabila
    Sekolah : SDN Rangkah 1 Sby
    No. Peserta : 234
    Proyek Lingk : Budidaya Tanaman Ginseng Jawa

    Proyek Kak Abiyyu sangat menginspirasi. Memgumpulkan dan mengolah sampah kering menjadi kerajinan beraneka ragam.
    Semangat ya Kak untuk terus berkarya dan peduli lingkungan. 😉

    Salam Bumi 🌏 Pasti Lestari 🌿🌳☘🌲

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *