Ika Suci Rahayu, Eco Headmaster (Elementary) of the Year 2020

SDN Rungkut Menanggal I Surabaya telah terbangun dari tidur panjangnya dalam pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Lebih dari 8 tahun pengelolaan lingkungan hidup di sekolah ini vakum. 

Terakhir, tahun 2012, sekolah yang berlokasi di Jalan Rungkut Barata IX Nomor 3 ini menjuarai Lomba Wirausaha Lingkungan Hidup Ecopreneur 2012. Sekolah ini juga menjadi sekolah terbaik pada Surabaya Eco School 2012.

Ialah Ika Suci Rahayu, kepala sekolah perempuan yang berhasil mengaktifkan kembali pengelolaan lingkungan hidup di SDN Rungkut Menanggal I. Di bawah kepemimpinannya, SDN Rungkut Menanggal I aktif dalam mengelola lingkungan hidup setiap harinya.

“Saya menjadi pelaksana tugas kepala SDN Rungkut Menanggal I pada 1 Juli 2019. Utamanya, saat itu, saya kepala di SDN Medokan Ayu I,” kata Ika Suci Rahayu. Di bawah kepemimpinan Ika, meskipun hanya sebagai pelaksana tugas kepala sekolah, pengelolaan lingkungan hidup di SDN Rungkut Menanggal I langsung tancap gas.

Ika Suci (mengenakan sepatu kuning) bersama peserta Bersih-Bersih Pesisir Tambak Wedi

Menjadi satu tim bersama Arif Dwi Susanto, guru pembina lingkungan hidup SDN Rungkut Menanggal I, Ika mendapatkan keuntungan yang luar biasa. “Saya menjadi semakin cinta dengan pengelolaan lingkungan hidup setelah sharing bersama Pak Arif,” ujar kepala sekolah kelahiran 14 April ini.

Beragam prestasi lingkungan hidup pun banyak diraih kembali oleh SDN Rungkut Menanggal I dengan Ika Suci Rahayu sebagai pelaksana tugas kepala sekolahnya. “Tahun 2019 itu kami meraih penghargaan honorable Lomba Hidroponik SD 2019, juara 2 Lomba Ecopreneur 2019, Sekolah Zero Waste 2019 dan juara 2 Surabaya Eco School 2019,” terang Ika Suci Rahayu. 

Masih dengan Ika sebagai pelaksana tugas kepala sekolah, SDN Rungkut Menanggal I berhasil meraih penghargaan kategori “Sekolah Dengan Keluarga Terbanyak Ikut Serta” pada Family Tree Planting 2020. Tanam pohon bersama keluarga-keluarga itu dilaksanakan di Wonorejo, Rungkut, Surabaya pada 16 Februari 2020.

Ika Suci definitif menjadi kepala SDN Rungkut Menanggal I sejak 10 Juli 2020. Semua guru dan karyawan SDN Rungkut Menanggal I Surabaya pun digerakkan lebih aktif terlibat mengelola lingkungan hidup di sekolah.

Ika Suci saat panen raya kompos bersama guru dan karyawan SDN Rungkut Menanggal I

Alhasil, tidak ada spot kumuh dan tidak terawat di SDN Rungkut Menanggal I. Semua jendela nampak bening dan tanpa debu. “Karyawan kebersihan kami aktif memastikan kebersihan dan keasrian sekolah setiap harinya, sepanjang hari,” ujar peraih penghargaan Eco Headmaster (Elementary) of the Year 2020 ini. Tidak ada alasan bagi karyawannya untuk bermalas-malasan selama pandemi yang tanpa pembelajaran di sekolah. 

Di tangannya, mesin pencacah sampah daun yang lebih 8 tahun rusak menjadi sangat produktif. “Tidak hanya mesin pencacah yang aktif digunakan, SDN Rungkut Menanggal I juga jadi punya rumah kompos,” terang sosok yang mengawali karir sebagai kepala sekolah di SDN Sidotopo Wetan V ini.

Dalam dua bulan pengoperasian rumah kompos, Oktober – November 2020, sekolah ini berhasil mengolah lebih dari 2 ton sampah organik. “Pada 20 November 2020, rumah kompos kami panen raya. Lebih dari 1 ton kompos kami panen,” jelas Ika. Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Supomo ikut serta panen raya kompos itu.

Di rumah komposnya, sampah dedaunan terlebih dahulu diolah dengan mesin pencacah. “Setelah itu, sampah dedaunan kami masukkan ke dalam semua media pengomposan yang ada di sekolah,” tambah Ika Suci Rahayu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya menghadiri panen raya kompos di SDN Rungkut Menanggal I

Media pengomposan yang dimaksud Ika adalah bak kompos, tong aerob, keranjang takakura dan lubang resapan biopori. “Kami membuat 110 lubang resapan biopori selama pelaksanaan Surabaya Eco School 2020 pada Oktober – Desember 2020,” lanjut Ika Suci Rahayu.

Kerennya, prioritas pembuatan lubang resapan biopori di sekolah ini adalah di saluran air hujan atau parit sekolah. Bukan selokan. “Kami berusaha memastikan bahwa sekolah kami tidak banjir juga meresapkan banyak air hujan ke dalam tanah melalui lubang biopori itu,” kata Ika, yang kini juga pelaksana tugas kepala SDN Nginden Jangkungan I ini

Terkait biopori, Ika mengajak sekolah yang lainnya untuk berlomba-lomba meresapkan air hujan ke dalam tanah melalui lubang resapan biopori. “Jangan bangga kalau sekolah tidak banjir tapi hanya memindahkan air hujan ke sekitarnya. Banggalah bila sekolah mampu meresapkan banyak air hujan dalam tanah,” tutur kepala sekolah terbaik Lomba Hidroponik 2019 SD ini.

Mantan guru SDN Wonorejo 274 ini termasuk kepala sekolah yang paling aktif dalam aksi membersihkan pantai sekitar Jembatan Suramadu, Kelurahan Tambak Wedi, selama pandemi. 

Gerakan pengumpulan jelantah di sekolah selama pandemi di SDN Rungkut Menanggal I

Dari 18 aksi yang sudah dilaksanakan setiap Minggu pagi sejak Oktober 2020, Ika tercatat sudah 12 kali mengikutinya. Dia juga selalu melibatkan aktif guru-guru SDN Rungkut Menanggal I dan SDN Nginden Jangkungan I ini.

Pada setiap aksi bersih-bersih pantai, dia juga selalu totalitas. Kubangan lumpur pantai yang menghiasi pantai tidak membuatnya surut semangat. Kawasan pesisir yang semula penuh dengan sampah kini nampak indah.

Penulis: Mochamad Zamroni

26 tanggapan untuk “Ika Suci Rahayu, Eco Headmaster (Elementary) of the Year 2020

  • Februari 2, 2021 pada 23:41
    Permalink

    Semoga menjadi teladan bagi sekolah-sekolah lain, sehingga semua sekolah terlihat rindang, asri dan indah. Aamiin

    Balas
  • Februari 3, 2021 pada 08:29
    Permalink

    semoga dapat menjadi contoh sekolah sekolah lain

    Balas
    • April 1, 2021 pada 19:37
      Permalink

      Nama : Nabila Dayyana Faliha
      No Peserta. :072
      Judul. :Budidaya Tanaman Pandan
      SDN BUBUTAN 4 SURABAYA

      Semoga Tunas Hijau makin Jaya
      Salam Bumi Pasti Lestari
      Salam Zero Waste

      Balas
  • Maret 6, 2021 pada 13:21
    Permalink

    Sehat selalu ibu,semoga bisa menjadi panutan untuk sekolah-sekolah lainnya

    Balas
  • Maret 8, 2021 pada 06:43
    Permalink

    selamat bu Ika atas penghargaan yang diraih. semangat ibu dalam melestarikan lingkungan akan dapat menjadi panutan buat saya

    Balas
  • Maret 8, 2021 pada 11:25
    Permalink

    Semangat terus dan jangan mudah menyerah demi lingkungan hidup, salam bumi pasti lestari

    Balas
  • Maret 10, 2021 pada 17:25
    Permalink

    Nama :M Rasyaa Nizam.DAJ
    Asal : SDN Rungkut Menanggal 1 Surabaya
    Nomor Urut :231
    Selamat Ibu …memang pantas jadi pemenang ..😍😍sosok ibu kepala sekolah yang selalu suport anak2 didiknya ..😍

    Balas
  • Maret 10, 2021 pada 20:56
    Permalink

    Nama Rasyid al asyam
    dn rungkut menanggal 1
    No peserta 233
    Selamat bu ika… Sebagai murid di sdn rungkut menanggal 1 saya bangga memiliki kepala sekolah seperti bu ika yang selalu mensuport anak didiknya

    Balas
  • Maret 11, 2021 pada 21:00
    Permalink

    Nana : Dini Calista Ivana
    Sekolah : SDN Gununganyar Tambak 628
    Nomor Peserta : 140
    Bu Ika hebat luar biasa… Selalu memotivasi siapa saja untuk melakukan kepedulian lingkungan.

    Balas
    • April 1, 2021 pada 08:08
      Permalink

      Nama : Kenzie akbar putra irawan
      No peserta : 247
      Proyek ECOBRICK meja kursi

      Bangga sekali dengan beliau ibu Ika Suci Rahayu mantan kepala sekolahku SDN Sidotopo Wetan V, beliau selalu giat untuk menjaga lingkungan sekitar sekolah, semoga beliau selalu diberikan kesehatan,selalu semangat, dan menjadi inspirasi kami.

      Balas
  • Maret 27, 2021 pada 21:32
    Permalink

    Nama : REYGA ILHAM QOLBI KURNIA
    Asal Sekolah : SMPN 18 Surabaya
    No. Peserta : 019
    Proyek :PMK (pandan membawa keuntungan)

    luar biasa Semangat

    Balas
  • Maret 31, 2021 pada 00:02
    Permalink

    Nama = Rahma tri atmawati
    Sekolah = SMP negeri 22 surabaya
    No peserta = 110
    Proyek = Budidaya tanaman toga

    Hebatt👏 sangat menginspirasi

    Balas
  • April 1, 2021 pada 08:08
    Permalink

    Nama : Kenzie akbar putra irawan
    No peserta : 247
    Proyek ECOBRICK meja kursi

    Bangga sekali dengan beliau ibu Ika Suci Rahayu mantan kepala sekolahku SDN Sidotopo Wetan V, beliau selalu giat untuk menjaga lingkungan sekitar sekolah, semoga beliau selalu diberikan kesehatan,selalu semangat, dan menjadi inspirasi kami.

    Balas
  • April 1, 2021 pada 14:19
    Permalink

    JOCELLYN ZIVA ALZENA
    412
    SDN SIDOTOPO WETAN V SURABAYA
    BUDIDAYA TANAMAN KUNYIT

    Selamat buat ibu ika suci rahayu beliau sosok yang mengispirasi rasa bangga pernah menjadi sosok kepada sekolah bagi SDN SIDOTOPO wetan v tetap semangat bu kami akan melanjutkan perjuangan ibu.

    Balas
  • April 1, 2021 pada 15:51
    Permalink

    Galang mandala saputra dari sdn nginden jangkungan 1
    Nomer peserta 159
    Pot limpokkas- limbah popok bekas-

    Kereeennn… Sangat memotivasi kami yang masih anak2 untuk belajar peduli pada lingkungan 👍🌈

    Balas
    • April 3, 2021 pada 15:03
      Permalink

      Nama : Aurellia Putri A
      No Peserta : 256
      Asal Sekolah : SMPN 6 SURABAYA
      Judul Proyek : Budidaya Tanaman Selasih dan Manfaatnya

      Semoga Kepala Sekolah saya juga bisa seperti ibu Ika Suci Rahayu mendapat kan gelar Eco Headmaster (Elementary) of the Year

      Aminn

      Salam Bumi Pasti Lestari

      Wassalamualaikum WR. WB

      Balas
  • April 1, 2021 pada 21:15
    Permalink

    NAMA : REVINA JASMINE ANGELINA IRAWAN
    NO. PESERTA : 246
    SEKOLAH : SDN MARGOREJO 1/403 SURABAYA
    PROYEK : RECYCLE BOTOL PLASTIK BEKAS
    SANGAT MENGINSPIRASI REVINA BU IKA SUCI RAHAYU UNTUK BELAJAR PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN. COCOK UNTUK DIJADIKAN TELADAN BAGI KITA.
    SEMANGAT TERUS BU IKA SUCI RAHAYU 💪🏻💪🏻💪🏻

    SALAM BUMI PASTI LESTARI 🌎🌱
    SALAM ZERO WASTE 👌🏻

    Balas
  • April 2, 2021 pada 08:31
    Permalink

    Raillaldo Bima Heksa Putra
    Nomor 021
    SMPN 19 SURABAYA
    Proyek calembor
    Hebat Bu Ika

    Balas
  • April 3, 2021 pada 11:19
    Permalink

    Nama : Keysha Revalina Putri
    No peserta : 300
    Asal sekolah : SDN Pacarkeling V SURABAYA
    Judul Proyek : mengolah sampah dan budidaya tanaman

    Semoga dapat menjadi contoh dan sumber inspirasi bagi kepala sekolah, guru , dan teman-teman semua. Selalu semangat buat semuanya 👍

    Balas
  • April 3, 2021 pada 15:02
    Permalink

    Nama : Aurellia Putri A
    No Peserta : 256
    Asal Sekolah : SMPN 6 SURABAYA
    Judul Proyek : Budidaya Tanaman Selasih dan Manfaatnya

    Semoga Kepala Sekolah saya juga bisa seperti ibu Ika Suci Rahayu mendapat kan gelar Eco Headmaster (Elementary) of the Year

    Aminn

    Salam Bumi Pasti Lestari

    Wassalamualaikum WR. WB

    Balas
  • April 4, 2021 pada 09:41
    Permalink

    Semangat terus yaaaa

    Daiva
    No.urut 002
    SD Al Hikmah Surabaya
    Barang bekas jadi berkelas

    Balas
  • April 5, 2021 pada 16:10
    Permalink

    Luar biasa bu Eka. Semoga bisa mnginspirasi kami semua

    Nama Earl Elliora Sahasika Urdha
    SDN. Tegalsari 1 / 321 Surabaya
    Proyek Daur Ulang Sampah Botol dan Gelas Plastik
    No. Peserta 440

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *