Pangeran Putri Lingkungan 2022 dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Oleh Kepala SDN Kaliasin I Surabaya Sastro, M.Pd.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian Profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Lingkungan merupakan salah satu sumber belajar yang memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik.

Hal ini sangat relevan dengan  perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

Lalu bagaimana nilai karakter yang dikembangkan dalam ajang pemilihan Pangeran dan Putri Lingkungan hidup 2022 yang selenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT PLN (Persero) Distribusi Jatim? 

Tentunya banyak nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam ajang bergengsi ini. Ketika siswa disyaratkan memiliki sebuah proyek lingkungan, di dalamnya muncul berbagai nilai karakter yang dikembangkan sehingga tanpa sadar mereka belajar dari kegiatan proyek tersebut.

Suatu misal nilai mandiri dan gotong royong. Siswa dalam melaksanakan proyek dituntut untuk mandiri mensosialisaikan kepada warga sekolah dan masyarakat, juga melaksanakan pengembangan proyek lingkungan. Nilai karakter gotong royong mereka peroleh dari bagaimana mewujudkan proyek lingkungan bersama teman, warga sekolah dan masyarakat sekitar. 

Saat menjalankan proyek lingkungan, mereka dihadapkan berbagai masalah sehingga mereka harus memecahkan masalah tanpa sadar nilai-nilai berfikir kritis dan kreatif akan muncul. Dan ketika memulai dan mengakhiri proyek dan hasil yang sudah diperoleh mereka akan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan kata lain secara otomatis penguatan nilai karakter beriman dan bertaqwa kepada tuhan YME akan diperoleh.

Begitu selanjutnya mereka mengembangkan proyek-proyek lingkungan dilandasi dengan nilai-nilai karakter yang tinggi. Yang menjadikan wujud pengembangan profil pelajar pancasila. (*)

2 tanggapan untuk “Pangeran Putri Lingkungan 2022 dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  • Agustus 28, 2022 pada 10:41
    Permalink

    Selamat Hari Anak Nasional..

    Stop Kekerasan pada anak..

    Gali potensi anak semakin berprestasi..
    Dukungan Doa adalah orang tuaa yang hebatt

    Muhammad Raka Nafi’ Fathonah
    SDN Rungkut Menanggal 1
    183
    Budidaya Tanaman Daun Mint

    Balas
  • September 6, 2022 pada 22:05
    Permalink

    Assalamualaikum wr. wb.✨
    Hai sobat hijau!🌿
    Perkenalan nama saya,,
    Nama: Ahmad Imam Syafi’i
    Asal sekolah: SMPN 56 Surabaya
    Judul proyek: BUNSENG (Budidaya Ginseng)
    No urut: 173
    .
    Selamat hari anak Nasional 2022
    Stop kekerasan pada anak
    .
    Profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.👍✨
    .
    Salam bumi pasti lestari 🌏🌱
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.