Ketentuan Final Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022

Selamat berproses menjadi generasi anti rebahan yang produktif dan peduli lingkungan hidup kepada seluruh finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022. 

Selamat berproses menjadi individu berkarakter peduli bagi kepentingan banyak orang.

Selamat berproses menyiapkan diri menyongsong masa depan gemilang dan menjadi pemimpin bangsa, negara dan dunia.

—–

Tahap final Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022 akan dilaksanakan hingga awal September 2022. Setiap finalis mendapatkan selempang yang disematkan oleh Wakil Wali Kota Surabaya Armuji pada Selasa (19/7/2022) di Taman Surya, Balai Kota Surabaya. 

Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022 SMP

Tahap final menjadi tahapan terakhir dalam penentuan para juara pada program penganugerahan ini. Ketentuan Final Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022 adalah sebagai berikut:

1. Setiap orang finalis harus menjunjung tinggi kejujuran dalam penyampaian setiap laporan berkaitan dengan realisasi Keluarga Sadar Iklim 2022 dan pencapaian proyek lingkungan hidupnya masing-masing. Dilarang memanipulasi data. Manipulasi data bisa berakibat diskualifikasi;  

2. Tiap finalis diminta membuat vlog capaian terukur proyek lingkungan hidupnya berdurasi minimal 2 menit melalui instagram. Termasuk juga target yang belum tercapai dan alasannya beserta target hingga akhir Agustus 2022. Penjelasan menggunakan media (kertas, papan tulis, atau yang lainnya dengan menampilkan data terukur). 

Pastikan bahwa data yang disampaikan melalui vlog cukup jelas dibaca melalui video yang dibuat. Vlog ini diunggah melalui instagram paling lambat Senin (25/7/2022). Sertakan tagar (#) #updateproyekFinalisPangeranPutriLH2022SMP #ASALSEKOLAH #pangeranputrilh2022SMP_nomorpeserta untuk SMP. 

Sedangkan untuk peserta kategori SD dengan menyertakan #updateproyekFinalisPangeranPutriLH2022SD #ASALSEKOLAH #pangeranputrilh2022SD_nomorpeserta;

3. Tiap finalis diminta mengikuti pembekalan yang dilaksanakan secara online melalui webinar tiap Sabtu siang. Siapkan pertanyaan dan sertakan daftar hadir dengan mencantumkan #ASALSEKOLAH #finalispangeranputrilh2021SD_nomorpeserta untuk SD pada kolom komentar saat live webinar pada youtube atau zoom. Sedangkan untuk SMP menyertakan #ASALSEKOLAH #finalispangeranputrilh2021SMP_nomorpeserta 

4. Melakukan aksi pengembangan Realisasi Keluarga Sadar Iklim 2022. Ketentuan seperti pada pengumuman khusus Keluarga Sadar Iklim 2022 ditambahkan pada setiap posting foto realisasi aksi.  

5. Menuliskan optimisme mengikuti masa final pada kolom komentar artikel ini. Sertakan nama lengkap, nomor peserta, asal sekolah dan judul proyek. Sertakan juga update capaian proyek hingga akhir tahap IV, serta tantangan yang dihadapi dalam pengembangan proyek lingkungan hidup selama ini;

Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022 SD

6. Sebagai upaya pengembangan kapasitas individu mengenai perkembangan lingkungan hidup, tiap finalis diminta aktif membaca setiap artikel terbaru yang ditayangkan melalui laman tunashijau.id dan meninggalkan komentar positif yang sesuai;

7. Tiap finalis diminta terus aktif melakukan aksi pengembangan proyek dan mengunggah foto-foto aksinya melalui instagram dengan menyertakan tanggal + tempat pelaksanaan aksi, data terukur capaian dan hal-hal unik lainnya. Di antara hal unik yang bisa disampaikan adalah hal unik yang dijumpai dalam aksi, kesan/pesan orang lain yang berinteraksi dalam proyek, penjelasan aksi, dan/atau hal yang lainnya;

8. Tiap finalis diminta mengirimkan foto close up keren luar ruangan terkini dengan visual proyeknya melalui insert dokumen whatsapp melalui nomor 08121701805 beserta biodata (nama lengkap, alamat rumah, sekolah, nama orang tua, hobi, cita-cita dan motto hidup); 

9. Pelaporan realisasi jurnal pengembangan proyek lingkungan hidup disampaikan setiap hari Minggu sebelum pukul 18.00 WIB melalui link khusus pelaporan jurnal harian https://bit.ly/jurnal-harian-pangput

10. Teknis Grand Final atau Puncak Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022 akan disampaikan lebih lanjut. 

11. Setiap finalis diminta menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Diantaranya dengan selalu mengenakan masker dengan benar saat berinteraksi dengan orang lain di luar rumah, dan sering mencuci tangan dengan sabun plus air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. 

12. Setiap finalis dan orang tua finalis membuat karangan bebas bernilai positif terkait pengalaman unik dan berkesan selama Penganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022 berisi sedikitnya 300 kata dan diunggah melalui akun Instagram masing-masing peserta. Batas akhir unggahan Senin, 25 Juli 2022. Tagar (#) khusus yang harus disertakan adalah #opiniortufinalispangeranputrilingkunganhidup2022 (untuk opini orang tua), #opinipembinafinalispangeranputrilingkunganhidup2022 (untuk guru pembina), #opinikasekfinalispangeranputrilingkunganhidup2022 (untuk kepala sekolah)

13. Setiap guru pembina yang aktif terlibat dan kepala sekolah membuat karangan bebas terkait pendidikan karakter melalui Panganugerahan Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022 sedikitnya 300 kata. Karangan diunggah melalui akun Instagram masing-masing paling lambat 25 Juli 2022. Bagi guru pembina yang aktif terlibat sejak awal program dan membuat karangan bebas ini akan diupayakan oleh Tunas Hijau untuk mendapatkan piagam penghargaan dari Wali Kota Surabaya. Berlaku juga bagi guru pembina dan kepala sekolah yang siswanya non finalis.

14. Seluruh finalis akan diminta mengikuti pameran dan bazar proyek lingkungan hidup pada Sabtu, 13 Agustus 2022. Tempat dan detil pelaksanaan akan disampaikan menyusul. 

15. Seluruh finalis diminta terus mengembangkan diri dengan isu-isu lingkungan hidup lokal dan global. Akan ada sesi khusus tanya jawab finalis seputar permasalahan lingkungan hidup. Teknis akan disampaikan menyusul.

16. Setiap finalis diminta menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarganya. 

17. Untuk penilaian terkait pengembangan proyek lingkungan hidup di antaranya mencakup capaian, intensitas aksi, peran diri (individu) dalam aksi proyek, dampak yang dihasilkan dari aksi proyek yang dilakukan, tantangan, dan ketertiban pelaporan melalui Instagram + jurnal.

18. Setiap finalis diminta menyiapkan diri untuk shooting/pengambilan video profil finalis. Durasi video minimal 4 menit dengan 1 kali pengambilan video. Finalis diharapkan untuk bisa memaksimalkan durasi video yang ada untuk meyampaikan hal-hal terkait dengan proyek LH masing-masing, meliputi capaian terukur, hal-hal unik , kisah lucu selama melakukan aksi proyek, pantun dan manfaat dari proyek untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup. 

Untuk shooting video profil tersebut pada poin 18, diminta untuk menyiapkan media display dan produk (bila ada) dari proyek LH masing-masing untuk keperluan video profil finalis. Media display maksimal berukuran A1. Isi display dapat berupa poster mengenai capaian proyek, atau rangkuman data capaian proyek (bila hanya berupa tulisan dan angka, maka HARUS bisa dibaca dengan jelas dari jarak 3 meter).

Penulis: Mochamad Zamroni

47 tanggapan untuk “Ketentuan Final Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022

  • Juli 20, 2022 pada 20:46
    Permalink

    Alhamdulillah, Senang sekali bisa lolos Ke Finalis Putri Lingkungan Hidup Tahun 2022☺️… Alhamdulillah, ketentuan Seleksi Tahap Final sudah Diberitahu🙏🙏😊😊.. Bismillah, semoga semua berjalan dengan lancar.. semoga, semuanya sukses☺️☺️..
    Saya berjanji akan terus bersemangat lagi dalam menjalankan proyek saya. Semangat terus buat teman-temanku semua. Terima kasih kepada kakak-kakak tunashijau.id yang memberikan wadah untuk anak-anak yang berprestasi di bidang lingkungan hidup🙏☺️

    Salam Bumi 🌍
    Salam Lestari 🌱
    Salam Sadar Iklim 😊

    Nama : Revalina Fernanda
    Kelas : 5F
    Sekolah : SDN Tandes Kidul I/110 Surabaya
    No. Peserta : 298
    Judul Proyek : Budidaya Bunga Telang

    Balas
  • Juli 20, 2022 pada 21:28
    Permalink

    Assalamu’alaikum wr wb
    Saya Tanaya Charissa Putri Nadira nomor peserta 552 dari SMPN 3 Surabaya dengan judul proyek Lingkungan Hidup “PANJAW” Pandan Hijau Wangi
    Sangat antusias mengikuti semua kegiatan di tahap final ini dan selalu memberikan yang terbaik dan selalu optimis dalam mengembangkan proyek dan realisasi Keluarga Sadar Iklim 2022.
    Pencapaian proyek hingga akhir tahap IV:
    Pencapaian:
    – sudah menanam 3.581 tanaman pandan.
    – telah bersosialisasi ke 3.870 orang, yaitu ibu ibu PKK, dan komunitas warga, teman sekolah SMPN 3 Surabaya, Wakil Walikota Surabaya Bp. Armuji.
    – 1 kampung binaan di Graha Sunan Ampel 1 Wiyung
    – 5 Sekolah adopsi
    – sudah membuat 4 produk yaitu teh pandan, boba pandan, puding santan pandan, dan hand sanitizer pandan.
    – teh pandan sudah terjual 20 botol dengan pendapatan sebanyak Rp. 100.000
    – boba pandan sudah terjual 50 botol dengan total 500.000
    – puding santan pandan sudah terjual 30 puding dengan total 120.000
    – hand sanitizer pandan sudah terjual 55 botol hand sanitizer dengan total 385.000
    – dan total semua hasilnya yaitu 1.105.000
    – sudah di liput dari tribun jatim (Surya Group)
    Tantangan yang dihadapi selama ini:
    – agak susah mendapatkan bibit pandan hijau wangi yang siap tanam
    – lahan tanam dirumah yang terbatas

    Menjadi generasi muda anti rebahan untuk kelestarian bumi kita siapa takut? 😉
    Salam PANJAW Pandan Hijau Wangiiii🌱
    Salam Bumi Pasti Lestari🌏👌

    Balas
    • Juli 21, 2022 pada 14:23
      Permalink

      Alhamdulillah saya sangat senang dan bersyukur. Semoga proyek saya mampu lebih menjangkau banyak orang dan semakin banyak yang mengikuti langkah saya untuk mengolah sampah organik menjadi eco enzyme.

      Nama: Dzulqarnain Syah S. Permana
      Asal Sekolah: SMPN 48 Surabaya
      Nomor Peserta: 155
      Judul Proyek: Budi Daya Eco Enzyme

      Pengukuran budi daya eco enzyme:
      ■Sisa sayuran dan kulit buah yang telah digunakan: +_ 321,2 kg
      ■Fermentasi Eco enzyme : +_1082,3L
      ■Hasil Panen: 13,3 Liter
      ■ Eco enzyme dibagikan: 8300ml (83 botol)
      ■ Pamflet yang telah dibagikan: 1608 lembar
      ■ Eco enzyme yang telah digunakan: 2,5L
      ■Eco enzyme murni yang laku terjual: 700 ml (7 botol)
      ■ Uang hasil penjualan yang diperoleh: Rp. 70.000,00
      ■Total Partisipan: 7.331 orang

      Ayo olah sampah dapur kita menjadi cairan yang sangat bermanfaat! Salam bumi pasti lestari

      Balas
      • Juli 25, 2022 pada 04:25
        Permalink

        Assalamualaikum, halo teman-teman 🤗
        Perkenalkan Saya Cantika Putri Agita, dari SDN Rungkut Menanggal 1 Surabaya. No peserta 266.

        Senin, 18 Juli 2022
        Saat tiba Pengumuman Finalis Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2022 diumumkan, Dan ternyata Saya termasuk salah satu finalis, Alhamdulillah bersyukur sekali pada Allah senang rasanya Saya bisa sampai dan lolos pada tahap Seleksi Finalis Pangeran Putri Lingkungan Hidup.
        Terima kasih untuk keluarga, kedua orang tua saya, Bapak Ibu guru, kakak-kakak Tim TunasHijau.id dan semua teman saya yang selalu mendukung Dan mensupport karya Dan kegiatan saya.

        Lolos pada tahap Finalis ini membuat Saya semakin yakin dan semangat untuk mengikuti dan berkontribusi aktif dalam kegiatan Peduli Lingkungan dan kegiatan TunasHijau.id
        Senang sudah diberi kesempatan yang luar biasa untuk belajar lebih banyak lagi di TunasHijau.id

        Saya sudah menanam 1400 lidah buaya,dan sosialisasi ke 875 orang…perumahan saya sudah tak jadikan kampung adopsi dan rumah adopsi.
        Target Saya bisa menanam 100 lidah buaya sampai akhir Agustus 2022 Dan bisa memberi lidah buaya di Lingkungan sekitar sebagai rumah adopsi.
        Dan menjadikan perumahan Puri Citra Rungkut sebagai Kampung Lidah Buaya.

        Semoga semua bisa terealisasikan dengan baik Dan bermanfaat untuk banyak orang.

        Saya optimis bisa menjadi Pangeran Putri Lingkungan Hidup tahun 2022.

        Salam Bumi
        Pasti Lestari
        Salam Sadar Iklim

        Terima kasih
        Cantika Putri Agita_266
        Proyek Budidaya Lidah Buaya

        Balas
    • Juli 22, 2022 pada 13:39
      Permalink

      Assalamualaikum wr.wb
      Alhamdulillah…Saya sangat senang dan bersyukur bisa lolos masuk finalis, dan semoga bisa kebabak berikutnya.
      Proyek saya Budidaya Tanaman Lidah Buaya
      PENCAPAIAN saat ini :
      *Target 1000 tanaman dan sudah tercapai 1113 tanaman disekolah dan dirumah
      * Sosialisasi sebanyak 212 Orang, disekolah dan di lingkungan rumah
      * Hasil olahan Proyek: Puding, Stik, Es krim, Es Sejoli (selasih jeruk lidah buaya), Sabun.
      * Produk terjual
      -Ice cream 25×5….125000
      -Puding 21×3…………63000
      -Libstik 19×5………….95000
      -Sejoli 53×5………….265000
      -Sabun 1×3……………….3000
      Total …….551000
      TANTANGAN sampai saat ini:
      -Tidak adanya lahan kosong disekitar untuk ditanam
      -Tanaman lambat tumbuh kembangnya
      -Mudah rusak jika kebanyakan air
      -Kurangnya kesadaran masyarakat tentang menjaga lingkungan hidup disekitar .
      Bismillahirrahmanirrahim semoga Kedepannya lancar dan saya akan berusaha untuk lebih bersemangat menjalankan proyek saya. Bu
      Salam Bumi Pasti Lestari
      Salam Keluarga Sadar Iklim

      Nama : Affandieny Wahadzaa Wicaksono
      Sekolah: SDN Banyu Urip lll/364 Surabaya
      Proyek: Budidaya Tanaman Lidah Buaya
      No.Peserta : 017

      Balas
  • Juli 21, 2022 pada 12:59
    Permalink

    Alhamdulillah, saya sangat senang, bersyukur dan tidak menyangka bisa lolos sampai tahap Final dan menjadi Finalis Putri Lingkungan Hidup tahun 2022, karena ini merupakan pertama kali saya ikut ajang Pangeran Putri Lingkungan Hidup. Terimakasih kepada kakak² Tunas Hijau, kepada guru pembimbing, serta teman teman semua yang telah mendukung saya. Saya berharap kegiatan seperti ini akan terus berlanjut. Semangat terus buat teman temanku semuanya 🥰🙏

    Salam Bumi Pasti Lestari 🌏🌱

    Nama: Virnie Alifia Nurrozi.
    Kelas: 9 (3 SMP).
    Sekolah: SMP Islam Raden Paku, Surabaya.
    No.Peserta: 002
    Judul Proyek: Budidaya Tanaman Lidah Buaya.

    Balas
    • Juli 21, 2022 pada 20:55
      Permalink

      Assalamualaikum wr.wb
      Alhamdulillah…Saya sangat senang dan bersyukur bisa lolos masuk finalis, dan semoga bisa kebabak Final. Karena ini merupakan pertama kali saya mengikuti kegiatan Pemilihan Pangeran Putri Lingkungan Hidup saya sangat surprise sekali. Terimakasih kepada kakak² Tunas Hijau yang telah memprakarsai kegiatan yang sangat positif untuk selalu mengajak mencintai dan menjaga lingkungan. Juga Pada ke-2 Pembimbing saya serta Teman² dan tentunya orang tua saya atas support dan dukungannya. Bismillahirrahmanirrahim semoga Kedepannya lancar dan saya akan berusaha untuk lebih bersemangat menjalankan proyek saya dan ketentuan Finalnya.
      Salam Bumi Pasti Lestari
      Salam Keluarga Sadar Iklim

      Nama : Affandieny Wahadzaa Wicaksono
      Sekolah: SDN Banyu Urip lll/364 Surabaya
      Proyek: Budidaya Tanaman Lidah Buaya
      No.Peserta : 017

      Balas
      • Juli 22, 2022 pada 13:32
        Permalink

        Alhamdulillah, Saya Andrew Ionesta
        Dari SDN KETABANG 1 no.288 dengan
        Judul Proyek : Budidaya Tanaman Binahong dengan No.Peserta 069 senang sekali rasanya bisa sampai ditahap ini, penuh dengan perjuangan dan tetap semangat untuk melanjutkan kiprah saya untuk melestarikan Lingkungan Hidup dan bermanfaat dengan orang orang sekitarnya :

        Pencapaian Target yang saya capai sampai saat ini :
        1. Menanam 10.200 Tanaman Binahong
        2.Sosialisasi Online dan Offline ke 7250 Orang
        3. Total Durasi/ Jam Pelaksanaan kegiatan saya adalah 274 Jam 35 Menit
        4. Membagikan 375 Tanaman Binahong
        5. Mempunyai 4 Kampung Binaan yaitu : Kampung Setro,Tanah Merah, Kranggan, dan Driyorejo dan 1 Komunitas FAC
        6. Dan Saya sudah memiliki 12 produk olahan dari Budidaya Tanaman Binahong :
        1. Makanan Ringan
        *Teh Mehong, Cendol, Puding, Peyek, Keripik,Siomay.Gyoza
        2. Kue Basah
        Putri Mandi,Lapis,Kelpon, Getas, Kue Mangkok

        7.Produk olahan dari Budidaya Tanaman Binahong sudah masuk UMKM Kelurahan Gading dan Kecamatan Tambaksari
        – Saya sudah memiliki NIB ( di tanggal 18 Mei 2022)
        – Produk olahan sudah terjual baik di acara bazar maupun Open PO Rp 5.230.000
        – saya sudah diliput Media TV : Jatim Siang, Tribun Jatim dan CNN , JTV JATIM
        Media Electronik : Surat kabar Harian Surya,Detik.com,Kabar Jatim,Memorandum,Tribun Jatim, Lentera TV, Kumparan,Berita Jatim,JawaPest
        Radio : Trijaya MNC

        Tantangan dalam proyek ini adalah Karena di tempat saya belum ada lahan kosong yang bisa dijadikan TAMAN dan Bibit Tanaman Binahong saya yang kadang tidak tumbuh atau mati

        Andrew Ionesta
        No.Peserta 069
        SDN Ketabang 1 no.288
        Budidaya Tanaman Binahong

        Balas
  • Juli 21, 2022 pada 18:43
    Permalink

    Astungkara Svaha Tathastu
    Ni Luh Gd Kt Keyva Richie Valerina Atmaja
    SDN Rungkut Menanggal 1
    judul Proyek Budidaya Lemongrass
    no Peserta 262

    saya senang sekali, lolos di babak finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022 ini, tapi saya tidak merasa puas begitu saja, saya yakin dan saya pasti bisa menjalani ketentuan Final Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022, semoga semua berjalan lancar.

    Saya sudah menanam 13.440 bibit Lemongrass
    – sosialisasi ke 5.255 orang baik online maupun offline
    – memiliki produk olahan ; minuman Lemongrass rasa original dan Rosella ; handsanitazer yang alami dan menggunakan alkohol; Dried Lemongrass : minyak urut Lemongrass: sambal matah Lemongrass ; kacang ijo Lemongrass ; stup Lemongrass : lilin aromaterapi Lemongrass ; peyek Lemongrass;; ayam betutu; sabun Lemongrass, ;
    -. memiliki kampung adopsi ; Rungkut Permai tahap 1, tahap 2 dan tahap 3, di sekolah, Margorejo, kosagra, Rungkut Barata, kelurahan Wonokromo, Sedati Sidoarjo
    saya membuat taman edukasi budidaya Lemongrass Keyva
    – saya sudah membagikan bibit Lemongrass ke 1000 bibit
    – produk olahan Lemongrass sudah masuk UMKM Kelurahan Rungkut Tengah dan Kecamatan Gunung Anyar
    – saya sudah memiliki NIB
    – Produk olahan sudah terjual baik di acara bazar maupun Open PO Rp 8.320.000
    – saya sudah diliput di analisapost. , media elektronik she radio FM
    Tantangan dalam proyek ini adalah lahan kosong di tempat tinggal saya sulit, dan biaya untuk penelitian produk olahan ,.smoga kendala dalam proyek ini bisa berjalan lancar

    Balas
    • Juli 21, 2022 pada 19:05
      Permalink

      Alhamdulillah saya RAFKY KEYZAR RAFFADHAN no peserta 203 dari SDN Tegalsari 1 dengan judul proyek Budidaya Kemangi,sudah lolos seleksi 4 dan sekarang allhamdulliah sebagai finalis pangeran SD lingkungan hidup 2022. Ketercapaian saya sampai dengan saat ini
      1.Menanam 14.670 dr biji kemangi
      2.Menanam10 dr batang kemangi
      3.Tanaman adopsi 59 tanaman
      4. Sosialisasi 1.036 orang
      5. Membuat produk minuman herbal kemangi BASTEA drink,dan kemangi kering,permen kemangi
      6.membuat kampung kemangi
      7.memenuhi challenge4friend dengan menanam 100 biji kemangi sebelum tanggal 5 juli 2022

      Kendala :
      2.000 biji tanaman di serang hama tikus
      5 tanaman dimakan tikus
      1 tanaman adopsi mati
      Menjual BASTEA drink sebanyak 283 pcs, dijual 2.000/pcs
      Optimisme saya mengikuti final ini saya ingin mengajak dilingkungan terdekat khususnya,masyarakat sekitar pada umumnya untuk melestarikan lingkungan dengan cara mengurangi penggunaan plastik, mengajak menanam khususnya tanaman kemang karena tanaman kemangi banyak manfaat nya.

      Balas
      • Juli 21, 2022 pada 19:30
        Permalink

        Alhamdulillah, 🤲 Saya Revalina Fernanda Finalis Putri Lingkungan Hidup Tahun 2022😊senang, sekali bisa lolos menjadi Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup Tahun 2022 🤩☺️..
        Alhamdulillah, saya sudah mencapai :
        – Menanam sebanyak 21.600 Bunga Telang Dirumah, disekolah, dan Kampung Adopsi.
        – Saya, sudah mensosialisasikan Proyek saya ke 9.850 Orang
        Saya, sudah pernah bersosialisasi ke Duta Besar Republik Indonesia Untuk Rumania Dan Moldova
        Saya, sudah Bersosialisasi ke Bapak Walikota Surabaya
        Saya, sudah Bersosialisasi ke Istri Dari Bapak Walikota Surabaya
        Saya, sudah Bersosialisasi ke Anggota DPRD JAWA TIMUR ☺️
        Saya, sudah Bersosialisasi ke Dinas Lingkungan Hidup
        Sudah, Bersosialisasi Ke Puskemas Balongsari Dan Manukan.
        Sudah Bersosialisasi Ke DKPP Surabaya
        Sudah Bersosialisasi ke BPBD
        Sudah Bersosialisasi ke Pak Camat dan Bu Lurah
        Saya, Sudah Bersosialisasi ke Bank Mandiri Taspen 😊
        Ke Ibu Kepala sekolah SDN Tandes Kidul I 😊 dan Bapak Ibu Guru..
        Sudah Bersosialisasi ke Warga-warga, dan teman-teman ☺️..
        Saya sudah Memiliki 5 Kampung Adopsi yaitu :
        – Tanjungsari 4
        – Tanjungsari 6
        – Sememi
        – Karah
        – Sono Indah
        Saya, sudah mengadopsi Kwartir Cabang Surabaya untuk meneruskan proyek saya lebih lanjut 😊..
        Saya sudah membuat Produk Olahan Telang 😊 :
        Ada Pudding Bunga Telang
        Minuman Telang
        Susu Bunga Telang
        Salad buah bunga Telang
        Dadar gulung bunga Telang
        Kue dari Bunga Telang 😊
        Dan produk Kecantikan yaitu Face Mist Wajah dari Bunga Telang 😊..
        Harapan Saya kedepannya Semoga, Kedepannya Semakin menambah banyak capaian saya ☺️dan tentunya saya berharap tidak hanya saya saja yang peduli lingkungan tetapi Semua Warga Surabaya 😊….
        Target saya Kedepannya :
        – Bersosialisasi ke 10.000 Orang
        – Memiliki 7 Kampung Adopsi

        Saya, menemukan hal unik saat menjalankan proyek seperti, pada saat saya menyiram Telang, melihat iguana liar memakan Daun Telang, itu bisa membuat bunga Telang menjadi layu☺️..lalu saya dan teman-teman Mengejar iguana liar tersebut agar tidak membuat kerusakan tanaman😊😊..

        Sekian, dari saya.. Terima kasih ☺️🙏

        Salam Bumi 🌍
        Salam Lestari 🌱
        Salam Sadar iklim 😊

        Nama : REVALINA FERNANDA
        Kelas : 5F
        SDN TANDES KIDUL I/110 SURABAYA
        FINALIS PUTRI LINGKUNGAN HIDUP TAHUN 2022😊..
        NO.PESERTA : 298
        JUDUL PROYEK : BUDIDAYA BUNGA TELANG 😊

        Balas
    • Juli 21, 2022 pada 19:21
      Permalink

      Astungkara kepada tim tunas hijau karena saya sudah menjadi Finalis pangeran lingkungan hidup. Saya tidak hanya bergembira saja, dengan saya berjuang lagi saya pasti bisa dan akan selalu mengembangkan proyek saya.

      I Putu Pasya Devantara
      SMPN 3 SURABAYA
      No. Peserta 095
      Judul proyek MENGOLAH SAMPAH RUMAH TANGGA MENJADI POC DAN POP

      – Saya sudah mengolah sampah rumah sebanyak 65 kg
      – Saya bersosialisasi dengan 1859 orang
      – Saya membagikan 35 POC dan 39 POP

      SALAM BUMI PASTI LESTARI 🌱🌏

      Balas
  • Juli 21, 2022 pada 21:41
    Permalink

    Alhamdulillah🤲🏻, saya senang sekali bisa menjadi finalis Putri Lingkungan Hidup 2022, terima kasih untuk kakak-kakak Tunas Hijau Id😄.

    Saya Viola Kanaka Ardhani no. Peserta 382 dari SDN Kedung Cowek I/253 Surabaya, dengan judul proyek Viola’s Craft Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Bisnis Online Shop. Capaian saya adalah:
    -sudah mengumpulkan sampah plastik sebanyak 18.242,3 gram dan yang sudah didaur ulang sebanyak 1.594 gram
    -sudah bersosialisasi kepada 706 orang
    -sudah mengadopsi 10 warung kopi
    -sudah membuat 156 produk daur ulang
    – produk terjual sebanyak 35 produk
    -uang yang didapat dari hasil penjualan = Rp 389.000,-
    -sudah mengadakan workshop cara membuat gantungan kunci di kelas IV A SDN Kedung Cowek I/253 Surabaya
    -sudah memiliki NIB

    Tantangan yang saya hadapi:
    Sulit mengajak masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah

    Terima kasih🙏🏻

    Salam Bumi!
    Salam Lestari!🌱

    Wasalamualaikum wr. wb

    Balas
  • Juli 22, 2022 pada 07:16
    Permalink

    Alhamdulilah, Saya Keishya Ghea Avrillea
    Dari SMPN 56 Surabaya Dengan judul proyek BUDJANG (Budidaya Pepaya Jepang) No peserta 434 senang sekali, bangga bisa lolos menjadi Finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup Tahun 2022.✨

    Bersyukur bisa sampai dititik ini, melangkah jauh sampai ditahap ini. Langkah yang penuh semangat perjuangan untuk mengikuti, menjalani dan menikmati prosesnya selama kurang lebih 5 bulan, sejak bulan februari.🌿

    Capaian yang telah saya capai :
    • Telah membudidayakan 1550 tanaman pepaya Jepang.
    • Membagikan 280 tanaman pepaya jepang pada warga sekitar.
    • Telah mengadopsi kampung tanaman pepaya jepang.
    • Mensosialisasikan proyek kepada 2800 orang secara offline. 900 warga sekolah, 1900 warga sekitar sekolah, masyrakat dan pasar saat kegiatan gerebek pasar, pengumpulan sampah organik, kegiatan rampok kresek dipasar.
    • Mensosialisasikan proyek kepada 3400 orang secara online via Instagram dan youtube.
    • Telah bersosialisasi kepada tim penilai adiwiyata tingkat kota dan provinsi.
    • Telah membuat 3 macam produk keripik, sabun batang, sabun cair daun pepaya jepang.
    • Telah membagikan produk kepada tim penilai adiwiyata tingkat kota dan provinsi
    • Telah membagikan produk kepada warga sekitar sekolah.
    • Telah mentestimonikan produk kepada 30 orang.
    • Telah menjual 50 produk keripik, sabun batang, dan sabun cair daun pepaya jepang secara offline maupun online.

    Salam sehat salam Zero Waste.👌
    Salam bumi pasti Lestari.🌍🌳

    Balas
  • Juli 22, 2022 pada 13:33
    Permalink

    Alhamdulillah, Saya Andrew Ionesta
    Dari SDN KETABANG 1 no.288 dengan
    Judul Proyek : Budidaya Tanaman Binahong dengan No.Peserta 069 senang sekali rasanya bisa sampai ditahap ini, penuh dengan perjuangan dan tetap semangat untuk melanjutkan kiprah saya untuk melestarikan Lingkungan Hidup dan bermanfaat dengan orang orang sekitarnya :

    Pencapaian Target yang saya capai sampai saat ini :
    1. Menanam 10.200 Tanaman Binahong
    2.Sosialisasi Online dan Offline ke 7250 Orang
    3. Total Durasi/ Jam Pelaksanaan kegiatan saya adalah 274 Jam 35 Menit
    4. Membagikan 375 Tanaman Binahong
    5. Mempunyai 4 Kampung Binaan yaitu : Kampung Setro,Tanah Merah, Kranggan, dan Driyorejo dan 1 Komunitas FAC
    6. Dan Saya sudah memiliki 12 produk olahan dari Budidaya Tanaman Binahong :
    1. Makanan Ringan
    *Teh Mehong, Cendol, Puding, Peyek, Keripik,Siomay.Gyoza
    2. Kue Basah
    Putri Mandi,Lapis,Kelpon, Getas, Kue Mangkok

    7.Produk olahan dari Budidaya Tanaman Binahong sudah masuk UMKM Kelurahan Gading dan Kecamatan Tambaksari
    – Saya sudah memiliki NIB ( di tanggal 18 Mei 2022)
    – Produk olahan sudah terjual baik di acara bazar maupun Open PO Rp 5.230.000
    – saya sudah diliput Media TV : Jatim Siang, Tribun Jatim dan CNN , JTV JATIM
    Media Electronik : Surat kabar Harian Surya,Detik.com,Kabar Jatim,Memorandum,Tribun Jatim, Lentera TV, Kumparan,Berita Jatim,JawaPest
    Radio : Trijaya MNC

    Tantangan dalam proyek ini adalah Karena di tempat saya belum ada lahan kosong yang bisa dijadikan TAMAN dan Bibit Tanaman Binahong saya yang kadang tidak tumbuh atau mati

    Andrew Ionesta
    No.Peserta 069
    SDN Ketabang 1 no.288
    Budidaya Tanaman Binahong

    Balas
  • Juli 22, 2022 pada 13:40
    Permalink

    Assalamualaikum wr.wb
    Alhamdulillah…Saya sangat senang dan bersyukur bisa lolos masuk finalis, dan semoga bisa kebabak berikutnya.
    Proyek saya Budidaya Tanaman Lidah Buaya
    PENCAPAIAN saat ini :
    *Target 1000 tanaman dan sudah tercapai 1113 tanaman disekolah dan dirumah
    * Sosialisasi sebanyak 212 Orang, disekolah dan di lingkungan rumah
    * Hasil olahan Proyek: Puding, Stik, Es krim, Es Sejoli (selasih jeruk lidah buaya), Sabun.
    * Produk terjual
    -Ice cream 25×5….125000
    -Puding 21×3…………63000
    -Libstik 19×5………….95000
    -Sejoli 53×5………….265000
    -Sabun 1×3……………….3000
    Total …….551000
    TANTANGAN sampai saat ini:
    -Tidak adanya lahan kosong disekitar untuk ditanam
    -Tanaman lambat tumbuh kembangnya
    -Mudah rusak jika kebanyakan air
    -Kurangnya kesadaran masyarakat tentang menjaga lingkungan hidup disekitar .
    Bismillahirrahmanirrahim semoga Kedepannya lancar dan saya akan berusaha untuk lebih bersemangat menjalankan proyek saya. Bu
    Salam Bumi Pasti Lestari
    Salam Keluarga Sadar Iklim

    Nama : Affandieny Wahadzaa Wicaksono
    Sekolah: SDN Banyu Urip lll/364 Surabaya
    Proyek: Budidaya Tanaman Lidah Buaya
    No.Peserta : 017

    Balas
  • Juli 22, 2022 pada 13:42
    Permalink

    Alhamdulillah, Saya Andrew Ionesta
    Dari SDN KETABANG 1 no.288 dengan
    Judul Proyek : Budidaya Tanaman Binahong dengan No.Peserta 069 senang sekali rasanya bisa sampai ditahap ini, penuh dengan perjuangan dan tetap semangat untuk melanjutkan kiprah saya untuk melestarikan Lingkungan Hidup dan bermanfaat dengan orang orang sekitarnya :

    Pencapaian Target yang saya capai sampai saat ini :
    1. Menanam 10.200 Tanaman Binahong
    2.Sosialisasi Online dan Offline ke 7250 Orang
    3. Total Durasi/ Jam Pelaksanaan kegiatan saya adalah 274 Jam 35 Menit
    4. Membagikan 375 Tanaman Binahong
    5. Mempunyai 4 Kampung Binaan yaitu : Kampung Setro, Rusun Tanah Merah, Kranggan, dan Driyorejo dan 1 Komunitas FAC
    6. Dan Saya sudah memiliki 12 produk olahan dari Budidaya Tanaman Binahong :
    1. Makanan Ringan
    *Teh Mehong, Cendol, Puding, Peyek, Keripik,Siomay.Gyoza
    2. Kue Basah
    Putri Mandi,Lapis,Kelpon, Getas, Kue Mangkok

    7.Produk olahan dari Budidaya Tanaman Binahong sudah masuk UMKM Kelurahan Gading dan Kecamatan Tambaksari
    – Saya sudah memiliki NIB ( di tanggal 18 Mei 2022)
    – Produk olahan sudah terjual baik secara Offline & Online di acara bazar maupun Rp 5.230.000
    – Saya sudah diliput Media TV : Jatim Siang, Tribun Jatim dan CNN INDONESIA, JTV JATIM
    Media Electronik : Surat kabar Harian Surya,Detik.com,Kabar Jatim,Memorandum,Tribun Jatim, Lentera TV, Kumparan,Berita Jatim,JawaPest
    Radio : Trijaya MNC

    Tantangan dalam proyek ini adalah Karena di tempat saya belum ada lahan kosong yang bisa dijadikan TAMAN dan Bibit Tanaman Binahong saya yang kadang tidak tumbuh, mati dan terkena Jamur

    Andrew Ionesta
    No.Peserta 069
    SDN Ketabang 1 no.288
    Budidaya Tanaman Binahong

    Balas
  • Juli 22, 2022 pada 16:42
    Permalink

    Puji Tuhan saya bisa lolos seleksi 4 dan lanjut ke babak final penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan hidup ini, saya bersyukur dan tidak menyangka bisa adaa dan bertahan sampai menjadi finalis. saya berharap semoga saya semakin semangat untuk menjalankan proyek lingkungan hidup ini, semoga kedepannya proyek saya bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. tak lupa saya juga mengucapkan terimakasih banyak kepada kakak kakak dari Tunas Hijau serta guru pembina pangput dari SMPN 22 SURABAYA atas kesempatan dan support nya untuk saya bisa mengikuti penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan hidup dan maju sampai saya menjadi finalis.

    Capaian:
    1. sudah menanam 1150 tanaman kenikir sayur dan kenikir bunga
    2. sudah mensosialisasikan proyek saya kepada 986 orang
    3. mempunyai 4 produk dari tanaman kenikir (teh celup kenikir, minuman herbal kenikir, keripik kenikir, batuk ecoprint kenikir)
    4. sudah menjual produk saya ini ke masyarakat sekitar sewaktu sosialisasi dan mendapat masukkan sebanyak 285.000
    5. membagikan tanaman kenikir sebanyak 25 tanaman

    Nama: Agatha Felice Cristhabel
    No. Peserta: 154
    Sekolah: SMPN 22 SURABAYA
    Judul proyek: Budidaya tanaman kenikir

    Balas
  • Juli 22, 2022 pada 16:44
    Permalink

    Puji Tuhan saya bisa lolos seleksi 4 dan lanjut ke babak final penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan hidup ini, saya bersyukur dan tidak menyangka bisa adaa dan bertahan sampai menjadi finalis. saya berharap semoga saya semakin semangat untuk menjalankan proyek lingkungan hidup ini, semoga kedepannya proyek saya bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. tak lupa saya juga mengucapkan terimakasih banyak kepada kakak kakak dari Tunas Hijau serta guru pembina pangput dari SMPN 22 SURABAYA atas kesempatan dan support nya untuk saya bisa mengikuti penganugerahan Pangeran dan Puteri Lingkungan hidup dan maju sampai saya menjadi finalis.

    Capaian:
    1. sudah menanam 1150 tanaman kenikir sayur dan kenikir bunga
    2. sudah mensosialisasikan proyek saya kepada 986 orang
    3. mempunyai 4 produk dari tanaman kenikir (teh celup kenikir, minuman herbal kenikir, keripik kenikir, batuk ecoprint kenikir)
    4. sudah menjual produk saya ini ke masyarakat sekitar sewaktu sosialisasi dan mendapat masukkan sebanyak 285.000
    5. membagikan tanaman kenikir sebanyak 25 tanaman

    Kendala:
    1. banyak tanaman yang mati akibat cuaca yang tidak menentu serta ada nya hama tikus yang memakan tanaman kenikir saya
    2. kurangnya lahan untuk menanam tanaman kenikir

    Nama: Agatha Felice Cristhabel
    No. Peserta: 154
    Sekolah: SMPN 22 SURABAYA
    Judul proyek: Budidaya tanaman kenikir

    Balas
  • Juli 22, 2022 pada 18:47
    Permalink

    Nama : Tanaya Aprilia Giofian
    Sekolah : SMP Negeri 22 Surabaya
    No. Peserta : 160
    Judul Proyek : Pemanfaatan Lerak dan Porang Untuk Produk Sabun Perawatan Kulit
    Alhamdulillah, Saya dapat lolos seleksi Tahap IV dan menjadi Finalis Lomba Pangeran Dan Putri Lingkungan 2022 tingkat SMP.

    Sebagai Finalis tentunya saya memiliki rasa optimis untuk menjadi the best of the best. Banyak suka dan duka dalam proses menuju tahapan menjadi finalis, dimana dalam proses pencapaian target, ada yang melampaui dan ada juga yang masih belum terlampaui dengan beberapa faktor kendala teknis maupun non teknis.
    Update pencapaian target atau hasil :
    1. Penanaman Tanaman Porang sebanyak 1.700 Pohon tersebar diberbagai tempat. Dengan rincian di rumah sebanyak 700 Pohon, SMP Negeri 22 sebanyak 1000 Pohon,
    Kendala pencapaian : tanaman beberapa mati karena dimakan tikus,siput dan faktor cuaca.
    2. Penanaman Tanaman Lerak saya budidayakan dirumah dari biji Lerak setelah digunakan produksi sabun maupun shampo Klejami. di rumah sebanyak 500 biji yang saya semai,
    Kendala pencapaian : tumbuh tanaman memerlukan proses yang lama.
    3. Penjualan sabun saat ini sudah mencapai 149 Buah, dengan nilai penjualan Rp.5.215.000
    4. Penjualan shampo Klejami saat ini mencapai 50 Botol dengan nilai penjualan Rp.750.000
    5. Sosialisasi secara langsung tatap muka maupun melalui media cetak dan elektronik, membantu saya untuk mensosialisasikan ke semua pelosok baik surabaya sampai nasional.(Jawa Pos,Harian Surya,Tribuns.com,kompas tv,detik.com,lentera tv,Basra,kumparan) sebanyak 12 ribu audience

    Kendala pencapaian : – Tanaman beberapa mati karena dimakan tikus,siput dan faktor cuaca.
    – Terbatasnya lahan untuk penanaman

    Saya dapat menjadi finalis Putri lingkungan hidup tentunya berkat Doa Kedua oranga tua saya yang selalu mendukung tanpa lelah, Dukungan berbagai pihak seperti Ibu Kepala Sekolah SMP Negeri 22 beserta guru pembina dan para staffnya pengajar, Bapak/ibu di lingkungan kampung adopsi, Pihak Tunas Hijau selaku penyelenggara dan teman-temanku.

    Salam Bumi Pasti Lestari…..

    Balas
  • Juli 22, 2022 pada 21:27
    Permalink

    Saya sangat senang karena sudah menjadi Finalis pangeran lingkungan hidup tahun 2022 dan saya akan lebih meningkatkan tanggung jawab saya dan lebih percaya diri.

    Update Pencapaian saya yaitu:
    – Saya sudah mengolah sampah rumah tangga sebanyak 65 kg
    – saya sudah bersosialisasi dengan 1859 orang secara online ataupun offline
    – membagikan 35 POC DAN 39 POP

    Tantang saya selama ini:
    – lahan pembuatan POC DAN POP terbatas
    – POC yang mengalami pembusukan
    – fermentasi POC DAN POP tidak sempurna

    I Putu Pasya Devantara
    SMPN 3 SURABAYA
    No. Peserta 095
    Judul proyek MENGOLAH SAMPAH RUMAH TANGGA MENJADI POC DAN POP

    SALAM BUMI PASTI LESTARI 🌱🌏

    Balas
  • Juli 23, 2022 pada 06:29
    Permalink

    Alhamdulillah, Saya Andrew Ionesta
    Dari SDN KETABANG 1 no.288 dengan
    Judul Proyek : Budidaya Tanaman Binahong dengan No.Peserta 069 senang sekali rasanya bisa sampai ditahap ini, penuh dengan perjuangan dan tetap semangat untuk melanjutkan kiprah saya untuk melestarikan Lingkungan Hidup dan bermanfaat dengan orang orang sekitarnya :

    Pencapaian Target yang saya capai sampai saat ini :
    1. Menanam 10.200 Tanaman Binahong
    2.Sosialisasi Online dan Offline ke 7250 Orang
    3. Total Durasi/ Jam Pelaksanaan kegiatan saya adalah 274 Jam 35 Menit
    4. Membagikan 375 Tanaman Binahong
    5. Mempunyai 4 Kampung Binaan yaitu : Kampung Setro,Tanah Merah, Kranggan, dan Driyorejo dan 1 Komunitas FAC
    6. Dan Saya sudah memiliki 12 produk olahan dari Budidaya Tanaman Binahong :
    1. Makanan Ringan
    *Teh Mehong, Cendol, Puding, Peyek, Keripik,Siomay.Gyoza
    2. Kue Basah
    Putri Mandi,Lapis,Kelpon, Getas, Kue Mangkok

    7.Produk olahan dari Budidaya Tanaman Binahong sudah masuk UMKM Kelurahan Gading dan Kecamatan Tambaksari
    – Saya sudah memiliki NIB ( di tanggal 18 Mei 2022)
    – Produk olahan sudah terjual baik di acara bazar maupun Open PO Rp 5.230.000
    – saya sudah diliput Media TV : Jatim Siang, Tribun Jatim dan CNN , JTV JATIM
    Media Electronik : Surat kabar Harian Surya,Detik.com,Kabar Jatim,Memorandum,Tribun Jatim, Lentera TV, Kumparan,Berita Jatim,JawaPest
    Radio : Trijaya MNC

    Tantangan dalam proyek ini adalah Karena di tempat saya belum ada lahan kosong yang bisa dijadikan TAMAN dan Bibit Tanaman Binahong saya yang kadang tidak tumbuh atau mati

    Andrew Ionesta
    No.Peserta 069
    SDN Ketabang 1 no.288
    Budidaya Tanaman Binahong

    Balas
  • Juli 23, 2022 pada 06:30
    Permalink

    *Alhamdulillah, Saya Andrew Ionesta
    Dari SDN KETABANG 1 no.288 dengan
    Judul Proyek : Budidaya Tanaman Binahong dengan No.Peserta 069 senang sekali rasanya bisa sampai ditahap ini, penuh dengan perjuangan dan tetap semangat untuk melanjutkan kiprah saya untuk melestarikan Lingkungan Hidup dan bermanfaat dengan orang orang sekitarnya :*

    Pencapaian Target yang saya capai sampai saat ini :
    1. Menanam 10.200 Tanaman Binahong
    2.Sosialisasi Online dan Offline ke 7250 Orang
    3. Total Durasi/ Jam Pelaksanaan kegiatan saya adalah 274 Jam 35 Menit
    4. Membagikan 375 Tanaman Binahong
    5. Mempunyai 4 Kampung Binaan yaitu : Kampung Setro,Tanah Merah, Kranggan, dan Driyorejo dan 1 Komunitas FAC
    6. Dan Saya sudah memiliki 12 produk olahan dari Budidaya Tanaman Binahong :
    1. Makanan Ringan
    *Teh Mehong, Cendol, Puding, Peyek, Keripik,Siomay.Gyoza
    2. Kue Basah
    Putri Mandi,Lapis,Kelpon, Getas, Kue Mangkok

    7.Produk olahan dari Budidaya Tanaman Binahong sudah masuk UMKM Kelurahan Gading dan Kecamatan Tambaksari
    – Saya sudah memiliki NIB ( di tanggal 18 Mei 2022)
    – Produk olahan sudah terjual baik di acara bazar maupun Open PO Rp 5.230.000
    – saya sudah diliput Media TV : Jatim Siang, Tribun Jatim dan CNN , JTV JATIM
    Media Electronik : Surat kabar Harian Surya,Detik.com,Kabar Jatim,Memorandum,Tribun Jatim, Lentera TV, Kumparan,Berita Jatim,JawaPest
    Radio : Trijaya MNC

    Tantangan dalam proyek ini adalah Karena di tempat saya belum ada lahan kosong yang bisa dijadikan TAMAN dan Bibit Tanaman Binahong saya yang kadang tidak tumbuh atau mati

    Andrew Ionesta
    No.Peserta 069
    SDN Ketabang 1 no.288
    Budidaya Tanaman Binahong

    Balas
  • Juli 23, 2022 pada 10:12
    Permalink

    Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah tuhan yang maha kuasa atas karunia yang telah ia limpahkan kepada saya, saya bisa menjadi salah satu dari Finalis Pangeran Lingkungan Hidup 2022 SMP, terima kasih kepada kedua orang tua saya yang selalu mendukung dan mendoakan saya sehingga saya bisa sampai di titik ini, terima kasih juga kepada Miss Sulis dan Miss May selaku pembina Pangput SPEGA yang juga selalu mendukung setiap kegiatan-kegiatan yang di lakukan Pangput SPEGA, kakak-kakak Tim Tunas Hijau yang telah memberikan kesempatan ini kepada saya, Pak Karjo selaku Kepala Sekolah SMPN 3 Surabaya, Bapak-Ibu guru serta staf karyawan SMPN 3 Surabaya, temen-teman Pangput SPEGA, mama-mama Pangput SPEGA, kakak OSIS yang membantu mendokumentasikan kegiatan bazar yang di adakan Pangput SPEGA, teman-teman saya dan semua orang yang berjasa dalam proyek lingkungan hidup saya ini…….. sekali lagi saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya

    Pencapaian dalam proyek lingkungan hidup saya adalah
    – menanam tanaman ginseng Jawa sebanyak 3.146 batang
    – mensosialisasikan proyek saya ini kepada 2.870 orang baik secara offline maupun online
    – mengadopsi 7 sekolah binaan
    – mengadopsi 3 kampung binaan
    – melakukan podcast bersama Bapak Wakil Waki Kota Surabaya, Bapak Armuji mengenai bincang bincang proyek lingkungan hidup saya
    – menjual produk olahan diantaranya stik terjual 95 toples, teh terjual 57 botol dan 38 sachet, masker 9 sachet, nugget 5 pack, tahu isi 70 pcs dengan total pendapatan Rp. 1.753.000

    Tantangan saya dalam proyek ini tanaman saya sering terkena hama yaitu dimakan tikus

    Nama : Bara Qharais Islamy Pasha
    Asal Sekolah : SMPN 3 Surabaya
    No. Peserta : 091
    Judul Proyek : “Ginjal Mantan” Ginseng Jawa Luar Biasa Manfaat Kesehatan nya

    Salam Bumi Salam Lestari 🌏🌱

    Balas
  • Juli 23, 2022 pada 12:06
    Permalink

    Nama : Kayza Izza Medina
    Sekolah : SMPN 3 Surabaya
    No Peserta : 228
    Judul Proyek : Budidaya Tanaman Kelor

    Alhamdulillah..sebagai finalis putri lingkungan hidup tahun 2022, saya merasa yakin dan optimis,selalu berusaha semaksimal mungkin insya Allah mencapai yang terbaik.
    Mulai dari awal keikutsertaan saya bertekad,keinginan untuk terus belajar menjalani proses dengan rasa senang,dan semangat,banyak hal positif yang saya dapatkan dalam mengikuti kompetisi ini.
    Dalam kesempatan ini tidak lupa saya mengucapkan terimakaasih kepada kedua orang tua saya yang selalu mendukung dan mendoakan saya sehingga saya bisa sampai di titik ini, Terimakaasih juga kepada Miss Sulis dan Miss May selaku pembina pangput SPEGA yang juga selalu mendukung setiap kegiatan-kegiatan yang di lakukan Pangput SPEGA, Pak Karjo selaku Kepala Sekolah SMPN 3 Surabaya, Bapak – Ibu Guru serta staf karyawan SMPN 3 Surabaya, teman-teman Pangput SPEGA  mama-mama Pangput SPEGA, kakak OSIS yang membantu mendokumentasikan kegiatan bazar yang di adakan Pangput SPEGA, teman-teman saya dan semua orang yang berjasa dalam proyek Lingkungan Hidup saya ini…. sekali lagi saya ucapkan terimakaasih yang sebesar-besarnya.

    Capaian Proyek:
    1.Menanam tanaman kelor 2.504

    2. Membuat produk olahan kelor :
    •Teh Kelor, sudah terjual 416 pcs
    • Puding lumut kelor, sudah terjual 689 pcs
    • Bolu kelor, sudah terjual 228 pcs
    • Pie kelor, sudah terjual 58 pcs

    3. Sosialisasi kepada 1.848 orang, terdiri dari:
    • 766 siswa siswi SMPN 3 Surabaya
    • 201 warga kampung binaan
    • 10 kepala sekolah Metro Lampung
    • 255 orang pada acara Safari Ramadhan
    • 616 orang disekolah-sekolah yang saya kunjungi

    4. Podcast youtube bersama Bapak Wakil Walikota Surabaya

    5. Membagikan 278 tanaman kelor

    6. Mempunyai kampung binaan :
    • Kampung Kaliasin
    • Perumahan Rungkut Harapan
    • Perumahan Golden Berry

    Tantangan yang dihadapi selama ini :
    • Membagi waktu dengan kegiatan yang lainnya
    • Tanaman tidak tumbuh dikarenakan kualitas biji tidak bagus
    • Keterbatasan lahan tanam

    Salam Bumi Pasti Lestari

    Balas
  • Juli 23, 2022 pada 12:09
    Permalink

    Nama : Kayla Zahra Mecca
    Sekolah : SMPN 3 Surabaya
    No Peserta : 230
    Judul Proyek : Budidaya Daun Ungu

    Alhamdulillah..sebagai finalis putri lingkungan hidup tahun 2022, saya merasa yakin dan optimis,selalu berusaha semaksimal mungkin insya Allah mencapai yang terbaik.
    Mulai dari awal keikutsertaan saya bertekad,keinginan untuk terus belajar menjalani proses dengan rasa senang,dan semangat,banyak hal positif yang saya dapatkan dalam mengikuti kompetisi ini.
    Dalam kesempatan ini tidak lupa saya mengucapkan terimakaasih kepada kedua orang tua saya yang selalu mendukung dan mendoakan saya sehingga saya bisa sampai di titik ini, Terimakaasih juga kepada Miss Sulis dan Miss May selaku pembina pangput SPEGA yang juga selalu mendukung setiap kegiatan-kegiatan yang di lakukan Pangput SPEGA, Pak Karjo selaku Kepala Sekolah SMPN 3 Surabaya, Bapak – Ibu Guru serta staf karyawan SMPN 3 Surabaya, teman-teman Pangput SPEGA, mama-mama Pangput SPEGA, kakak OSIS yang membantu mendokumentasikan kegiatan bazar yang di adakan Pangput SPEGA, teman-teman saya dan semua orang yang berjasa dalam proyek Lingkungan Hidup saya ini…. sekali lagi saya ucapkan terimakaasih yang sebesar-besarnya.

    Capaian Proyek:
    1.Menanam tanaman daun ungu 1.418

    2. Membuat produk olahan daun ungu :
    •Teh Daun Ungu, sudah terjual 133 pcs
    • Puding daun ungu, sudah terjual 359 pcs
    • Keripik daun ungu, sudah terjual 52 pcs
    • Pie daun ungu, sudah terjual 58 pcs

    3. Sosialisasi kepada 1.848 orang, terdiri dari:
    • 766 siswa siswi SMPN 3 Surabaya
    • 201 warga kampung binaan
    • 10 kepala sekolah Metro Lampung
    • 255 orang pada acara Safari Ramadhan
    • 616 orang disekolah-sekolah yang saya kunjungi

    4. Podcast youtube bersama Bapak Wakil Walikota Surabaya

    5. Membagikan 345 tanaman daun ungu

    6 Mempunyai kampung binaan :
    • Kampung Kaliasin
    • Perumahan Rungkut Harapan
    • Perumahan Golden Berry

    Tantangan yang dihadapi selama ini :
    • Membagi waktu dengan kegiatan yang lainnya
    • Tanaman dimakan oleh ulat
    • Keterbatasan lahan tanam

    Salam Bumi Pasti Lestari

    Balas
  • Juli 23, 2022 pada 13:51
    Permalink

    Nama : Viorenza Aulia A.
    Sekolah : SMPN 40 Surabaya
    Proyek : Budidaya Bunga Rosella
    .
    Alhamdulillah senang banget bisa melangkah sejauh ini untuk mengalahkan diri sendiri agar menjadi seseorang yang lebih baik lagi, Bismillah saya bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang tua, sekolah, masyarakat, dan Negara
    .
    Capaian proyek saya hingga akhir tahap IV :
    -Sudah menanam 8.500 benih bunga Rosella
    -telah bersosialisasi ke 543 partisipan, yaitu di Batalyon Roket 2 Marinir, SMPN 40 Surabaya, SDN Lidah Kulon 1 Surabaya, Jalasenastri Dan Tetangga
    – sudah memperkenalkan produk ke Batalyon Roket 2 Marinir, Media cetak radar Surabaya, Birawa, Arek TV , SMPN 40 Surabaya, SDN Lidah Kulon 1 Surabaya
    – sudah membuat 3 produk yaitu Teh Bunga Rosella, jelly bunga Rosella dan sirup bunga Rosella
    – Teh sudah terjual 200 botol dengan total 1.000.000
    – jelly sudah terjual 100 cup dengan total 300.000
    – sirup sudah terjual 50 botol dengan total 300.000
    Total semua hasil berjualan produk
    1.600.000
    – sudah di liput Radar Surabaya, Birawa dan Arek TV

    Tantangan yang dihadapi selama ini:
    – agak susah mencari benih bunga Rosella, jadi saya beli benihnya online

    Salam Bumi pasti lestari 🌏👌🌱

    Balas
  • Juli 23, 2022 pada 16:47
    Permalink

    Nama : Yulius Shan Biyan Dangga
    Sekolah : SMP Negeri 22 Surabaya
    No. Peserta : 061
    Judul Proyek : Budidaya Tanaman bunga telang dan produk olahannya
    Puji Tuhan, Saya dapat lolos seleksi Tahap IV dan menjadi Finalis Lomba Pangeran Lingkungan 2022 tingkat SMP.

    Sebagai Finalis tumbuh rasa optimis dan percaya diri saya untuk menjadi the best of the best atau masuk grand final. Banyak suka dan duka dalam proses menuju tahapan menjadi finalis, dimana dalam proses pencapaian target, ada yang melampaui dan ada juga yang masih belum terlampaui dengan beberapa faktor kendala teknis maupun non teknis.
    Update pencapaian target atau hasil :
    1. Proses Penanaman Tanaman Telang sebanyak 3000 tanaman tersebar di dua tempat,yaitu :
    a. 1500 tanaman bunga telang ditanam dirumah.
    b. 1500 tanaman bunga telang di sekolah binaan SDN Siwalankerto 1.
    Kendala pencapaian : tanaman beberapa mati karena dimakan siput dan faktor cuaca (terkena hujan,sehingga tanah lembab)
    dan juga kendalanya menunggu proses tanaman tumbuh bunganya…karena bagian bunganya yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal dan juga faktor lahan yang kurang.
    2. Sudah Sosialisasi ke SMPN 22 : .Kepala sekolah,Guru ,Staff dan murid berjumlah 850 orang
    Sosialisasi ke SDN Siwalankerto 1 : 175 orang
    Sosialisasi ke warga Pagesangan : 75 orang.,
    3. Dari pengolahan Bunga Telang ,kami memproduksi minuman dan makanan kesehatan (puding) dengan brand yang kami buat adalah TEREMONIS (TELANG,SEREH,LEMON DAN KAYU MANIS)..
    Mengapa kami mix dengan beberapa bahan yang juga sehat untuk tubuh. karena bunga telang rasanya : tidak berasa namun khasiatnya banyak,
    sedangkan fungsi Sereh : meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kolesterol dalam darah, meningkatkan kualitas tidur, dan menghilangkan rasa sakit.
    Kayu Manis berfungsi mengatasi infeksi jamur, menurunkan kadar gula darah, dan meredakan peradangan. dan
    Lemon banyak mengandung Vitamisn C. Jadi saya yakin produk TEREMONIS sangat bermanfaat bagi Tubuh kita…selanjutnya saya akan membuat produk Ice Cream ..saya sekeluarga tidak akan menambahkan dengan bahan lain,seperti tepung (dibuat kripik) atau bahan yang lain (karena bunga telang hanya menjadi pewarna saja)
    Kami sudah membuat Minuman Teremonis sebanyak : 400 botol x Rp.5000 = 2.000.000 dan Puding Teremonis : 450 Cup x Rp.3000 = 1.350.000
    dengan nilai penjualan/ total revenue Rp.3.350.000
    Saya dapat menjadi finalis Putri lingkungan hidup tentunya berkat Doa Kedua oranga tua saya yang selalu mendukung tanpa lelah, Dukungan berbagai pihak seperti Ibu Kepala Sekolah SMP Negeri 22 beserta guru pembina dan para staffnya pengajar, Bapak/ibu di SDN Siwalan kerto 1 sebagai sekolah binaan dan Pihak Tunas Hijau selaku penyelenggara dan teman-temanku.
    Jika proyek saya dapat berkembang dengan baik dan minuman dan makanan TEREMONIS dikenal dan disukai banyak orang ,saya juga bisa membantu para petani tanaman telang dengan menampung atau membeli hasil bunga telang..sehingga proses ekonimi bisa berjalan

    Salam Bumi Pasti Lestari…..

    Balas
  • Juli 25, 2022 pada 08:49
    Permalink

    Astungkara svaha Tathastu
    perasaan saya senang sekali bisa lolos di tahap finalis, Terima kasih kakak kakak tunas hijau, Guru guru pembimbing, ibu kepala sekolah sdn rungkut menanggal 1,atas dukungannya selama ini, saya terus berjuang semoga saya bisa menjadi yang terbaik

    Saya yakin dan optimis saya pasti bisa
    NI LUH GEDE REVA DEALOVE VALENTCIA ATMAJA biasa dipanggil dealove
    *SDN RUNGKUT MENANGGAL 1 582 SURABAYA
    *Judul proyek: budidaya rosella
    *No peserta: 260
    *saya sudah pembibitan sebanyak 12.500 bibit rosella
    *saya sudah sosialisasi ke 4.700 orang baik online maupun offline
    *saya sudah memiliki 4 kampung adopsi ( Rungkut permai , rungkut tengah, sedati, kelurahan wonokromo) dan 1 sekolah adopsi ( SDN rungkut menanggal 1 582 surabaya)
    *saya sudah membuat produk olahan rosella : minuman rosella, sirup rosella, puding rosella, sabun rosella, bolu rosella
    *Produk olahan rosella sudah masuk UMKM rungkut
    *Sudah memiliki NIB
    *Produk olahan rosella sudah terjual baik mengikuti bazar maupun open PO
    *Saya sudah sosialisasi ke bapak drajat. irawan ( dinas perindustrian)

    Balas
  • Juli 25, 2022 pada 14:31
    Permalink

    Assalamualaikum wr. Wb

    Halo teman-temann😸 saya Viola Kanaka Ardhani dari SDN Kedung Cowek I/253 Surabaya. No. Peserta 382, dengan judul proyek Viola’s Craft Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Bisnis Online Shop.

    Alhamdullilah, ketentuan Final Pangput sudah ada🤲🏻☺️… Semoga saya bisa menjalankan ketentuan Final ini, agar saya bisa menjadi juaranya. Semangat juga yaa buat teman-teman yang lolos final, untuk yang tidak lolos jangan bersedih dan tetap hijaukan dan jaga lingkungan kita! Ayo memperbanyak menanam pohon, mengolah sampah untuk bumi kita😸.

    Sekian dari saya terima kasih.

    Salam bumi!
    Salam lestari!

    Balas
  • Juli 25, 2022 pada 15:30
    Permalink

    Assalamualaikum, halo teman-teman 🤗
    Perkenalkan Saya Vania nur Fitria , dari SDN Rungkut Menanggal 1 Surabaya. No peserta 264.

    Senin, 25 Juli 2022
    Saat tiba Pengumuman Finalis Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2022 diumumkan, Dan ternyata Saya termasuk salah satu finalis, Alhamdulillah bersyukur sekali pada Allah senang rasanya Saya bisa sampai dan lolos pada tahap Seleksi Finalis Pangeran Putri Lingkungan Hidup.
    Terima kasih untuk keluarga, kedua orang tua saya, Bapak Ibu guru, kakak-kakak Tim TunasHijau.id dan semua teman saya yang selalu mendukung Dan mensupport karya Dan kegiatan saya.

    Lolos pada tahap Finalis ini membuat Saya semakin yakin dan semangat untuk mengikuti dan berkontribusi aktif dalam kegiatan Peduli Lingkungan dan kegiatan TunasHijau.id
    Senang sudah diberi kesempatan yang luar biasa untuk belajar lebih banyak lagi di TunasHijau.id

    Saya sudah menanam 1.352 tanaman cincau ,dan sosialisasi ke 948 orang,saya mempunyai 2 kampung adopsi yaitu,di rumah ,dan di sekolah
    Target Saya bisa menanam 1.000 tanaman cincau,saya akan menjadikan seluruh dunia ini menjadi subur dan segar .

    Semoga semua bisa menjaga lingkungan dengan baik Dan bermanfaat untuk banyak orang.

    Saya optimis bisa menjadi Pangeran Putri Lingkungan Hidup tahun 2022.

    Salam Bumi
    Pasti Lestari
    Salam Sadar Iklim

    Terima kasih
    VANIA NUR FITRIA_264
    Proyek Budidaya tanaman cincau

    Balas
  • Juli 26, 2022 pada 06:17
    Permalink

    Alhamdulillah ya allah, Saya Ahmad Imam Syafi’i dari SMPN 56 SURABAYA No.urut 173 dengan judul proyek BUNSENG (Budidaya Ginseng) Finalis Pangeran SMP Lingkungan Hidup 2022 ✨🔥
    Tahun kemarin saya juga mengikuti Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2021 dengan judul proyek PERARA (Permen Aloevera) tidak lolos pada tahap seleksi 4 menuju final dan akhirnya saya lolos untuk menjadi Finalis Pangeran SMP Lingkungan Hidup 2022 saat ini✨🔥
    .
    Sangat antusias mengikuti semua kegiatan di tahap final ini dan selalu memberikan yang terbaik dan selalu optimis dalam mengembangkan proyek dan realisasi Keluarga Sadar Iklim 2022.🔥🔥
    Capaian
    • Telah membudidayakan 1750 tanaman ginseng.
    • Membagikan 250 tanaman ginseng pada warga sekitar.
    • Telah mengadopsi kampung ginseng
    • Mensosialisasikan proyek kepada 2850 orang secara offline.
    • Mensosialisasikan proyek kepada 4530 orang secara online via Instagram dan youtube.
    • Telah bersosialisasi kepada tim penilai adiwiyata tingkat kota dan provinsi.
    • Telah membuat 4 macam produk permen, sabun batang, sabun cair, dan jamu ginseng
    • Telah membagikan produk kepada tim penilai adiwiyata yang tingkat kota dan provinsi
    • Telah membagikan produk kepada warga sekitar sekolah dan walimurid
    • Telah mentestimonikan produk kepada 30 orang.
    • Telah menjual 55 produk yaitu permen, sabun batang, sabun cair, dan jamu ginseng
    .
    Target yang belum tercapai
    • Budidaya tanaman ginseng sebanyak 5000 karena keterbatasan tempat lahan sekolah dan proses pembangunan
    • Hasil olahan produk ginseng belum terlalu banyak karena lebih fokus pembibitan terlebih dulu
    .
    Target kedepannya
    • Membudidayakan 5000 tanaman ginseng
    • Mensosialisasikan proyek kepada 5500 orang secara offline/secara langsung
    • Mensosialisasikan proyek kepada 5500 orang secara online melalui via YouTube dan Instagram
    • Menambah lebih banyak lagi olahan tanaman ginseng
    • Menambah kampung adopsi ginseng di sekitar sekolah
    .
    Tantangan proyek
    • Tanaman ginseng ini termasuk tanaman sayur, dan kebanyakan anak zaman sekarang tidak suka maka saya kembangkan produk olahan ginseng yaitu permen ginseng yang bisa menarik perhatian anak²
    Terima kasih 🙏
    Salam sehat salam zero waste👌👌
    Salam bumi pasti lestari 🌿🌏
    Wassalamu’alaikum wr.wb.🌴

    Balas
  • Juli 26, 2022 pada 19:52
    Permalink

    Assalamu”alaikum wr wb, hai teman-teman semuanya🤗

    Perkenalkan nama saya Nur Zidna Iflachana dari SDN NGINDEN JANGKUNGAN 1/247 SURABAYA dengan nomor peserta:348
    Proyek:BUDIDAYA TANAMAN TOMAT

    Saat tiba Pengumuman Finalis Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2022 diumumkan, Dan ternyata Saya termasuk salah satu finalis, Alhamdulillah saya bersyukur sekali pada Allah S.W.T.senang rasanya Saya bisa sampai dan lolos pada tahap Finalis Pangeran dan Puteri lingkungan hidup 2022 SD.Terima kasih kepada semua pihak yang selalu mendukung dan mensupport saya saat

    CAPAIAN SAMPAI 25,juli-2022:
    1.Saya sudah menanam 4.000 bibit tanaman tomat
    2.Sudah sosialisasi ke 3.200 orang (baik ofline maupun online)
    3.Sudah memiliki 1 kampung adopsi
    4.Sudah memiliki 4 jenis olahan diantaranya,(stik tomat,jelly tomat,jus tomat,dan es lilin tomat)
    5.Sudah melakukan 15 chalenge keluarga sadar iklim

    TANTANGAN YANG SAYA HADAPI:
    Terhambatnya proses penambahan kampung adopsi dikarenakan adanya wabah kutu putih yang menyerang tanaman tomat

    Salam Bumi
    Pasti Lestari
    Salam Sadar Iklim

    Terima kasih

    Balas
  • Juli 26, 2022 pada 21:37
    Permalink

    Assalamualaikum, halo sobat hijau saya Faizah Putri Nabitzha / 180, SDN Pacarkeling V / 186, judul proyek Pemanfaatan limbah kulit buah naga untuk pewarna batik.
    Alhamdulillah perjuangan saya dalam merealisasikan proyek saya dapat meraih Finalis Putri Lingkungan Hidup 2022. Terimakasih pada Allah, mama dan kakak-kakak Tunas Hijau. Selempang yang tersemat di pundak saya sebagai kekuatan semangat saya harus lebih giat dan bertanggung jawab untuk menyelamatkan bumi dan mensejahterakan masyarakat.
    Capaian Proyek :
    1. Perolehan limbah kulit buah naga 180,2 kg.
    2. Limbah plastik bungkus minyak 401 lembar.
    Hasil Capaian proyek :
    1. Hasil kain batik 40 lembar, laku 10 lembar a Rp. 150.000,-= Rp. 1.500.000,-
    2. Hasil kompos yang terbuat dari limbah ekstrak kulit buah naga 130 kg.
    Pengembangan proyek :
    Target menanam 1.000 tanaman buah naga. Yang sudah ditanam di lahan adopsi kampung saya dan kampung tetangga juga masyarakat umum berjumlah 755 tanaman, sisanya 245 masih dalam persemaian menunggu tumbuh akan dan tunas.
    Sasaran Proyek :
    1. Ketua Komisi D DPRD Surabaya.
    2. Ibu Camat Tambaksari.
    3. Bapak Lurah Pacarkembang.
    4. Kepala Bank Jatim Kapaskrampung.
    5. Sekjen DPD GMDM Propinsi Jawa Timur.
    6. Dinas Sosial Kecamatan Tambaksari.
    7. Dinas Lingkungan Hidup.
    8. Dinas Pendidikan Kecamatan Tambaksari.
    9. Pengurus P3APPKB Kecamatan Tambaksari.
    10. Ketua Perajin Batik Jawa Timur.
    11. Ketua RW V Kalikepiting Jaya.
    12. Ketua RT Kalikepiting Jaya IX.
    13. 20 Ketua RT Di RW V Kalikepiting Jaya
    14. PKK se RW V Kalikepiting Jaya.
    15. PKK RT 16 Kalikepiting Jaya IX
    16. Perajin batik UMKM Kelurahan Pacarkembang.
    17. Bunda Paud Kemuning.
    18. Teman sekolah.
    19. Keluarga.
    20. Bazaar Ramadhan Pemprof di Maspion Square .
    21. Bazaar Surabaya Tempo Doloe acara HUT Surabaya 2022.
    22. Acara Peragaan Busana Di Kaza Kapaskrampung dihadiri ibu Camat.
    23. Bazaar di Jembatan Merah Plaza.
    Dampak dan Manfaat dari proyek :
    1. Manfaat sosialisasi dan memberikan pelatihan tentang membatik dapat membuka lapangan pekerjaan untuk ibu-ibu menjadi perajin batik.
    2. Manfaat pengembangan proyek.
    Dengan menanam 1.000 tanaman buah naga bila kelak berbuah dapa dinikmati tanpa mengeluarkan biaya.
    Kampung semakin hijau sehingga udara menjadi bersih untuk dihirup.
    3. Memanfaatkan limbah kulit buah naga mengurangi sampah organik karena ampas dapat dibuat kompos jadi tidak ada yang terbuang. Dan memanfaatkan limbah plastik untuk polibag mengurangi sampah nonorganik.
    Hal Unik :
    1. Saat aku sosialisasi dengan menggunakan kostum Sparkling Suroboyo dan memakai batik hasil Proyek, Bu Camat minta batik yang aku pakai untuk dibeli saat itu, akhirnya aku ganti baju pakai jaket tante.
    2.Saat Pameran di sekolah dengan kostum yang sama teman-teman laki menjuluki aku Penari dari desa KKN, Nyi Blorong. Aku malu tapi mama bilang santai saja.
    3. Yang vatal adalah mama. Karena mama selalu konsentrasi mendampingi kegiatanku, mungkin karena usia sering lupa atau lelah, saat ke Kelurahan untuk mengetahui program yang bisa aku sosialisasiku bertepatan ada vaksin di Kelurahan mama tidak lihat Peduli Lindung langsung ikut vaksin ke 3 padahal sudah pernah, mama jadi vaksin 4 kali akhirnya keluarga jadi ribut.
    Semoga saja Vaksin 4 X buat mama tambah kuat dan sehat dampingi aku terus.
    Keunikan hasil proyekku :
    Hasil batikku awal dicelup warnanya merah setelah dijemur jadi warna krem. Jadi bisa dimanfaatkan untuk 2 warna.

    Prestasi yang kuraih diluar programku. Aku mendapatkan Sertifikat dan Piala Juara II lomba Peragaan Busana dengan memakai kostum Sparkling Suroboyo dengan memakai batik hasil proyekku pada acara Suroboyo Tempo Doloe di Kaza Kapaskrampung.

    Tantangan.
    Ada warga yang enggan menanam buah naga karena sulit butuh lahan luas. Saya berusaha terus meyakinkan bahwa menanamnya tidak sulit dan tidak butuh tempat luas dengan cara di pagari kawat.
    Demikian yang saya sampaikan, terimakasih kepada Kakak-kakak Tunas Hijau yang memberi kesempatan aku untuk lebih mencintai lingkungan dan menyelamatkan bumi.

    Pantun :
    Jalan-jalan ke Surabaya
    Jangan lupa bawa buah naga
    Jalani proyek kita dengan cinta
    Hadapi kesulitan diiringi do’a

    Mari di kampung tanam buah naga
    Lihat bapak dan ibu memakai batik
    Mari tanam seribu buah naga
    Agar udara alam semesta terjaga baik

    Menanam buah naga dengan senang
    Ditanam disepanjang gang
    Kita akan terus berjuang
    Sampai kita jadi pemenang

    Salam Bumi Pasti Lestari

    Balas
  • Juli 27, 2022 pada 20:25
    Permalink

    Assalamualaikum wr.wb.
    Alhamdulillah ya allah, Saya Ahmad Imam Syafi’i dari SMPN 56 SURABAYA No.urut 173 dengan judul proyek BUNSENG (Budidaya Ginseng) Finalis Pangeran SMP Lingkungan Hidup 2022 ✨🔥
    Tahun kemarin saya juga mengikuti Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2021 dengan judul proyek PERARA (Permen Aloevera) tidak lolos pada tahap seleksi 4 menuju final dan akhirnya saya lolos untuk menjadi Finalis Pangeran SMP Lingkungan Hidup 2022 saat ini✨🔥
    Selempang yang tersemat di pundak saya sebagai kekuatan ✨semangat saya harus lebih giat dan bertanggung jawab untuk menyelamatkan bumi dan mensejahterakan masyarakat.🔥🔥✨
    .
    Capaian
    • Telah membudidayakan 1820 tanaman ginseng.
    • Membagikan 250 tanaman ginseng pada warga sekitar.
    • Telah mengadopsi kampung ginseng
    • Mensosialisasikan proyek kepada 2850 orang secara offline.
    • Mensosialisasikan proyek kepada 4530 orang secara online via Instagram dan youtube.
    • Telah bersosialisasi kepada tim penilai adiwiyata tingkat kota dan provinsi.
    • Telah membuat 4 macam produk permen, sabun batang, sabun cair, dan jamu ginseng
    • Telah membagikan produk kepada tim penilai adiwiyata yang tingkat kota dan provinsi
    • Telah membagikan produk kepada warga sekitar sekolah dan walimurid
    • Telah mentestimonikan produk kepada 30 orang.
    • Telah menjual 55 produk yaitu permen, sabun batang, sabun cair, dan jamu ginseng
    .
    Target yang belum tercapai
    • Budidaya tanaman ginseng sebanyak 5000 karena keterbatasan tempat lahan sekolah dan proses pembangunan
    • Hasil olahan produk ginseng belum terlalu banyak karena lebih fokus pembibitan terlebih dulu
    .
    Target kedepannya
    • Membudidayakan 5000 tanaman ginseng
    • Mensosialisasikan proyek kepada 5500 orang secara offline/secara langsung
    • Mensosialisasikan proyek kepada 5500 orang secara online melalui via YouTube dan Instagram
    • Menambah lebih banyak lagi olahan tanaman ginseng
    • Menambah kampung adopsi ginseng di sekitar sekolah
    .
    Tantangan proyek
    • Tanaman ginseng ini termasuk tanaman sayur, dan kebanyakan anak zaman sekarang tidak suka maka saya kembangkan produk olahan ginseng yaitu permen ginseng yang bisa menarik perhatian anak²
    .
    Salam sehat salam zero waste👌
    Salam bumi pasti lestari 🌴🌏

    Balas
  • Juli 27, 2022 pada 21:11
    Permalink

    Nama : KEVIN ADITYA RAKHA
    No. Peserta : 173
    Asal Sekolah : SDN PERAK BARAT
    Judul : Daur Ulang Botol Bekas

    Alhamdulillah,
    Kehormatan besar bagi saya bisa lolos sampai tahap Finalis Pangeran Lingkungan Hidup Tahun 2022.
    Terimakasih kakak-kakak Tunas Hijau atas kesempatan yang di berikan kepada saya.
    Kedepanya saya pasti bisa lebih semangat menjalankan proyek saya.

    Pencapaian Proyek Saya :
    * Saya sudah mengolah 4.000 kaleng dan botol bekas.
    * Saya sudah memiliki 1 buah Kios daur ulang.
    * Saya sudah membagikan 500 kotak pensil hasil daur ulang.
    * Saya sudah menjual 300 kotak pensil hasil daur ulang.
    * Saya juga sudah mengikuti 3 kali UMKM di Kelurahan Perak Barat.
    * Total hasil pendapatan saya sebesar Rp 1.500.000.
    * Saya sudah melakukan Sosialisasi ke 4.500 orang, baik online maupun offline.
    * Saya sudah memenuhi Challenge 4 Friend.

    Tantangan dalam proyek ini adalah sulit mengajak masyarakat sadar akan bahaya sampah plastik.

    Salam Bumi
    Pasti Lestari

    Balas
  • Juli 29, 2022 pada 00:19
    Permalink

    Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh..

    Bismillah..

    Perkenalkan saya Muhammad Raka Nafi’ Fathonah dari SDN Rungkut Menanggal 1 no peserta 183 dengan judul proyek Budidaya Tanaman Daun Mint..

    Barakallah..
    Alhamdulillah..
    Saya senang bisa mencapai pada tahap finalis..
    Beruntung menjadi bagian para finalis anak-anak hebat di kota Surabaya..
    Saya akan berusaha dengan semangat kerja keras akan menampilkan hasil terbaik dari proyek lingkungan hidup..
    Saya sangat menyukai membaca khususnya sains.. Mengikuti ajang Pemilihan Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2022 merupakan keinginan saya sebagai wujud nyata praktek menyukai sains dan lingkungan..

    Capaian Proyek Budidaya Tanaman Daun Mint :
    1. Saya telah menanam sebanyak 4.210 bibit tanaman daun mint dengan rincian sebagai berikut :
    Menanam di sekolah 1.500 bibit
    Menanam di rumah. 50 bibit
    Kampung Adopsi Kelurahan Rungkut Tengah 1.500 bibit
    Kampung Adopsi Perum Rungkut Mejoyo 100 bibit
    Kampung Adopsi Wedoro 120 bibit
    Menjual ke konsumen. 300 bibit
    Membagi ke masyarakat sekitar 10 bibit
    Untuk produk olahan daun segar 300 bibit
    Untuk produk dry mint. 330 bibit

    2. Saya telah memiliki 3 kampung adopsi yaitu :
    A. Kelurahan Rungkut Tengah
    B. Perum Rungkut Mejoyo
    C. Wedoro

    3. Produk olahan yang telah saya buat :
    A. Detox Mint Drink
    B. Agar-agar Mint
    C. Dry Mint

    4. Total hasil penjualan produk olahan sebesar 925.000 dengan rincian sebagai berikut :
    A. 126 paket sehat (1 botol detox mint drink dan agar-agar mint) dengan harga 5.000 sehingga total 630.000
    B. 35 indukkan tanaman daun mint dengan harga 7.000 sehingga total 245.000
    C. 10 paket dry mint dengan harga 5.000 sehingga total 50.000

    5. Saya telah membuat Detox Mint Drink sebanyak 300 botol ukuran 250ml setara 75 liter dan Agar-agar mint 300 cup 60 ml setara 18 liter.

    6. Waktu yang telah saya gunakan selama mengerjakan proyek kurang lebih 250 jam

    7. Saya telah sosialisasi baik online maupun offline dengan jumlah 4.000 orang dan youtube saya ditonton 4.000 serta yang like 1.000

    Target kedepan saya :
    1. Tetap membuat produk olahan daun mint dan menjualnya
    2. Karena bibit tanaman daun mint telah tercapai sehingga akan menjual dengan harga bersahabat

    Semangatt Optimiss Finall

    Mari kita manfaatkan tanaman daun mint untuk dijadikan obat herbal yang tidak ada efek sampingnya

    Hijaukan rumahmu Dengan daun mintku

    Salam Bumi
    Salam Lestari
    Salam Sadar Iklim

    Balas
  • Juli 29, 2022 pada 07:58
    Permalink

    Nama : Callysta Kusuma Azalia
    Dari : SDN Kaliasin 1 Surabaya
    No Peserta : 316
    Judul proyek : Maggot sebagai pakan budikdamber dan penanganan sampah organik

    Saya ucapkan syukur Alhamdulillah atas kesempatan yang diberikan untuk saya menjadi finalis putri lingkungan hidup 2022.
    Saya tidak akan menyianyiakan kesempatan ini, saya akan memaksimalkan pencapaian saya di tahap akhir ini.
    Tantangan yang saya hadapi selama mengembangkan proyek ini adalah membangun kerjasama dan kekompakan kampung binaan untuk ikut serta dalam menciptakan ketahanan pangan dan pengelolaan sampah di masing masing RT, mengajak masayarakat agar semakin peduli terhadap lingkungan sekitar.

    Pencapaian saya hingga akhir tahap IV

    Budidaya lele : 13.200 ekor
    Budidaya kangkung : 22.0000 batang
    Budidaya maggot : 1390 kg
    Sampah organik terolah : 3620
    Binaan : 18 RT dan 2 Sekolah dasar
    Budikdamber : 157 budikdamber

    Ayooo kurangi sampah
    Mendukung program pemerintah kota surabaya
    Salam budikdamber
    Salam ketahanan pangan keluarga
    Salam bumi Pasti lestari

    Balas
    • Agustus 20, 2022 pada 11:50
      Permalink

      Ass wr wb Kallysta, selamat ya sudah masukfinalis, klo boleh mwnambah jenis kegiatan aneh yang berhubungan dengan maggot,kangkung ,lele,pur makanan lele dan edukasi di rumah aepwrti yang disiarkan televisi serta koran nya unruk reverensinya.okey selamat dan semoga tambah berhasil dan bertahan tambah maju lagi.Aamiin

      Balas
  • Juli 29, 2022 pada 15:44
    Permalink

    Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh..
    Perkenalkan saya Muhammad Raka Nafi’ Fathonah dari SDN Rungkut Menanggal 1 no peserta 183 dengan judul proyek Budidaya Tanaman Daun Mint
    Barakallah..
    Alhamdulillah..
    Saya sangat senang bisa masuk finalis Pangeran Putri Lingkungan Hidup 2022..
    Saya beruntung menjadi salah satu bagian dari anak-anak hebat di Surabaya..
    Saya sangat menyukai membaca khususnya sains.. Mengikuti ajang ini merupakan wujud nyata saya menyukai sains dan lingkungan..

    Hasil capaian yang sudah saya lakukan yaitu:
    1. Menanam sebanyak 4.210 bibit tanaman daun mint dengan rincian sebagai berikut:
    A. Menanam di Sekolah 1500 bibit
    B. Menanam di Rumah 50 bibit
    C. Menanam di Kelurahan Rungkut Tengah 1500 bibit
    D. Menanam di Perum Rungkut Mejoyo 100 bibit
    E. Menanam di Wedoro 120 bibit
    F. Produk olahan daun segar 300 bibit
    G. Di jual ke konsumen 300 bibit
    H. Produk olahan dry mint 330 bibit
    I. Di bagi ke masyarakat sekitar 10 bibit
    2. Sosialisasi online maupun offline sebanyak 4000 orang.Youtube saya ditonton 4000 orang 1000 like.Media yang sudah meliput Disway,Jawa Pos,Berita Jatim,Pilar.
    3. Waktu yang telah digunakan melakukan proyek lingkungan hidup kurang lebih 200 jam.
    4. Hasil perolehan selama menjual produk olahan 925.000 dengan rincian :
    126 paket sehat 630.000
    35 indukkan 245.000
    10 paket dry mint 50.000
    5. Target kedepan saya karena telah mencapai target menanam
    A. Membuat produk olahan dan menjualnya
    B. Menjual bibit indukkan dengan harga bersahabat
    6. Tantangan yang dihadapi dalam pengembangan proyek :
    A. Mengajak menanam dan membuat produk olahan herbal
    B. Produk olahan harus dikemas menarik agar lariss
    C. Menjual dengan harga hemat agar bisa menebar manfaat
    Salam Bumi
    Salam Lestari
    Salam Sadar Iklim

    Balas
  • Juli 29, 2022 pada 16:16
    Permalink

    Assalamu alaikum. Saya Raka dari SDN Rungkut Menanggal I/582 Surabaya. Judul Proyek : Budidaya Tanaman Daun Mint. Nomor peserta 183.
    Saya senang bisa jadi Finalis PangPutLH 2022. Mengikuti ajang PangPut adalah wujud nyata saya menyukai sains & lingkungan.
    Hasil capaian saya : Menanam 4.210 tanaman daun mint (di sekolah 1500 bibit, dirumah 50, Kelurahan Rungkut Tengah 1500, Perum Rungkut Mejoyo 100, Wedoro 120, Produk olahan daun segar 300 bibit, Dry mint 330 bibit, Bagi-bagi masyarakat 10 bibit, Sosialisasi Online via Youtube sebanyak 4000 viewer & 1000 Like. Media peliput yaitu Disway, Jawa Pos, Berita Jatim, Pilar.
    Waktu yang diperuntukan melakukan Aksi Proyek Lingkungan Hidup sekitar 200 jam.
    Total pendapatan penjualan produk Rp.925.000,- dengan rincian : Telah Laku 126 Paket Sehat senilai total Rp.630.000,- ; 35 Indukan senilai Rp.245.000,- ; 10 Dry Mint Rp.50.000,-.
    Saya sudah mencapai target menanam saya. Sehingga target kedepan yang akan saya coba realisasikan yaitu : Membuat produk olahan & menjualnya, Menjual bibit indukan dengan harga bersahabat.
    Tantangan yang dihadapi yaitu Mengajak menanam & membuat produk olahan herbal, Pengemasan produk dengan kemasan yang rapi dan menarik agar laris, Menjual dengan harga bersahabat agar dapat menebar manfaat.

    Salam bumi, salam lestari, salam sadar iklim.

    Balas
  • Juli 30, 2022 pada 07:15
    Permalink

    Alhamdulilah, Saya Aurellia Putri Astadewi
    Dari SMPN 6 Surabaya Dengan judul proyek Vermi Composter (Pemanfaatan Cacing ANC untuk mengurai sampah organik) No peserta 516 senang sekali, bangga bisa lolos menjadi Finalis Putri Lingkungan Hidup Tahun 2022

    Bersyukur bisa sampai dititik ini, melangkah jauh sampai ditahap ini. Langkah yang penuh semangat perjuangan untuk mengikuti, menjalani dan menikmati prosesnya selama kurang lebih 6 bulan, sejak bulan februari.

    Capaian yang telah saya capai :
    • Telah Mendapakan Sampah Organik Sebanyak 670 kg
    • Mempunyai Cacing ANC sebanyak 70 kg
    • Bersosialisasi kepada 3.349 orang (dengan media live instagram dan secara langsung).
    • Mengadopsi 4 bedagang buah
    • Mengadopsi 4 bedagang sayur
    • Mengadopsi 1 Hotel Mercure Surabaya

    Salam sehat salam Zero Waste.👌
    Salam bumi pasti Lestari.🌍🌳

    Balas
  • Juli 30, 2022 pada 15:27
    Permalink

    Assalamu’alaikum wr wb

    Saya Muhammad Abdullah Muchlisin, nomer peserta 77 dari SDN Klampis Ngasem I Surabaya dengan judul proyek “Budidaya dan Pengolahan Bunga Telang” _DAHAN BUTE

    Tidak pernah terfikirkan sedikitpun saya bisa berada di titik ini. Menjadi finalis Pangeran Lingkungan Hidup tingkat SD tahun 2022. Mengingat berbagai kendala yang saya hadapi selama proses pembibitan dan sosialisasi. Semangat memang tidak pernah padam, karena menurut saya yang terpenting adalah memberikan yang terbaik yang saya bisa.

    Terimakasih untuk Tunas Hijau dan SDN Klampis Ngasem I Surabaya yang telah memberikan ruang dan kesempatan serta dukungan dan doa.

    Masih panjang perjalanan yang harus saya lalui untuk terus berjuang menjaga bumi lestari. Karena sejatinya ini bukanlah ajang menang atau kalah tetapi sebuah proses pembelajaran tentang bagaimana kita menyatu dengan alam. Mari bersama-sama bergandengan tangan menjaga keasrian lingkungan disekitar kita.

    SALAM BUMI SALAM LESTARI
    KLAMSA PASTI BISA

    Balas
  • Juli 30, 2022 pada 21:42
    Permalink

    Nama : Jesslyn aurelia
    Kelas : 5-D
    asal sekolah : Sdn.Ketabang 1/288 surabaya.
    No.peserta :104
    Judul proyek : Budidaya tanaman cincau.

    Puji Nama Tuhan saya lolos tahap 4.dan bersyukur menjadi Finalis pagelaran pangeran dan putri lingkungan hidup 2022,saya akan terus bersemangat dan mengembangkan proyek saya..
    terimakasih kakak2 Tunas hijau.. sudah menjadi inspirasi… untuk lebih peduli lingkungan…
    pencapean :
    ✨saya sudah menanam 5.225.tanaman cincau
    ✨saya sudah bersosialisasi ke 5.500. orang
    ✨saya sudah mempunyai 2 kampung binaan
    ✨saya sudah mengolah daun cincau menjadi 3 produk minuman dan 2 makanan
    ✨saya sudah mendapat keuntungan
    1.025.000 dari hasil penjualan..
    salam bumi🌍
    salam lestari🌱

    Balas
  • Juli 31, 2022 pada 22:14
    Permalink

    Alhamdulillah, akhirnya bisa sampai di titik ini menjadi finalis putri lingkungan hidup 2022. Inshaallah saya semakin semangat untuk turut melestarikan alam.
    Nama: Sanaz Aisya Janeeta
    SDN Kaliasin 1
    Judul proyek: Membuat eco enzym untuk Mengurangi Jumlah Sampah Organik.
    Terima kasih Tunas Hijau yang telah menularkan semangat dan kebiasan2 baik kepada saya dan teman2 pejuang lingkungan. Sampai saat ini kendala yang saya jumpai saat mengerjakan proyek adalah tantangan perbedaan bahasa dan budaya, sehingga saya memerlukan kerja ekstra untuk dapat mensosialisasikan proyek. Ledakan dan kontaminasi pada galon juga merupakan tantangan tersendiri saat pelaksanaan proyek. Sampai seleksi tahap 4 saya sudah berhasil mengelola sampah organik sejumlah 2207 kg membuat 2316 liter eco enzym dan mensosialisasikan orang sebanyak 5862orang

    Balas
  • Agustus 1, 2022 pada 20:28
    Permalink

    Nama : Amara Shafa Kirana
    Dari : SMPN 17 Surabaya
    No Peserta : 092
    Judul proyek : Eco Friendly Pouch

    Alhamdulillah puji syukur ke hadirat Allah SWT di pangeran puteri lingkungan hidup 2022 saya bisa melalui hingga tahap Finalis. Semoga proyek yang saya kerjakan selama ini bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat. Terimakasih untuk dukuang dan doa kepada kedua orang tua ku, keluarga besar SMPN 17Surabaya, kakak kakak di Tunas Hijau dan seluruh pihak yang telah membantu proyek ini.

    Adapun update capaian proyek hingga akhir tahap IV :
    – Masker yang telah terkumpul 787 pcs, kain perca terkumpul 17 kg, Pouch yg telah jadi 324 pcs, kerjasama dengan penjahit dan Ibu Rumah Tangga 5 orang, Sosialisasi secara online dan offline sebanyak 2022 orang.

    Tantangan dalam proyek ini :
    – Jumlah masker yang terkumpul & pouch yang terjual belum maksimal
    – Adanya penurunan produksi karena penjahit sedang menerima pesanan sekolah

    Salam Bumi Pasti Lestari

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.