Serunya Pangeran Puteri Lingkungan Joy Flight Bersama Puspenerbal

24 orang pangeran dan puteri lingkungan hidup bersama aktivis Tunas Hijau mengikuti joyflight bersama Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal), Selasa (19/1/2021). Penerbangan khusus ini merupakan apresiasi dari Puspenerbal atas aksi nyata dan proyek lingkungan berkelanjutan yang terus mereka lakukan selama pandemi Covid-19 .

Sebelum terbang, pagi harinya, paguyuban pangeran dan puteri lingkungan hidup beserta guru pendamping dan orang tua yang menyertai mendapatkan pembekalan mengenai wawasan kebangsaan dan penerbangan TNI Angkatan Laut. 

Komandan Skuadron 400 Wing Udara 2 Puspenerbal Mayor Laut (P) Oscar Johanes Novi dan Pasuslambangja Wing Udara 2 Puspenerbal Mayor Laut (P) Handra Mildiawan menjadi pembicara pada pembekalan yang dilaksanakan di Rumah Pintar Cendekia Juanda.

Menurut Oscar, joyflight pangeran dan puteri lingkungan hidup bersama pesawat militer Puspenerbal ini tidak diberikan kepada orang biasa.

“Terbang bersama pesawat militer Puspenerbal ini hanya diberikan kepada orang-orang khusus. Biasanya pejabat negara dan orang-orang berprestasi seperti kalian,” kata Mayor Laut (P) Oscar Johanes Novi yang disambut tepuk tangan meriah semua yang hadir.

Oscar menjelaskan bahwa Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut memiliki markas komando di Juanda ini. “Dalam melaksanakan operasinya, pesawat-pesawat militer Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut selalu bekerja sama dengan kapal perang yang beroperasi,” kata Oscar Johanes Novi.

Ajakan untuk bergabung menjadi penerbang TNI Angkatan Laut juga disampaikan oleh Oscar dan Handra. “Saya berpesan kepada adik-adik untuk terus belajar, belajar, belajar dan mengembangkan bakat. Bergabunglah menjadi penerbang TNI Angkatan Laut,” ucap Pasuslambangja Wing Udara 2 Puspenerbal Mayor Laut (P) Handra Mildiawan.

Selesai pembekalan, rombongan Tunas Hijau itu berangkat dengan bus TNI AL menuju Skuadron 800 Wing Udara 2, tempat dimana lepas landas pesawat. Penerbangan menggunakan pesawat militer CN 235 ini dilakukan oleh pilot Kapten Wisnu Akbar. Co-pilotnya ialah Lettu Ahmad Seto M. 

Penerbangan yang dilakukan selama 60 menit ini mengambil rute penerbangan di atas Pulau Madura. “Asyik terbang rendah. Jadi nampak lebih jelas segala yang ada di permukaan,” ujar Dimas Dzaky, runner up pangeran lingkungan hidp 2020 SMP.

Selama penerbangan, rombongan Tunas Hijau mendapatkan banyak penjelasan dari penerbang Puspenerbal Letda Nita. Tanya jawab selama di pesawat ini tidak hanya seputar operasi penerbangan TNI Angkatan Laut. Termasuk juga tempat-tempat yang dilalui di bawahnya.

Beragam respon positif disampaikan terkait pelaksanaan joy flight bersama Puspenerbal ini. “Keren banget. Apresiasi yg luar biasa. Membuat yang lain termotivasi,” kata Kepala SDN Rungkut Menanggal I Surabaya Ika Suci Rahayu.

Kepala SMPN 40 Surabaya Eko Widayani juga menyampaikan pujiannya. “Apresiasi yang tak ternilai dengan nilai nominal. Luar biasa. Congratulation buat adik-adik yang sudah berkarya dan berinovasi. Keren, hebat, cerdas, berkarakter, dan sukses mulia. Aamiin,” ujar Eko Widayani.

Kepala SDN Wonorejo VI Surabaya Umniyati juga menyampaikan kegirangannya karena salah satu siswanya, Denayu Sekar, ikut terbang. “Alhamdulillah acaranya lancar. Denayu Sekar bisa naik pesawat,” ujar Umniyati.

Penulis: Mochamad Zamroni

Satu tanggapan untuk “Serunya Pangeran Puteri Lingkungan Joy Flight Bersama Puspenerbal

  • Maret 6, 2021 pada 19:11
    Permalink

    Wow seru sekali bisa naik pesawat.
    Bismillahirohmanirohim… Mohon dukungan dan doa dari kedua orang tua serta adik-adikku, Bapak Kepala Sekolah, Bu Sri Warsiniati sebagai guru pendamping serta Bapak dan Ibu Guru SDN Jemurwonosari I agar bisa lolos menjadi juara Pangeran Tunas Hijau 2021 sehingga bisa naik pesawat militer.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *