Sesi Tanya Jawab Final Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2021

Pandemi COVID-19 kembali tidak memungkinkan bagi seluruh finalis untuk diajak berkumpul bersama di satu tempat. Menyikapi hal tersebut, tahap final Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2021, yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur, serta didukung oleh PT Dharma Lautan Utama, akan dilaksanakan dalam beberapa tahap secara online.

Tahap pertama, untuk sesi tanya jawab pertanyaan mengenai isu dan fenomena lingkungan hidup akan dilaksanakan pada Minggu (29/8/2021) petang. Sesi tanya jawab ini akan menggunakan zoom meeting dalam dua sesi. Sesi SD pada pukul 18.00 WIB dan sesi SMP pada pukul 19.30 WIB.

Pada sesi tanya jawab ini, setiap finalis akan diminta memilih satu nomor yang berisi pertanyaan yang harus dijawab dengan waktu menjawab 60 detik. Untuk efisiensi dalam menjawab, sebaiknya tidak perlu lagi mengenalkan diri.

Selanjutnya, beberapa hari setelahnya, pengumuman pemenang akan disampaikan juga melalui LIVE Youtube Tunas Hijau ID. Tanggal dan waktu akan disampaikan lebih lanjut.

Porsi penilaian sesi tanya jawab ini “hanya” sebesar 5% dari seluruh variable penilaian untuk menentukan juara. Tentunya tidak mutlak menentukan pemenang. Tapi cukup untuk menambah nilai total. Jadi, sebaiknya tiap finalis mengalokasikan waktu tiap harinya untuk belajar menyiapkan diri dengan isu/permasalahan lingkungan hidup sekitar.

Berikut ini adalah daftar pertanyaan untuk sesi tanya jawab:

  1. Menurutmu apakah fungsi dari bantaran sungai?
  2. Apa yang kamu lakukan bila memiliki teman yang tidak peduli terhadap lingkungan?
  3. Apa yang kamu ketahui tentang prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle)?
  4. Apa yang kamu ketahui tentang ‘Gas Rumah Kaca’ ? 
  5. Bagaimana mengurangi dampak buruk pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari?
  6. Apakah yang kalian lakukan jika ada temanmu yang tidak peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup?
  7. Bagaimana kondisi Kalimas saat ini dan aksi nyata apa yang bisa dilakukan?
  8. Apa definisi dari “saku sebagai tempat sampah sementara” , dan apa maksudnya?
  9. Bagaimana menurutmu sekolah-sekolah yang belum memiliki program lingkungan hidup, dan bagaimana caramu memulai program lingkungan hidup di sekolah?
  10. Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati? Bagaimana meningkatkannya? Mengapa perlu untuk dilestarikan?
  11. Bila kamu berkesempatan berdialog dengan Walikota Surabaya, apa yang akan kamu sampaikan?
  12. Bagaimana seharusnya pendidikan lingkungan hidup di sekolah?
  13. Apakah yang kamu ketahui tentang penghematan kertas dan bagaimana cara mengolah sampah kertas?
  14. Bagaimana caramu melakukan penyelamatan lingkungan hidup saat ini dan tindakan nyata apa yang bisa dilakukan dengan orang-orang di sekitarmu?
  15. Apakah hubungan antara pemanasan global dengan krisis air bersih?
  16. Bagaimana cara mencegah atau menghindarkan banjir di kotamu?
  17. Apa yang kamu lakukan jika kepala sekolah dan guru tidak peduli lingkungan dan tidak memberikan keteladan lingkungan hidup?
  18. Bagaimana pendapatmu tentang terjadinya perubahan iklim yang tak menentu saat ini dan apa penyebabnya?
  19. Bagaimana tanggapanmu tentang TPA Benowo dan tempat pembuangan akhir sampah di kota-kota lainnya?
  20. Apa yang kamu ketahui tentang konsumsi ramah lingkungan?
  21. Bagaimana penggunaan energi listrik di masyarakat saat ini? 
  22. Bagaimana pendapatmu tentang gunungan sampah yang menghiasi sudut kota-kota di Indonesia?
  23. Bagaimana menurutmu penerapan pendidikan lingkungan hidup di keluarga?
  24. Apakah masalah lingkungan hidup terbesar di Surabaya dan bagaimana kamu membantu mengatasinya?
  25. Bagaimana upaya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat energi listrik di sekolah secara terukur?
  26. Bagaimana idealnya sekolah ramah lingkungan menurutmu?
  27. Bagaimana pendapatmu tentang masih maraknya penggunaan pembungkus makanan dari sterofoam di masyarakat?
  28. Apa yang kamu ketahui tentang pertanian perkotaan dengan lahan sempit?
  29. Bagaimana kamu bisa memulai pengolahan sampah secara mandiri di sekolahmu?
  30. Bagaimana caramu ikut serta aktif mengembangkan kawasan hutan mangrove di kawasan Pantai Timur Surabaya?
  31. Bagaimana pendapatmu tentang maraknya penggunaan pembungkus makanan dan minuman dari plastik yang hanya sekali pakai di sekolah?
  32. Bila kamu menjadi PUTERI/PANGERAN lingkungan hidup, apa yang akan kamu lakukan?
  33. Apa menurutmu permasalahan (isu) satwa yang sedang marak di kotamu?
  34. Bagaimana cara kamu untuk mengajak masyarakat mencintai dan melestarikan keanekaragaman hayati?
  35. Menurut kamu, apa bahaya plastik pembungkus makanan bila terkena suhu panas?
  36. Bagaimana pendapatmu mengenai dampak sampah organik yang tidak diolah dengan benar di sekolah?
  37. Menurut kamu, manakah yang lebih penting antara mendaur ulang sampah dan mengurangi sampah? jelaskan pendapatmu?
  38. Apa langkah yang akan kamu lakukan untuk mengatasi jelantah agar tidak menjadi masalah?
  39. Bagaimana cara kamu untuk mengingatkan teman, guru yang dengan sengaja membuang bungkus plastik di saluran air?
  40. Membuang sampah pada tempatnya hanya akan memindahkan masalah ke tangan orang lain. Bagaimana menurut kamu?
  41. Apa yang kamu ketahui tentang konservasi air? Sebutkan apa saja contoh konservasi air yang bisa kamu lakukan?
  42. Bagaimana caranya kamu bisa mengajak masyarakat mau mengikuti kamu untuk membuat hal yang sama dengan proyek lingkungan kamu?
  43. Menurutmu, proyek lingkungan yang berkelanjutan itu proyek lingkungan yang bagaimana? Bagaimana dengan proyek lingkungan kamu?
  44. Bagaimana menurutmu tentang pemasangan banner/iklan di pohon-pohon dengan cara di paku? Apa yang bisa kamu lakukan menyikapi aksi tersebut?
  45. Bagaimana menurutmu tentang masuknya air laut ke dalam permukaan tanah di Surabaya? Apa yang harus kamu lakukan untuk mengurangi dampak tersebut?
  46. Menurutmu, apa keunggulan pengelolaan lingkungan hidup di Surabaya?
  47. Apa yang dilakukan untuk sekolahmu untuk merealisasikan Sekolah Zero Waste?
  48. Apa yang akan kamu lakukan agar keluargamu zero waste?
  49. Bagaimana cara mengolah sampah secara mandiri di rumah?
  50. Apa yang harus dilakukan sekolah untuk melakukan pengolahan sampah kertas secara berkelanjutan?
  51. Apa yang harus dilakukan agar saluran air jernih di sekitar kita mengalir lancar dan tanpa sampah?
  52. Bagaimana cara menggelorakan bank  sampah di tempat tinggalmu?
  53. Apa yang akan kamu lakukan untuk menghindari munculnya sampah kemasan makanan dan minuman sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari?
  54. Bila kamu mempunyai kesempatan ke luar negeri yang  bagus pengelolaan lingkungan hidupnya, apa yang akan kamu lakukan? 
  55. Saat ini pemerintah sedang menggalakkan program produksi listrik dari hasil pembakaran sampah khususnya sampah plastik. Apakah menurut kamu itu merupakan solusi untuk mengatasi masalah sampah khusunya di kotamu?
  56. Bila kamu mempunyai kesempatan untuk  berdialog dengan Presiden RI, apa yang akan kamu sampaikan  mengenai lingkungan hidup?
  57. Jelaskan langkahmu untuk mengadopsi warung makan/warung kopi agar tidak lagi menggunakan sedotan plastik sekali pakai
  58. Menurutmu, apa yang harus dilakukan agar setiap rumah membuat lubang resapan biopori?
  59. Apa yang akan kamu lakukan agar di setiap rumah memilah jelantah?
  60. Mengapa sedotan plastik tidak asyik?
  61. Mana yang harus didahulukan antara RECYCLE – REDUCE – REUSE? Jelaskan….

Penulis: Mochamad Zamroni

25 thoughts on “Sesi Tanya Jawab Final Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2021

  • Agustus 5, 2021 pada 15:45
    Permalink

    SAVINA ANAMI KYRANSYAH
    310
    SDN PAGESANGAN SURABAYA
    PUPUK ORGANIK CANGKANG TELUR
    ” BISMILLAH…SIAP BELAJAR DAN SEMOGA DIBERIKAN KELANCARAN “

    Balas
    • Agustus 5, 2021 pada 19:38
      Permalink

      Bismillah..siap laksanakan..tetap semangat di tahap final ini …jangan berhenti belajar dan terus menghijaukan bumi..
      Salam Bumi Pasti Lestari

      M. Rizky Alaika Sulistyo
      SDN Margorejo I / 403
      No. 133
      Bubutel – Budidaya Bunga Telang

      Balas
    • Agustus 7, 2021 pada 08:11
      Permalink

      Bissmilaah semoga lancar tanpa hambatan. Amiin….
      Belajar…belajar dan belajar….???

      Cantika Azka Rana Ramadhani
      SDN Margorejo 1 Surabaya
      LARUTAN SAPU JAGAT ECO ENZYME / 238

      Balas
  • Agustus 5, 2021 pada 15:46
    Permalink

    Nama : Eka Ellysha Diandra Ramadhani
    Sekolah : SMPN 58 Surabaya
    No. Peserta : 250
    “BUDIDAYA Maggot bsf
    Siap laksanakan. Semoga nantinya berjalan dengan lancar, di ridhoi Allah SWT. Aamiin.

    Balas
  • Agustus 5, 2021 pada 15:53
    Permalink

    Nama : Lintang Arimby Langga
    No.peserta : 428
    Judul proyek : Limbahku tanggung jawabku
    Sekolah : SDN Tanah Kali Kedinding 1

    Bismillah tetap semangat menuju Grand final ???
    Berusaha memberi dan melaksanakan yang terbaik ? ?.
    Ayo semangat untuk semuanya ya ???.

    Balas
  • Agustus 5, 2021 pada 16:03
    Permalink

    Bismillahirrahmanirrahim…
    Semangat untuk melakukan terbaik..
    Berusaha maksimal untuk hasil yang optimal..

    Shaqilla Calysta Shaki Y
    No. Peserta 168
    Pengelolaan Limbah Minyak Jelantah
    SDN KALIASIN 1 SURABAYA

    Balas
    • Agustus 5, 2021 pada 16:12
      Permalink

      Tetap semangat melakukan yang terbaik,semoga mendapatkan hasil terbaik….?

      Qiara Azrine
      Budidaya 1000 Tanaman Bidara
      SDN PAKIS 3 SURABAYA
      No.peserta 318

      Balas
      • Agustus 14, 2021 pada 06:25
        Permalink

        Bissmilah….semangat ??
        Saya akan berusaha semaksimal mungkin. Apapun hasilnya itu masalah nanti ?
        Salam Bumi Tetap Lestari
        CANTIKA AZKA RANA RAMADHANI
        SDN MARGOREJO 1 SBY
        238

        LARUTAN SAPU JAGAT ECO ENZYME

        Balas
  • Agustus 5, 2021 pada 16:08
    Permalink

    Semangat…tetap melakukan yang terbaik,dan semoga mendapatkan hasil yang terbaik.

    Salam bumi pasti lestari
    Salam sadar iklim

    Nama:Qiara Azrine Ferlisa Baskoro
    Asal Sekolah : SDN PAKIS 3 SURABAYA
    Proyek : Budidaya 1000 Tanaman Bidara
    No.Peserta : 318

    Balas
  • Agustus 5, 2021 pada 16:10
    Permalink

    Keren yang sampai tahap ini ?

    Balas
  • Agustus 5, 2021 pada 16:32
    Permalink

    Bissmilah, bersama kita bisa, bersama kita kuat.
    Terimakasih TUNAS HIJAU INDONESIA, sudah mengajarkan banyak hal kepada saya, serta siswa binaan saya. Semoga ilmu yang sudah ditularkan bisa membawa keberkahan kelak dalam hidupnya dan membawa dampak positif di lingkungan sekitar.
    Selamat sekali lagi bagi para finalis, kerja kalian tidak terhenti sampai disini, melainkan hingga nanti dan terus berkelanjutan.

    Balas
  • Agustus 5, 2021 pada 19:25
    Permalink

    Alhamdulillahirabbilalamin
    Terima kasih Tunas Hijau karena memberi kesempatan dan mendukung siswa2 SDN MARGOREJO I/403 SURABAYA dan seluruh siswa di Surabaya untuk menjadi siswa yang berLITERASI DAN berBUDAYA LINGKUNGAN.
    SDN MARGOREJO I/403 SURABAYA siap menjadi juara ?

    Balas
  • Agustus 5, 2021 pada 20:10
    Permalink

    Bismillah… Semangat belajar… Semoga lancar dan sukses?

    Galang mandala saputra
    Sdn nginden Jangkungan 1
    No urut 159
    Judul: pot limpokkas

    Balas
  • Agustus 7, 2021 pada 07:46
    Permalink

    Nama:Areya kesyandriya Ali Yasha
    Sekola : SMPN 6 SURABAYA
    proyek : my food waste my adventure
    .
    Insyallah akan terus konsisten untuk mengurangi atau mengolah sampah organik untuk lingkungan yang lebih baik

    Balas
  • Agustus 7, 2021 pada 20:06
    Permalink

    Bismillah, sukses selalu. Amin

    Balas
  • Agustus 10, 2021 pada 21:59
    Permalink

    GABRIELA KARTIKA RATNASARI / 306
    SMPN 44 SURABAYA
    ECO ENZYME

    Puji Tuhan, aku hingga di tahap ini, dan aku harus tetap semangat.
    Ya Tuhan, hanya kepada-Mu, aku berserah dan kiranya mampukanlah aku untuk menjalani tahap final dari pangeran dan puteri lingkungan hidup 2021 ini. Amin

    Balas
  • Agustus 11, 2021 pada 06:20
    Permalink

    Prabu Panedya Firdaus Putra Aglar
    SD LabSchool Unesa 2 Lidah Wetan SBY
    Finalis Pangeran Lingkungan Hidup tahun 2021
    Proyek ALOTGAN

    Alhamdullilah, Bisa sampai seleksi. Siap Menjawab Semua Pertanyaan
    Semoga Dapat Juara Amiin……

    Balas
  • Agustus 13, 2021 pada 16:05
    Permalink

    Bismillah pasti bisa, semangat berusaha terus belajar dalam segala hal, aamiin.

    Daiva Khayra Prestian
    No. Urut : 002
    SD Al Hikmah Surabaya
    Barang bekas jadi berkelas

    Balas
  • Agustus 19, 2021 pada 15:52
    Permalink

    Bismillah, Rina akan berusaha sebaik mungkin untuk dapat melaksanakan sesi tanya jawab dengan baik.
    Terima kasih kakak Tunas Hijau sudah diberi materi pertanyaannya.
    Semangat juga buat teman-teman finalis.

    Afrina Karimah Nur Aisyah
    SDI Al Azhar 11 Surabaya
    Nomor peserta 004
    Judul proyek lingkungan : Red Ginger Amazing

    Balas
    • Agustus 19, 2021 pada 16:34
      Permalink

      Rafa/243/SDN Sememi II Surabaya/Proyek : PSBB (Pengolahan Sampah leri Beras Bermanfaat)….Bismillah optimis In Sya’Allah bisa menjawab sesi tanya jawab oleh team Tunas Hijau…..Semangat

      Balas
  • Agustus 28, 2021 pada 22:01
    Permalink

    Semangat tanpa batas anak-anak hebaaat, terus maju hadapi tantangan

    Balas
  • Agustus 29, 2021 pada 00:14
    Permalink

    Bismillah, semoga bisa menjawab dengan tepat. cepat, benar sesuai dengan harapan juri

    Arek Suroboyo Wani Berkarya, Wani Berprestasi

    Salam Bumi, Pasti Lestari
    Salam Sadar Iklim

    Aufaarelia Erdhinatasya Putri (090)
    SMP Negeri 22 Surabaya
    Budidaya dan Pemanfaatan Tanaman Telang

    Balas
  • Agustus 30, 2021 pada 19:21
    Permalink

    Alhamdulillah.. bisa sampai tahap ini, insya Allah bisa mencapai tahap berikutnya, terima kasih Tuhan hijau dalam memberikan saya kesempatan lagi untuk peduli terhadap lingkungan.

    Saya Lintang Larasati dari SDN GADING VII SURABAYA dengan nomor urut 118 dan judul proyek saya adalah budidaya tanaman jintan
    mengucapkan
    salam Bumi Pasti Lestari
    Salam SADAR IKLIM

    Balas

Tinggalkan Balasan ke SAVINA ANAMI KYRANSYAH Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *