Mukhamad Fatkhan, Pelestari Hutan di Pasuruan

Penanaman pohon berulang kali digagas oleh pemuda ini di Kabupaten Pasuruan. Lokasinya lebih sering di kawasan hutan gundul di Kabupaten Pasuruan. Tidak terkecuali di lahan kosong di dekat pemukiman desa.

Mukhamad Fatkhan, nama si pelestari hutan di Kabupaten Pasuruan itu. Sehari-harinya Fatkhan bertugas sebagai guru SDN Jimbaran I, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan. Dia aktif pramuka sebagai Pamong Saka Wanabakti Pasuruan.

Selama musim penghujan ini, dia telah menggelar beberapa kali aksi penanaman pohon. “Pada 22 Desember 2019, kami menanam 4000 pohon pinus dan salam di kawasan hutan gundul di petak 3C Desa Baledono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan,” kata Mukhamad Fatkhan. Aksi ini diikuti oleh 427 orang pramuka dari beberapa kabupaten/kota se Jatim. 

Fatkhan, dua dari kiri, saat penanaman hutan pada akhir Desember 2019

Pada 25-26 Januari 2020, aksi penanaman pohon dia gelar di dataran rendah dan dataran tinggi. “Kami menanam 3000-an pohon pada awal tahun 2020 ini,” ujar Mukhamad Fatkhan, yang lahir pada 25 April 1986 ini. 

Bukit Cinta, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menjadi lokasi penanaman di dataran tinggi pada Januari 2020. Lokasi lain yang ditanami adalah Desa Kawisrejo, Kecamatan Rejoso dan Desa Tenggilis, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan.

Saat pandemi COVID-19, April 2020, dia juga mengajak masyarakat menanam pohon mengganti tanaman yang mati pasca penanaman pohon Januari 2020. “Kami menanam sekitar 500 pohon mahoni pada April 2020,” terang Fatkhan.

Semua aksi penanaman pohon itu dilakukan Fatkhan karena kepeduliannya dengan gundulnya kawasan itu sebelumnya. “Penyelenggaraan kegiatannya mandiri. Peserta kegiatan biasanya harus membayar untuk kebutuhan partisipasi mereka berkegiatan,” ujar Fatkhan.

Selain di dataran tinggi, penanaman pohon juga sering dilakukan oleh Fatkhan di dataran rendah. Tidak terkecuali di sekolah-sekolah

Dalam setiap penyelenggaraan aksi penanaman pohon itu, kemitraan dengan banyak pihak yang lainnya juga dilakukan oleh Fatkhan. Tunas Hijau termasuk salah satu mitra dalam aksi penanaman pohon itu. 

“Pohon yang ditanam didapatkan dari bantuan Perhutani dan BPDASHL Brantas. Banyak juga pohon yang harus kami beli untuk aksi penanaman pohon itu,” kata pembina pramuka di beberapa gugusdepan di Pasuruan ini. Kemitraan dengan AQUA-Danone biasanya untuk transportasi peserta dari lokasi bermalam menuju lokasi penanaman.

Menurutnya, penanaman pohon di lahan hutan khususnya dataran tinggi, berbeda dengan penanaman pohon di perkotaan. “Penanaman pohon di dataran tinggi harus dilakukan pada musim penghujan, karena penyiramannya mengandalkan air hujan. Penanaman pohon di perkotaan bisa dilakukan kapan saja,” tutur Fatkhan.

Melalui aksi-aksi penanaman hutan ini, dia berharap bisa meningkatkan cadangan air tanah, meningkatkan produksi oksigen, dan meminimalkan luapan air serta banjir. “Semoga bisa mencegah kekeringan saat musim kemarau, mencegah longsor, memperkokoh struktur tanah dan mencegah bencana alam yang lainnya,” pungkas Mukhamad Fatkhan.

Penulis: Mochamad Zamroni

5 tanggapan untuk “Mukhamad Fatkhan, Pelestari Hutan di Pasuruan

  • Mei 21, 2020 pada 10:54
    Permalink

    Nama:Acha A’isy Saarah
    Asal sekolah:SDN Margorejo1
    No:136
    Proyek:Kobilak (kopibijisalak)
    Semangat Pak krn anda
    Bumi pasti lestari

    Balas
  • Mei 21, 2020 pada 12:02
    Permalink

    Nama:Khanza Aurellya Anggraeni.
    Sekolah:SDN Kaliasin VII Surabaya.
    No peseeta:72.
    Proyek: “Pemanfaatan Sampah Kain Perca Menjadi Barang Berguna”.

    Kepedulian pak Fatkhan terhadap lingkungan sangat tinggi terutama pada kawasan hutan atau dataran tinggi. Beliau salah satu relawan yang sangat peduli terhadap kawasan hutan yang gundul sehingga beliau menanam pohon didaerah tersebut terutama di Pasuruan… Terus berjuang dan menjadi relawan lingkungan pak Fatkhan…

    STAY AT HOME

    SALAM BUMI PASTI LESTARI
    ZERO WASTE SELALU
    CINTAI LINGKUNGAN

    Balas
  • Mei 21, 2020 pada 12:05
    Permalink

    Nama : Nafisa Kayzura Anwar
    Dari : SDN Manukan kulon 2 Surabaya
    Judul proyek : Pembuatan minuman SYNOMKU dari tanaman herbal kunyit.
    No peserta : 130

    Assalamuallaikum wr wb
    .
    Peran aktif dan partisipasi kakak Fatkan dlm pelestarian lingkungan bisa menjadi contoh buat kita generasi sekarang.
    Dengan melakukan penanaman pohon dari sekarang,generasi yg akan datang dapat menikmati alam yang baik dan udara yang segar.
    Dengan penanaman pohon dapat mengurangi dampak pemasan global.
    .
    Yuks.. Mari kita menanam pohon
    Untuk menyelamatkan bumi dan lingkungan 🌳🌳🌳
    .
    Salam Bumi Pasti Lestari🌎

    Balas
  • Mei 21, 2020 pada 18:33
    Permalink

    Nama:Elvina Ailsha Hayyu Veronica
    No.Peserta: 66
    Dari SDN Kaliasin 7

    Judul Proyek Saya
    “Pemanfaatan Sampah Non Organik Menjadi Sesuatu Yang Berguna”

    Kepedulian yang dilakukan oleh Pak Fatkhan membuat saya sangat terinspirasi sekali. Tetap Semangat ya Pak Fakthan dalam menyelamatkan bumi.

    Salam Bumi Pasti Lestari
    Selalu Zero Waste
    Hijaukan Bumiku

    Balas
  • Mei 21, 2020 pada 19:37
    Permalink

    Nama : Najwa Almira Salsabila
    Sekolah : SDN Rangkah 1 Sby
    No Peserta : 234
    Proyek Ling : Budidaya Tanaman Ginseng Jawa

    Salut kepada Pak Fatkhan yang telah menggagas untuk penanaman pohon demi kelestarian hutan. Sudah ribuan pohon yang telah ditanam oleh Pak Fatkhan dan rekan-rekan. Semoga tidak ada lagi hutan yang gundul dan bencana alam dapat dicegah.
    Semangat terus ya Pak 😊

    Salam Bumi 🌍 Pasti Lestari 🌲🌳

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *