Marcelino Pantau Tanaman Pemberiannya di Kampung Jetis Kulon

Gregorius Marcelino, calon pangeran lingkungan hidup 2020 dari SDN Kaliasin I Surabaya, kembali mendatangi kampung RT 11 RW IV Jalan Jetis Kulon X, Kelurahan Wonokromo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Senin (1/6/2020). Dia dibantu empat orang temannya. 

Kunjungan Marcel, panggilan Gregorius Marcelino, kali ini untuk mengecek perkembangan tanaman produktif yang telah dia bagikan kepada warga kampung itu. “Sekitar dua pekan lalu saya membagikan 100 tanaman produktif kepada warga kampung ini. Saya mau ngecek perkembangannya. Tanaman itu hasil budidaya saya,” kata Gregorius Marcelino.

Didampingi pengurus kampung itu, Marcel mendatangi satu per satu rumah yang sebelumnya mendapatkan bantuan tanaman produktif. Di rumah pertama yang didatangi, Marcel sumringah. Pasalnya, tanaman pepaya jepang, tomat dan lombok yang dia berikan ternyata tumbuh subur. 

“Tanaman itu bahkan telah ditanam di sepetak tanah di depan rumah. Tanaman tomat nampak tumbuh paling subur dengan tinggi menjulang. Tanaman lombok dan pepaya jepang juga tumbuh subur,” kata Marcel. Dia bersama 3 orang temannya dan pengurus kampung lalu memberi pupuk tanaman itu.

Rumah-rumah lain di kampung itu, yang menerima bantuan tanaman produktif hasil budidayanya, tidak luput dari kunjungan Marcel. “Sebagian besar tanaman yang saya berikan sudah dipindah tanam di media yang lebih besar. Hanya dua rumah yang belum memindahkannya karena belum ada potnya,” terang Marcel.

Aksi pemindahan tanaman ke media tanam yang lebih besar juga dilakukan oleh Marcel ketika mendapati tanaman pemberiannya belum dipindah. Polibag besar yang dia siapkan dari rumah langsung dia gunakan untuk memindah tanaman yang belum dipindah tanam oleh warga. 

Menurutnya, setelah pemantauan semua tanamannya, sebagian besar tumbuh subur. “Ada satu tanaman di satu rumah yang saya dapati mati karena dimakan tikus. Ada juga tanaman di satu rumah lain yang kurang subur karena kurang sinar matahari,” jelas siswa kelas 4 SDN Kaliasin I Surabaya ini.

Pada pemantauannya itu, Marcel memberi hadiah paket bahan makanan kepada rumah yang berhasil merawat tanaman pemberiannya. Untuk keamanan selama pandemi COVID-19 itu, dia dan timnya juga nampak mengenakan masker dan pelindung wajah.

Ketua RT 11 RW IV Kelurahan Wonokromo Joko Purwanto menyambut baik aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh Marcelino itu. “Tidak hanya membagi tanaman, tapi juga dipantau perkembangannya. Ternyata warga yang berhasil merawat tanaman pemberiannya juga diberi hadiah,” kata Joko Purwanto seusai mendampingi Marcelino keliling kampungnya.

Penulis: Mochamad Zamroni 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *