Beluntas, Pagar Hidup dengan Banyak Khasiat Kesehatan

Pernah tahu tanaman beluntas? Generasi milenial mungkin banyak yang belum mengetahui jenis tanaman ini. Bukan tanpa alasan, karena jenis tanaman ini sudah semakin jarang didapati di sekitar saat ini. Padahal tanaman ini mempunyai banyak manfaat. 

Tanaman beluntas sebelumnya banyak dimanfaatkan untuk pagar hidup. Daun beluntas juga berkhasiat sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Daun beluntas aman dikonsumsi dan mengandung banyak nutrisi dan mineral.

Beluntas (Pluchea indica) merupakan jenis tumbuhan semak dengan tinggi bisa mencapai 3 meter. Tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai pagar rumah. Daunnya berbentuk bulat telur dengan gerigi pada tepinya dan ada bulu halusnya.

Tanaman ini juga populer dengan sebutan luntas (Jawa), baruntas (Sunda), baluntas (Madura), lenabou (Timor), lamutasa (Makasar). Nama asingnya adalah Marsh fleabane. Sayangnya, manfaat daun beluntas untuk kesehatan belum banyak dikenal masyarakat, khususnya generasi milenial. 

Tanaman ini banyak tumbuh liar dan mampu hidup di berbagai jenis tanah. Jenis tanah yang keras dan berbatu hingga di daerah yang kering bisa ditumbuhi tanaman ini. Semak ini juga bisa tumbuh subur di dataran rendah maupun dataran yang tinggi.

Masyarakat di pelosok ada yang mengenal manfaat daun beluntas untuk dijadikan lalapan mentah maupun dengan dikukus. Daun ini rasanya agak getir, namun menyegarkan dengan bau aromatis yang sangat khas. Untuk lalapan mentah, tentunya daun beluntas harus dicuci terlebih dahulu.

Rasa dan bau khas daun ini karena kandungannya seperti alkaloid, flafonoida, tannin, kalsium, natrium, magnesium, fosfor dan minyak atsiri. Di balik manfaat daun beluntas ternyata di dalamnya terkandung kalori, protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin C dan vitamin B1.

Daun beluntas adalah makanan yang aman dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi. Dimulai dengan karbohidrat, energi, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan mineral penting lainnya.

Manfaat Daun Beluntas dan Cara Pengolahannya

Kandungan nutrisi dan mineralnya membuat daun beluntas sangat baik untuk menangkal berbagai penyakit. Berikut ini berbagai manfaat daun beluntas untuk kesehatan tubuh:

1. Bersifat anti bakteri

Kandungan minyak atsiri dalam daun beluntas bersifat anti bakteri. Dengan kadar 5% saja mampu mengatasi bakteri Staphylococcus aureus dan kadar 20% mampu membunuh bakteri Escherechia coli.

2. Mengatasi pegal linu, rematik, dan sakit pinggang

Masyarakat di pelosok juga telah mengenal manfaat daun beluntas yang efektif untuk mengatasi nyeri pinggang dan pegal linu. Tanpa perlu membeli obat, cukup bisa minum air rebusan daun herbal ini.

3. Mengusir bau badan dan bau mulut

Masyarakat dulu kabarnya mengenal daun beluntas sebagai deodoran alami untuk mengatasi bau badan. Tinggal rebus saja daun beluntas dan minum airnya secara teratur. Untuk mengusir bau mulut, makan saja daun beluntas.

4. Menjaga kesehatan rahim

Manfaat daun beluntas untuk rahim juga cukup efektif. Kandungan anti bakteri dan antioksidan herbal ini dapat mencegah gangguan penyakit rahim, seperti kanker rahim. Untuk itu kaum perempuan disarankan rajin mengkonsumsi daun beluntas.

5. Mengatasi perut kembung

Daun beluntas juga berkhasiat mengatasi sakit perut atau kembung. Kandungan zat aktif dan mineralnya ampuh meredakan gangguan perut. Anda bisa makan daun segarnya atau direbus dan meminum airnya.

6. Mengatasi masalah keputihan

Khasiat lainnya adalah manfaat daun beluntas untuk keputihan. Kandungan minyak atsiri herbal ini mampu meredakan nyeri dan masalah keputihan. Caranya, cukup dengan menjadikan daun beluntas sebagai lalapan ataupun minum air rebusannya.

7. Mencegah kerusakan hati

Daun beluntas yang kaya kandungan flavonoid seperti quercetinmyricetin, dan kaemferol ampuh dalam mencegah dan menangkal kerusakan hati. Mengkonsumsi daun beluntas sangat baik agar hati bekerja secara optimal.

8. Meningkatkan kesehatan kulit dan wajah

Sifat antioksidan dan zat aktifnya memberikan manfaat daun beluntas untuk wajah cantik. Selain memperbaiki sel-sel kulit, herbal ini juga baik untuk regenerasi sel kulit. Gunakan daun ini sebagai masker atau luluran.

Itulah berbagai khasiat dan manfaat daun beluntas untuk kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit. Mengkonsumsi herbal ini juga baik untuk menjaga wajah agar selalu cantik dan awet muda.

Jadi, sudah saatnya tanaman beluntas tumbuh subur di sekitar semua tempat tinggal. (roni)

9 tanggapan untuk “Beluntas, Pagar Hidup dengan Banyak Khasiat Kesehatan

  • Juli 17, 2020 pada 14:52
    Permalink

    Nama: Dimas Dzaky M M
    Asal sekolah: SMPN 22 Surabaya
    No urut: 29

    Wah baru tau kalau informasi tentabg tanaman luntas dan tidak seberapa tahu tapi pernah dengar bisa mengurangi bau badan dan dibuat kulubpan, ternyata banyak manfaat daun luntas ini

    Balas
  • Juli 20, 2020 pada 19:27
    Permalink

    Nama : Nisrina Bilqis
    Sekolah : SMPN 6 Surabaya
    No. Peserta : 354
    Proyek : ShantiQ (sampah cantiq)

    Ternyata manfaat tanaman luntas ini sangatlah banyak dan juga beragam. Selama ini banyak yang belum mengetahui hal ini, maka saya berharap tanaman luntas ini bisa terus dimanfaatkan dan juga dilestarikan.

    Balas
  • Juli 20, 2020 pada 19:28
    Permalink

    Nama : Nisrina Bilqis
    Sekolah : SMPN 6 Surabaya
    No. Peserta : 354
    Proyek : ShantiQ (sampah cantiq)

    Manfaat tanaman luntas ini ternyata sangatlah banyak dan juga beragam. Selama ini banyak yang belum mengetahui hal ini, maka saya berharap tanaman luntas ini bisa terus dimanfaatkan dan juga dilestarikan.

    Balas
  • Juli 20, 2020 pada 19:30
    Permalink

    Nama : Nisrina Bilqis
    Sekolah : SMPN 6 Surabaya
    No. Peserta : 354
    Proyek : ShantiQ (sampah cantiq)

    Manfaat tanaman luntas ini ternyata sangatlah banyak dan juga beragam. Mulai dari mengatasi pegal linu hingga mengatasi masalah kecantikan. Dan selama ini banyak sekali orang yang belum mengetahui hal ini, maka saya berharap tanaman luntas ini bisa terus dimanfaatkan dan juga dilestarikan.

    Balas
  • Juli 20, 2020 pada 19:30
    Permalink

    Nama : Nisrina Bilqis
    Sekolah : SMPN 6 Surabaya
    No. Peserta : 354
    Proyek : ShantiQ (sampah cantiq)

    Manfaat tanaman luntas ini ternyata sangatlah banyak dan juga beragam. Mulai dari mengatasi pegal linu hingga mengatasi masalah kecantikan. Dan selama ini banyak sekali orang yang belum mengetahui hal ini, maka saya berharap tanaman luntas ini bisa terus dimanfaatkan dan juga harus dilestarikan.

    Balas
    • Oktober 26, 2021 pada 09:53
      Permalink

      Manfaat turun temurun yg harus di wariskan untuk generasi mendatang.

      Balas
  • Agustus 1, 2020 pada 22:40
    Permalink

    Nama: Adhigana Romzi Prawira
    Asal sekolah: SDN Kandangan 2
    Proyek: daur ulang handuk bekas menjadi Pot Bunga
    No Peserta: 75

    Perlu dilestarikan, karena banyak manfaat👍👍👍

    Balas
  • Januari 19, 2021 pada 17:30
    Permalink

    Maaf min.. mau tnyak ini literaturnya lihat dimana ya.. dan ada gak jurnalnya.. soalnya saya mau lihat kandungan karbohidrat yg ada pada daun beluntasnya..🙏

    Balas
  • Mei 23, 2021 pada 23:41
    Permalink

    Banyak juga kandungannya, kukira hanya sebatas tanaman yang bisa dikonsumsi sebagai sayuran, hehe

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *