SDN Pakis III Realisasi Keluarga Sadar Iklim Terbaik

SDN Pakis III Surabaya berhasil meraih predikat sekolah terbaik IV tingkat sekolah dasar setelah berhasil merealisasikan sekolah sadar iklim dan keluarga sadar iklim. Sekolah yang dipimpin oleh Sri Tumpuki Wati Ningsih membuat gebrakan baru berupa melibatkan semua guru berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan. Sehingga setiap guru mempunyai tanggung jawab dalam program Surabaya Eco School 2020 meskipun dalam keadaan terbatas piket.

Realiasi keluarga sadar iklim SDN Pakis III Surabaya adalah salah satu yang mempunyai nilai tertinggi. Melalui koordinasi guru dan siswa mereka berhasil merealisasikan keluarga sadar iklim sebanyak 13 poin. Selain itu, gerakan keluarga sadar iklim tidak hanya kuantitas tapi kualitas salah satunya adalah peran guru pembina lingkungan yaitu Fifitri Arroziq. Guru tersebut berhasil meraih predikat keluarga sadar iklim terbaik II SD.

Peran Fifitri sangat penting untuk menggerakkan kader lingkungan Pakis III untuk merealisasikan keluarga sadar iklim. Menurutnya untuk menggerakkan siswa beserta keluarga butuh contoh. Sehingga ia melakukan terlebih dahulu sebelum memberikan instruksi realisasi keluarga sadar iklim.

Pengomposan SDN Pakis III

Sekolah yang berada di Surabaya Selatan ini juga aktif dalam melakukan grebek pasar bersama siswanya. Grebek pasar dilakukan di sekolah terdekat untuk memenuhi tong komposter mereka. Puluhan kilo sudah berhasil dioalah namun belum sempat terpanen hingga gelaran Surabaya Eco School 2020. Program lain yang dilakukan oleh SDN Pakis III adalah penghijauan yang dilakukan disekolah. Khusus untuk penghijauan sekolah ini memfokuskan pada penanaman cemara udang.

Pengolahan sampah non organik dilakukan oleh tim lingkungan sekolah menggunakan sistem kolektif. Setiap guru dan siswa menyetorkan sampah non organik mereka disekolah untuk dijual kembali ke Bank Sampah Induk Surabaya. Selama program Surabaya Eco School 2020 SDN Pakis III Surabaya sedikitnya 90 Kg minyak jelantah dan 40 Kg kertas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *