Wakil Wali Kota Surabaya Siap Kembangkan Kampung Bidara Qiara

Kampung Bidara Qiara Azrine, finalis puteri lingkungan hidup 2021 dari SDN Pakis III Surabaya, menarik perhatian Wakil Wali Kota Surabaya Armuji. Orang nomor dua Pemerintah Kota Surabaya ini pun mengunjungi Kampung Bidara di Jalan Kembang Kuning Kulon Besar B, tidak jauh dari makam Kembang Kuning, Rabu (25/8/2021).

Bertempat di Balai RW 6 Kembang Kuning, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji berinteraksi dengan Qiara Azrine, pengurus kampung dan masyarakat sekitar. “Kami sudah lama memikirkan ikon kampung Kembang Kuning selain dua ikon yang sudah lama dikenal masyarakat luas,” kata Roliyono, ketua RW6 Kembang Kuning, Kecamatan Pakis kepada Armuji disaksikan semua tamu undangan yang hadir di Balai RW 6.

Roliyono menyebut bahwa ikon kampung Kembang Kuning yang sudah lama ada adalah Makam Mbah Karimah, yang merupakan mertua Sunan Ampel, dan Masjid Rahmat. 

“Kami sangat mengapresiasi inovasi anak warga kami, Qiara, yang menjadikan tanaman bidara sebagai ikon baru kampung ini,” lanjut Roliyono, yang pekan sebelumnya meresmikan Kampung Bidara Qiara ini. 

Wakil Wali Kota Surabaya di bawah signboard Pusat Oleh-Oleh Bidara

Roliyono sangat berharap inovasi warganya yang masih siswa kelas 5 SD ini akan didukung penuh oleh Pemerintah Kota Surabaya dalam pengembangannya. “Saya yakin Pemerintah Kota Surabaya tidak hanya mendukung 100% pengembangan inovasi warga kami ini tapi bahkan 1000%,” ujar Roliyono.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengaku sangat kagum dengan inovasi siswa yang kini menjadi finalis puteri lingkungan hidup 2021 ini. “Sementara proses pengembangan inovasi bidara ini dilanjutkan saja. Kalau ada kendala segera hubungi saya,” tutur Armuji, yang juga mantan ketua DPRD Surabaya ini.

Sementara itu, di hadapan Armuji dan Qiara menjelaskan bahwa dia sudah membudidaya lebih dari 1700 tanaman bidara. “Saya membudidaya tanaman ini dari bijinya. Saya juga memproduksi beragam produk olahan dari tanaman bidara ini,” jelas Qiara Azrine.

Armuji dan Qiara di depan mural bidara

Produk olahan bidara Qiara di antaranya wedang bidara, sabun cair herbal bidara, sabun padat herbal bidara, masker bidara dan serbuk bidara. Produk-produk olahan ini sudah dijual secara online oleh Qiara. Pada kesempatan itu, Qiara juga memperagakan cara pembuatan sabun cair herbal dan sabun padat bidara. 

Selesai mendapatkan penjelasan cara pembuatan beberapa produk olahan bidara bersama masyarakat sekitar, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengikuti Qiara menuju mural bidara dan pemukiman padat yang setiap rumahnya sudah merawat tanaman bidara dalam pot. 

Budidaya tanaman bidara arab yang menjadi proyek lingkungan hidup adalah bagian dari program Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2021 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PLN Mobile – PT PLN (Persero) UID Jawa Timur. 

Penulis: Mochamad Zamroni

4 tanggapan untuk “Wakil Wali Kota Surabaya Siap Kembangkan Kampung Bidara Qiara

  • Agustus 28, 2021 pada 15:57
    Permalink

    Semangat buat qiara…
    Yang bisa membudidayakan sebagai kampung bidara. Ini tanaman yg sulit didapat tetapi banyak manfaat dari tanaman tersebut dan bisa mengolah produk dari tanaman bidara.
    Sukses buat qiara….🤗
    Nama : Eka Ellysha Diandra Ramadhani
    Sekolah : SMPN 58 Surabaya
    No. Peserta : 250
    “Budidaya Maggot Bsf”

    Balas
  • Agustus 29, 2021 pada 00:13
    Permalink

    Arek Suroboyo Wani Berkarya, Wani Berprestasi

    Salam Bumi, Pasti Lestari
    Salam Sadar Iklim

    Aufaarelia Erdhinatasya Putri (090)
    SMP Negeri 22 Surabaya
    Budidaya dan Pemanfaatan Tanaman Telang

    Balas
  • Agustus 30, 2021 pada 19:13
    Permalink

    Kuerennn..
    Hebat Qiara
    Semoga proyek kamu terus berkembang dan sukses selalu 🙏🏻💪🏻

    Dari :
    Lintang Larasati (118)
    SDN GADING VII SURABAYA
    JIBAKO ( Jintan Berkhasiat Obat)

    Balas
  • Agustus 31, 2021 pada 13:36
    Permalink

    Semangat Qiara membuat Kampung Bidara untuk lingkungan yang lebih hijau. Ayo bersama kita hijaukan Surabaya menjadi Green City.

    Salam Bumi Pasti Lestari
    Salam Sadar Iklim

    Afrina Karimah N.A. (004)
    SDI Al Azhar 11 Surabaya
    Red Ginger Amazing

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *