Pramuka Tuban Tanam 1500 Pohon Produktif di Desa Ngawun

Gebyar Pramuka Jatim Menanam Produktif 2022 digelar oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Jawa Timur bersama Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Tuban di Desa Ngawun, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, Minggu (17/7/2022).

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur H. M. Arum Sabil bersama Bupati Tuban Aditya Halindra, memimpin aksi Pramuka Jatim Menanam Produktif  itu. 700 orang pramuka Tuban dilibatkan. 1500 pohon produktif ditanam. Jenis pohonnya adalah pohon kayu putih, mangga, jambu biji dan nangka. 

Dalam sambutannya, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Arum Sabil mengatakan bahwa menanam pohon adalah aksi yang termasuk ibadah jariyah bagi individu yang melakukannya. 

Ketua Kwarda Jatim Arum Sabil dan Bupati Tuban Aditya Halindra saat penyerahan pohon yang akan ditanam

“Kebutuhan oksigen untuk bernafas setiap dua orang bisa dicukupi oleh 1 pohon. Jadi, kalau kita menanam 1500 pohon, maka kita berarti menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh 3000 orang,” kata Kakak Arum Sabil saat apel pembukaan aksi menanam pohon.

Kakak M Arum Sabil menjelaskan bahwa jenis pohon produktif yang ditanam adalah sengaja menjadi prioritas untuk ditanam. “Dengan pohon produktif yang ditanam, masyarakat jadi bisa merasakan dampaknya langsung dari keberadaan pohon yang ada untuk peningkatan ekonomi,” ujar Kaka Arum Sabil.

Bupati Tuban Aditya Halindra menjelaskan bahwa lahan dengan kontur berbukit yang ditanami ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa dan Perum Perhutani. “Semoga aktivitas Pramuka Jatim Menanam di Desa Mangun ini akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” harap Bupati Tuban Aditya Halindra.  

Aksi Pramuka Jatim Menanam Produktif ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar

Keikutsertaan Bupati Tuban Aditya Halindra pada aksi tanam pohon ini menjadi magnet tersendiri bagi pramuka Tuban yang ikut serta. Masyarakat sekitar lokasi yang ikut menanam dan menyaksikan kegiatan ini juga nampak gembira. 

Terlebih Mas Bupati, panggilan Bupati Tuban Aditya Halindra, nampak dengan riang gembira melayani permintaan swafoto dan foto bersama warganya selama pelaksanaan tanam pohon berlangsung. 

Sementara itu, program Pramuka Jatim Menanam Produktif 2022 digelar di 3 kabupaten. Bersama Kwarcab Bangkalan menanam 250 pohon pada Rabu, 13 Juli 2022 yang dipimpin oleh Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron dan Ketua Kwarcab Bangkalan Mohni (yang juga Wakil Bupati Bangkalan), serta diikuti oleh 200 orang anggota pramuka Bangkalan.

Pangeran Lingkungan Hidup 2022 Nevan Azka ikut serta aksi Pramuka Jatim Menanam Produktif di Tuban ini

Bersama Kwarcab Pasuruan menanam 250 pohon pada Jumat, 15 Juli 2022 dipimpin Wakil Bupati Pasuruan (yang juga ketua Kwarcab Pasuruan) A. Mujib Imron diikuti oleh 250 orang anggota pramuka Pasuruan.

Penulis: Mochamad Zamroni

7 tanggapan untuk “Pramuka Tuban Tanam 1500 Pohon Produktif di Desa Ngawun

  • Juli 18, 2022 pada 19:15
    Permalink

    Assalamualaikum wr.wb
    Hai sobat hijau 🍃
    Perkenalkan saya,
    Nama : Kofifah Dyah Rahma dani
    Asal Sekolah : SMPN 56 SURABAYA
    Judul Proyek : BUSIYO(Budidaya Siling Labuyo)
    No urut : 438
    Keren sekali dari kegiatan ini semoga masyarakat tetap sadar akan pentingnya menanam tanaman di sekitar bukan hanya untuk membuat udara sejuk tetapi juga dapat menambah oksigen yang baik , semoga masyarakat bisa termotivasi untuk menjaga kelestarian lingkungan, terimakasih kepada tim Pramuka telah menanam banyak sekali pohon untuk menjadi pasokan oksigen
    Salam sehat salam Zero Waste 🍃
    Salam bumi pasti lestari🌏☘️

    Balas
  • Juli 18, 2022 pada 19:27
    Permalink

    Nama : Aurelia Auma Nufaiza
    Asal Sekolah : SMPN 3 Surabaya
    No. Peserta : 226
    Judul Proyek : Mengubah Jelantah Menjadi Rupiah

    Kegiatan yang sangat bermanfaat sekali. Dengan memperbanyak tanaman akan menambah oksigen dan juga membuat udara menjadi sejuk. Sukses selalu buat Tunas Hijau yang sudah memotivasi kita untuk terus menjaga kelestarian lingkungan. Salam Bumi, Salam Lestari.

    Balas
  • Juli 30, 2022 pada 22:10
    Permalink

    Nama :Jesslyn aurelia
    sdn.ketabang 1
    no.peserta 104
    judul proyek :Budidaya tanaman Cincau

    wow.. keren banget kegiatan ini semakin banyak tanaman yg di tanam oksigen yg dihasilkan semakin berlimpah… sukses selalu untuk Tunas Hijau

    Balas
  • Agustus 3, 2022 pada 09:54
    Permalink

    Bismillah..

    Kegiatan positif.. Menanam 1500 pohon di Tuban.. Semoga tanaman tersebut tumbuh subur untuk menghijaukan bumi.. Udara akan terasa sejuk segar apabila banyak penghijauan..
    Yuk menanam untuk masa depan..
    Saya generasi peduli lingkungan..
    Generasi anti rebahan..

    Salam Bumi
    Salam Lestari
    Salam Sadar Iklim

    Muhammad Raka Nafi’ Fathonah dari SDN Rungkut Menanggal 1 no peserta 183 judul proyek Budidaya Tanaman Daun Mint

    Balas
  • Agustus 6, 2022 pada 13:59
    Permalink

    Nama : Amara Shafa Kirana
    Asal Sekolah : SMPN 17 Surabaya
    No. Peserta : 092
    Judul Proyek : Eco Friendly Pouch

    kegiatan yg sangat bermanfaat, sukses selalu untuk Tunas Hijau

    Balas
  • September 5, 2022 pada 13:46
    Permalink

    Dzulqarnain Syah. Finalis Pangeran LH 2022. Nomor Peserta 155. SMPN 48 Surabaya.

    Kegiatan yang sangat bagus dan bermanfaat👍

    Balas
  • September 6, 2022 pada 17:51
    Permalink

    Keishya Ghea Avrillea
    Dari SMPN 56 Surabaya
    Dengan judul proyek BUDJANG (Budidaya Pepaya Jepang)
    No peserta 434

    Luar biasa semangatnya,
    Progam Kegiatan yang bermanfaat, aksi yang dilakukan sangat menginspirasi generasi muda Indonesia. Sukses selalu tunas hijau!

    Salam sehat salam Zero Waste.👌
    Salam bumi pasti Lestari.🌍🌳

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.