Pangeran Putri Lingkungan Joyflight (Lagi) Bersama Pesawat Militer Puspenerbal

Tiga puluh lima orang pangeran dan putri lingkungan hidup bersama aktivis Tunas Hijau dan guru pembina lingkungan hidup mengikuti Joyflight bersama Pesawat Militer Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal), Rabu (26/1/2022). 

Penerbangan khusus ini merupakan apresiasi dari Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin, SH, M.Han atas aksi nyata dan proyek lingkungan berkelanjutan yang terus mereka lakukan selama pandemi Covid-19 tahun 2021.

Sebelum terbang, pagi harinya, di Rumah Pintar Cendekia Lanudal Juanda, paguyuban pangeran dan puteri lingkungan hidup beserta guru pendamping dan orang tua yang menyertai mendapatkan pembekalan mengenai wawasan kebangsaan dan penerbangan TNI Angkatan Laut. 

Marsudi, dari Rumah Pintar Cendekia, Lanudal Juanda, bersama penerbang Lettu Penerbang Rivo dan Letda Penerbang Nita menjadi pembicara pada pembekalan yang dilaksanakan di Rumah Pintar Cendekia Juanda ini.

Menurut Marsudi, joyflight pangeran dan puteri lingkungan hidup bersama pesawat militer Puspenerbal ini tidak diberikan kepada orang sipil biasa. “Kalian adalah orang-orang berprestasi terpilih yang mendapatkan kesempatan langka terbang bersama pesawat militer ini,” ujar Marsudi saat pembekalan disambut tepuk tangan semua yang hadir.

Marsudi menjelaskan bahwa Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut memiliki markas komando di Juanda ini. “Dalam melaksanakan operasinya, pesawat-pesawat militer Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut selalu bekerja sama dengan kapal perang yang beroperasi,” kata Marsudi.

Ajakan untuk bergabung menjadi penerbang TNI Angkatan Laut juga disampaikan oleh Lettu Penerbang Rivo dan Letda Penerbang Nita. “Saya berpesan kepada adik-adik untuk terus belajar, belajar, belajar dan mengembangkan bakat. Bergabunglah menjadi penerbang TNI Angkatan Laut,” ucap Rivo dan Nita. 

Selesai pembekalan, rombongan Tunas Hijau itu berangkat dengan bus TNI AL menuju Skuadron 800 Wing Udara 2, tempat dimana lepas landas pesawat. Penerbangan dilakukan dengan dua kelompok, yaitu menggunakan pesawat militer CN 235 dan helikopter panther. 

Penerbangan yang dilakukan selama 60 menit ini mengambil rute penerbangan di atas Jawa Timur. “Nampak lebih jelas segala yang ada di permukaan karena kami terbang cukup rendah,” ujar Runner Up III Pangeran Lingkungan Hidup 2021 Prabu Panedya Firdaus Putra Aglar dari SD Laboratorium UNESA.

Selama penerbangan, rombongan Tunas Hijau mendapatkan banyak penjelasan dari Letda Penerbang Nita. Tanya jawab selama di pesawat ini tidak hanya seputar operasi penerbangan TNI Angkatan Laut. Termasuk juga tempat-tempat yang dilalui di bawahnya.

Kepala SDN Rungkut Menanggal I Surabaya Ika Suci Rahayu sangat terkesan dengan kesempatan langka yang diberikan kepada anak-anak pangeran dan putri lingkungan hidup 2021 ini. “Apresiasi yg luar biasa. Membuat yang lain termotivasi. Kepala sekolah juga termotivasi. Alhamdulillah saya bisa mendapatkan kesempatan joyflight juga bersama mereka,” kata Ika Suci Rahayu.

Penulis: Mochamad Zamroni

27 thoughts on “Pangeran Putri Lingkungan Joyflight (Lagi) Bersama Pesawat Militer Puspenerbal

  • Maret 1, 2022 pada 12:18
    Permalink

    Trimakasih kak zamroni selaku presiden tunas hijau id dan Tni Al puspenerbal atas kesempatannya untuk mengikuti joyfight bersama pesawat militer pusat penerbang (puspenerbal) ini adalah pengalaman yang sangat luarbiasa untuk kami pangput2021 karna ini adalah kesempatan langkah
    Semoga puspenerbal dan tunas hijau makin berjaya dan terus menginspirasi

    Balas
    • Maret 1, 2022 pada 15:30
      Permalink

      Terima kasih kakak tunas hijau dan bapak tni Al puspenerbal sudah mengizinkan pangeran puteri lingkungan hidup 2021 untuk dapat menikmati joyfligh bersama pesawat militer puspenrbal dan terima kasih atas semua apresiasinya dan bimbinganya.

      Balas
      • Maret 25, 2022 pada 23:47
        Permalink

        assalamualaikum …tunas hijau dengan saya verlita anggraini putri sekolah sdn rungkut menanggal 1 no peserta 268 dengan proyek limbah cangkang telur,saya adalah anak didik ibu ika suci rahayu,beliau memang seorang ibu kepala sekolah yang sangat luar biasa dalam mensupport kami,bahkan hingga terjun langsung kelapangan untuk membantu proyek saya yaitu limbah cangkang telor, boleh donk kak roni saya diberi kesempatan untuk naik pesawat militernya ya ?alangkah bangganya …semoga perjuangan saya tidak sia2 biar nt bisa ikutan naik sepert kakak yang lain amin…

        Balas
    • Maret 1, 2022 pada 18:30
      Permalink

      Terimakasih kepada Tunas Hijau dan Puspenerbal yang telah memberikan apresiasi kepada kami Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2021 sebagai Duta Lingkungan supaya kami tetap semangat dan tidak menyerah untuk terus menjalankan proyek kami . Joyflight menggunakan pesawat militer ini adalah sebuah kebanggaan dan suatu hal yang luar biasa bagi kami para pecinta lingkungan.
      ” Semangat untuk tetap melestarikan lingkungan hidup ”
      Salam bumi salan lestari…. ?

      Balas
      • Maret 25, 2022 pada 23:49
        Permalink

        assalamualaikum …tunas hijau dengan saya verlita anggraini putri sekolah sdn rungkut menanggal 1 no peserta 268 dengan proyek limbah cangkang telur,saya adalah anak didik ibu ika suci rahayu,beliau memang seorang ibu kepala sekolah yang sangat luar biasa dalam mensupport kami,bahkan hingga terjun langsung kelapangan untuk membantu proyek saya yaitu limbah cangkang telor, boleh donk kak roni saya diberi kesempatan untuk naik pesawat militernya ya ?alangkah bangganya …semoga perjuangan saya tidak sia2 biar nt bisa ikutan naik sepert kakak yang lain amin…

        Balas
    • Maret 1, 2022 pada 22:48
      Permalink

      Alhamdulillah… Terimakasih kepada Tunas Hijau dan Puspenerbal yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk bisa ikut joyflight.

      Balas
  • Maret 1, 2022 pada 12:42
    Permalink

    Menjadi suatu kehormatan untuk dapat menikmati Joyflight bersama Pesawat Militer Puspenerbal TNI AL, Terima kasih Bp. Laksamana Muda TNI Edwin,SH n Ham. dan Kak Zamroni Presiden Tunas Hijau atas apresiasinya. Semoga saya dapat kesempatan kembali pada Panugrahan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2022

    Balas
  • Maret 1, 2022 pada 12:47
    Permalink

    Terimakasih saya ucapkan kepada tunashijau dan juga Puspenerbal yang selalu memberikan apresiasi kepada kami untuk lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan kami. Terbang Bersama dengan menggunakan pesawat militer adalah sebuah kebanggaan Dan satu hal yang luar biasa yang akan selalu kami ingat , semoga kesempatan yang indah ini diperkenankan kembali untuk peserta pangeran dan Puteri LH di tahun tahun mendatang, semoga Puspenerbal dan tunas Hijau sukses selalu ????
    -vianey

    Balas
  • Maret 1, 2022 pada 13:39
    Permalink

    Kehormatan luar biasa yang di berikan kepada saya,untuk Joyflight bersama Pesawat Militer Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal)
    Terimakasih Untuk Apresiasi yang diberikan Komandan Puspenerbal Laksamana Muda Edwin dan terima kasih kesempatan yang di berikan oleh presiden Tunas Hijau Kak Zamroni.
    Joyflight ini akan saya ingat dan menjadi pengalaman yang luar biasa.
    Semangat untuk tetap melestarikan Lingkungan Hidup.
    Salam Bumi Pasti Lestari

    Balas
  • Maret 1, 2022 pada 14:40
    Permalink

    Terimakasih kepada Presiden Tunas
    Hijau, Anggota Puspenerbal Dan TNI AL
    Sudah mengajak saya terbang keliling – keliling Memakai pesawat militer, sungguh saya sangat bangga dan senang , dan itu akan selalu saya kenang .
    ~Salam Bumi Pasti Lestari…

    Balas
  • Maret 1, 2022 pada 15:37
    Permalink

    Terima kasih Tunas Hijau atas kesempatannya. Merupakan suatu kehormatan bagi saya atas kesempatan ini. Saya bangga sekali. Thank you

    Balas
    • Maret 28, 2022 pada 18:31
      Permalink

      Sangat menginspirasi saya

      Kirani shava_114_smpn 2

      Balas
  • Maret 1, 2022 pada 16:12
    Permalink

    Terima kasih kak tunas hijau, bu lina rachmawati, bu ika suci atas semua ilmu pengetahuanya Hingga saya bisa mengetahui Indahnya alam,,,,,
    Semoga ini semua bisa menjadi penyemangat menuju masa depan ???

    Balas
  • Maret 1, 2022 pada 19:25
    Permalink

    Rafa Azzahran Falah Purnama Putra/SDN Sememi II Surabaya/Finalis Pangeran Puteri Lingkungan Hidup th 2021/Alhamdulillah bisa menjadi bagian yang paling langkah ini palagi bisa foto bareng dengan TNI AL,dimana cita2ku menjadi TNI AL bidang kesehatan moga terwujud/terima kasih team Tunas Hijau yang telah menjadikan aku terpilih untuk ikutan terbang,walaupun bukan kategori terpilih di awal.

    Balas
  • Maret 1, 2022 pada 19:38
    Permalink

    Rafa Azzahran Falah Purnama Putra/SDN Sememi II Surabaya/Finalis Pangeran Puteri Lingkungan Hidup 2021,kesempatan yang luar biasa bisa ikut terbang bersama TNI AL di Puspenerbal,walaupun tdk termasuk kategori,benar apa kata pepatah “Kegagalan adalah awal dari kesuksesan” lakukan terbaik lanjutkan proyek yang berkelanjutan. Akhirnya saya terpilih untuk ikutan terbang,apalagi cita2 saya sbg TNI AL bidang kesehatan.terima kasih kepada Presiden Tunas Hijau yang perhatian dengan saya dan proyek saya…..Tunas Hijau Jaya Selalu

    Balas
  • Maret 1, 2022 pada 21:58
    Permalink

    Terimakasih tunas hijau dan puspanerbal atas pengalaman yang keren dan tidak akan saya lupakan. Thanks a lot ??

    Balas
    • Maret 2, 2022 pada 00:22
      Permalink

      Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Komandan Puspenerbal TNI bpk Laksamana Muda Edwin dan Presiden Tunas Hijau kak Mochamad Zamroni atas kesempatan dan apresiasi yang diberikan kepada saya untuk secara khusus joyflight bersama pesawat militer Puspenerbal. Sungguh ini merupakan kebanggaan tersendiri dan pengalaman yg luar biasa.. karena tidak sembarangan orang sipil yg bisa naik pesawat ini.Dan harapan saya kedepannya karena tahun ini saya sudah pernah naik pesawat militer CN 235,maka tahun depan saya harus bisa naik helicopter panther.?Untuk memotivasi diri sendiri agar bisa lebih fighting di pangput 2022 ini.?bravo Queen

      Balas
  • Maret 1, 2022 pada 22:28
    Permalink

    Terima kasih Tunas Hijau..
    Terima kasih Puspenerbal..
    Terima kasih untuk kesempatan yang sangat luar biasaaa ?
    Selain bersenang-senang tentunya banyak Ilmu Pengetahuan juga yang didapat.. love it ❤
    Sukses selalu untuk Tunas Hijau dan Puspenerbal, semoga Chilla bisa berkesempatan lagi untuk berkunjung dan ikut joy flight .. se seru itu ?

    Balas
  • Maret 1, 2022 pada 23:17
    Permalink

    allhamdulila bisa berpartisipasi dalam acara seperti ini muda mudahan dengan ada nya acara ini dapat memotivasi anak anak agar peduli terhadap lingkungan .

    Balas
  • Maret 2, 2022 pada 05:35
    Permalink

    Pengalaman yang luar biasa bisa joyflight bareng dengan helikopter ?? dan mendapat ilmu baru dunia penerbangan .. amazing pokoknya♥️. Terima Kasih tunas hijau dan puspenerbal.. semoga bisa mendapat kesempatan bertukar ilmu ke negeri kanguru ?
    Sukses selalu tunas hijau
    Sukses selalu puspenerbal

    Balas
  • Maret 2, 2022 pada 14:13
    Permalink

    Untuk Kak Rafa/SDN Sememi II Surabaya/terbanglah yang tinggi raihlah cita2 mu setinggi langit,tp jangan menjatuhkan teman demi kesuksesan…..terima kasih atas perhatiannya team Tunas Hijau atas terpilihnya putra kami ikutan terbang bersama orang2 hebat dan teman2 hebat

    Balas
  • Maret 2, 2022 pada 15:55
    Permalink

    thanks a lot Tunas Hijau dan Puspenerbal atas kesempatan yang keren ini, terima kasih sudah diajak terbang menggunakan pesawat militer.
    ini adalah kesempatan yang sangat luar biasa
    once again thank you for this big opportunity ?

    Balas
  • Maret 3, 2022 pada 18:11
    Permalink

    Sungguh pengalaman yg sangat mengesankan. Seru sekali rasanya dan tidak semua orang bisa mendapatkan pengalaman seperti itu….
    Thanks A lot Tunas hijau for the experience…?? Thanks a lot Komandan Puspenerbal Laksa TNI Edwin, SH, MHan.

    Balas
    • Maret 19, 2022 pada 10:40
      Permalink

      Semoga saya bisa naik helikopter dari pangput 2022
      Nama:Muhammad nayaka
      Asal sekolah:SDN kedung cowek 1/253
      No peserta:245

      Balas
  • Maret 19, 2022 pada 10:37
    Permalink

    Waw! Menarik sekali mudah-mudahan saya lolos sampai babak final dan bisa seperti Mereka.
    Nama: Desta ananda
    Asal sekolah: SDN Kedung cowek 1/253

    Balas
  • Maret 29, 2022 pada 00:37
    Permalink

    Semoga tahun ini aku bisa ikut joy flight karena di tahun 2020 aku gak ikut terpilih ?
    Nama: Athaya Khansa Aqilah Mahmud
    No :352
    Asal sekolah: SDN Kedung Cowek 1/253

    Balas
  • April 19, 2022 pada 16:55
    Permalink

    Nama : Attiya Tul Qudoos Mahdiyah
    No. Peserta : 012
    Sekolah : SDN Banjar Sugihan V / 617 Surabaya
    Judul Proyek : Budidaya Bunga Telang “Bunglang”

    “Pangeran Putri Lingkungan Joyflight (Lagi) Bersama Pesawat Militer Puspenerbal”

    Wow… Hebat sekali, semoga aku bisa menang menjadi PANGPUT LH 2022 seperti kakak – kakak Aamiin…

    Salam bumi pasti lestari ?
    Salam zerowaste ?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *