Anggun Wulan Ramadhani, Puteri “Hidroponik Botol” LH 2019

SDN Kedung Cowek I Surabaya menjuarai Lomba Hidroponik SD Surabaya 2019. Lomba tahun kedua itu diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya bersama Tunas Hijau. 

Keberhasilan sekolah yang dikepalai oleh Sukarti ini berkat kerja keras segenap warga sekolah. Tidak terkecuali Anggun Wulan Ramadhani, finalis puteri lingkungan hidup 2019 dari SDN Kedung Cowek I ini. 

Tanaman kangkung hidroponik wick botol plastik bekas di SDN Kedung Cowek I Surabaya. Total 1500 botol

“Proyek saya, pemanfaatan botol plastik bekas sebagai media tanam hidroponik,” kata Anggun Wulan Ramadhani. Dia berhasil mengajak seluruh warga SDN Kedung Cowek I untuk mengumpulkan 1500 botol plastik bekas.

1500 botol plastik bekas dengan ukuran sama itu digunakan sebagai media tanam hidroponik di sekolah. “1 anak bawa 2 botol. Jumlah siswanya 754,” terang siswa yang tinggal di Jalan Kalilom Lor Indah Gang Turi ini. 

Siswa tidak hanya diminta membawa 2 botol plastik bekas saja. “Semua siswa bersama-sama membuatnya menjadi media tanam hidroponik sistem wick atau sumbu,” ujar siswa kelas 5B ini.

1500 botol plastik bekas untuk hidroponik di SDN Kedung Cowek I

Banyak aksi yang dilakukan Anggun dalam proyek pemanfaatan botol plastik bekas menjadi media tanam hidroponik ini. “Mulai dari menyemai benih, lalu mengecek kadar pH. Setiap hari setiap pulang sekolah,” tutur pemilik cita-cita sebagai dosen ini.

Tidak hanya itu, penghobi badminton ini juga mengajak timnya memanen bersama. “Terkadang hasil panen itu kami olah menjadi beragam olahan makanan minuman,” jelas putri pasangan Ulil Ulandari dan Erwanto ini. 

Di antara olahannya adalah es krim kangkung, puding kangkung, dan kripik bayam. “Semua dijual di sekolah,” kata Anggun. Ada juga sayuran yang langsung dijual mentah saat panen di sekolah.

Anggun aktif sosialisasi hidroponik dengan memanfaatkan botol plastik bekas

Dia juga sering melakukan sosialisasi hidroponik di sekolah dan luar sekolah. Taman Suroboyo, taman sekitar Jembatan Suramadu, dan Care Free Day Taman Bungkul, menjadi saksi sosialisasi yang dilakukan Anggun bersama timnya.

Dalam melaksanakan hidroponik menggunakan botol plastik bekas itu, banyak tantangan yang dirasakan Anggun. “Saat awal, kami harus bekerja keras menyiasati cepatnya lumut tumbuh,” jelas Anggun. Lumut itu menyerap banyak nutrisi tanaman.

Dia jadi harus sering membersihkan lumut itu bersama timnya. “Membersihkannya dengan menggunakan tangan saja,” kata Anggun. Langkah selanjutnya yang dilakukan untuk meminimalkan tumbuhnya lumut adalah dengan mengecat bagian luar botol plastik.

Anggun didampingi orang tua dan kepala SDN Kedung Cowek I saat diterima Walikota Surabaya Tri Rismaharini di kediaman

Saat berhidroponik dengan 1500 botol plastik di sekolah, angin kencang juga pernah menghampiri sekolahnya. Alhasil, tanaman hidroponik menjadi porak poranda. “Kami tetap berhasil panen masal,” tutup Anggun.

Penulis: Mochamad Zamroni

5 tanggapan untuk “Anggun Wulan Ramadhani, Puteri “Hidroponik Botol” LH 2019

  • Mei 13, 2020 pada 03:14
    Permalink

    Nama : Najwa Almira Salsabila
    Sekolah : SDN Rangkah 1 Sby
    No. Peserta : 234
    Proyek Lingk : Budidaya Tanaman Ginseng Jawa

    Mantap Kak Anggun. Aku juga bergabung dengan THS. Hidroponik memang menyenangkan apalagi waktu panen. Tetap semangat dan terus berkarya ya Kak dengan tim hidroponik.

    Salam Bumi 🌏 Pasti Lestari 🌲☘🌳🌿

    Balas
  • Mei 13, 2020 pada 04:48
    Permalink

    Nama:Elvina Ailsha Hayyu Veronica
    No.Peserta: 66
    Dari SDN Kaliasin 7

    Judul Proyek Saya
    “Pemanfaatan Sampah Non Organik Menjadi Sesuatu Yang Berguna”

    Selamat ya kak Anggun,telah menjuarai Lomba Hidroponik SD Surabaya 2019 dan menjadi Finalis Puteri Lingkungan Hidup 2019. Saya sangat menginspirasi sekali yang telah dilakukan oleh kak Anggun. Tetap semangat ya kak…

    Salam Bumi Pasti Lestari
    Salam Zero Waste
    Hijaukan Bumiku

    Balas
  • Mei 13, 2020 pada 08:23
    Permalink

    Nama:Khanza Aurellya Anggraeni.
    Sekolah:SDN Kaliasin VII Surabaya.
    No peserta:72.
    Proyek: “Pemanfaatan Sampah Kain Perca Menakdi Barang Berguna”.

    Selamat buat kak Anggun yang telah menjadi Puteri “Hidroponik Botol” LH 2019… Sangat bagus sekali dan menginspirasi kita semua bahwa botol plastik bekas dapat kita jadikan media tanam hidroponik… Tetus berkarya dan berinovasi agar lingkungan kita tetap bersih…

    STAY AT HOME

    SALAM BUMI PASTI LESTARI
    ZERO WASTE SELALU
    CINTAI LINGKUNGAN

    Balas
  • Mei 14, 2020 pada 07:22
    Permalink

    Nama:Acha A’isy Saarah
    Asal sekolah:SDN Margorejo1
    No:136
    Proyek:Kobilak(kopibijisalak)

    Semangat terus kak proyeknya menginspirasi saya.

    Balas
  • Mei 14, 2020 pada 08:55
    Permalink

    Nama:Filzah Putri Naraya
    No.Peserta: 68
    Dari SDN Kaliasin 7

    Judul Proyek Saya
    “Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Aneka Barang Yang Berguna”

    Hebat banget… Tetap semangat ya Anggun Wulan Ramadhani… Dalam merawat tumbuhan hidroponik…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *