Pesisir Tambak Wedi Suramadu Dibersihkan Lagi. Banyak Pakaian Numpuk

Bersih-Bersih Pesisir Tambak Wedi, sekitar Jembatan Suramadu, Kelurahan Tambak Wedi, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya kembali dilakukan, Minggu (10/1/2021) pagi. 60 orang (siswa dan guru) beserta keluarganya mengikuti aksi ke-15 ini dengan penerapan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah setelah jeda pada Minggu pertama tahun 2021, kita bisa melanjutkan lagi aksi bersih-bersih pesisir Tambak Wedi ini,” kata Aktivis Senior dan Presiden Tunas Hijau Mochamad Zamroni saat pengarahan awal. Diharapkan aksi ini akan terus berlanjut setiap Minggu pagi.

Pakaian bekas didapati pada bagian pesisir yang dua pekan sebelumnya sudah bersih. “Ini sepertinya pakaian yang sengaja dibuang orang dari jalanan tepi pantai,” kata Janny Mudjijanto, guru pembina lingkungan hidup SDN Tanah Kalikedinding I peserta aksi.

Pantai berlumpur yang becek karena hujan deras semalam menjadi tantangan peserta bersih-bersih

Sementara itu sampah saset bawaan dari air laut nampak menumpuki bagian pesisir yang nampak bersih selama beberapa pekan sebelumnya. Dengan mengenakan sepatu boot, Yuli Rachmawati, guru pembina lingkungan hidup SMPN 20, nampak semangat memunguti sampah saset itu. 

Kondisi pantai yang becek dan berlumpur pasca hujan semalam menjadi tantangan bagi seluruh peserta aksi bersih-bersih ini. Para peserta aksi ini umumnya berinteraksi dengan keluarganya. 

Ikut serta pada aksi ini adalah Eco Headmaster (Elementary) of the Year 2020 Ika Suci Rahayu, Eco Teacher (Elementary) of the Year 2020 Arif Dwi Susanto, Eco Student (Elementary) of the Year 2020 Sarlita Zahra, dan Eco Student (Junior) of the Year 2020 Tristan Kesyandria Ali Pasha. 

Penggunaan masker dan jaga jarak fisik antar peserta bersih-bersih menjadi keharusan

Juga hadir para keluarga penerima penghargaan Keluarga Sadar Iklim Terbaik 2020. Ada keluarga Ahmad Arkaan Taamir, Afrina Karimah Nur Aisyah, Areya Kesyandria Ali Yasha, Raillaldo Bima Heksa Putra, dan Faizah Hanun. 

Sekolah Surabaya yang ikut serta aksi bersih-bersih kelima belas ini adalah SDN Rungkut Menanggal I, SDN Nginden Jangkungan I, SMPN 12, SMPN 19, SDN Klampis Ngasem III, SMPN 41, SMPN 6, SDN Tanah Kalikedinding I, SMPN 42, SDN Pakis III, SMPN 20, SDI Al Azhar 11 dan SDN Perak Utara I.

Lina Rachmawati, guru pembina lingkungan hidup SDN Nginden Jangkungan I Surabaya, berharap aksi bersih-bersih ini bisa menginspirasi masyarakat sekitar bahwa pantai harus dijaga kebersihannya. 

“Ini adalah aksi nyata untuk mengajak masyarakat di mana pun agar peduli dengan kebersihan sekitar. Bahwa pantai juga harus dijaga kebersihannya,” ujar Lina Rachmawati, guru SDN Nginden Jangkungan I.

Penulis: Mochamad Zamroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *