Wisuda Online, Wali Kota Eri Minta Anak-Anak Hormati Guru dan Orang Tua

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memimpin prosesi wisuda online serentak se-Kota Surabaya bagi jenjang SD/MI, SMP/Mts, Kejar Paket A dan Paket B tahun ajaran 2020/2021. Acara wisuda yang digelar di halaman Balai Kota Surabaya itu diikuti oleh perwakilan pelajar dan guru yang hadir langsung di balai kota, dan juga diikuti via daring oleh ribuan pelajar yang diwisuda, Selasa (22/6/2021).

Prosesi wisuda virtual ini dilakukan melalui aplikasi Zoom dan juga kanal Youtube Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya. Sekitar 1000 peserta didik ikut menyaksikan prosesi wisuda online melalui aplikasi Zoom, dan lebih dari 5.700 peserta didik yang menyaksikan melalui kanal Youtube Dispendik Kota Surabaya.

Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, prosesi wisuda itu tetap berjalan khidmat. Acara itu juga dimeriahkan oleh kelompok paduan suara dari SMP Negeri 1 Kota Surabaya dan Gamer Legacy Band yang merupakan grup band binaan Dispendik Surabaya. Bahkan, pada saat itu Wali Kota Eri juga diberi kenang-kenangan berupa lukisan foto yang nampak persis seperti aslinya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri mengaku sengaja melakukan wisuda online serentak karena masih di masa pandemi Covid-19, yang tidak boleh menggelar wisuda secara langsung. Meskipun digelar secara virtual, namun ia berharap semoga tidak mengurangi semangat dan kebahagiaan para pelajar Surabaya yang diwisuda.

“Anak-anak ini adalah anak yang hebat yang selalu sholeh dan sholehah, jujur dan berakhlakul karimah. Insyallah anak-anak kalau memiliki itu, maka ke depan mereka akan menjadi pemimpin yang hebat untuk Surabaya dan Indonesia. Jadi, saya berharap betul akan lahir pemimpin-pemimpin hebat dari Surabaya,” kata Wali Kota Eri.

Ia juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta didik yang diwisuda pada hari ini. Ia meyakini bahwa di tangan arek-arek Suroboyo, kota dan bangsa ini akan menjadi kota yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur dan menjadi kota yang makmur. 

“Selamat kepada anak-anakku yang diwisuda pagi hari ini, karena keberhasilan kalian inilah insyaallah akan membawa negara ini, membawa kota ini menjadi kota yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” katanya.

Wali Kota Eri juga mengingatkan kepada peserta didik yang mengikuti prosesi wisuda bahwa di masa depan mereka akan menjadi seorang pemimpin. Apabila mereka ingin berhasil, maka harus selalu menghormati dan mencintai orang tua dan guru mereka, karena doa orang tua tidak akan ditolak oleh Tuhan. Bahkan, ia berharap ketika anak-anak ini menjadi orang yang besar kelak, menjadi orang yang hebat, mereka tidak malu untuk menundukkan kepala kepada guru-guru mereka.

“Karena tanpa jasa seorang guru, kita tidak akan berhasil untuk menjadi orang-orang yang hebat. Jadi, jangan pernah malu, jangan pernah merasa bimbang untuk menundukkan kepala kita kepada guru-guru kita,” ucapnya.

Wali Kota Eri pun meminta kepada peserta didik itu untuk menjauhi hal-hal yang negatif seperti narkoba dan hal-hal yang tidak penting lainnya. Ia juga meminta untuk meyakinkan pada diri mereka sendiri untuk tidak melakukan kegiatan yang tidak ada manfaatnya. Sebab, dia ingin anak-anak itu fokus menuntut ilmu, karena ilmu tidak akan berhenti, ilmu akan terus berkembang, bahkan hingga saat ini pun ia mengaku masih terus belajar.

“Saya berharap betul anak-anakku menjadi orang-orang yang hebat. Jadi, kalau nanti kalian diajak melakukan hal-hal yang negatif seperti narkoba, yakinkan pada diri kalian bahwa semua kegiatan itu tidak ada manfaatnya,” tegasnya.

Selain itu, Wali Kota Eri juga meminta pihak sekolah dan guru untuk melihat potensi para peserta didiknya. Jika sudah menemukan potensi mereka, ia berharap pihak sekolah untuk menggembleng habis-habisan potensi yang dimiliki oleh para peserta didik itu. Bahkan, ia juga memastikan akan mensupport arek-arek Suroboyo tidak hanya dari sisi akademik, namun juga dari sisi non-akademik.

Oleh karena itu, ia ingin arek-arek Suroboyo dapat mengembangkan semua potensinya, sehingga terlahir orang-orang hebat dari Kota Surabaya, sehingga tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik, namun punya prestasi dari semua bidang.

“Saya minta tolong kepada dispendik, di Kota Surabaya ini tidak hanya prestasi di bidang pendidikan mata pelajaran tertentu saja, siapa yang ingin mengembangkan potensinya, punya prestasi di seni lukis contohnya, Pemkot akan bantu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dispendik Kota Surabaya Supomo menerangkan bahwa pada tahun ini Dispendik meluluskan siswa jenjang SD/MI/Paket A sebanyak 45.960 siswa, kemudian jenjang SMP/MTs/Paket B sebanyak 41.251 siswa. Total ada 87.211 peserta didik yang lulus pada tahun ajaran 2020/2021. “Ada 56 wisudawan yang hadir langsung di balai kota sebagai perwakilan, dan sisanya mengikuti secara virtual,” kata Supomo.

Ia menambahkan bahwa Dispendik terus mengembangkan bakat peserta didik di Surabaya, salah satunya seni lukis. Ia berharap melalui berbagai kegiatan pengembangan bakat yang difasilitasi oleh Pemkot Surabaya, dapat melahirkan anak-anak yang luar biasa. “Mudah-mudahan nanti banyak muncul anak-anak yang luar biasa, karena pemkot memberikan fasilitas kepada mereka untuk tumbuh dan berkembang,” ujarnya.

Supomo mengatakan bahwa saat ini pihaknya terus memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk tampil di setiap kegiatan yang digelar Dispendik Surabaya. Ia mencontohkan acara prosesi wisuda kali ini yang menampilkan kelompok paduan suara, grup band, dan pembaca doa dari kalangan pelajar.

Bahkan, ia juga menceritakan bahwa Dispendik sudah melahirkan khotib-khotib sholat jumat, mereka menyampaikan khotbah Jumat di sejumlah masjid di Surabaya, termasuk di Masjid Al-Muhajirin kawasan Balai Kota Surabaya. “Jadi, kegiatan yang dilakukan Dispendik semuanya memberikan peluang dan kesempatan kepada anak-anak untuk tampil dan mengembangkan bakatnya, semoga ke depan akan lahir anak-anak hebat dari Surabaya,” pungkasnya. 

19 tanggapan untuk “Wisuda Online, Wali Kota Eri Minta Anak-Anak Hormati Guru dan Orang Tua

  • Juni 24, 2021 pada 16:14
    Permalink

    Mirza Hanif Hummam Al-Ghani (107)
    SMP Negeri 8 Surabaya
    Pembibitan & pengolahan kunyit dan jahe.

    Alhamdulillah …
    😊
    🙏🏻
    Terimakasih kepada Bapak Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah memimpin prosesi wisuda online serentak se-Kota Surabaya bagi jenjang SD/MI, SMP/Mts, Kejar Paket A dan Paket B tahun ajaran 2020/2021.

    Balas
    • Juli 5, 2021 pada 09:21
      Permalink

      Selamat kakak kakak sukses terus

      Rasyid Al Asyam
      No peserta 233
      Budidaya tanaman lavender

      Balas
  • Juni 25, 2021 pada 20:35
    Permalink

    Aulia izza nailur rohim, asal SMPN 26 judul proyek PSBB nomor 126.

    Walau sebatas online semoga tidak menyurutkan semangat kakak kakak untuk giat belajar.

    Balas
  • Juni 26, 2021 pada 09:23
    Permalink

    Prosesi wisuda online kakak yang lulus SD dan SMP dan kejar paket merupakan bentuk penghargaan Pemerintah Kota Surabaya atas keinginan dan semangat belajar menuntut ilmu

    Afrina Karimah Nur Aisyah – 004
    SDI Al Azhar 11 Surabaya
    Red Ginger Amazing

    Balas
  • Juni 27, 2021 pada 13:42
    Permalink

    Alhamdulillah selamat untuk semua yang telah diwisuda 👍

    Daiva Khayra Prestian
    No. urut : 002
    SD Al Hikmah Surabaya
    Barang bekas jadi berkelas

    Balas
  • Juni 27, 2021 pada 13:59
    Permalink

    Selamat untuk kakak-kakak yang telah wisuda, semangat dan sukses untuk kedepannya.

    Clearesta Arta / 228
    SDN.Kutisari 2
    Proyek: Budidaya dan Pemanfaatan Belimbing Wuluh

    Balas
  • Juni 27, 2021 pada 14:01
    Permalink

    Terima kasih bapak walikota surabaya telah mengadakan wisuda online untuk kakak-kakak SD dan SMP.. tetap semangat menggapai mimpi dimasa pandemi

    SHAQILLA CALYSTA SHAKI Y
    NO PESERTA 168
    SDN KALIASIN 1 SURABAYA
    PENGELOLAAN LIMBAH MINYAK JELANTAH

    Balas
  • Juni 27, 2021 pada 23:38
    Permalink

    Nama. :Nevan Azka Fiardy
    No peserta. : 93
    Sekolah. : Sdn Kaliasin 1 Surabaya
    Judul Proyek : Budidaya Jeruk Kingkit

    Inovasi yang luar biasa .. dengan wisuda online apalagi dihadiri walikota pasti kakak kakak merasa senang.. selamat ya
    Semoga covid segera berlalu

    Balas
  • Juni 28, 2021 pada 09:16
    Permalink

    Galang mandala saputra
    159
    Sdn nginden jangkungan 1 sby
    Pot limpokkas (limbah popok bekas)

    Meski wisuda secara online, tapi tetap semangattt mengejar cita2 ya kak…

    Terimakasih pak wali kota surabaya,bpk Eri cahyadi👍

    Balas
    • Juni 28, 2021 pada 21:14
      Permalink

      Selamat untuk Kakak-Kakak yang telah di Wisuda, semoga pesan-pesan dari Bapak Ibu Guru dan Pak Eri selalu diingat hingga mencapai puncak kesuksesan. Dan saya sependapat dengan Pak Eri, ditangan arek-arek Suroboyo, kota dan bangsa ini akan menjadi kota yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur dan menjadi kota yang makmur.

      Muhammad Faizal Imrotakul N. P
      SMP Negeri 40 Surabaya
      065

      Balas
      • Juli 3, 2021 pada 08:36
        Permalink

        A. MALIKY EL ZAMANI
        SDN Menanggal 601 Surabaya
        No. Peserta: 147
        Proyek: Pengolahan Limbah Minyak Jelantah

        Terimakasih pak Eri yang telah menyelenggarakan wisuda online untuk kakak kakak SD dan SMP. selamat juga untuk kakak kakak yang telah lulus. Semoga kita semua dapat menjadi generasi muda yang kreatif dan inspiratif

        Balas
  • Juni 30, 2021 pada 14:54
    Permalink

    Selamat untuk para wisudawan dan wisudawati. Semoga ilmunya bermanfaat danembawa barokah. Aamiin

    Kiano Kasyafani Ariyanto
    SDN Dr Sutomo V Surabaya
    No Peserta 059
    Judul Proyek Ecobrick Beserta Pemanfaatannya

    Balas
  • Juli 2, 2021 pada 13:33
    Permalink

    AMEL ADI BERTI / 058
    SPMN 19 SURABAYA
    TeKuN (Teh Kulit Nanas)
    Semoga tetap semangat dalam melestarikan lingkungan hidup dan menyelamatkan bumi🙏
    Salam Bumi Pasti Lestari🌎

    Balas
  • Juli 4, 2021 pada 11:43
    Permalink

    Nama :Marza Andiningtyas
    Asal sekolah: SMP Negeri 22 Surabaya
    No.Peserta : 102
    Proyek : Pengolahan dan pemanfaatan sampah anorganik menjadi barang berguna

    Terima kasih bapak walikota Surabaya telah menyelenggarakan wisuda online bagi kakak-kakak SD dan SMP. Selamat yaaa bagi kakak-kakak yang telah lulus, tetap semangat ya kak dalam mengapai impiannya

    Balas
  • Juli 4, 2021 pada 22:47
    Permalink

    Nama : Prabu Panedya Firdaus
    No peserta : 001
    Asal sekolah : SD Labschool Unesa 2
    Judul Proyek : Teh ALOTGAN

    Selamat buat kakak² yg sudah melaksanakan wisuda online, smoga ilmuny berkah dan bermanfaat serta menjadi generasi kreatif dan peduli dg lingkungan……

    Balas
    • Juli 5, 2021 pada 15:30
      Permalink

      walaupun dengan online semoga ilmunya manfaat semangat kakak

      Nama:Dina Amelia
      Asal sekolah:SMPN 40 Surabaya
      Nopes:186
      Judul proyek:DIOCHAN (buDIdaya OCimum dan olaHANnya) NB:ocimum itu nama lain kemangi ya

      Balas
  • Juli 5, 2021 pada 15:29
    Permalink

    walaupun dengan online semoga ilmu nya manfaat kakak kakak

    Nama:Dina Amelia
    Asal sekolah:SMPN 40 Surabaya
    Nopes:186
    Judul proyek:DIOCHAN (buDIdaya OCimum dan olaHANnya) NB:ocimum itu nama lain kemangi ya

    Balas
  • Juli 5, 2021 pada 16:52
    Permalink

    Semoga Pandemi Covid19 segera berakhir dan kita sebagai Pelajar bisa sekolah offline lagi

    Selamat yang sudah diwisuda, semoga menjadi generasi handal.

    Arek Suroboyo
    Wani Berkarya
    Wani Berprestasi

    Aufaarelia Erdhinatasya Putri (090)
    SMP Negeri 22 Surabaya
    Budidaya dan Pemanfaatan Tanaman Telang

    Balas
  • Juli 5, 2021 pada 22:15
    Permalink

    Calista Putri Mardiana / SMPN 6 / 258 / JUSTIK
    Uwa selamat untuk teman-teman yang wisuda. Semoga sukses selalu dan tercapai cita-citanya. Tetap semangat kawan🤩

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *