Bupati Probolinggo Resmikan Bakti Pramuka Rehab 24 Rumah Tidak Layak Huni

Probolinggo Scouts Build Innovation 2021 dibuka resmi oleh Bupati Probolinggo yang juga Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Cabang Kabupaten Probolinggo Kakak Hj P. Tantriana Sari, SE, Senin (21/6/2021). Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Kakak H. M. Arum Sabil hadir pada pembukaan pembukaan program ini.

Peresmian program renovasi rumah yang digagas oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo ini dilakukan di rumah Hedi, salah satu rumah yang akan direnovasi di Desa Condong, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Hadir juga pada pembukaan itu adalah Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Sugeng Wiyanto, Kepala Dinas Sosial Achmad Arif, Plt Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Suharto, Forkopimka Gading selaku Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Gading, Ketua Kwartir Rantng serta Majelis Pembimbing Desa Condong.

Waka Humas dan Abdimas Kwarcab Probolinggo Kakak Didik S. Wahyudi menyampaikan bahwa total 24 rumah yang akan direnovasi hingga November 2021. “Pelaksanaan dibagi menjadi 4 tahap. Tiap tahap akan merenovasi 6 rumah,” kata Kakak Didik S. Wahyudi.

Probolinggo Scouts Build Innovation 2021 akan merenovasi 24 rumah tidak layak huni yang tersebar di 24 kecamatan se Kabupaten Probolinggo

24 rumah yang akan direnovasi itu berlokasi di kecamatan yang berbeda. “1 kecamatan 1 rumah. Total 24 rumah yang tersebar di 24 kecamatan se Kabupaten Probolinggo ini,” tambah Kakak Didik S. Wahyudi.

Kak Didik menjelaskan bahwa setiap harinya aka nada 5 orang pramuka penegak yang bertugas membantu proses renovasi di satu rumah. “Adik-adik pramuka penegak ini akan membantu 3 orang tukang dan 2 asisten tukang yang bertugas merenovasi satu rumah,” kata Waka Humas dan Abdimas Kwarcab Probolinggo Kakak Didik S. Wahyudi.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengaku sangat bangga karena pramuka masih tetap berkarya dan beraktifitas meskipun masih suasana pandemi Covid-19. Hal ini bukan halangan tetapi tantangan untuk dihadapi untuk mencari solusi.

“Probolinggo Scout Build Innovation tahun 2021 merupakan kegiatan bagi anggota pramuka penegak dan pandega dibantu anggota Brigade Penolong dan pramuka peduli yang berupa renovasi rumah tidak layak menjadi layak untuk dihuni sebanyak 24 rumah di 24 kecamatan,” kata Kak Timbul Prihanjoko.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim Kak H. M. Arum Sabil menyampaikan apresiasi atas inovasi program renovasi rumah tidak layak huni di Kabupaten Probolinggo

Wakil Bupati Probolinggo ini menerangkan bahwa pramuka senantiasa akan aktif membantu memajukan Kabupaten Probolinggo. Sebab, pada hakekatnya, pramuka maju maka Kabupaten Probolinggo akan maju. “Majunya ini dikarenakan banyak sekali program dari pramuka yang bersinggungan dengan program pemerintah daerah,” jelas Kak Timbul Prihanjoko.

Kak Timbul menegaskan pada intinya gerakan pramuka bukan urusan teori, tetapi bagaimana kehadiran pramuka bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Oleh karena itu pembinaan yang dilakukan bukan hanya pembinaan mental saja, tetapi pembinaannya nanti diharapkan bisa bermanfaat saat turun ke tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Bupati Probolinggo Kak Hj. P. Tantriana Sari, SE mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tahun kedua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo mencoba untuk mengarahkan kegiatannya lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Salah satu perwujudannya adalah dengan kegiatan rehab rumah bagi rumah tidak layak huni di Kabupaten Probolinggo.

“Menariknya memang dari awal mendorong para anggota pramuka khususnya penegak yang ada di 24 kecamatan untuk mencari permasalahan. Mereka dengan berkelompok mencari permasalahan-permasalahan di kecamatan maupun desa. Kemudian memilih mana yang paling urgen untuk kemudian dilakukan tindak lanjut. Dari situlah, maka hadirlah Probolinggo Scout Build Innovation tahun 2021,” terang Bupati Probolinggo Tantri.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo menyampaikan tekadnya bahwa pramuka Kabupaten Probolinggo akan terus membantu membangun masyarakat sekitar

Menurut Bupati Tantri, pendekatannya adalah dengan membangun rumah tidak layak huni sebanyak 24 unit di 24 kecamatan dari adik-adik anggota pramuka Kabupaten Probolinggo. 

”Tentu ini secara implisit menjelaskan kepada kita semua bahwa pramuka harus menjadi gerakan terdepan, semacam organisasi kepemudaan terdepan untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah menyelesaikan seluruh tantangan dan persoalan yang ada di daerah. Salah satunya adalah permasalahan sosial,” jelasnya.

Bupati Tantri juga menjelaskan kepada semua bahwa kegiatan-kegiatan kepramukaan itu tidak hanya kemudian sekedar berkemah, menyanyi, api unggun, bersenang-senang, tongkat, tali temali dan berbaris saja.

Probolinggo Scouts Build Innovation 2021, menurut Bupati Tantri, adalah kegiatan riil yang diharapkan mampu mengasah kepekaan generasi muda semuanya bersama warga sesama Kabupaten Probolinggo berkaitan dengan permasalahan sosial. 

24 rumah tidak layak huni akan direnovasi menjadi rumah sehat hingga November 2021

“Saya mengapresiasi langkah dari Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo dan seluruh anggota pramuka yang terus berikhtiar dan bersemangat bersama-sama membantu pemerintah daerah menyelesaikan segala persoalan yang ada di Kabupaten Probolinggo,” tegas Bupati Probolinggo.

Sedangkan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak Arum Sabil mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Probolinggo Scout Build Innovation Tahun 2021 yang digagas oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo.

“Saya mengapresiasi karena saya melihat Bupati Probolinggo bukan hanya sekedar melakukan bedah rumah saat ini, tetapi lebih mendalam beliau memberikan keteladanan dan kepeloporan tentang bagaimana membangun kehidupan bersosial kepada masyarakat,” ungkap Kak Arum Sabil.

Kak Arum Sabil menjelaskan bahwa pramuka diberikan kesempatan untuk belajar bagaimana mempelajari kehidupan sosial masarakat. “Bedah rumah itu sebuah peradaban. Bedah rumah itu adalah kemanusiaan. 

Di dalamya itulah Bupati Probolinggo selaku Kamabicab memberikan ruang dan kesempatan kepada pramuka untuk belajar tentang hal tersebut. Mudah-mudahan ini menjadi teladan bagi kita semua,” harap Kak Arum Sabil.

Penulis: Mochamad Zamroni

16 tanggapan untuk “Bupati Probolinggo Resmikan Bakti Pramuka Rehab 24 Rumah Tidak Layak Huni

  • Juni 22, 2021 pada 10:32
    Permalink

    Nama :Nabila Dayyana Faliha
    Peserta 072
    SDN BUBUTAN 4
    Budidaya Tanaman Pandan Wangi
    Patut Di contoh Dan salut atas keteladanan dan kepeloporan tentang bagaimana membangun kehidupan bersosial kepada masyarakat

    Balas
    • Juni 23, 2021 pada 08:25
      Permalink

      Program yang sangat bagus, banyak yang terbantu. semoga banyak yang akan tergerak melakukan program serupa.

      Clearesta Arta / 228
      SDN.Kutisari 2
      Proyek:Budidaya dan Pemanfaatan Belimbing Wuluh

      Balas
  • Juni 22, 2021 pada 10:38
    Permalink

    Hebat,, maju terus Pramuka Indonesia

    Balas
  • Juni 22, 2021 pada 13:52
    Permalink

    Terimakasih kak informasi nya mudah mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua

    Balas
  • Juni 22, 2021 pada 13:58
    Permalink

    Wah keren bangget mudah mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua

    Balas
  • Juni 22, 2021 pada 15:04
    Permalink

    Assalamualaikumwr.wb
    Saya Mirza Hanif Hummam Al-Ghani
    nomer peserta 107
    SMP NEGERI 8 SURABAYA
    Proyek pembibitan & pengolahan toga yaitu kunyit dan jahe

    Alhamdulillah ….
    Terimakasih banyak Kepada
    Bupati Probolinggo yang juga Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Cabang Kabupaten Probolinggo Kakak Hj P. Tantriana Sari, SE.
    Semangat terus ya kak / bu …

    Balas
  • Juni 23, 2021 pada 17:26
    Permalink

    Semangat semua untuk bercocok tanam dan melestarikan lingkungan.Salam
    bumi lestari 🌱🌎

    Maulidya Amanda Imas Ardila/238/SMPN 53 Surabaya

    Balas
  • Juni 25, 2021 pada 20:38
    Permalink

    Aulia izza nailur rohim, asal SMPN 26 judul proyek PSBB nomor 126.

    Program yang luar biasa. Semoga dapat selalu membantu sesama.

    Balas
  • Juni 26, 2021 pada 09:28
    Permalink

    Terus semangat untuk Pramuka Indonesia dengan aksi nyata kepada masyarakat

    Afrina Karimah Nur Aisyah – 004
    SDI Al Azhar 11 Surabaya
    Red Ginger Amazing

    Balas
  • Juni 27, 2021 pada 13:44
    Permalink

    Bersama pasti bisa, salam pramuka.

    Daiva Khayra Prestian
    No. urut : 002
    SD Al Hikmah Surabaya
    Barang bekas jadi berkelas

    Balas
  • Juni 27, 2021 pada 23:45
    Permalink

    Nama. :Nevan Azka Fiardy
    No peserta. : 93
    Sekolah. : Sdn Kaliasin 1 Surabaya
    Judul Proyek : Budidaya Jeruk Kingkit

    Inovasi luar biasa dr pramuka probolinggo ke masyarakat kurang mampu.. hidup pramuka indonesia hidup pramuka probolinggo💪🏼

    Balas
    • Juni 28, 2021 pada 09:12
      Permalink

      Galang mandala saputra
      159
      Sdn nginden jangkungan 1 sby
      Pot limpokkas (limbah popok bekas)

      Kereeennnn banget…semoga semakin banyak manfaat dari kegiatan pramuka bagi lingkungan sekitar…
      Semangatttt👍

      Balas
  • Juni 28, 2021 pada 20:57
    Permalink

    Wahh, hebat sekalii… Aksi yang dilakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat Probolinggo. Semangatt terus untuk melakukan hal-hal baik :)👍

    Muhammad Faizal Imrotakul N. P
    SMPN 40 Surabaya
    No. Peserta 065

    Balas
  • Juni 29, 2021 pada 16:47
    Permalink

    Nama : Shania Ismono Hayu
    Nomor peserta : 234
    Asal sekolah : SMPN 51 Surabaya
    Proyek : DEBOLANG

    kerennnn…
    aksi yang dapat dijadikan pelopor.

    Balas
  • Juni 30, 2021 pada 14:57
    Permalink

    Hebat. Maju terus Pramuka Indonesia

    Kiano Kasyafani Ariyanto
    SDN Dr Sutomo V Surabaya
    No Peserta 059
    Judul Proyek Ecobrick Beserta Pemanfaatannya

    Balas
  • Juli 5, 2021 pada 08:03
    Permalink

    Program yang sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Semoga program ini akan terus berkelanjutan……salam pramuka
    salam bumi pasti lestari
    salam sadar iklim

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *