Sekolah Penuh Biopori SMPN 12 Surabaya

SMP Negeri 12 Surbaya merupakan salah satu sekolah yang mempunyai lahan sekolah terbesar di Surabaya. Dengan potensi tersebut tim lingkungan hidup berusaha memaksimalkan dengan berbagai program lingkungan yang dilaksanakan oleh tim lingkungan hidup sekolah. Sekolah ini berhasil menjadi sekolah dengan biopori terbanyak yang berhasil membuat lubang biopori baru sebanyak 210 lubang.

Biopori sebagian besar dibuat terdapat di taman depan sekolah. Biopori tersebut atas prakarsa guru penananggungjawab biopori yaitu Abdul Mustain yang sebelumnya menjadi Kepala Sekolah terbaik Eco Prenuer. Proses pembuatan tersebut dilaksanakan selama bulan oktober dan november.

Program unggulan yang menjadi daya tarik SMP Negeri 12 adalah program penghijauan dan pembibitan. Program tersebut dapat berjalan karena sekolah ini memiliki green house baru yang baru selesai dibangun pada semester ganjil. Sebanyak 300 tanaman berhasil dilaksanakan oleh tim eco school. Tanaman tersebut terdiri dari 200 tanaman trembesi dan 100 tanaman tabebuya kuning. Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan di green house.

Pengolahan sampah organik sekolah ini menggunakan media tong komposter dan selama program berhasil panen kompos sebanyak 70 Kg. Untuk Pengolahan sampah non organik terbagi menjadi dua yaitu pemilahan dan daur ulang. Pemilahan jelantah berhasil mengumpulkan sedikitnya 154 Kg. Sedangkan untuk daur ulang berupa kardus yang diubah menjadi barang yang mempunyai nilai pakai.

Pembibitan 300 tanaman di Green House SMPN 12 Surabaya

SMP Negeri 12 Surabaya juga menjadi sekolah dengan realisasi keluarga sadar iklim terbanyak dengan 15 keluarga. Salah satu yang terbaik adalah Faizah Hanun siswi kelas 7 tersebut berhasil menjadi keluarga sadar iklim terbaik IV. Selain itu, sekolah ini juga mempunyai kepala sekolah yang mempunyai kiprah luar biasa dilingkungan hidup sejak pertama kali Surabaya Eco School pertama kali digelar tahun 2011. Pada tahun 2020 Elly Dwi juga berhasil menjadi Eco Headmaster Junior High School 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *