Grand Final Pangeran dan Puteri LH 2021, PLN Berbagi Sumber Energi Baru Terbarukan

Grand Final Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2021 digelar secara daring melalui zoom dan LIVE Youtube Tunas Hijau ID, Selasa (7/9/2021) mulai pukul 15.30 WIB. 

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur Adi Priyanto beserta Senior Manager Niaga dan Layanan Pelanggan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jatim Fintje Lumembang hadir pada grand final ini.

Presiden Tunas Hijau Mochamad Zamroni dalam laporannya mengawali pelaksanaan Grand Final Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2021 ini menyampaikan bahwa program ini diikuti oleh 937 orang peserta. “Mereka adalah siswa SD dan SMP se Surabaya yang memiliki proyek lingkungan hidup yang sudah berjalan sebelumnya,” kata Mochamad Zamroni.

Dijelaskan oleh Zamroni, bahwa berarti ada 937 proyek lingkungan hidup yang dibuat oleh anak-anak itu. “Proyek lingkungan hidup ini bukanlah masih rencana aksi, tetapi aksi yang sudah dilakukan dan terus dikembangkan,” jelas Zamroni.

Ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya disampaikan oleh Presiden Tunas Hijau Mochamad Zamroni ini kepada PT PLN (Persero) Unit Induk Jawa Timur dengan PLN Mobile-nya, yang telah menjadi sponsor utama program ini sehingga bisa terlaksana dengan luar biasa.

Zamroni menjelaskan bahwa Penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup kali pertama diselenggarakan pada tahun 2002. “Alumni program ini tahun pertama bahkan ada yang menjadi Youth Advisory Council United Nations Environment Program Asia Pasific 2011-2013,” terang Zamroni.

Alumni program ini sebelumnya juga berulang kali mewakili Indonesia pada konferensi lingkungan hidup anak-anak internasional yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. 

“Di antaranya Kodomo COP 10 di Nagoya, Jepang tahun 2010. Juga International Children’s Conference on the Evironment 2004 di Amerika Serikat, 2006 di Malaysia, 2008 di Korea Selatan dan 2011 di Bandung. Juga Children’s World Summit dan World Expo 2005 di Aichi, Jepang,” tutur Zamroni.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur Adi Priyanto dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2021 yang digelar bersama PT PLN (Persero) Unit Induk Jawa Timur.

“Komitmen dan dedikasi tinggi organisasi lingkungan hidup Tunas Hijau sejak 1999 dalam pelestarian lingkungan hidup sehingga pada tahun 2015 mendapatkan penghargaan Kalpataru dari Pemerintah Indonesia membuat PLN ingin terlibat aktif dalam program lingkungan hidup ini,” kata Adi Priyanto, General Manager Unit Induk Distribusi Jawa Timur PT PLN (Persero).

Adi Priyanto menjelaskan bahwa PLN terus mengembangkan sumber energi baru dan terbarukan. “Pada tahun 2021 energi baru dan terbarukan sudah mencapai 13% dan ditargetkan mencapai 25% pada tahun 2025,” kata Adi Priyano.

Di antaranya Pembangkit Listrik Tenaga Sampah TPA Benowo Surabaya oleh Pemerintah Kota Surabaya bersama mitranya dan telah menghasilkan daya listrik 10,65 MegaWatt. “Listrik dari pengolahan sampah ini telah disalurkan kepada para pelanggan melalui PLN,” jelas Adi Priyanto, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur.

PLN juga terus mengembangkan pelayanan kepada para pelanggan. “Di antara pengembangan pelayanan pelanggan PLN yang saat ini bisa dinikmati adalah pelanggan tidak perlu lagi mengunjungi kantor PLN. Cukup dengan ujung jari pelanggan, yaitu melalui PLN Mobile,” terang Adi Priyanto.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam pesannya kepada para finalis untuk terus mengembangkan karyanya dan berinovasi bagi masyarakat melalui lingkungan hidup. “Terus bergerak,” pesan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Penulis: Mochamad Zamroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *