Semangat Baru SMP Negeri 22

SMP Negeri 22 Surabaya melejit menjadi jawara Surabaya Eco School 2020 setelah merealisasikan poin sekolah sadar iklim dan keluarga sadar iklim. Sekolah yang berada di Surabaya Selatan ini memaksimalkan potensi sekolah untuk mengeksplorasi progam lingkungan yang mereka rencanakan. Meskipun belum pernah terlibat aktif dalam Surabaya Eco School tahun sebelumnya. Tetapi dengan tekad dan semangat kuat mereka berhasil membuktikan diri menjadi sekolah terbaik I tingkat SMP.

Program pertama yang mereka laksanakan adalah pembuatan biopori baru. Target yang direncakan adalah pembuatan biopori di aera sekolah minimal 200 lubang dalam waktu pengerjaan 2 bulan. Target tersebut terpenuhi setelah pembina lingkungan hidup Uswatun Khasanah memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh warga sekolah untuk berperan aktif. Pembuatan lubang biopori difokuskan pada area parit dan bagunan baru yang terdapat disekolah.

Pengolahan sampah organik juga menjadi progam berkelanjutan yang dilaksanakan oleh tim lingkungan hidup. Selama program Surabaya Eco School 2020 mereka dengan konsisten mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos. Pada akhir program seluruh warga sekolah panen kompos yang berjumlah 200 Kg siap pakai. Kompos produksi sekolah digunakan untuk kebutuhan internal.

Grebek pasar untuk pemenuhan komposter di Sekolah

Selain itu, pokja hidroponik juga masih konsisten melakukan pembibitan dan perawatan hidroponik sebagai media penghijauan. Hanya dalam waktu 2 bulan hidroponik sekolah panen sebanyak 2 kali dengan total 40 Kg sayur. Meskipun sempat terkendala piket namun sekolah ini berhasil melaksanakan dengan konsisten program hidroponik sekolah.

Sekolah yang berada di kecamatan Gayungan ini juga mempunyai ikon sekolah yaitu rumah jamur sebagai media pembelajaran bagi guru dan siswa. Rumah jamur tersebut berhasil panen 90Kg panen yang dijual dan didistribusikan khusus warga sekolah saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *