Bunga Telang, Oh Bunga Telang

Proyek lingkungan hidup budidaya tanaman bunga telang menjadi primadona bagi peserta Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2021 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau. Ada lebih dari 25 peserta yang mengangkat tanaman ini sebagai proyek lingkungannya.

Bunga telang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mengandung banyak manfaat. Biasanya, bunga telang dipakai untuk memperindah tampilan hidangan, tapi tak sedikit pula yang mengolahnya menjadi teh. 

Mengutip dari Majestic Herbs (majesticherbs.com), bunga telang mengandung banyak antioksidan, peptida, dan flavonoid. Setelah dilakukan penelitian pada binatang percobaan, kandungan-kandungan tersebut mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan tubuh. 

Bunga telang juga sudah banyak digunakan di produk-produk perawatan kulit dan rambut. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan salah satu flavonoid yang bernama quercetin. Berikut ini manfaat bunga telang bagi kesehatan. 

Mengatasi Penyakit Mata

Seiring berjalannya usia dan faktor lainnya, gangguan pada mata kerap terjadi. Mulai dari kelelahan mata, penglihatan yang mengabur, glaukoma, kerusakan retina, dan lainnya. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi bunga telang. 

Jenis tumbuhan itu mengandung banyak antioksidan, salah satunya adalah proantosianidin. Proantisionidin berfungsi untuk meningkatkan aliran darah menuju kapiler mata sehingga kesehatan penglihatan bisa terjaga. 

Mengurangi Tanda Penuaan

Tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan keriput, bisa muncul karena banyak hal. Mulai dari usia, polusi, radikal bebas, dan lain-lain. Meski tak berbahaya, tapi tanda-tanda penuaan bisa mengganggu penampilan. 

Sebaiknya, gunakan bunga telang untuk menghindari masalah tersebut. Antioksidan dalam bunga telang berguna untuk meningkatkan jumlah kolagen dan sistesis elastin. Hal tersebut berguna untuk peremajaan kulit dan mengurangi tanda penuaan yang muncul. 

Mengatasi Rambut Rontok dan Uban

Di antara manfaat lain bunga telang adalah mengatasi rambut beruban. Ada banyak masalah rambut yang bisa dialami oleh seseorang. Misalnya, rambut rontok dan uban. Tidak perlu khawatir jika mengalami masalah tersebut karena bisa diatasi dengan bioflavonoid yang ada dalam bunga telang. 

Mengandung Antiasmatik

Manfaat bunga telang selanjutnya adalah bisa dipakai untuk mengatasi beberapa masalah pernapasan, seperti batuk, pilek, dan asma. Kemampuan tersebut berasal dari kandungan antiasmatik yang berperan sebagai antiekspektoran dan mengurangi iritasi di organ pernapasan. 

Cegah Diabetes

Diabetes Mellitus (DM) merupakan gangguan metabolik yang ditandai oleh terjadinya hiperglikemia (gula darah tinggi), dislipidemia (gangguan metabolism lipoprotein), dan metabolism protein abnormal akibat terganggunya sekresi atau kerja insulin. Manfaat bung telang yang kedua adalah membantu mencegah diabetes.

Prosedur yang paling umum untuk menguji potensi antidiabetes suatu bahan adalah dengan mengukur efek hipoglikemia atau antihiperglikimia (menurunkan gula darah) bahan tersebut pada hewan percobaan, biasanya adalah tikus yang dibuat mengalami diabetes dengan cara diinduksi alloxan.

Efek hipoglikemia ekstrak bunga telang telah dibuktikan melalui beberapa penelitian. Pemberian ekstrak air bunga telang secara oral (400 mg/kg berat badan) kepada tikus percobaan menurunkan glukosa serum dan glikosilasi hemoglobin, serta meningkatkan insulin serum, glikogen otot hati dan tulang. 

Aktivitas antihiperglikemia ekstrak bunga telang telah pula diamati pada 15 pria sehat berusia rata-rata 22,53 tahun dengan indeks massa tubuh rata-rata 21,57 kg/m2 yang diberi diet minuman yang mengandung 50 g sukrosa. Setelah 30 menit konsumsi, subjek yang minum minuman mengandung sukrosa bersama dengan ekstrak bunga telang memiliki kadar glukosa plasma dan insulin postprandial yang lebih rendah. 

Aktivitas antidiabetes suatu komponen aktif dapat pula melalui penghambatan pembentukan produk akhir glikasi lanjut (advanced glycation end products – AGEs). Ekstrak bunga telang pada konsentrasi 0,25-1,00 mg/ml dilaporkan secara signifikan menghambat pembentukan AGE, serta mengurangi kadar fruktosamin dan oksidasi protein.

Cegah Obesitas

Manfaat bunga telang yang ketiga adalah untuk membantu mencegah obesitas. Obesitas terkait dengan pembentukan jaringan lemak. Oleh karena itu potensi suatu bahan aktif sebagai anti obesitas seringkali dipelajari melalui kemampuannya menghambat adipogenesis (pembentukan jaringan lemak).

Dalam rangkaian kajian terhadap aktivitas ekstrak bunga telang melawan diabetes pada tikus percobaan, peran bunga telang untuk menurunkan trigliserida dan total kolesterol darah dan meningkatkan kadar kolesterol-HDL telah pula dibuktikan.

Anti Kanker

Manfaat bunga telang yang keempat adalah memiliki sifat anti kanker. Sekurang-kurangnya terdapat empat mekanisme dari suatu komponen zat aktif untuk melawan kanker: aktivitas antiproliferasi (mencegah atau memperlambat penyebaran sel kanker, penghambatan angiogenesis (pembentukan pembuluh darah baru), induksi apoptosis (sel kanker melakukan bunuh diri), pencegahan metastasis.

Aktivitas anti-proliferasi ekstrak bunga telang terhadap enam jenis lini sel kanker telah diamati oleh Neda et al. (2013) dalam International Food Research Journal. Dalam penelitian ini, dilaporkan bahwa ekstrak air bunga telang potensial menghambat lini sel kanker payudara MCF-7 dan tidak efektif menghambat lini sel kanker payudara MDA-MB231, lini sel kanker ovarium, lini sel kanker serviks, lini sel kanker hati dan lini sel kanker kelamin pria.

Angiogenesis adalah pembentukan pembuluh darah baru yang dilakukan oleh sel kanker untuk memperlancar pasokan makanan bagi pertumbuhan sel kanker. Angiogenesis juga memainkan peran penting dalam transisi tumor dari keadaan tak aktif ke stadium ganas. Ekstrak metanol bunga telang dilaporkan memiliki aktivitas menekan angiogenesis.

Anti Inflamasi dan Analgesik

Manfaat bunga telang yang lain adalah memiliki sifat anti inflamasi dan analgesik. Inflamasi atau peradangan adalah upaya perlindungan tubuh yang bertujuan untuk menghilangkan rangsangan berbahaya, termasuk sel-sel yang rusak, iritasi, atau patogen dan memulai proses penyembuhan.

Antiinflamasi adalah karakteristik yang dimiliki oleh suatu zat atau komponen untuk mengurangi peradangan atau peradangan. Bahan antiinflamasi memiliki kemampuan analgesik yang memengaruhi sistem saraf untuk menghambat sinyal nyeri ke otak. Efek antiinflamasi dan analgesik ekstrak petroleum eter bunga telang (masing-masing dengan kadar 200 mg/kg berat badan dan 400 mg/kg berat badan) pada tikus percobaan dilaporkan oleh Shyam kumar & Ishwar (2012) dalam International Research Journal of Pharmacy.

Aktivitas inflamasi dari ekstrak etanol bunga telang menunjukkan bahwa kinerja ekstrak bunga telang setara dengan kinerja aspirin. Efek antiinflamasi ekstrak bunga telang pada peradangan yang diinduksi oleh lipopolisakarida menunjukkan potensi bunga telang sebagai bahan nutrasetikal untuk perlindungan terhadap penyakit peradangan kronis dengan menekan produksi mediator pro-inflamasi yang berlebihan dari sel makrofag.

Antimikroorganisme

Bunga telang yang diekstraksi menggunakan berbagai pelarut menunjukkan rentang aktivitas antimikroorganisme yang luas meliputi bakteri gram positif, bakteri gram negatif maupun fungi. 

Di antara aktivitas yang perlu digarisbawahi adalah ekstrak bunga telang menghambat pertumbuhan tiga bakteri patogen yang paling banyak ditemukan pada permukaan tanah, yaitu Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus and Escherichia coli. Dan ini adalah manfaat bunga telang yang selanjutnya.

Cegah Kerusakan Hati

Manfaat bunga telang untuk mencegah kerusakan hati (efek hepatoprotektif) dilaporkan oleh Nithianantham, et al. (2013) dalam Asian Pacific Journal of Tropical Disease. Pada penelitian mereka ekstrak bunga telang diberikan kepada tikus percobaan yang mengalami kerusakan hati. Hasil percobaan menunjukkan bahwa tikus yang diberi ekstrak bunga telang (200 mg/kg) mengalami penurunan kadar keempat senyawa indikator kerusakan hati.

Namun, hati yang rusak tentunya tidak bisa dicegah bila disebabkan oleh cinta yang tidak tersampaikan. Tidak juga oleh hati yang rusak karena cinta yang bertepuk sebelah tangan. Atau juga hati yang rusak karena orang yang cintai ternyata menikah dengan orang lain.

Menikmati khasiat bunga telang dalam bentuk teh menjadi cara yang paling mudah untuk dilakukan. Caranya cukup mudah. Pertama, rebus lima hingga 10 bunga telang hingga warna di kelopaknya memudar. Merebusnya bisa bersama serai untuk meningkatkan cita rasa. 

Setelah itu, saring air yang sudah mendidih dan minum air rebusan bunga telang. Supaya rasanya lebih lezat. Penambahan beberapa tetes air lemon juga bisa dilakukan.

Penulis: Mochamad Zamroni dari beberapa sumber

60 tanggapan untuk “Bunga Telang, Oh Bunga Telang

  • Maret 25, 2021 pada 09:00
    Permalink

    In the name of Allah
    Assalamualaikum, sobat hijau, memang multi fungsi bunga telang ini, tak sekedar pewarna alami, ternyata
    Masitha Najma Asy Syifa
    No Peserta : 128
    SMPN 26 SURABAYA
    JUDUL PROYEK : BUDIDAYA SRIKAYA

    Balas
    • Maret 29, 2021 pada 11:20
      Permalink

      Nama : Ihsan Rasyad Adinata
      No peserta : 131
      Asal sekolah : SDN Margorejo 1 sby
      Judul proyek : si cantik bunga telang

      Yes, memang banyak sekali manfaat bunga telang, selain mempunyai warna yang cantik, bunga telang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, itulah mengapa saya mengambil proyek budidaya telang.

      Balas
      • April 14, 2021 pada 09:20
        Permalink

        Baru membaca dengan jelas ternyata manfaat bunga telang memang banyak sekali. Thanks yg udah mengangkat proyek ini. Jadi tambah banyak ilmu… 🙏
        Cantika azka Rana Ramadhani
        No. 238
        Sdn Margorejo 1 surabaya
        Judul proyek : Larutan sapu jagad eco enzyme

        Balas
        • Mei 26, 2021 pada 11:02
          Permalink

          Bunga biru yang kaya manfaat sudah memikat hari kampung2 disurabaya… Saya akan terus membibit dan membagikannya…Mahesa Fitrah Ramadhan/091/SDN KALIASIN I SURABAYA/Budidaya Bunga Telang

          Balas
          • Juni 11, 2021 pada 08:40
            Permalink

            Tanaman viral dan primadona pangput lingkungan hidup yg di naungi oleh tunas hijau ini memang luar biasa banyak banget manfaat nya.
            Terus berkarya untuk bangsa dan negara teman teman pangput 💪🏻💪🏻💪🏻💪🏻

            Keany Riski Anindya Putri no peserta 264
            SDN Margorejo VI Surabaya

    • April 4, 2021 pada 21:17
      Permalink

      Bunga telang yang kaya manfaat.
      Tetap lestarikan jangan sampai punah..

      Ananda elang samudra
      Sdn kutisari 2 surabaya
      No.peserta 125

      Balas
  • Maret 25, 2021 pada 15:54
    Permalink

    Nama : Naila Putri Divia
    No peserta : 150
    Asal sekolah : SDN JAJAR TUNGGAL III SURABAYA
    JUDUL PROYEK : Pemanfaatan Limbah Cangkang Telur
    Saya siap mengikuti seleksi 3 Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2021.

    Balas
    • Maret 30, 2021 pada 10:46
      Permalink

      Aquila nuris shifa SMPN 11 nomer peserta 10 budidaya daun mint

      Aku udah tanam juga loh dirumahh

      Balas
    • April 1, 2021 pada 07:27
      Permalink

      Nama: kenzie akbar putra irawan
      No peserta : 247
      Proyek : ecobrick meja kursi

      Wahh ternyata manfaat bunga telang banyak sekali, selain cantik bunganya dan banyak fungsinya. Semangat

      Balas
      • April 1, 2021 pada 10:44
        Permalink

        Rasyid al asyam
        No peserta 233
        SDN rungkut menanggal 1
        Proyek budidaya tanaman lavender

        Selain cantik ternyata bunga telang memiliki banyak manfaat ya

        Balas
  • Maret 25, 2021 pada 16:57
    Permalink

    Rr. Almira Nur Aqiila Salsanilla
    No. Peaerta : 304
    SDN Pacar keling V Surabaya
    Judul Ptoyek: Tanaman Lemon

    Bunga telang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mengandung banyak manfaat.

    Bunga telang juga sudah banyak digunakan di produk-produk perawatan kulit dan rambut. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan salah satu flavonoid yang bernama quercetin.
    Banyak sekali mamfaat dr bunga telang ini.

    Balas
    • Maret 25, 2021 pada 20:46
      Permalink

      Bunga Telang ternyata memiliki banyak manfaat.
      Semangat

      Aninda putri kinanti
      SMPN 22 SURABAYA
      No 88

      Balas
  • Maret 25, 2021 pada 19:19
    Permalink

    308 – Althea Betwina Lamadiri
    SDN Pagesangan 426
    proyek “3R Sampah Plastik”

    Manfaat lingkungan alam sekitar dengan baik

    salamzerowaste

    Balas
  • Maret 25, 2021 pada 21:12
    Permalink

    Berlin Archelle Rose
    No peserta 180
    Dari sdnkalirungkut1
    Terimakasih banyak informasi nya kakak tunas hijau ..
    Tentang manfaat Bunga Telang .
    Bunga cantik sejuta manfaat ..
    Pengen nanam juga dirumah ..

    Balas
    • Maret 27, 2021 pada 09:12
      Permalink

      Nama:AYBAR OKTAVIANA
      NO.PESERTA:154
      asal sekolah:SDN JAMBANGAN 1
      PROYEK:MENDAUR ULANG SAMPAH WARKOP

      Hai sahabat hijau,wah seneng banget dan bangga juga bisa mengenal dan tau tentang bunga Telang.Aku juga bersemangat membaca agar pengalamanku bertambah.Dikomen ini aku juga ingin mempromosikan proyek lingkungan hidup saya,yaitu daur ulang sampah plastik dari warkop.Mengapa warkop menjadi target sasaran saya?karena di dekat rumah saya baaaanyaak sekali warkop,dan menurut saya setiap hari setiap detik warkop menghasil sampah plastik.Saya juga menularkan rasa peduli sampah plastik sama beberapa pengunjung warkop,walau kadang ada respon yang mengiris hati.Tetapi saja tetap berusaha berkat dorongan dari bundha.Terima kasih tak terhingga buat bundhaku.

      Balas
  • Maret 26, 2021 pada 04:43
    Permalink

    Bunga Telang tidak hanya cantik dan unik bunganya…. ternyata Bunga ini memiliki banyak manfaat…
    Saya akan berburu bibit untuk ditanam dirumah…
    Salam Bumi pasti lestari

    Nama : Ni Luh Gd Kt Keyva Richie Valerina Atmaja
    SDN Rungkut Menanggal 1 /582
    Judul Proyek : “BUDIDAYA LEMONGRASS”
    No Peserta : 386

    Balas
  • Maret 26, 2021 pada 08:17
    Permalink

    Dengan mengikuti pangput ini saya jadi banyak mendapatkan ilmu salah satunya ternyata bunga telang memiliki banyak manfaatnya dan juga bisa diolah 💖💖💖

    Shaqilla Calysta Shaki Y
    No peserta 168
    SDN KALIASIN 1
    PROYEK PENGELOLAAN LIMBAH MINYAK JELANTAH

    Balas
  • Maret 27, 2021 pada 09:12
    Permalink

    Nama:AYBAR OKTAVIANA
    NO.PESERTA:154
    asal sekolah:SDN JAMBANGAN 1
    PROYEK:MENDAUR ULANG SAMPAH WARKOP

    Hai sahabat hijau,wah seneng banget dan bangga juga bisa mengenal dan tau tentang bunga Telang.Aku juga bersemangat membaca agar pengalamanku bertambah.Dikomen ini aku juga ingin mempromosikan proyek lingkungan hidup saya,yaitu daur ulang sampah plastik dari warkop.Mengapa warkop menjadi target sasaran saya?karena di dekat rumah saya baaaanyaak sekali warkop,dan menurut saya setiap hari setiap detik warkop menghasil sampah plastik.Saya juga menularkan rasa peduli sampah plastik sama beberapa pengunjung warkop,walau kadang ada respon yang mengiris hati.Tetapi saja tetap berusaha berkat dorongan dari bundha.Terima kasih tak terhingga buat bundhaku.

    Balas
  • Maret 27, 2021 pada 15:24
    Permalink

    Nama:Agatha Felice Cristhabel
    Asal sekolah: SMPN 22 SURABAYA
    No.Peserta:080

    Wahhh banyak sekalii yaa manfaat Bungan Telang!! ternyata banyak manfaat Bunga Telang selain dijadikan pewarna makanan,keren sekali!!
    Yuk mulai hal hal kecil dari diri kita sendiri,untuk bumiku,bumi mu,dan bumi kita semakin lebih baik!!!

    Salam bumi pasti lestari 🌱🌳🌍

    Balas
  • Maret 27, 2021 pada 18:47
    Permalink

    NAMA : REVINA JASMINE ANGELINA IRAWAN
    NO. PESERTA : 246
    SEKOLAH : SDN MARGOREJO 1/403 SURABAYA
    PROYEK : RECYCLE BOTOL PLASTIK BEKAS
    BANYAK ILMU YANG AKU PEROLEH DENGAN MENGIKUTI PANGPUT LH TAHUN 2021 SALAH SATUNYA DAPAT MENGETAHUI KANDUNGAN MANFAAT BUNGA TELANG

    SALAM BUMI PASTI LESTARI 🌎🌱
    SALAM ZERO WASTE 👌🏻

    Balas
  • Maret 27, 2021 pada 19:07
    Permalink

    Halo semuanya..
    Terimakasih Tunas Hijau utk ulasan bunga telangnya..saya melihat bunga telang pertama kali di sekolah saya SDN Pradah Kalikendal I, saya juga pernah mencabut kulit kering bunga telang yg berisi bijinya dan saya tanam lagi di sekolah menyiram dan melihat bunganya tumbuh. Wah tidak menyangka manfaatnya sangat bagus dan banyak. Jadi semakin mengerti tentang bunga telang.
    Thank you Tunas Hijau…

    Alicia Sukmana
    No.peserta 364
    SDN Pradah Kalikendal I
    “Satu Serai Sejuta Manfaat”

    Balas
  • Maret 27, 2021 pada 21:34
    Permalink

    Nama : REYGA ILHAM QOLBI KURNIA
    Asal Sekolah : SMPN 18 Surabaya
    No. Peserta : 019
    Proyek :PMK (pandan membawa keuntungan)

    luar biasa Semangat

    Balas
  • Maret 28, 2021 pada 13:36
    Permalink

    Nama : Shania Ismono Hayu
    Sekolah : SMP Negeri 51 Surabaya
    No peserta : 234
    Proyek : DEBOLANG
    Terimakasih tunas hijau ID untuk artikelnya yang sangat bermanfaat ini. Bunga telang memang mengandung banyak manfaat sehingga cocok sekali untuk dijadikan proyek dalam pangput LH 2021 ini. Semoga dengan banyaknya peserta yang membudidayakan tanaman bunga telang ini dapat mendukung aksi penghijauan dan dapat berpengaruh positif bagi lingkungan dan alam.

    Balas
  • Maret 28, 2021 pada 13:50
    Permalink

    Nama : Shania Ismono Hayu
    Sekolah : SMP Negeri 51 Surabaya
    No peserta : 234
    Proyek : DEBOLANG
    Terimakasih banyak kepada tunas hijau ID atas artikel yang sangat bermanfaat ini. Bunga telang memang banyak sekali manfaatnya maka tidak heran jika banyak peserta pangput LH 2021 yang mengambil proyek budidaya bunga telang ini. Tetap semangat untuk teman-teman, setiap langkah yang kita jalani bersama aksi-aksi tunas hijau ID pasti sangat berarti bagi alam.

    Balas
  • Maret 28, 2021 pada 14:08
    Permalink

    Bunga telang banyak manfaatnya, saya mengira hanya untuk mewarnai gambar, ternyata bisa buat minuman dan pewarna alami, sungguh luar biasa bunga telang selain buanganya yang unik dan cantik..
    Salam bumi pasti lestari
    Saya Ni Luh Gede Reva Dealove Valentcia Atmaja atmaja
    SDN Rungkut Menanggal 1 /582
    No peserta : 388
    Judul proyek Minyak jelantah jelantah

    Balas
    • April 1, 2021 pada 09:16
      Permalink

      Tidak hanya wujud yang cantik dan indah.. ternyata bunga Telang banyak sekali manfaatnya…

      Anabella Clarinta Nuril Kusuma
      422
      SDN TAMBAKSARI 1 SURABAYA

      Balas
  • Maret 28, 2021 pada 14:10
    Permalink

    Nama : Shania Ismono Hayu
    Sekolah : SMP Negeri 51 Surabaya
    No peserta : 234
    Proyek : DEBOLANG
    Terimakasih banyak kepada tunas hijau ID untuk artikel yang sangat bermanfaat ini. Bunga telang ini memang memiliki banyak manfaata maka tidak heran jika banyak peserta pangput LH 2021 yang menagmbil proyek budidaya bunga telang ini. Tetap semangat untuk seluruh peserta pangput LH 2021 setiap aksi yang kalian lakukan pasti akan sangat bermanfaat bagi alam.

    Balas
  • Maret 29, 2021 pada 12:26
    Permalink

    Nama : Niluh Nadya Pratistha Rahmawidi
    Asal Sekolah : SMPN 22 Surabaya
    Nomor Peserta : 106
    Wah… Ternyata Bunga Telang tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias yang ada di rumah saja!!! Bunga Telang juga memiliki banyak sekali manfaat bagi makhluk hidup
    SAVE THE ENVIRONMENT STARTING FROM YOUR OWN ACTION 👌🌳🍀

    Balas
  • Maret 29, 2021 pada 13:04
    Permalink

    Nama: Rizqia arifatus aulia
    SDN Kalijudan 1/239 Surabaya
    No peserta 178
    Judul proyek: Budidaya tanaman kale
    Bunga telang ternyata bukan warnanya saja yg cantik tapi banyak manfaatnya.
    SALAM BUMI PASTI LESTARI

    Balas
  • Maret 29, 2021 pada 14:08
    Permalink

    Lintang arimby langga
    No. Peserta : 428
    SDN Tanah kali kedinding
    Judul proyek : Limbahku tanggung JAWABKU.

    Baru tau kalau bunga telan mempunyai banyak manfaat 🙏🙏 good job 👍🏻👍🏻👍🏻.

    Balas
    • Maret 29, 2021 pada 21:48
      Permalink

      Mengikuti kegiatan pangput ini banyak ilmu yang aku dapatkan semulanya aku tidak tahu banyak manfaatnya bunga telang sekarang menjadi tahu.

      Aveline azalia clarissa_288_Sdn.nginden jangkungan 1,surabaya_Budidaya tanaman kunyit

      Balas
  • Maret 29, 2021 pada 21:28
    Permalink

    Tugas kita bersama untuk melestarikan bunga telang sebagai salah satu alternatif tanaman obat keluarga yang murah dan sebagai pewarna makanan yang alami.
    salam bumi pasti lestrai
    salam sadar iklim

    Balas
  • Maret 30, 2021 pada 08:04
    Permalink

    Ternyata selain indah Bunga Telang mempunyai banyak manfaat semoga kedepannya saya bisa juga melestarikan bunga Telang ini

    I Gusti Agung Laksmi Septanty _160_SMPN 35 Surabaya

    Balas
  • Maret 30, 2021 pada 13:13
    Permalink

    Aulia izza nailur rohim, asal SMPN 26. Judul proyek : PSBB ( pengolahan sachet berdaya & berguna ), nomor 126. Bunga telang memang banyak manfaat nya, tergantung kitanya mau mengolah atau hanya melihatnya. Semangat untuk terus menghijaukan bumi.

    Balas
  • Maret 30, 2021 pada 17:47
    Permalink

    Naifah Widya Artanti, SMPN 25, no.124
    Selain dijadikan hiasan tempat untuk terlihat indah atau cantik, bunga telang juga mempunyai banyak manfaat yang berguna bagi bumi ini dan juga bagi manusia. Ayo lestarikan bunga telang-!!

    Balas
  • Maret 30, 2021 pada 20:23
    Permalink

    nama: Aisha siddiqa wardhana
    nomer peserta : 082
    asal sekolah : Smpn 22 surabaya
    judul proyek : budidaya tanaman sirih gading

    Wah… ternyata banyak sekali manfaat bunga telang

    Balas
  • Maret 31, 2021 pada 00:08
    Permalink

    Nama = Rahma tri atmawati
    Sekolah = SMP negeri 22 surabaya
    No peserta = 110
    Proyek = Budidaya tanaman toga

    Wah hebat, ternyata bunga telang memiliki banyak sekali manfaat👏

    Balas
  • Maret 31, 2021 pada 14:14
    Permalink

    Nama: Haikal Wafiq Al aziz
    Sekolah: SDN Banyu Urip III/364, Surabaya
    Nor.peserta: 31
    Judul proyek: Budidaya tanaman pandan
    Banyak sekali manfaat salah satu ciptaan tuhan yang satu ini.

    Balas
  • April 1, 2021 pada 07:27
    Permalink

    Nama: kenzie akbar putra irawan
    No peserta : 247
    Proyek : ecobrick meja kursi

    Wahh ternyata manfaat bunga telang banyak sekali, selain cantik bunganya dan banyak fungsinya. Semangat

    Balas
  • April 1, 2021 pada 10:05
    Permalink

    Nama : Hanifah Ulya Qurotu Aini
    Asal SMP Negeri 58 Surabaya
    No peserta 246

    Ayo bersama² kita menyelamatkan bumi dengan menanam bnyk tanaman supaya bumi lestari👍👍

    Balas
  • April 1, 2021 pada 15:26
    Permalink

    Galang mandala saputra dari sdn nginden jangkungan 1
    Nomor peserta 159
    Pot limpokkas- limbah popok bekas-

    Wowwww… Si biru yg kaya manfaat. Trims infonya tunas hijau

    Balas
    • April 1, 2021 pada 19:27
      Permalink

      Nama : Nabila Dayyana Faliha
      No Peserta. :072
      Judul. :Budidaya Tanaman Pandan
      SDN BUBUTAN 4 SURABAYA

      Semoga Tunas Hijau makin Jaya
      Salam Bumi Pasti Lestari
      Salam Zero Waste

      Balas
  • April 2, 2021 pada 11:49
    Permalink

    Nama: Lintang Larasati
    Nomor Peserta: 118
    Sekolah: SDN GADING 7
    Judul Proyek: JIBAKO [Jintan Bermanfaat Obat]

    Selain bunga Telang cantik, ternyata banyak manfaatnya dan mudah diolah.
    Salam Bumi Pasti Lestari ☘️🌏

    Balas
    • April 3, 2021 pada 19:48
      Permalink

      Nama:Maulidya Nisa Harwati
      No peserta:120
      Proyek:Budidaya tanaman okra
      Bunga Telang nya cantikk bgttttt,tapi di balik kenyataan itu lebih waww lohh punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuhhh

      Balas
  • April 2, 2021 pada 20:49
    Permalink

    M Rasyaa Nizam DAJ
    231
    Sdn Rungkut Menanggal 1 Surabaya
    “Sobat Jelantah ”
    Terima kasih Tunas Hijau yanv selalu memberikan pengetahuan tentang lingkungan hidup

    Balas
  • April 3, 2021 pada 18:37
    Permalink

    Nama : Nurul inggar diah ayu miranti
    No Peserta : 182
    Asal Sekolah : SDN Kandangan 1/121
    Judul Proyek : Membuat Minuman Kunyit Asem

    Yes, memang banyak sekali manfaat bunga telang, selain mempunyai warna yang cantik, bunga telang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.

    Salam Bumi Pasti Lestari 🌏👌

    Balas
  • April 3, 2021 pada 20:09
    Permalink

    Nama : Alya Carissa Rizky Salsabila
    Sekolah : SDN Margorejo 1 Surabaya
    No. Peserta : 234
    Proyek Lingkungan : Budidaya Tanaman Binahong

    Wow.. bunga telang memang mempunyai bunga yg sangat cantik yaa, dengan warna ungu tua yg sangat bagus. 👌🏻

    Balas
    • April 4, 2021 pada 14:06
      Permalink

      Nama: Gladys Putri Amelia
      Nomor peserta: 118
      Sekolah: SMPN 25 SURABAYA

      Ternyata selain cantik bunga telang juga kaya akan manfaat bagi tubuh kita, salah satu contoh manfaat bunga telang yaitu memiliki sifat anti kanker.

      Balas
  • April 4, 2021 pada 09:43
    Permalink

    Wow…. bunga telang memang mempunyai bunga yang sangat bagus yaa

    Daiva
    No.urut 002
    SD Al Hikmah Surabaya
    Barang bekas jadi berkelas

    Balas
  • April 4, 2021 pada 13:43
    Permalink

    Nama : Nevan Azka Fiardy no 93
    Sdn kaliasin 1 surabaya
    Budidaya jeruk kingkit sbg tanaman obat di masa pandemi

    Bunga telang memang indah, dan banyak manfaat sbg bahan makanan
    Promadona juga tanaman ini

    Balas
  • April 4, 2021 pada 14:05
    Permalink

    Nama: Gladys Putri Amelia
    Nomor peserta: 118
    Sekolah: SMPN 25 SURABAYA

    Ternyata selain cantik bunga telang juga kaya akan manfaat bagi tubuh kita.

    Balas
  • April 5, 2021 pada 10:04
    Permalink

    Krishnayana no urut 177. Dari SDN Pacarkeling V. Proyek budidaya kelor.
    Wah ternyata bukan hanya untuk tanaman hias ya, banyak juga manfaatnya. Saya baru tau.
    Sukses selalu ya…

    Balas
  • April 5, 2021 pada 16:05
    Permalink

    Terimakasih Tunas Hijau utk ulasan bunga telangnya. kaya akan manfaat. Menambah pengetahuan bagi kami semua

    Nama Earl Elliora Sahasika Urdha
    SDN. Tegalsari 1 / 321 Surabaya
    Proyek Daur Ulang Sampah Botol dan Gelas Plastik
    No. Peserta 440

    Balas
  • April 6, 2021 pada 19:56
    Permalink

    wahh ternyata manfaat bunga Telang banyak

    Balas
  • April 7, 2021 pada 10:03
    Permalink

    Nama : Erina Rahma Putri
    Asal : SDN Kapasari 8 Surabaya
    No urut peserta : 200
    Judul proyek : belajar dari rumah kumpulkan jelantah
    Wah ternyata manfaat bunga Telang yang sangat indah dan cantik ini kaya manfaat ya yuk kita lestarikan bunga Telang ini agar tidak punah

    Balas
  • April 7, 2021 pada 14:15
    Permalink

    Calista Putri Mardiana
    SMPN 6 Surabaya / 258
    Proyek JUSTIK
    Wah ternyata bunga Telang ini banyak banget ya manfaat nya, terimakasih atas informasinya tunas hijau 🙏😁

    Balas
  • April 21, 2021 pada 12:21
    Permalink

    Aku kira manfaatnya hanya pewarna alami. Ternyata banyak juga manfaatnya. Mau juga ah menanam.

    Galuh
    SDN Kaliasin 1
    162

    Balas
  • Mei 26, 2021 pada 00:01
    Permalink

    Semangat.. semangat.. sebarkan energi positif untuk mencintai lingkungan agar menuai manfaat || Aufaarelia EP || 090 || SMPN 22 Surabaya || Budidaya dan Pemanfaatan Tanaman Telang

    Balas
  • Mei 31, 2021 pada 11:21
    Permalink

    Bunga telang, cantik warna bunganya banyak manfaatnya

    Afrina Karimah NA (004)
    SDI Al Azhar 11 Surabaya
    Red Ginger Amazing

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *