Bersih-Bersih Pesisir Kelima Kumpulkan Sampah Setengah Truk

Aksi Bersih-Bersih Pesisir Tambak Wedi yang berlokasi di Kelurahan Tambak Wedi, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya kembali digelar untuk kali kelima selama pandemi, Minggu (1/11/2020). Penerapan secara ketat protokol kesehatan pencegahan COVID-19 diterapkan pada aksi ini.

Seperti keempat aksi bersih-bersih selama pamdemi sebelumnya, kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta. Sebagian besar dari peserta ini adalah guru pembina lingkungan hidup sekolah-sekolah Surabaya. Sebagian di antara para peserta itu datang dengan mengajak serta keluarganya.

Sampah dipindahkan ke truk menggunakan keranjang dan karung

Runner up Puteri Lingkungan Hidup 2020 Pertiwi Eka Putri Handayani, yang ikut serta bersama ibunya, mengaku kaget dengan perkembangan kondisi pesisir itu. “Alhamdulillahi robbil ‘alamin, kondisi pesisir ini sudah jauh lebih bersih dari sebelum digelar bersih-bersih pada September lalu,” kata Pertiwi dengan mengenakan selempangnya.

Pertiwi mengaku sangat kaget dengan perkembangan kondisi pesisir yang banyak ditumbuhi pepohonan mamgrove itu. Pasalnya, dia dan keluarganya ikut bersih-bersih pada edisi pertama, Minggu (4/10/2020).

Meskipun masih kotor, pesisir ini sudah jauh lebih bersih dari kondisi awalnya

Pada aksi kelima ini, beberapa paguyuban Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2020 ikut serta bersama keluarganya. Ada Puteri Lingkungan Hidup 2020 Sarlita Zahra, Runner up 2 Puteri LH 2020 Sakya Anindya, dan Runner up Pangeran Lingkungan Hidup 2020 Adigana Romzi Prawira.

Kondisi lokasi bersih-bersih yang basah karena hujan yang mengguyur malam sebelumnya, membuat para para peserta harus ekstra hati-hati. Sampah non organik sebanyak setengah truk berhasil dikumpulkan pada aksi ini.

Penulis: Mochamad Zamroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *