Serunya Pangeran Puteri Lingkungan Joy Flight Bersama Puspenerbal

24 orang pangeran dan puteri lingkungan hidup bersama aktivis Tunas Hijau mengikuti joyflight bersama Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal), Selasa (19/1/2021). Penerbangan khusus ini merupakan apresiasi dari Puspenerbal atas aksi nyata dan proyek lingkungan berkelanjutan yang terus mereka lakukan selama pandemi Covid-19 .

Sebelum terbang, pagi harinya, paguyuban pangeran dan puteri lingkungan hidup beserta guru pendamping dan orang tua yang menyertai mendapatkan pembekalan mengenai wawasan kebangsaan dan penerbangan TNI Angkatan Laut. 

Komandan Skuadron 400 Wing Udara 2 Puspenerbal Mayor Laut (P) Oscar Johanes Novi dan Pasuslambangja Wing Udara 2 Puspenerbal Mayor Laut (P) Handra Mildiawan menjadi pembicara pada pembekalan yang dilaksanakan di Rumah Pintar Cendekia Juanda.

Menurut Oscar, joyflight pangeran dan puteri lingkungan hidup bersama pesawat militer Puspenerbal ini tidak diberikan kepada orang biasa.

“Terbang bersama pesawat militer Puspenerbal ini hanya diberikan kepada orang-orang khusus. Biasanya pejabat negara dan orang-orang berprestasi seperti kalian,” kata Mayor Laut (P) Oscar Johanes Novi yang disambut tepuk tangan meriah semua yang hadir.

Oscar menjelaskan bahwa Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut memiliki markas komando di Juanda ini. “Dalam melaksanakan operasinya, pesawat-pesawat militer Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut selalu bekerja sama dengan kapal perang yang beroperasi,” kata Oscar Johanes Novi.

Ajakan untuk bergabung menjadi penerbang TNI Angkatan Laut juga disampaikan oleh Oscar dan Handra. “Saya berpesan kepada adik-adik untuk terus belajar, belajar, belajar dan mengembangkan bakat. Bergabunglah menjadi penerbang TNI Angkatan Laut,” ucap Pasuslambangja Wing Udara 2 Puspenerbal Mayor Laut (P) Handra Mildiawan.

Selesai pembekalan, rombongan Tunas Hijau itu berangkat dengan bus TNI AL menuju Skuadron 800 Wing Udara 2, tempat dimana lepas landas pesawat. Penerbangan menggunakan pesawat militer CN 235 ini dilakukan oleh pilot Kapten Wisnu Akbar. Co-pilotnya ialah Lettu Ahmad Seto M. 

Penerbangan yang dilakukan selama 60 menit ini mengambil rute penerbangan di atas Pulau Madura. “Asyik terbang rendah. Jadi nampak lebih jelas segala yang ada di permukaan,” ujar Dimas Dzaky, runner up pangeran lingkungan hidp 2020 SMP.

Selama penerbangan, rombongan Tunas Hijau mendapatkan banyak penjelasan dari penerbang Puspenerbal Letda Nita. Tanya jawab selama di pesawat ini tidak hanya seputar operasi penerbangan TNI Angkatan Laut. Termasuk juga tempat-tempat yang dilalui di bawahnya.

Beragam respon positif disampaikan terkait pelaksanaan joy flight bersama Puspenerbal ini. “Keren banget. Apresiasi yg luar biasa. Membuat yang lain termotivasi,” kata Kepala SDN Rungkut Menanggal I Surabaya Ika Suci Rahayu.

Kepala SMPN 40 Surabaya Eko Widayani juga menyampaikan pujiannya. “Apresiasi yang tak ternilai dengan nilai nominal. Luar biasa. Congratulation buat adik-adik yang sudah berkarya dan berinovasi. Keren, hebat, cerdas, berkarakter, dan sukses mulia. Aamiin,” ujar Eko Widayani.

Kepala SDN Wonorejo VI Surabaya Umniyati juga menyampaikan kegirangannya karena salah satu siswanya, Denayu Sekar, ikut terbang. “Alhamdulillah acaranya lancar. Denayu Sekar bisa naik pesawat,” ujar Umniyati.

Penulis: Mochamad Zamroni

10 thoughts on “Serunya Pangeran Puteri Lingkungan Joy Flight Bersama Puspenerbal

  • Maret 6, 2021 pada 19:11
    Permalink

    Wow seru sekali bisa naik pesawat.
    Bismillahirohmanirohim… Mohon dukungan dan doa dari kedua orang tua serta adik-adikku, Bapak Kepala Sekolah, Bu Sri Warsiniati sebagai guru pendamping serta Bapak dan Ibu Guru SDN Jemurwonosari I agar bisa lolos menjadi juara Pangeran Tunas Hijau 2021 sehingga bisa naik pesawat militer.

    Balas
    • Maret 9, 2021 pada 10:39
      Permalink

      Halo saya Bunga maya safitri dari SMPN 11 SURABAYA tetap semangat kakak pembina pangput untuk melestarikan lingkungan kita??

      Balas
  • Maret 28, 2021 pada 14:42
    Permalink

    Nama : Shania Ismono Hayu
    Sekolah : SMP Negeri 51 Surabaya
    No peserta : 234
    Proyek : DEBOLANG
    seru banget ya joy flight bersama puspenerbal,semoga peserta pangput LH tahun 2021 juga bisa merasakannya. Apresiasi dari tunas hijau benar-benar luar biasa.

    Balas
    • April 1, 2021 pada 19:37
      Permalink

      Nama : Nabila Dayyana Faliha
      No Peserta. :072
      Judul. :Budidaya Tanaman Pandan
      SDN BUBUTAN 4 SURABAYA

      Semoga Tunas Hijau makin Jaya
      Salam Bumi Pasti Lestari
      Salam Zero Waste

      Balas
  • Maret 30, 2021 pada 17:59
    Permalink

    Nama = Rahma tri atmawati
    Sekolah = SMP negeri 22 surabaya
    No peserta = 110
    Proyek = Budidaya tanaman toga

    Wahh hebatt? semoga peserta pangput lainnya dapat merasakannya juga. Semangatt?

    Balas
  • Maret 31, 2021 pada 15:42
    Permalink

    Nama : Dini Calista Ivana
    Nomor Peserta : 140
    Asal sekolah : SDN Gununganyar Tambak 628
    Judul Proyek : Boneka Horta dari Limbah Gergaji Kayu Sebagai Media Tanam Rumput Gandum
    Joyflight bersama Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal), luar biasa. Pengen banget ikut kapan ya bisa ikut

    Balas
    • April 2, 2021 pada 08:35
      Permalink

      Raillaldo Bima Heksa Putra
      SMPN 19 SURABAYA
      Nomor 021
      Proyek calembor

      Balas
  • April 2, 2021 pada 16:59
    Permalink

    Nama: Lintang Larasati
    Nomor Peserta: 118
    Sekolah: SDN GADING 7
    Judul Proyek: JIBAKO ? [JINTAN BERMANFAAT OBAT]

    Keren.. semoga peserta pangeran dan putri lingkungan hidup tahun 2021 juga bisa merasakan kegiatan ini.
    Salam JIBAKO ?

    Balas
  • April 7, 2021 pada 14:27
    Permalink

    Calista Putri Mardiana
    SMPN6/258
    Proyek JUSTIK
    Wah seru sekali?

    Balas
  • April 21, 2021 pada 09:45
    Permalink

    Seru dan membanggakan untuk hasil kerja keras sebagai pejuang lingkungan hidup. Go Green, Stay Green!

    Soraya Azzahra Wisanggeni
    No. Peserta 250
    SDN Margorejo I/403

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *