Sesi Tanya Jawab Final Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022

Sesi tanya jawab finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022 kembali akan dihadirkan pada program yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, dan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur. Tanya jawabnya mengenai isu dan fenomena lingkungan hidup. 

Pelaksanaannya semi daring di Taman Flora Bratang, Kamis (25/8/2022) mulai pukul 14.00 WIB. Pada sesi tanya jawab ini, setiap finalis akan diminta memilih satu nomor yang berisi pertanyaan yang harus dijawab dengan waktu menjawab minimal 60 detik. Untuk efisiensi dalam menjawab, sebaiknya tidak perlu lagi mengenalkan diri.

Untuk setiap jawaban pertanyaan yang disampaikan, setiap finalis harus menjelaskan dari aspek pemahaman atas isu/fenomena dari pertanyaan yang disampaikan, solusi yang ditawarkan, serta keteladanan diri.

Berikut ini adalah daftar pertanyaan (yang akan disajikan secara acak) untuk sesi tanya jawab finalis:

  1. Bagaimana tanggapanmu mengenai pengoperasian Suroboyo Bus saat ini?
  2. Apa yang kamu ketahui tentang ‘Gas Rumah Kaca’ ? 
  3. Bagaimana kondisi sungai Kalimas saat ini dan aksi nyata apa yang bisa dilakukan?
  4. Menurutmu apakah fungsi dari bantaran sungai?
  5. Apa solusimu mengenai penanganan sampah elektronik (e-waste)?
  6. Bagaimana penanganan jamban sehat menurutmu?
  7. Apa yang kamu lakukan bila memiliki teman yang tidak peduli terhadap lingkungan?
  8. Apa yang kamu ketahui tentang prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle)?
  9. Apakah yang kamu ketahui tentang penghematan kertas dan bagaimana cara mengolah sampah kertas?
  10. Bagaimana mengurangi dampak buruk pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari?
  11. Apakah yang kalian lakukan jika ada temanmu yang tidak peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup?
  12. Apa definisi dari “saku sebagai tempat sampah sementara” , dan apa maksudnya?
  13. Bagaimana menurutmu sekolah-sekolah yang belum memiliki program lingkungan hidup, dan bagaimana caramu memulai program lingkungan hidup di sekolah?
  14. Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati? Bagaimana meningkatkannya? Mengapa perlu untuk dilestarikan?
  15. Bila kamu berkesempatan berdialog dengan Walikota Surabaya, apa yang akan kamu sampaikan?
  16. Bagaimana seharusnya pendidikan lingkungan hidup di sekolah?
  17. Bagaimana caramu melakukan penyelamatan lingkungan hidup saat ini dan tindakan nyata apa yang bisa dilakukan dengan orang-orang di sekitarmu?
  18. Apakah hubungan antara pemanasan global dengan krisis air bersih?
  19. Bagaimana cara mencegah atau menghindarkan banjir di kotamu?
  20. Apa yang kamu lakukan jika kepala sekolah dan guru tidak peduli lingkungan dan tidak memberikan keteladan lingkungan hidup?
  21. Bagaimana pendapatmu tentang terjadinya perubahan iklim yang tak menentu saat ini dan apa penyebabnya?
  22. Bagaimana tanggapanmu tentang TPA Benowo dan tempat pembuangan akhir sampah di kota-kota lainnya?
  23. Apa yang kamu ketahui tentang konsumsi ramah lingkungan?
  24. Bagaimana penggunaan energi listrik di masyarakat saat ini? 
  25. Bagaimana pendapatmu tentang gunungan sampah yang menghiasi sudut kota-kota di Indonesia?
  26. Bagaimana menurutmu penerapan pendidikan lingkungan hidup di keluarga?
  27. Apakah masalah lingkungan hidup terbesar di Surabaya dan bagaimana kamu membantu mengatasinya?
  28. Bagaimana upaya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat energi listrik di sekolah secara terukur?
  29. Bagaimana idealnya sekolah ramah lingkungan menurutmu?
  30. Bagaimana pendapatmu tentang masih maraknya penggunaan pembungkus makanan dari sterofoam di masyarakat?
  31. Apa yang kamu ketahui tentang pertanian perkotaan dengan lahan sempit?
  32. Bagaimana kamu bisa memulai pengolahan sampah secara mandiri di sekolahmu?
  33. Bagaimana caramu ikut serta aktif mengembangkan kawasan hutan mangrove di kawasan pesisir timur Surabaya?
  34. Bagaimana pendapatmu tentang maraknya penggunaan pembungkus makanan dan minuman dari plastik yang hanya sekali pakai di sekolah?
  35. Bila kamu menjadi PUTRI/PANGERAN lingkungan hidup, apa yang akan kamu lakukan?
  36. Apa menurutmu permasalahan (isu) satwa yang sedang marak di kotamu?
  37. Bagaimana cara kamu untuk mengajak masyarakat mencintai dan melestarikan keanekaragaman hayati?
  38. Menurut kamu, apa bahaya plastik pembungkus makanan bila terkena suhu panas?
  39. Bagaimana pendapatmu mengenai dampak sampah organik yang tidak diolah dengan benar di sekolah?
  40. Menurut kamu, manakah yang lebih penting antara mendaur ulang sampah dan mengurangi sampah? jelaskan pendapatmu?
  41. Apa langkah yang akan kamu lakukan untuk mengatasi jelantah agar tidak menjadi masalah?
  42. Bagaimana cara kamu untuk mengingatkan teman, guru yang dengan sengaja membuang bungkus plastik di saluran air?
  43. Membuang sampah pada tempatnya hanya akan memindahkan masalah ke tangan orang lain. Bagaimana menurut kamu?
  44. Apa yang kamu ketahui tentang konservasi air? Sebutkan apa saja contoh konservasi air yang bisa kamu lakukan?
  45. Bagaimana caranya kamu bisa mengajak masyarakat mau mengikuti kamu untuk membuat hal yang sama dengan proyek lingkungan kamu?
  46. Menurutmu, proyek lingkungan yang berkelanjutan itu proyek lingkungan yang bagaimana? Bagaimana dengan proyek lingkungan kamu?
  47. Bagaimana menurutmu tentang pemasangan banner/iklan di pohon-pohon dengan cara di paku? Apa yang bisa kamu lakukan menyikapi aksi tersebut?
  48. Bagaimana menurutmu tentang masuknya air laut ke dalam permukaan tanah di Surabaya? Apa yang harus kamu lakukan untuk mengurangi dampak tersebut?
  49. Menurutmu, apa keunggulan pengelolaan lingkungan hidup di Surabaya?
  50. Apa yang dilakukan untuk sekolahmu untuk merealisasikan Sekolah Zero Waste?
  51. Apa yang akan kamu lakukan agar keluargamu zero waste?
  52. Bagaimana cara mengolah sampah secara mandiri di rumah?
  53. Apa yang harus dilakukan sekolah untuk melakukan pengolahan sampah kertas secara berkelanjutan?
  54. Apa yang harus dilakukan agar saluran air jernih di sekitar kita mengalir lancar dan tanpa sampah?
  55. Bagaimana cara menggelorakan bank  sampah di tempat tinggalmu?
  56. Indonesia menjadi penyumbang sampah makanan tertinggi di dunia. Bagaimana caramu meminimalkan permasalahan tersebut?
  57. Bila kamu mempunyai kesempatan ke luar negeri yang  bagus pengelolaan lingkungan hidupnya, apa yang akan kamu lakukan? 
  58. Saat ini pemerintah sedang menggalakkan program produksi listrik dari hasil pembakaran sampah khususnya sampah plastik. Apakah menurut kamu itu merupakan solusi untuk mengatasi masalah sampah khusunya di kotamu?
  59. Bila kamu mempunyai kesempatan untuk  berdialog dengan Presiden RI, apa yang akan kamu sampaikan  mengenai lingkungan hidup?
  60. Jelaskan langkahmu untuk mengadopsi warung makan/warung kopi agar tidak lagi menggunakan sedotan plastik sekali pakai
  61. Menurutmu, apa yang harus dilakukan agar setiap rumah membuat lubang resapan biopori?
  62. Apa yang akan kamu lakukan agar di setiap rumah memilah jelantah?
  63. Mengapa sedotan plastik tidak asyik?
  64. Mana yang harus didahulukan antara RECYCLE – REDUCE – REUSE? Jelaskan….

9 thoughts on “Sesi Tanya Jawab Final Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2022

  • Agustus 22, 2022 pada 10:01
    Permalink

    Terima kasih kakak2 Tunas hijau…inshaallah optimis bisa menyelesaikan tahap tanya jawab dengan maksimal. Semangat ya teman2 Pang Put 2022 🥰
    Sanaz Aisya Janeeta (074)
    SDN Kaliasin 1
    Membuat Eco Enzym untuk Mengurangi Jumlah Sampah Organik

    Balas
    • Agustus 28, 2022 pada 10:32
      Permalink

      Bismillah..
      Semangattt

      Semoga dimudahkan dilancarkan semuaa…

      Muhammad Raka Nafi’ Fathonah
      SDN Rungkut Menanggal 1
      183
      Budidaya Tanaman Daun Mint

      Balas
  • Agustus 22, 2022 pada 10:08
    Permalink

    Astungkara Svaha Tathastu
    keren pastinya kegiatan sesi tanya jawab semi online ini,adi lebih sportif, Semoga saya bisa menjawab pertanyaan ini.

    salam
    Ni Luh Gd Kt Keyva Richie Valerina Atmaja
    sekolah SDN Rungkut Menanggal 1
    Judul Proyek Budidaya Lemongrass
    no Peserta 262

    Balas
  • Agustus 22, 2022 pada 10:56
    Permalink

    salam bumi pasti lestari..🌱
    terimakasih kakak2 tunas hijau..
    saya sangat antusias pada sesi tanya jawab ini,semoga saya bisa memberi jawaban yg terbaik..
    semangat teman2 pangputku… kita pasti bisa…
    Jesslyn aurelia
    sdn.ketabang 1/288
    no.peserta 104
    judul proyek Budidaya tanaman cincau

    Balas
  • Agustus 22, 2022 pada 11:15
    Permalink

    Ass. Terimakasih kakak” Tunas Hijau, tahap demi tahap rangkaian seleksi PPPLH 2022 telah dilalui sampai pada tahap berikutnya sesi tanya jawab, insyaallah saya siap dan semoga semua teman finalis tetap semangat. Dan percaya pasti sukses.
    Faizah Putri Nabitzha / 180.
    SDN Pacarkeling V / 186.
    Judul proyek Pemanfaatan Limbah Kulit Buah Naga Untuk Pewarna Batik.

    Balas
    • Agustus 22, 2022 pada 13:23
      Permalink

      Assalamu”alaikum wr wb perkenalkan nama saya Nur Zidna Iflachana finalis putri LH 2022 dari SDN NGINDEN JANGKUNGAN 1/247 SURABAYA dengan no peserta 348 dan proyek budidaya tanaman tomat🍅🍅🍅
      Saya Ucapkan terima kasih kepada kak Zamroni selaku presiden (Tunas Hijau)
      Dan kakak-kakak Tunas Hijau lainnya yang telah membimbing kami semua sampai saat ini.
      Salam Bumi Salam Lestari 🌱
      Salam Sadar Iklim🌏
      Salam Zero Waste👌🏻
      Wassalamu”alaikum wr wb

      Balas
  • Agustus 30, 2022 pada 21:56
    Permalink

    Bismillah..

    Alhamdulillah..
    Sesi tanya jawab mengenai isu lingkungan membuat saya semakin mencitai dan peduli lingkungan..
    Teori dan praktek di lapangan kadang tidak sejalan sehingga perlu semangat pantang menyerah untuk mengatasinya..

    Muhammad Raka Nafi’ Fathonah
    SDN Rungkut Menanggal 1
    183
    Budidaya Tanaman Daun Mint

    Balas
  • September 1, 2022 pada 21:02
    Permalink

    Assalamualaikum wr. wb.✨
    Hai sobat hijau!🌿
    Perkenalan nama saya,,
    Nama: Ahmad Imam Syafi’i
    Asal sekolah: SMPN 56 Surabaya
    Judul proyek: BUNSENG (Budidaya Ginseng)
    No urut: 173
    .
    Sesi tanya jawab mengenai isu lingkungan yang di sekitar membuat saya semakin mencitai dan peduli lingkungan sekitar dirumah maupun di sekolah juga. Saya siapp✨🌱
    .
    Terima kasih🙏
    Salam sehat salam Zero waste 👌
    Salam bumi pasti lestari 🌏🌱
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    Balas
  • September 6, 2022 pada 13:38
    Permalink

    Keishya Ghea Avrillea
    Dari SMPN 56 Surabaya
    Dengan judul proyek BUDJANG (Budidaya Pepaya Jepang)
    No peserta 434

    Terimakasih Tunas Hijau, tahap demi tahap seleksi telah dilalui sampai pada tahap berikutnya sesi tanya jawab, alhamdulilah saya senang bisa mengikuti sesi tanya jawab. semangat untuk kedepannya!

    Salam sehat salam Zero Waste.👌
    Salam bumi pasti Lestari.🌍🌳

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *