Manfaat Tanaman Janda Bolong untuk Kesehatan dan Lingkungan

Tanaman janda bolong sedang trending, karena harganya yang sangat tinggi dengan hanya beberapa lembar daun saja. Apakah manfaat tanaman janda bolong untuk lingkungan dan kesehatan?

Tanaman janda bolong semakin tidak asing di masyarakat Indonesia. Tumbuhan dengan nama dan bentuk daun yang unik itu ramai diperbincangkan karena memiliki harga yang sangat fantastis.

Di balik itu, janda bolong juga disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat tanaman janda bolong yang diakui medis? Yuk, cari tahu! 

Janda bolong alias Monstera adansonii variegata awalnya ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tanaman ini masuk ke Indonesia tahun 2018, dan mulai banyak yang membudidayakannya.

Beberapa alasan tanaman janda bolong banyak dibudidayakan. Di antaranya karena memiliki harga yang relatif tinggi. Sebagian orang yang “memelihara” tanaman janda bolong juga percaya bahwa tumbuhan ini bisa memberikan manfaat kesehatan.

Apa saja manfaat tanaman janda bolong untuk kesehatan? Berikut beberapa di antaranya:

Meningkatkan Suasana Hati

“Memelihara tanaman itu bisa meningkatkan suasana hati atau mood, mengurangi kecemasan atau stres, meningkatkan kadar vitamin D, sampai menurunkan risiko demensia,” ungkap dr. Adeline Jaclyn. 

Bagus untuk Mata

Bosan harus di rumah saja agar terhindar dari risiko virus corona? Cobalah memelihara dan memandang tanaman janda bolong yang tumbuh dengan indah.

Dibandingkan melihat layar komputer atau gawai, menatap tumbuhan hijau seperti janda bolong jauh lebih sehat untuk penglihatan Anda. Hal ini bisa memberikan efek relaksasi untuk mata dan tubuh.

Kualitas Udara Lebih Baik

Segala jenis tumbuhan dapat membantu meningkatkan kualitas udara di sekitar Anda, tak terkecuali janda bolong.

Dengan kata lain, memelihara tanaman janda bolong di rumah dapat bantu meningkatkan kualitas udara. Hal ini khususnya dirasakan jika Anda menempatkan tumbuhan tersebut pada lokasi yang tepat.

Efek Sejuk dan Nyaman

Warnanya yang memikat membuat janda bolong sangat sedap dipandang. Melanjutkan manfaatnya untuk mata, pada akhirnya tanaman ini juga memberikan “kesejukan” jika Anda melihatnya dengan saksama. Ingat, melihatnya dengan saksama sembari mengangumi keagungan Tuhan Yang Maha Kuasa dengan ciptaan-Nya yang unik itu.

Bukan tidak mungkin, tanaman janda bolong yang Anda rawat dengan sepenuh hati juga akan menimbulkan perasaan nyaman. Apalagi bila tumbuhan tersebut bisa tumbuh subur berkat usaha Anda sendiri.

Tertarik dengan manfaat tanaman janda bolong untuk kesehatan? Cobalah untuk memelihara dan merawat sendiri jenis tanaman ini di rumah Anda. (roni)

Sumber: https://www.klikdokter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *